Bagikan Artikel Ini:

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Allah SWT akan mengganjar setiap manusia yang melakukan perbuatan pada bulan suci ini bahkan hingga berkali-kali lipat. Salah satu pahala besar yang akan didapatkan yaitu apabila ikhlas memberi makan kepada orang yang berpuasa. Momen ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi serta bersedekah terhadap yang membutuhkan.

Keutamaan Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Dalam Islam

 

Puasa Senin Kamis

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

Ketika tiba pada tanggal 1 ramadhan, ummat Islam dari berbagai penjuru dunia mulai melaksanakan ibadah puasa. Orang yang berpuasa akan menahan nafsu, makan, dan minum ketika sedang melaksanakannya. Puasa dilaksanakan dari mulai waktu shubuh hingga waktu maghrib. Sebelum berpuasa akan melaksanakan makan sahur terlebih dahulu sebelum waktu shubuh agar mempunyai sumber untuk tenaga selama sehari penuh.

Pada bulan yang suci ini, tentunya segala sesuatunya dilancarkan sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa ramadhan akan mendapatkan berbagai kebaikan dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa-dosa orang yang berpuasa serta menuntunnya kepada jalan yang lebih baik. Oleh sebab itu, dekatkanlah diri kepada Allah SWT terutama ketika ramadhan.

Manfaat Dari Berpuasa di Bulan Ramadhan

 

Puasa Kafarat

Photo by Raghu Nayyar on Unsplash

Allah SWT memerintahkan untuk ummat Islam agar melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Tentu hal ini bukanlah tanpa alasan karena ini merupakan perintah Allah SWT yang harus untuk dikerjakan. Barangsiapa yang mengerjakannya, tentunya akan mendapatkan balasan yang sebaik-baiknya dari Allah SWT.

Berikut ini adalah manfaat dari berpuasa di bulan ramadhan :

1. Menghapus Dosa

Sebagai manusia, tentu kita tidak luput dari perbuatan-perbuatan dosa. Namun, Maha Besar Allah SWT dengan segala kerendahan hati-Nya yang maha pengampun untuk seluruh ummat maka Allah SWT akan menghapus dosa orang-orang yang khusyu dan ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa. Hal ini tentunya merupakan mukjizat yang luar biasa. Diharapkan agar manusia bisa semakin memperbaiki diri dan tidak lagi melakukan dosa.

2. Meninggikan Derajat

Orang yang berpuasa akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Dengan kenikmatan ini, tentunya kita harus semakin meningkatkan ibadah agar bisa selalu senantiasa menjadi makhluk yang dirahmati oleh Allah SWT dan senantiasa menjaga iqbaal ramadhan.

3. Lebih Dekat Dengan Allah SWT

Ketika menjalankan ibadah puasa, seluruh ummat Islam akan berbondong-bondong melakukan berbagai ibadah lainnya untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berpuasa tentunya akan menuntun melaksanakan ibadah lainnya menjadi lebih semangat. Selain itu, hati dan pikiran pun akan menjadi semakin tenang dan sabar.

4. Senantiasa Bersyukur Atas Nikmat yang Diberikan Oleh Allah SWT

Kerap kali kita sebagai manusia lupa akan segala nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Ketika melaksanakan ibadah puasa ramadhan maka merupakan momentum yang pas untuk menyadarkan diri untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

5. Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat

Ketika berpuasa, maka Allah SWT akan menuntun kita kepada kebaikan dan menjauhkan dari segala keburukan termasuk maksiat. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan niat untuk selalu menjauhkan diri dari maksiat.

6. Mendorong Keinginan Untuk Selalu Berbuat Baik dan Bersedekah

Akan selalu muncul keinginan untuk berbuat baik dan bersedekah ketika melaksanakan ibadah puasa. Ketika berpuasa, kita menjadi tersadarkan akan bagaimana perasaan saudara seiman kita yang tak mampu bahkan untuk sekedar makan saja. Hal ini juga yang mendorong kita untuk senantiasa selalu bersedekah.

7. Detoksifikasi Tubuh Dari Berbagai Penyakit

Tak hanya dari segi rohani saja manfaat yang bisa dirasakan ketika sedang berpuasa, akan tetapi dari segi jasmani pun akan merasakannya. Tubuh akan menjadi lebih kuat dan sehat karena ketika berpuasa tubuh akan mengalami detoksifikasi sehingga segala zat-zat tidak baik yang terdapat didalam tubuh dapat dikeluarkan.

Kelebihan Bulan Ramadhan Dibanding Bulan-Bulan Lainnya

Bulan ramadhan mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Dengan background ramadhan yang baik ini, Allah SWT membuka pintu surga selebar-lebarnya dan menutup pintu neraka. Selain itu, pada bulan ramadhan juga terdapat malam Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih istimewa dari 1.000 bulan, bulan diturunkannya Al-Quran, dan disebutkan juga pada rukun islam bahwasannya puasa ramadhan adalah rukun islam ketiga.

Pada bulan ramadhan juga pahala akan dilipat gandakan dan dosa-dosa akan diampuni. Pada kesempatan ini, ada baiknya untuk dimanfaatkan oleh ummat Islam di berbagai penjuru dunia untuk menyebarkan kebaikan terhadap sesama. Allah SWT sangat menyenangi hamba-hamba Nya yang selalu berbuat baik.

Berbagai Amalan Baik Untuk Dilaksanakan Pada Bulan Ramadhan

1. Perbanyak Ibadah

Perbanyak melakukan ibadah merupakan salah satu amalan baik yang bisa diperbanyak ketika bulan ramadhan. Jaga shalat 5 waktu dan perbanyak melakukan shalat sunnah. Jangan lupa juga untuk melaksanakan shalat tarawih karena shalat ini hanya bisa dilakukan pada malam dibulan ramadhan. Ketika seseorang melaksanakan shalat tarawih, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Perbanyak dzikir juga merupakan salah satu hal yang bisa menjadi pelengkap ibadah pada bulan ramadhan.

2. Tadarus Al-Quran

Perbanyak melakukan tadarus Al-Quran juga menjadi salah satu hal yang sebaiknya selalu dilakukan pada bulan ramadhan dan bulan-bulan lainnya. Dengan tadarus Al-Quran, kita bisa mengetahui makna mendalam yang terkandung didalamnya dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT.

3. Menjaga Silaturahmi

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang selalu menjaga silaturahmi. Jangan sampai memutus tali silaturahmi dengan sesama Muslim karena Allah SWT tidak menyukai hal itu. Ada baiknya silaturahmi untuk selalu dijaga hingga kapanpun agar kehidupan terasa semakin nikmat dan berkah dengan dikelilingi oleh banyak orang-orang baik.

4. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Lailatur Qadar merupakan malam yang paling baik daripada 1.000 bulan dan hanya terdapat pada bulan ramadhan saja. Oleh sebab itu, menghidupkan malam Lailatul Qadar ini sangat penting. Untuk menghidupkannya, bisa dengan memperbanyak ibadah, tadarus, dzikir, doa, dan taubat.

5. Membayar Zakat

Ketika bulan ramadhan, Anda bisa membayar zakat fitrah yang hanya bisa dibayar ketika bulan ramadhan saja. Dengan melaksanakan zakat fitrah, Anda sudah berniat untuk membersihkan diri dan siap untuk memulai kehidupan yang lebih baik lagi. Besarnya dan banyaknya nominal zakat fitrah sudah ada ketentuan yang mengaturnya, sehingga Anda hanya perlu mengikutinya saja.

6. Bersedekah

Ketika bulan ramadhan, perbanyak bersedekah merupakan hal yang juga paling diutamakan. Dengan memberikan sedekah, kita dapat membantu sesama yang sedang dalam keaadan membutuhkan. Salah satu sedekah yang bisa dilakukan adalah dengan memberi makan orang yang berpuasa.

3 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

 

Isra Miraj - Sekolah Prestasi Global

Photo by Fahrul Azmi on Unsplash

Ketika sedang melaksanakan puasa ramadhan, manusia diperintahkan untuk melakukan sebanyak-banyaknya kebaikan oleh Allah SWT. Salah satu kebaikan yang bisa dilakukan adalah membantu sesama dengan cara memberi makan orang yang berpuasa. Hal ini akan menuntun kepada berbagai kebaikan lainnya.

Berikut ini adalah 3 keutamaan memberi makan orang yang berpuasa

1. Jalan Menuju Surga

Allah SWT senantiasa membuka pintu surga selebar-lebarnya untuk orang yang melakukan kebaikan ketika bulan ramadhan, terutama memberi makan orang yang berpuasa. Orang yang memberikan makan orang yang berpuasa akan dipermudah jalannya untuk menuju surga.

2. Mendapatkan Ridha dan Meredam Murka Allah SWT

Ridha merupakan keutamaan lainnya yang akan didapatkan. Allah akan meridhai orang-orang yang memberi makan orang lain yang sedang berpuasa dan meredam murka Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah diperbuat. Maka, jika seseorang memberi makan orang lain yang sedang berpuasa dengan ikhlas, dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.

3. Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Berpuasa

Ketika seseorang memberi makan orang lain yang sedang berpuasa, maka Allah SWT akan memberikan pahala sama seperti orang yang sedang berpuasa tersebut. Maha Besar Allah SWT selalu menuntun manusia kepada kebaikan dan selalu memberikan berbagai nikmat termasuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Keutamaan Lainnya yang Bisa Didapatkan Dari Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Ternyata tak hanya 3 keutamaan yang tadi sudah disebutkan saja yang akan didapatkan oleh orang yang memberi makan orang berpuasa pada bulan ramadhan. Allah SWT akan memberikan berbagai kebaikan lainnya untuk makhluknya yang senantiasa membantu sesama. Dengan begitu, diharapkan untuk manusia bisa memperbanyak bersyukur dan menolong sesama.

Berikut ini adalah keutamaan lainnya dari memberi makan orang yang berpuasa :

1. Menambah Berkah

Hidup akan terasa menjadi lebih baik untuk dijalani ketika senantiasa mendapatkan berkah dari Allah SWT. Ternyata, dengan memberi makan kepada orang yang berpuasa, Allah SWT akan senantiasa memberikan berbagai berkah yang luar biasa untuk siapapun yang melakukannya. Akan terasa sangat bahagia apabila menjalani hidup yang diberkahi oleh Allah SWT.

2. Memanjangkan Umur

Memberi makan orang yang berpuasa termasuk dalam sedekah yang akan diganjar dengan sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Dengan melakukan sedekah ini, maka kita akan senantiasa diberikan umur yang panjang dan dijauhkan dari kematian pada kondisi yang buruk. Jika memang Allah SWT sudah berencana untuk memanggil kita pada waktu tertentu, diharapkan dengan sedekah ini maka Allah SWT akan memanggil kita dalam kondisi yang terbaik.

3. Penuntun Kepada Berbagai Kebaikan

Ketika melakukan suatu kebaikan dengan ikhlas dan berdampak luar biasa untuk orang-orang yang membutuhkan seperti memberi makan orang yang berpuasa, maka bukan tidak mungkin bahwa Allah SWT akan selalu membimbing kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan lainnya. Dengan banyaknya perbuatan baik yang dilakukan, maka bisa terhindar dari melakukan perbuatan yang dilarang.

4. Memadamkan Panas Kiamat dan Kubur

Ketika kiamat dan berada didalam kubur, maka manusia akan merasakan panas yang sepanas-panasnya. Namun, orang-orang yang melakukan amal baik dan salah satunya adalah memberi makan orang yang berpuasa akan diselamatkan oleh Allah SWT dari panasnya hari kiamat dan panas kubur.

5. Pemisah Diri Dari Neraka

Neraka merupakan tempat yang amat sangat pedih dan menjadi tempat untuk menyiksa makhluk yang melanggar segala ketentuan Allah SWT. Didalam neraka, makhluk-makhluk tersebut akan disiksa dan diganjar dengan perbuatan buruk yang sudah dilakukannya semasa didunia. Dengan memberi makan orang yang berpuasa ramadhan maka bisa menjadi memberikan berkah dan barokah serta pemisah diri dari neraka.

Baca Juga : 5 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Apa saja 3 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa?

3 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berpuasa : 1. Jalan Menuju Surga 2. Mendapatkan Ridha dan Meredam Murka Allah SWT 3. Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Berpuasa

Apa saja Manfaat Dari Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Manfaat Dari Berpuasa di Bulan Ramadhan yaitu : 1. Menghapus Dosa 2. Meninggikan Derajat 3. Lebih Dekat Dengan Allah SWT 4. Senantiasa Bersyukur Atas Nikmat yang Diberikan Oleh Allah SWT 5. Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat 6. Mendorong Keinginan Untuk Selalu Berbuat Baik dan Bersedekah 7. Detoksifikasi Tubuh Dari Berbagai Penyakit

Apa saja Amalan Baik Untuk Dilaksanakan Pada Bulan Ramadhan?

1. Perbanyak Ibadah 2. Tadarus Al-Quran 3. Menjaga Silaturahmi 4. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar 5. Membayar Zakat 6. Bersedekah

 

(Visited 63 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us