Bagikan Artikel Ini:

Siswa sekolah dasar cenderung cepat merasakan bosan, apalagi ruangan kelasnya tidak ada hiasan apapun. Pada usia sekolah dasar, siswa tentunya lebih tertarik terhadap sesuatu yang menyenangkan, baik itu cara penyampaian pelajaran maupun dekorasi kelas sekolah dasar.

Kami sebagai sekolah yang mendukung segala sumber kreatifitas memberi kesempatan kepada siswa untuk berkreasi dalam mendesain kelasnya sesuai dengan keinginan. Sekolah Prestasi Global memiliki visi sebagai sekolah bermutu dalam menyiapkan generasi unggul yang religius, kompetitif, kreatif serta peduli terhadap lingkungan.

Berikut ini ada 25 ide dekorasi kelas sekolah dasar yang bisa dijadikan rekomendasi untuk para wali kelas sebagai pembimbing murid dalam hal desain kelas agar lebih menarik dan nyaman ditempati.

Dekorasi Jendela Kelas Sekolah Dasar

Jendela merupakan bagian penting dari sebuah bangunan, begitu juga dengan bangunan sekolah. Melalui jendela, penghuni ruangan akan merasakan udara segar dari proses pertukaran udara yang masuk ke dalam. Oleh karena itu jendela kelas juga sering menjadi lahan untuk kegiatan hias menghias agar ruangan kelas tampil lebih apik dan menarik. Para guru sekolah dasar bisa membimbing siswanya untuk melakukan dekorasi ruangan kelas yang diawali dari dekorasi bagian jendela. Guru bisa memilih beberapa media yang bisa digunakan untuk dekorasi jendela kelas, mulai dari krayon, kertas warna warni, kertas origami serta kardus dan benda lainnya.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Tema Alam

 

dekorasi jendela kelas tema-alam

Sumber : www.Pinterest.com

 

Hiasan pada kelas sekolah dasar bisa di awali dengan menghias bagian jendela. Kamu bisa menggunakan tema alam agar dekorasi yang diterapkan lebih menarik. Pilihlah tema alam agar siswa mampu mengenali makhluk hidup yang berada di sekelilingnya. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan berupa kertas dan cat air guna menjalankan misi dekorasi jendela kelas. Potong kertas dengan bentuk hewan kesukaan anak-anak sekolah dasar agar mereka merasa ceria sepanjang jam pelajaran berlangsung.

Sebagai contoh, kamu bisa potong kertas dengan bentuk lebah dan jangan lupa gunakan cat untuk memberi warna agar terasa lebih hidup. Kamu juga bisa menjadikan jendela sebagai kanvas tempat menggoreskan cat membentuk lukisan sederhana yang sesuai dengan anak sekolah dasar. Biaya untuk mendekorasi jendela dengan tema alam ini hanya sekitar Rp 100.000. kamu bisa menghasilkan tampilan kelas yang kece dengan penuh warna.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Rumbai

 

dekorasi jendela kelas rumbai

Sumber: www.Pinterest.com

 

Selanjutnya adalah hiasan dengan rumbai-rumbai berwarna. Bahan yang dibutuhkan adalah kertas rumbai hias, biasanya digunakan ketika acara ulang tahun. Apabila kamu menggunakan rumbai-rumbai untuk menghias jendela, maka cahaya yang masuk melalui jendela akan berwarna warni sesuai dengan warna rumbainya. Anak-anak sangat menyukai warna-warna cerah, maka usahakan memilih warna seperti merah, kuning, jingga, biru atau merah muda. Rumbai-rumbai ini nantinya dipotong dengan ukuran panjang yang sama, kemudian direkatkan pada bagian rel jendela sehingga tampak seperti penutup jendela yang penuh seni.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Motivasi

 

dekorasi jendela kelas motivasi

Sumber: www.insinyurbangunan.com

 

Kamu bisa membuat hiasan kelas sekolah dengan dekorasi jendela menggunakan kata-kata motivasi. Kamu bisa menyambut siswa dengan kata-kata motivasi atau kata penyemangat sederhana seperti “selamat belajar”, “selamat pagi” dan sebagainya. Tulisan tersebut bisa kamu tempelkan di bagian jendela menggunakan kertas yang dipotong sesuai hurufnya hingga bentuk kalimat yang dimaksud. Hiasan ini tidak terlalu mahal karena kamu hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 5.000 per lembarnya. Ajak pula siswamu untuk menyumbangkan kata penyemangat seperti apa yang ingin diletakkan pada jendela kelas.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Efek Warna Berkilau

 

dekorasi jendela kelas efek berkilau

Sumber: www.Pinterest.com

 

Mengajarkan komposisi warna kepada siswa bisa dengan menggunakan kreasi pada hiasan jendela. Gunakan kertas warna untuk menghasilkan tempelan warna dengan kilauan di jendela. Kamu bisa membeli kertas berkilau ini dengan harga Rp 15.000. Ajak siswa untuk ikut menempel kertas berkilauan ini agar mereka lebih semangat.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Tema Padang Rumput

 

dekorasi jendela kelas padang rumput

Sumber: www.wallums.com

 

Tema padang rumput untuk hiasan jendela kelas termasuk tema yang sederhana karena kamu hanya perlu memotong kertas dengan bentuk rumput. Setelah itu gunakan kertas dan potong dengan bentuk telur, jangan lupa warnai telur seperti telur paskah dengan warna yang berbeda. bimbing siswa untuk melakukan hal yang sama agar mereka lebih bersemangat. Potong juga kertas dengan bentuk matahari dan letakkan pada bagian sudut jendela.

Hiasan jendela ini tampak lebih segar karena tata letaknya yang tepat. Selain bentuk telur-telur paskah, kamu juga bisa membuat bentuk kupu-kupu yang sedang beterbangan di antara rerumputan. Pemilihan warna yang tepat juga bisa menghasilkan kreasi yang berbeda. Oleh karena itu disarankan untuk memilih warna yang sedikit lembut sehingga nyaman dilihat. Biaya yang dihabiskan untuk hiasan ini adalah Rp 5.000 per lembar kertasnya.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Suasana Asri

 

dekorasi jendela kelas asri

Sumber: www.southernliving.com

 

Kamu bisa membuat dekorasi kelas dengan hiasan yang telah jadi seperti burung mainan dan dedaunan hias. Untuk merekatkan bahan-bahan tersebut ke jendela, kamu bisa menggunakan lem yang agak kuat. Hiasan ini akan terasa lebih asri karena seluruh hiasannya tampak lebih nyata. Siswa-siswa juga lebih tertarik dan nyaman berada di kelas yang kelihatan lebih segar ditambah lagi latar jendelanya sudah menampilkan suasana yang asri dan segar dipandang mata.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Bunga dan Lampu Hias

 

dekorasi jendela lampu dan bunga

Sumber: www.insinyurbangunan.com

 

Gunakan kertas dan lampu hiasan untuk dekorasi jendela kelas. Kamu bisa memotong kertas dengan berbagai bentuk salah satunya bentuk bunga dan rekatkan pada jendela dari atas ke bawah berurutan. Kemudian tambahkan lampu hias di bagian pinggir jendela agar tampak lebih anggun. Untuk kertasnya pilihlah dengan warna berbeda agar tampak lebih ramai dan disenangi anak-anak.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Tema Abstrak

 

dekorasi jendela kelas tema abstrak

SSumber : https://insinyurbangunan.com/

 

Ajaklah siswa untuk menghias jendela tanpa tema. Kamu bisa menggunakan kertas yang telah di potong-potong acak dan biarkan siswa berkreasi dengan sendirinya. nantinya hasil kreasi siswa tersebut bisa dikatakan sebagai hiasan abstrak tapi terlihat menarik. sebagai guru, kamu hanya perlu mengontrol dan membimbing mereka ketika proses dekorasi kelas berlangsung.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Kertas Origami

 

dekorasi jendela kelas tema origami

Sumber : https://rumahlia.com/

 

Kertas origami memang dikenal sebagai kertas yang dapat menghasilkan bentuk apa saja dari lipatan-lipatannya. Namun kali ini kamu bisa menggunakan origami untuk hiasan jendela dengan bentuk sederhana seperti kerucut yang digantung berurutan menggunakan tali kecil. Kemudian gantungkan tali tersebut pada jendela. Selain bentuk kerucut yang sederhana, kamu juga bisa mengajak siswa untuk membentuk burung, bintang, kupu-kupu dan lain sebagainya untuk hiasan jendela. Biaya yang dihabiskan untuk satu set origami adalah Rp 8.000.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dengan Imajinasi Alam

 

hiasan jendela tema pemandangan

Sumber : https://www.tokopedia.com

 

Hiasan jendela kelas dengan imajinasi alam adalah tema bebas. Kamu bisa menggambarkan kura-kura di jendela yang berada di bawah tanaman bunga. selain itu juga bisa menggambarkan seluruh makhluk hidup secara acak seperti kelinci di dalam lautan. Biarkan anak berimajinasi sesukanya, dengan begitu jendela kelas yang awalnya tampak membosankan bisa menjadi lebih berwarna karena hiasan jendelanya.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dari Kardus

 

hiasan jendela kelas tema kardus

Sumber : https://insinyurbangunan.com

 

Kardus merupakan bahan yang mudah ditemukan. kamu bisa membuat hiasan kelas dari bahan kardus dengan memotongnya menjadi bentuk-bentuk berbeda seperti bentuk hati, rumput dan lainnya. Usahakan untuk memanfaatkan kardus bekas sekaligus sebagai aksi peduli lingkungan. Ajak siswa untuk membawa kardus yang sudah tidak digunakan lagi dari rumah sebagai bentuk edukasi mengenai pelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah kardus.

Padukan kardus serta kertas hias guna membuat tampilan jendela lebih warna warni layaknya pelangi. Konsep berhias jendela dengan menggunakan kardus dinilai dapat membuat para siswa menjadi lebih kreatif dengan ide-ide di dalam kepalanya. Hiasan kelas sekolah dasar dengan menggunakan kardus hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 50.000.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dari Cat Air

 

hiasan jendela kelas tema cat air

Sumber : https://insinyurbangunan.com

 

Gunakan cat air untuk menghias jendela kelas. Kamu bisa mengajarkan tentang alam kepada siswa dengan media gambar jendela dan cat air. Biarkan siswa berimajinasi sembari menggambarkan hewan dan ekosistem yang ada di dalam pikirannya. Daya imajinasi siswa sangat luas, jadi kamu bisa mendapatkan berbagai ide dari mereka setelah melihat hasil kreatifitasnya dari dekorasi jendela kelas. Sebaiknya gunakan tema burung agar jendela kelas terlihat indah namun tidak terlalu padat dengan gambar-gambar lainnya. Kamu hanya menghabiskan biaya yang tidak terlalu tinggi untuk biaya dekorasi kelas yakni Rp 25.000.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dari Kertas

 

hiasan jendela tema kertas

Sumber : https://insinyurbangunan.com

 

Kamu juga bisa membuat hiasan jendela dengan tema burung yang bertengger di atas ranting pohon menggunakan potongan kertas. Sediakan gunting kertas dan lem untuk menyusun hiasan jendela yang satu ini. Potong kertas menjadi bentuk burung dan ranting, usahakan untuk tetap menggunakan kertas warna-warni agar menarik siswa. Kemudian rekatkan potongan kertas bentuk burung dan ranting pada jendela.

Letakkan sesuai yakni burung berada di atas ranting pohon , jangan letakkan secara acak. Hal ini dilakukan agar orang yang melihat paham bahwa burung tersebut sedang berada di atas ranting pohon. Hiasan ini terbilang cukup sederhana namun menarik. selain burung, kamu juga bisa memotong kertas dengan bentuk ayam dan lainnya.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dari Krayon

 

hiasan jendela tema krayon

Sumber : https://insinyurbangunan.com

 

Jika krayon telah digenggam oleh para siswa, maka biarkan mereka berkreasi dengan sendirinya. izinkan siswa untuk mencoret jendela sesuai imajinasinya dengan krayon. Apabila siswa tidak mahir bergambar maka bombing mereka untuk menggambar apa yang kamu sarankan. Ajari mereka untuk menarik garis pertama kali jika memang benar-benar tidak mampu menggambar. Selebihnya serahkan semuanya pada mereka.

  1. Dekorasi Jendela Kelas dari Bendera

 

hiasan kelas tema bendera

Sumber : https://insinyurbangunan.com

 

Untuk membuat siswa lebih mengenal negaranya sendiri dan negara lainnya di dunia, kamu bisa menggunakan tema hiasan jendela dari bendera-bendera. Bendera-bendera tersebut bisa dibuat dari kertas yang telah dibentuk dan diwarna sesuai dengan bendera masing-masing negara. Kemudian rekatkan pada jendela, dengan begitu siswa akan mengetahui negara apa saja yang ada di dunia.

Bagaimana? Cukup menyenangkan, bukan? Menghias jendela kelas bersama siswa merupakan kegiatan yang mampu membangkitkan kreatifitas siswa. Kami sebagai sekolah yang mendukung segala bentuk kreatifitas siswa juga menyediakan tenaga pendidik yang handal.

Dekorasi Ruangan Kelas Sekolah Dasar

Selain jendela kelas, kamu juga mengajak siswa untuk menghias dinding kelas agar tampak lebih menarik dengan beragam hiasan. Berikut berbagai dekorasi ruang kelas sekolah dasar yang bisa menjadi referensi.

  1. Cap Telapak Tangan 

 

hiasan dinding telapak tangan

sumber : https://www.hipwee.com

 

Untuk membuat kelas penuh dengan warna warni dan menarik, ajaklah siswa untuk menghias dengan menggunakan cat air. Lumuri cat air pada tangan siswa, kemudian letakkan tangan ke dinding kelas, bentuk-bentuk tangan mereka akan tampak pada dinding kelas, usahakan jangan sampai terlalu berantakan. Kelas akan terlihat lebih hidup dibandingkan sebelumnya. Cara ini bisa membuat siswa merasa lebih ceria karena mereka juga turut andil dalam menghias kelas.

  1. Kupu Warna Warni di Dinding Kelas

 

hiasan dinding kupu kupu

Sumber : https://www.dekoruma.com

 

Dinding kelas yang kosong akan terasa hampa apalagi warna dinding yang terlalu monoton seperti putih. Kamu bisa mengajak siswa untuk mendekorasi dinding kelas dengan potongan kertas warna warni berbentuk kupu-kupu. Kemudian rekatkan kupu-kupu tersebut pada dinding seperti kupu-kupu sedang terbang menjauh. Selain itu kamu juga bisa menggambar buku yang terbuka di bagian bawah dinding dan rekatkan kupu-kupu di atasnya seolah-olah mereka keluar dari buku tersebut. Bagaimana? Cukup imajinatif, bukan?

  1. Gambar Pohon

 

hiasan dinding pohon

Sumber : https://metrojateng.com

 

Kamu bisa membimbing siswa untuk menggambar pohon di salah satu sudut dinding kelas. Gunakan cat air atau juga bisa menempel dengan menggunakan kertas. Selain itu kamu juga bisa menambahkan ornament seperti kupu-kupu dan lainnya di sekeliling pohon agar tampak indah.

  1. Kertas Hias

 

dekorasi ruang kelas kertas hias

Sumber : https://temonggo.com

 

Selain bisa menggunakan kertas hias untuk dekorasi jendela, kamu juga bisa mengajak para siswa untuk mendekorasi dinding dengan kertas hias. Rekatkan kertas hias di bagian atas dinding dan biarkan menjuntai ke bawah sampai batas yang kamu tentukan. Ketika naik ke atas, mintalah bantuan guru lainnya agar tidak melukai siswa. Dekorasi kelas yang apik akan membuat siswa nyaman dan mudah menerima pelajaran.

  1. Gantungan di Langit-langit Kelas

 

dekorasi gantungan di langit kelas

Sumber : https://www.dekoruma.com

 

Bagian langit-langit kelas juga bisa kamu gunakan sebagai media. Kamu bisa menyediakan lampion dan berbagai hiasan seperti kupu-kupu dari origami atau burung-burungan. Lalu rekatkan pada seuntai tali dan temple di bagian langit-langit. Ruangan kelas akan terlihat seperti suasana karnaval dan terasa seperti kamar sendiri.

  1. Tempelan Bintang di Langit-langit Kelas

 

dekorasi langit kelas bintang bintang

Sumber : https://id.aliexpress.com

 

Selain gantungan lampion dan lainnya di langit-langit kelas, kamu juga bisa menggunakan tempelan berbentuk bintang di sana. Saat ini telah banyak dijual hiasan bintang-bintang yang bercahaya ketika berada dalam kegelapan. Kamu bisa langsung membelinya dan menghias kelas bersama siswa lainnya. Selain bisa direkatkan di bagian langit-langit kelas, para siswa juga bisa merekatkannya pada bagian dinding yang mudah digapai. Kelas akan tampak seperti luar angkasa yang penuh bintang-bintang berkilauan.

  1. Hiasan dengan Bentuk Ulat

 

dekorasi kelas huruf hijaiyah ulat

Sumber : https://temonggo.com

 

Kamu bisa menggunakan hiasan dengan bentuk ulat agar lebih kelihatan unik dan menarik. Hiasan ini bisa digunakan untuk huruf hijaiyah. Jadi, potong kertas berbentuk lingkaran sebanyak jumlah huruf hijaiyah. Gunakan potongan lingkaran yang ukurannya lebih besar sebagai kepala ulat. Kemudian potong kertas berbentuk kaki dua kali lipat jumlahnya dengan lingkaran. Kemudian setiap lingkaran ditulis dengan huruf hijaiyah. Setelah itu tempelkan pada dinding secara berurutan.

  1. Hiasan dengan Bentuk Tasbih

 

dekorasi kelas huruf hijaiyah tasbih

Sumber : https://temonggo.com

 

Serupa dengan bentuk ulat, hiasan dinding dengan bentuk tasbih juga bisa kamu gunakan. Potong kertas warna warni dengan bentuk lingkaran sejumlah dengan huruf hijaiyah. Kemudian tempelkan pada bagian dinding kelas. Siswa akan mudah menghafal dengan media yang menarik, oleh karena itu kamu sebagai guru bisa menggunakan berbagai media agar siswa mudah menerima pelajaran.

  1. Pohon dengan Nama Nabi

 

hiasan dinding 25 nama nabi

Sumber : https://www.instazu.com

 

Nama-nama Nabi ada 25, jadi kamu harus memotong daun dengan bentuk bunga maupun bentuk lainnya sebanyak 25 lembar. Kemudian tulis sesuai dengan nama Nabi yang pertama dan terakhir, lalu jadikan kertas dengan bentuk-bentuk tersebut sebagai daun yang ditempel pada bagian cabang-cabang pohon. Usahakan untuk menggunakan kertas warna warni agar lebih indah.

  1. Hiasan Kelas dengan Tema Karnaval

 

dekorasi kelas tema karnaval

Sumber : https://www.dekoruma.com/

 

Tema karnaval bisa digunakan untuk menghias kelas karena kelas nantinya tampak lebih berwarna, ceria dan bahagia. Kamu bisa memilih warna yang menarik dengan warna terang dan mencolok agar siswa tertarik dan betah di dalam kelas. Dekorasi kelas dilakukan agar siswa merasa terkesan dan nyaman berada di dalam kelas terutama saat pelajaran berlangsung. Tema hiasa karnaval ini bisa kamu terapkan dengan menempel berbagai hiasan warna warni pada dinding kelas. Kemudian hias juga papan tulis dengan tempelan warna warni agar tidak membosankan ketika dipandang.

Manfaat Dekorasi Kelas

  1. Meningkatkan Semangat Belajar

Kelas yang telah didekorasi akan terasa lebih menarik dan tidak membosankan ketika berada di dalamnya. Sekolah merupakan tempat menghabiskan waktu untuk belajar yang berbeda dengan rumah. Namun kamu bisa menghias ruangan kelas agar terlihat lebih nyaman ditempati untuk menerima ilmu. Kini kelas bisa didekorasi dengan suasana yang akrab seperti sedang berada di kamar sendiri.

Waktu yang dihabiskan di sekolah juga lumayan lama, jadi butuh kenyamanan yang setimpal antara rumah dan sekolah. Sebagai guru yang profesional. Kamu harus membuat siswa merasa tertarik dan nyaman berada di sekolah. Oleh karena itu gunakan berbagai tema dan cara untuk menghias kelas bersama siswa. Mata siswa akan terasa lebih segar ketika kelasnya dipenuhi dengan hiasan. Mereka tidak akan mudah bosan dan ngantuk dengan suasana kelas yang menyenangkan.

Perlu diingat bahwa kelas yang terlalu mencolok juga tidak nyaman digunakan untuk belajar. Usahakan untuk menghias kelas dengan penuh kerapian. Meskipun kamu menghias kelas siswa sekolah dasar, namun kerapian tetap diperlukan karena justru siswa sekolah dasar-lah yang paling sensitif dengan suasana kelas, jika kelas terlalu monton mereka cepat bosan dan jika kelas penuh warna-warna yang tidak beraturan mereka akan merasa pusing.

Untuk proses menghias kelas, sebaiknya dilakukan setelah tahun pertama anak di sekolah karena menurut seorang peneliti Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat, dekorasi pada dinding kelas dapat mengganggu proses belajar mengajar anak pada tahun pertamanya di sekolah,

Peneliti tersebut mengatakan bahwa pandangan anak dapat terganggu karena fokus mereka tidak pada apa yang disampaikan guru melainkan pada dekorasi kelasnya. Pandangan mereka mudah terganggu sehingga nilai tes cenderung lebih rendah dibandingkan anak-anak yang belajar diruangan yang dekorasi kelasnya sederhana. Peneliti ini menyarankan kepada sekolah untuk menerapkan dekorasi sederhana agar pandangan anak tidak terganggu.

  1. Siswa Semakin Kompak

Ketika kamu menghias kelas bersama dengan siswa, mereka bisa saling mengenal satu sama lain dengan baik. Media untuk merekatkan hubungan antara siswa adalah dengan mengadakan kegiatan menghias kelas. Ketika siswa sama-sama menghias kelas, mereka akan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Selain itu siswa juga bisa lebih percaya diri meskipun hiasan yang dibuat tidak terlalu menarik karena mereka bisa membuatnya secara bersama-sama dan semakin kompak tentunya.

  1. Kelas Menjadi Populer

Setelah menghias kelas, kamu dan siswa akan diapresiasikan dengan berbagai penghargaan. Apalagi jika dekorasi kelas bagus dan unik. Bahkan kelas kamu juga bisa menjadi juara utama apabila diadakan lomba dekorasi kelas di sekolah. Oleh karena itu gunakan tema yang unik dan menarik untuk menghias kelas. Pastikan jika tema tersebut tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu biasa saja.

  1. Menjadi Inspirasi Kelas Lain

Kamu dan siswa pasti senang jika ada kelas lainnya yang menjadikan kelasmu sebagai trendsetter, bukan? kamu, siswa dan kelas hasil karyamu akan menjadi inspirasi untuk kelas lainnya untuk menghias kelas dengan suasana yang baru. Saat kelas lain mengikuti jejakmu dalam menghias kelas pastinya kamu dan siswa akan senang karena bisa menginspirasi orang lain.

Dalam kegiatan dekorasi kelas, kamu harus benar-benar menata segalanya semenarik mungkin seperti penataan ruang kelas, perabot kelas seperti meja dan kursi, papan tulis, lemari kelas, jadwal pelajaran. daftar piket kelas, kalender pendidikan, gambar-gambar, tempat sampah dan papan absensi. Papan tulis sebaiknya gunakan yang ukuran besar serta permukaannya harus rata. Tempatkan papan tulis di depan dengan cahaya yang cukup. Jangan letakkan papan tulis terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah karena siswa tidak mampu menjangkaunya.

Untuk meja dan kursinya letakkan sesuai standar, meja guru yang dilengkapi laci serta kunci tempatkan pada posisi yang strategis yakni bagian kiri maupun kanan papan tulis. Pastikan juga tidak menghalangi pandangan siswa. Meja dan kursi siswa harus ditata sedemikian rupa sehingga kondisi kelas cukup menyenangkan. Sesuaikan ukuran antara meja dan kursi dengan ukuran badan siswa.

Lemari di dalam kelas harusnya diletakkan di bagian paling samping papan tulis baik itu kiri maupun kanan atau letakkan di sebelah meja guru. Jadwal pelajaran juga letakkan pada tempat yang mudah terlihat disertai dengan daftar piket kelas.

Setelah itu letakkan papan absensi di sebelah papa tulis atau dinding di samping kelas, kamu sebagai guru profesional juga harus memiliki catatan daftar kehadiran siswa di buku khusus karena setiap harinya papa absensi diganti. Lalu letakkan kalender pendidikan di tempat yang mudah dilihat. Apabila meja guru dilengkapi dengan lapisan kaca, maka kamu bisa meletakkan kalender pendidikan di bawah kaca tersebut agar mudah terlihat.

Gambar-gambar seperti gambar presiden, wakil serta lambang negara yakni Garuda Pancasila sebaiknya ditempatkan pada bagian depan kelas atau tepatnya di atas papan tulis. Posisinya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Jangan lupakan tempat sampah, dalam rangka menjaga kebersihan kelas, kamu harus menyediakan tempat sampah sebanyak 4 buah dan tuliskan jenis sampah serta berikan warna yang berbeda. Sampah kertas, sampah makanan. sampah plastik dan sampah kaleng-kalengan. Hal ini dapat membuat siswa tahu cara menjaga kebersihan dengan baik.

Jangan lupa untuk menyediakan tempat cuci dan lap tangan di kelas. Kamu bisa menggunakan tisu dan letakkan di dekat tempat cuci tangan. Ini termasuk dalam cara menjaga kebersihan sehingga siswa terbiasa untuk hidup bersih.

Itulah 25 ide inspirasi dekorasi kelas sekolah dasar yang bisa kamu contoh untuk membuat kelas terasa lebih nyaman saat proses belajar mengajar berlangsung. Semoga bermanfaat.

Artikel ini diproduksi oleh Jasa SEO Terbaik – Arfadia.

 

 

Kesimpulan :

Apa saja Dekorasi Kelas Sekolah dasar agar murid tidak merasa bosan ?

- Dekorasi Jendela Kelas Sekolah Dasar
- Dekorasi Ruangan Kelas Sekolah Dasar

Apa Manfaat Dekorasi Kelas Sekolah Dasar ?

1. Meningkatkan Semangat Belajar
2. Siswa Semakin Kompak
3. Kelas Menjadi Populer
4. Menjadi Inspirasi Kelas Lain

Kenapa mendekorasi kelas dapat Meningkatkan Semangat Belajar

Kelas yang telah didekorasi akan terasa lebih menarik dan tidak membosankan ketika berada di dalamnya. Sekolah merupakan tempat menghabiskan waktu untuk belajar yang berbeda dengan rumah

 

(Visited 18.956 times, 18 visits today)
WhatsApp WhatsApp us