Bagikan Artikel Ini:

Sebagai kitab suci, Al-Quran memiliki banyak manfaat. Selain berisikan ilmu pengetahuan, nilai moral, dan syariat islam, Al-Quran juga dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran. Bahasa dari kitab suci ini jelas menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan memang bukan bukan buatan manusia. Hanya Allah SWT yang mampu menciptakan bahasa seindah Al-Quran. Ketika Kafir Qurais ditantang untuk membuat Al-Quran, Kafir Qurais dengan sombongnya menciptakan syair-syair yang meniru alquran. Tetapi tentu saja, keindahan bahasanya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Al-Quran. Tandingan Al-Quran tersebut tidak memiliki kandungan moral. Sebaliknya, Kafir Qurais banyak yang terkesima dengan keindahan alquran, dan menyatakan keislamannya. Betapa luar biasanya Al-Quran, hanya dengan diperdengarkan saja sudah mampu melelehkan hati pendengarnya.

Al-Quran adalah Satu-satunya kitab suci yang masih murni dan belum berubah. Oleh karena itu, untuk menjaganya adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dengan belajar di sekolah prestasi global, kami akan membimbing anak-anak untuk menjadi seorang penjaga atau hafidz alquran. Sekolah SD terbaik di Depok  memiliki fasilitas dan pengajar alquran professional yang membuat anak-anak mampu mendapatkan manfaat dari membaca Al-Quran. 10 manfaat membaca alquran itu diantaranya:

  1. Memberikan Pahala dan Kebaikan

Sesuai dengan hadits shahih, membaca satu huruf dalam alquran akan mendatangkan satu kebaikan yang dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Contohnya, ketika membaca alif laam miim, maka alif adalah satu huruf, laam adalah satu huruf, dan miim adalah satu huruf. Baik memahami maupun tidak memahami alquran, pembacanya tetap akan mendapatkan kebaikan. Manfaat membaca alquran setiap hari hendaknya tidak disia-siakan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika membaca Al-Quran digiatkan dan disiplinkan. Contohnya setiap ba’da subuh dan ba’da maghrib untuk selalu membaca alquran. Dengan terus menerus membaca alquran, kelancaran akan semakin bertambah. Dengan membaca Al-Quran secara lancar, maka akan semakin banyak huruf yang dapat dibaca. Dikalikan dengan 10, maka jumlah kebaikan yang didapat dengan membaca alquran secara lancar akan berlipat ganda.

Sebagai sekolah yang memiliki visi untuk mencetak generasi religius, kami memastikan siswa-siswi dapat mebaca Al-Quran dengan baik dan benar. Kami juga melatih siswa-siswi untuk disiplin dalam membaca alquran secara teratur.

  1. Meninggikan Derajat Pembacanya

Dalam hadis shohih yang diriwayatkan oleh H.R Muslim disebutkan bahwa derajat seseorang diangkat oleh Allah dengan kitab ini (Al-Quran). Hal ini dibuktikan dengan seorang budak bernama Ibnu Abza. Beliau sebelumnya hanyalah seorang budak. Namun, karena beliau rajin membaca alquran dan mepelajarinya, akhirnya beliau bisa menjadi pengurus atau syarif dari penduduk al Wadi. Umar pun hingga kagum dibuatnya. Umar pun kemudian mengingat perkataan nabi bahwa Al Quran memang dapat meninggikan derajat pembacanya. Tidak hanya dalam kisah terdahulu, hingga jaman sekarang pun, takjarang orang yang sukses menempati jabatan tinggi, ternyata rahasianya adalah rajin membaca Al-Quran.

Membaca Al-Quran dengan terjemahanya tentu akan lebih-lebih lagi menambah derajatnya. Dengan membaca terjemaanya, maka nilai nilai kebaikan dapat ditangkap dan diamalkan. Dengan mengamalkan nilai nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, maka derajat akan meningkat.

Sebagai sekolah islam dengan mutu tinggi, kami akan mengantarkan siswa-siswi kami untuk memiliki derajat yang tinggi dengan membaca dan mempelajari alquran. Sehingga, nantinya mereka dapat menjadi pribadi yang memiliki derajat tinggi, mulia, dan berwibawa.

  1. Menambah Iman

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, bahwa Iman itu selalu bertambah dan berkurang. Kondisi iman akan selalu berubah ubah setiap waktunya. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita harus selalu berusaha untuk menjaga iman agar selalu berada dalam kondisi yang baik. Bahkan, jika memungkinkan, untuk selalu bertambah setiap saat. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara mempertahankan dan menambah keimanan?

Salah satu caranya, adalah dengan rajin membaca Aqlquran. Semakin rajin membaca kitab Allah, maka semakin dekat dengan Allah. Semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Al-Quran, dengan keindahan bahasa dan muatanya. Ketakjuban ini dapat menambah keimanan kepada allah.

Sesuai dengan surat Al-Anfal ayat 2, orang beriman adalah orang yang bergetar hatinya ketika mendengar Nama Allah, dan bertambahlah imanya ketika diperdengarkan ayat-ayat Nya.

  1. Memberikan Syafaat di Hari Kebangkitan

Dalam sebuah hadits, diriwayatkan bahwa rasulullah SAW bersabda “bacalah alquran karena sesungguhnya alquran akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya.”

Setelah hari kiamat nanti, seluruh umat manusia akan di bangkitkan kembali dan dikumpulkan di padang mahsyar. Padang itu sangtalah terik, dengan jarak matahari dengan kepala hanya dua jengkal. Hanya orang tertentu dengan perlindungan berupa syafaat yang bisa terlindung dari siksa tersebut. Degan rajin membaca alquran di sekolah dan di rumah, insyaAllah siswa siswi kami akan mendapatkan syafaat dan dihindarkan dari sengatan panas di padang mahsyar.

  1. Menentramkan Hati

Membaca maupun mendengarkan lantunan alquran dapat menentramkan hati. Apalagi jika dibaca dengan baik dan merdu, bacaan Al-Quran dapat menggetarkan hati. Sesuai dengan bukti empirik, orang yang secara rajin membaca al quran memiliki kepribadian yang teduh dan tenang. Pikiran seolah-olah menjadi jernih setelah mulut membacakan kalam ilahi.

Hal tersebut juga didukung dengan bukti bahwa membaca Al-Quran dapat mendekatkan diri dan mengingat kepada allah. Dengan membaca Al-Quran, alam bawah sadar menjadi kembali mengingat bahwa segala sesuatu masalah adalah kuasa allah. Sehingga alam bawah sadar tersebut menyebabkan untuk berserah diri kepada allah. Kesadaran bahwa segala gundah dan masalah adalah kuasa Allah, membuat diri menjadi lebih tenang dan damai.

Sesuai dengan surah Al-Isra ayat 82, disebutkan bahwa Al-Quran adalah penawar (bagi kegundahan jiwa) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Manfaat ini akan sangat terasa apabila alquran dibaca secara rutin. Dengan membaca secara rutin, dampaknya semakin kuat karena seiring waktu iman semakin menguat.

  1. Mendapatkan Keselamatan di Dunia dan di Akhirat

Kehidupan di dunia seringkali penuh dengan masalah. Tidak berhenti di situ, di akhirat juga penuh dengan ancaman mengenai kehidupan akhirat. Di mana panas terik padang mahsyar membakar tubuh. Sementara orang orang kafir disiksa.

Membaca Al-Quran secara disiplin, membantu manusia untuk selamat di dunia dan di akhirat. Dalam Al-Quran, terkandung banyak nilai nilai, ajaran dan pedoman hidup. Nilai nilai tersebut, ketika dibaca dapat menjadi peringatan untuk selalu berbuat baik dan beramal sholeh, sehingga, keselamatan dunia sekaligus di akhirat dapat direngkuh.

Selain itu, di dalam Al-Quran juga banyak doa doa tertentu. Doa ini, baik secara sadar maupun tidak sadar merupakan permohonan terhadap bantuan Allah untuk mendapatkan keselamatan di dunia maupun di AKhirat.

  1. Mencerdaskan

Orang tua tentunya ingin anak anaknya menjadi insan yang cerdas. Selain pola belajar yang baik, ternyata membaca alquran mampu meningkatkan kecerdasan. Bahasa alquran sendiri merupakan Bahasa arab yang tinggi dan membutuhkan kemampuan otak. Semakin sering membaca Al-Quran, maka, otak akan semakin terlatih.

Surat Al-Kahfi juga memiliki keuntungan untuk memberikan cahaya kepada pembacanya. Cahaya ini dapat memberikan sinar yang membuat pembacanya dapat melihat fenomena alam dan membedakan mana yang baik dan buruk. Dengan pengetahuan ini, tentunya orang yang rajin membaca surat Al-Kahfi akan menjadi semakin cerdas.

Hal tersebut juga didukung dengan dalil dalam surat As-Shad ayat 29 yang artinya “kitab Al-Quran diturunkan kepadamu dengan penuh keberkahan supaya ayat-ayatnya di perhatikan dan orang orang yang berpikir mendapat pelajaran.” Maka semakin sering membaca alquran dan memperhatikanya, insyaallah akan semakin cerdas dalam berpikir.

Penelitian tentang hubungan membaca Al-Quran di subuh hari dengan prestasi anak juga menguatkan pendapat ini. Dalam penelitian tersebut, anak-anak yang sebelumnya tidak membaca Al-Quran setelah subuh, diajak untuk membaca alquran setelah subuh secara rutin. Ternyata hasilnya, membaca alquran setelah subuh dapat meningkatkan nilai akademis dan kemampuan berfikir anak. Hal ini dikarenakan, manfaat membaca alquran setelah shalat subuh dapat membuat pikiran menjadi terbuka dan segar.

  1. Memperkuat daya ingat

Riset dari universitas Al Azhar mengungkap bahwa ketika membaca Al-Quran, kinerja otak akan meningkat. Selain itu, daya ingat juga semakin tajam hingga 80%. Penelitian tersebut menganjurkan untuk rajin membaca alquran untuk meningkatkan daya ingat. Waktu waktu yang dianjurkan untuk membaca quran adalah setelah sholat subuh dan maghrib.

Dengan rangsangan Al-Quran yang trus menerus bekerja terhadap otak, maka insya allah kita akan terhindar dari kepikunan. Hal ini juga yang menyebabkan banyak ulama yang di masa tua tetap mampu menghafal berbagai kitab.

Bukti lainya, ketika sering membaca quran secara diulang ulang, maka secara tidak sadar ayat alquran tersebut selalu teringat dalam pikiran. Allah memang menciptakan Al-Quran untuk mudah dihafal. Ditambah dengan manfaat alquran yang menambah daya ingat, tidak mengherankan bila orang yang sering membaca alquran secara tidak sadar mampu mengingat Al-Quran.

  1. Menyembuhkan penyakit

Dalam Al-Quran surat assyuara ayat 80 disebutkan bahwa sakit itu datangnya dari Allah, dan yang menyembuhkan adalah Allah. Maka, ketika kita mendapatkan penyakit, hendaknya kita meminta kesembuhan kepada allah.

Salah satu caranya adalah dengan membaca Al-Quran. Manfaat membaca alquran bagi kesehatan mampu menjaga tubuh tetap segar dan terhindar dari penyakit. sebelumnya sudah disebutkan bahwa alquran dapat menentramkan. Artinya, tubuh dalam kondisi rileks dan bebas dari ketegangan dan stress. dalam kondisi tersebut, aliran darah dapat mengalir normal, begitu juga sistem saraf yang bekerja normal. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, gangguan hati, dan serangan jantung.

Selanjutnya dalam surat Yunus dijelaskan bahwa telah datang Al-Quran sebagai pelajaran, penyembuh, petunjuk serta rahmat bagi orang orang yang beriman. Ayat ini membuktikan bahwa allah memang menurunkan alquran sebagai penyembuh atau as-syifa. Selain dengan membacanya, beberapa Ulama juga menganjurkan untuk membacakan alquran kepada orang yang sakit. Dengan diperdengarkan Al-Quran, atas izin allah penyakit dapat membaik. Selain itu, ada juga yang merekomendasikan untuk meminum air yang sudah dibacakan AL-Quran. Elemen air yang sudah dibacakan alquran akan menjadi ion positif yang dapat membantu tubuh menjadi lebih fit.

  1. Mengantarkan orang tua menuju surga

Di padang mahsyar, di mana orang orang di bangkitkan dari kubur, akan terdapat orang yang di kepalanya terdapat mahkota dari cahaya. Orang di sekitarnya terheran heran dan bertanya kepada malaikat, siapakah beliau? Malaikat menjawab, bahwa beliau adalah orang tua dari anak yang pandai mengaji. Ternyata, anak yang sholeh dan pandai mengaji dapat memberikan orang tuanya mahkota dan mengantarkan orang tua menuju surga. Agar menjadi ahli quran, tentu anak harus rajin membaca Al-Quran dengan rajin secara terus-menerus.

Kami sebagai pendidik alquran akan memastikan anak didik untuk dapat membaca Al-Quran dengan lancar, baik dan benar. Ustadz kami akan mengajarkan alquran Sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul-huruf yang benar. Sehingga semua keistimewaan dan manfaat dari membaca Al-Quran dapat diamalkan oleh anak.

 

Kesimpulan

Apa saja manfaat membaca Al-Quran?

1. Memberikan Pahala dan Kebaikan
2. Meninggikan Derajat Pembacanya
3. Menambah Iman
4. Memberikan Syafaat di hari Kebangkitan
5. Menentramkan Hati
6. Mendapatkan manfaat di Dunia dan Akhirat
7. Mencerdaskan
8. Memperkuat daya ingat
9. Menyembuhkan penyakit
10. Menghantarkan orang tua menuju surga

Bagaimana cara mempertahankan dan menjaga keimanan?

Salah satu cara untuk mempertahaknkan dan menjaga keimanan adalah dengan membaca Al-Quran. Semakin rajin membaca kitab Allah, maka semakin dekatlah dengan Allah.

Bagaimana cara memperkuat daya ingat?

Penelitian Al Azhar menganjurkan untuk rajin membaca Al-Quran untuk meningkatkan daya ingat. Karena dengan membaca Al-Quran kinerja otak akan meningkat. Selain itu, daya ingat juga semakin tajam hingga 80%. Waktu yang dianjurkan untuk membaca Al-Quran adalah setalah sholat subuh dan maghrib.

(Visited 3.814 times, 23 visits today)
WhatsApp WhatsApp us