Bagikan Artikel Ini:

Seperti yang kita ketahui bahwa buah mempunyai manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata buah untuk menurunkan panas juga ada, lho! Hal ini tentunya akan menjadi informasi yang menarik untuk Anda yang lebih nyaman menggunakan obat-obatan alami ketimbang menggunakan obat-obatan kimia. Banyak orang lebih memilih untuk mengonsumsi obat alami, terutama dari buah-buahan karena tidak memberikan efek samping pada tubuh.

Buah-Buahan Lezat dan Ampuh Untuk Menurunkan Panas Pada Anak dan Orang Dewasa

Buah biasanya selalu dikonsumsi sebagai makanan pendamping makanan pokok. Namun, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan dilakukan banyak penelitian, ternyata buah-buahan tersebut bisa sekaligus menjadi obat untuk berbagai penyakit. Selain rasanya yang lezat dan mayoritas disukai oleh semua orang, ternyata buah memiliki manfaat yang dahsyat untuk kesehatan terutama dalam hal menurunkan panas atau demam.

Berikut ini adalah buah-buahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan panas dan menjaga kesehatan :

  1. Semangka

Buah penurun panas anak dan dewasa yang pertama adalah semangka. Semangka merupakan buah yang kerap kali kita konsumsi karena mempunyai rasa yang lezat dan manis. Selain itu, konsumsi semangka juga dianggap bisa membuat tubuh menjadi segar disaat cuaca sedang panas karena memiliki banyak kandungan air dan sangat lezat ketika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Ternyata, buah semangka tak hanya lezat saja, lho!

Semangka bisa Anda manfaatkan untuk menjadi obat alami yang difungsikan untuk menurunkan panas tubuh pada anak. Kandungan air yang melimpah di dalam buah semangka mampu untuk menurunkan suhu tubuh yang panas dan dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat mengingat anak-anak biasanya kurang menyukai obat-obatan kimia dengan rasa yang asing dan lebih menyukai untuk konsumsi buah-buahan yang memiliki rasa manis.

  1. Air Kelapa

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa semua bagian yang terdapat didalam kelapa dapat kita manfaatkan. Salah satu bagian yang paling banyak dikonsumsi adalah air kelapa yang didapat dari bagian dalam buah kelapa yang sudah dibelah. Air kelapa sudah sering digunakan sebagai minuman alami pelepas dahaga dan pengembali energi.

Akan tetapi, ternyata manfaat air kelapa tidak hanya sampai disitu saja. Ada banyak sekali manfaat dari air kelapa (terutama air kelapa hijau) sehingga membuat banyak orang yang mengelu-elukannya sebagai buah yang memiliki sejuta manfaat. Salah satunya adalah untuk menurunkan panas. Mekanismenya hampir sama seperti semangka, air kelapa akan membuat suhu tubuh yang panas menjadi turun dan tubuh menjadi tidak dehidrasi. Selain itu, air kelapa juga akan mendetoksifikasi tubuh untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang identik dengan warna oranye dan biasanya mempunyai citarasa asam. Hal itu disebabkan adanya kandungan Vitamin C pada jeruk atau Asam Askorbat yang memberikan citarasa asam dan bersifat sebagai antioksidan. Tubuh yang sedang berada dalam kondisi panas akan terasa lebih segar ketika sudah mengkonsumsi jeruk yang tinggi akan kandungan Vitamin C.

Selain itu, di dalam jeruk juga terkandung flavonoid yang bisa membantu mekanisme tubuh untuk lebih cepat dalam menurunkan suhu tubuh yang panas. Biasanya, buah untuk sakit panas ini juga selalu menjadi buah yang dibawa ketika menjenguk orang sakit karena kandungannya yang baik untuk tubuh. Citarasa jeruk yang asam-manis membuatnya disukai oleh banyak orang. Selain itu, jeruk juga bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau diperas.

  1. Delima

Delima merupakan salah satu buah yang lezat karena memiliki rasa yang manis dan segar. Buah ini sudah banyak dimanfaatkan untuk skala industri seperti dibuat minuman, campuran yoghurt, perisa, dan masih banyak lagi. Selain itu, buah ini juga sudah terkenal akan segudang manfaat yang dimilikinya sehingga membuat buah delima selalu dijadikan obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk dalam urusan menurunkan panas demam.

Delima kaya akan antioksidan. Tak heran jika Anda dan anak rutin mengkonsumsi buah delima, maka tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid yang dimilikinya ternyata mampu untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang panas. Oleh sebab itu, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa yang sedang mengalami demam.

  1. Anggur

Anggur memiliki berbagai jenis dan warna. Mulai dari anggur yang berwarna hijau, merah, hingga ungu. Selain rasanya yang lezat, ternyata anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik dan bermanfaat untuk tubuh. Tak heran jika kini buah anggur banyak dimanfaatkan untuk dibuat menjadi produk obat-obatan yang berasal dari bahan alami.

Buah anggur mempunyai kandungan Vitamin C dan flavonoid yang tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang sakit, terutama sedang sakit demam. Demam akan membuat suhu tubuh menjadi meningkat dan tubuh menjadi terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, diperlukan obat-obatan yang dikonsumsi untuk bisa menurunkan suhu tubuh. Konsumsi buah untuk panas dalam ini akan sangat bermanfaat untuk tubuh yang sedang sakit dan mencari obat yang alami.

  1. Melon

Melon merupakan buah yang biasanya berbentuk bulat dan menyerupai semangka ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat, lho! Didalam buah melon terkandung banyak sekali zat-zat gizi yang terkandung sehingga apabila Anda sering mengkonsumsi buah melon maka akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah bisa untuk menurunkan panas ketika sedang demam.

Buah melon memiliki banyak kandungan air, sehingga diharapkan ketika tubuh sedang demam dan suhu tubuh meningkat, maka dengan konsumsi buah melon tubuh dapat menyesuaikan panas dan suhu tubuh yang tinggi akan menurun. Selain itu, konsumsi buah melon pada saat tubuh sedang panas juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi karena akan membuat suhu tubuh menurun dan zat-zat kotor didalam tubuh akan keluar lewat urin dan keringat.

  1. Aneka Buah Berry

Buah berry identik dengan citarasa yang asam dan segar. Ada banyak sekali buah berry yang bisa Anda jumpai. Misalnya : strawberry, blueberry, cranberry, blackberry, mulberry, acai berry, dan masih banyak lagi. Buah yang termasuk dalam kelompok berry biasanya memiliki antioksidan yang tinggi sehingga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan ini akan berperan dalam melawan radikal bebas yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, di dalam buah berry juga terdapat salah satu zat yang akan sangat bermanfaat untuk tubuh yaitu Antosianin. Antosianin merupakan zat pemberi warna pada berry dan juga menjadi zat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, buah berry juga mampu untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang demam agar bisa kembali normal. Buah untuk menurunkan panas ini sangat ampuh untuk dikonsumsi dikala tubuh sedang mengalami peningkatan suhu.

  1. Pisang

Masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Pisang merupakan buah yang disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki citarasa yang manis, lezat, mudah dan murah untuk didapatkan. Hampir disetiap tempat kita bisa menjumpai atau membeli buah pisang. Hal ini dikarenakan pisang sangat cocok untuk tumbuh di iklim tropis Indonesia.

Pisang mempunyai segudang manfaat sehingga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Salah satunya adalah pisang bermanfaat untuk menjadi buah penurun panas dan batuk. Pisang kaya akan Potasium yang merupakan zat yang mampu untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang berlebihan. Selain itu, pisang juga mengandung kalori yang bisa memberikan tenaga untuk orang-orang yang sedang sakit demam. Rasa pisang yang manis dan legit pasti disukai oleh anak-anak.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki citarasa manis dan gurih serta banyak disukai oleh orang-orang. Alpukat menjadi sumber lemak nabati yang baik untuk tubuh sehingga bisa memberikan energi untuk tubuh. Selain kandungan lemak yang dimilikinya, masih banyak segudang kandungan baik yang dimiliki oleh buah alpukat.

Buah alpukat kaya akan Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan mampu untuk menurunkan suhu tubuh yang berlebih ketika sedang demam. Kandungan lemak baik yang ada di dalam alpukat seperti Asam Oleat sangat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, terutama yang sedang mengalami sakit demam. Asam Oleat akan bekerja sebagai anti-inflamasi dan menjadi penurun suhu tubuh. Sehingga, bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah penurun panas anak dan orang dewasa.

  1. Mentimun

Mengapa mentimun bisa masuk ke dalam kelompok buah? Hal ini dikarenakan syarat untuk suatu hasil tanaman bisa dikategorikan sebagai buah adalah memiliki biji, daging, dan kulit, sehingga mentimun bisa dikategorikan sebagai buah. Tapi, mentimun juga bisa masuk ke dalam kelompok sayur karena orang-orang identik mengkonsumsi mentimun sebagai sayur. Sehingga, mentimun disebut sebagai buah pelengkap sayur.

Mentimun ternyata memiliki banyak sekali kandungan baik yang ada didalamnya. Salah satu manfaat mentimun adalah untuk menurunkan panas demam pada tubuh. Mentimun memiliki kandungan 95% air sehingga mampu untuk menyeimbangkan panas tubuh yang sedang meningkat dikarenakan demam. Selain itu, kandungan air yang terdapat di dalam mentimun juga bisa membantu tubuh untuk tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang dikarenakan cairan pada tubuh keluar melalui urin dan keringat.

  1. Apel

Apel adalah salah satu dari sekian banyak buah yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki citarasa yang lezat dan manis, ternyata di dalam apel terkandung banyak zat-zat baik untuk tubuh dan bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Saat ini, apel bisa dikonsumsi tidak hanya dalam bentuk buah langsungnya saja. Tapi sudah banyak juga olahan apel yang memberikan manfaat kesehatan yang baik, misalnya saja seperti cuka apel dan masih banyak lagi olahan bermanfaat dari apel lainnya.

Apel kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B, dan Flavonoid. Ketiga kandungan tersebut merupakan zat yang sangat baik untuk membantu tubuh dalam penyembuhan penyakit, salah satunya adalah untuk menyembuhkan demam. Ketika demam, panas tubuh akan meningkat, sehingga diperlukan obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan panas tubuh. Buah apel bisa Anda manfaatkan untuk menjadi obat alami yang mampu untuk menurunkan suhu tubuh anak ketika demam menjadi kembali normal. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk menjadi buah untuk panas dalam.

Kesimpulan :

Apa saja buah-buahan lezat dan ampuh untuk menurunkan panas ?

1.Semangka

2.Air kelapa

3.Jeruk

4.Delima

5.Anggur

Apa manfaat dari buah delima ?

Untuk skala industri seperti dibuat minuman, campuran yoghurt, perisa, dan masih banyak lagi.

Apa manfaat dari buah semangka ?

Untuk menjadi obat alami yang difungsikan untuk menurunkan panas tubuh pada anak.

 

(Visited 247 times, 5 visits today)
WhatsApp WhatsApp us