Bagikan Artikel Ini:

Setiap orang pasti pernah mengalami lupa pada berbagai hal. Baik dari usia anak-anak maupun pada orang dewasa, tentu pernah mengalami kejadian hal tersebut. Bahkan tidak hanya satu atau dua kali saja. Misalnya saja Anda lupa meletakkan kunci kendaraan Anda, atau ketika Anda sedang berbelanja ke supermarket tiba-tiba Anda lupa pada suatu barang yang akan Anda beli dan barang tersebut baru Anda ingat setelah kembali ke rumah, atau pada anak sekolah tidak sedikit yang lupa dengan pelajaran pada hari sebelumnya maupun merasa kesulitan untuk berkonsentrasi ketika mengikuti pembelajaran di sekolah.

Sehingga kejadian-kejadian seperti ini sangat lah menyulitkan Anda dan terkadang membuat Anda menyalahkan diri sendiri akibat kelupaan tersebut. Apalagi bagi anak sekolah yang perlu untuk selalu mengingat setiap materi pembelajaran dan bisa mendapatkan tips belajar efektif agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lancar.

Namun, perlu diketahui juga bahwa kondisi Anda yang lupa tersebut adalah wajar adanya. Hal tersebut dikarenakan informasi yang baru Anda serap atau dapatkan belum lah sampai pada akar otak terdalam Anda. Atau bisa juga karena saat itu Anda sedang dalam kondisi tidak fokus untuk mengingat akan hal tersebut. Dan kesulitan untuk mengingat ini bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tidak hanya karena faktor usia, tetapi juga karena faktor depresi dan stres, tidur yang kurang, jarang untuk berolahraga, dan sebagainya.

10 Tips Untuk Mengatasi Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi

Walaupun lupa dan sulit untuk berkonsentrasi adalah hal yang normal karena hampir setiap orang pernah mengalaminya, namun di suatu waktu hal tersebut akan bisa merugikan Anda. Apalagi kelupaan Anda terjadi pada momen-momen yang penting. Maka, akan lebih baik jika Anda meminimalisir kelupaan dan kesulitan berkonsentrasi tersebut dengan beberapa cara di bawah ini yang bisa Anda jalankan dengan menyenangkan.

1. Mengasah Otak Dengan Permainan

Seperti yang Anda tahu bahwa ada berbagai permainan yang mampu untuk mengasah otak Anda. Misalkan saja Teka Teki Silang (TTS) dengan berbagai pertanyaan yang membutuhkan otak Anda untuk berpikir dan menemukan jawaban yang cocok untuk diisikan pada kotak-kotak TTS yang sudah disediakan. Permainan ini dipercaya mampu untuk menjaga otak Anda terus bekerja. Karena dapat diibaratkan bahwa otak bak sebuah mesin yang setiap waktunya akan selalu bekerja. Jika mesin tersebut didiamkan saja apalagi dalam waktu yang lama, maka mesin akan dingin, tidak bergerak, dang semakin lama mesin pun akan mengalami kerusakan.

Namun berbeda jika mesin dipanaskan dan terus digunakan, maka akan terus berfungsi. Hal ini sama seperti otak yang apabila terus diasah maka akan dapat memperbaiki ingatan dan juga menunda kepikunan. Apalagi saat ini sudah banyak permainan mengasah otak yang bisa Anda mainkan di smartphone Anda. Dengan cara ini sekaligus Anda juga bisa mendapatkan tips belajar yang menyenangkan dengan menggunakan permainan.

2. Mencoba Keluar Dari Zona Nyaman

Zona nyaman terkadang membuat Anda merasa betah untuk berlama-lama dan hal tersebut tanpa Anda sadari akan bisa menghambat potensi yang Anda miliki. Namun, tidak akan salah jika sewaktu-waktu Anda memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman Anda. Dengan begitu Anda akan bisa mendapatkan tantangan dan berusaha di zona tersebut untuk kemudian akan bisa menimpa Anda menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas.

Coba nikmati zona baru Anda tersebut dan tidak perlu yang terlalu berlebihan. Misalkan saja mencoba hobi yang baru, di mana Anda hanya perlu fokus pada hobi baru tersebut untuk mempelajarinya, mencermati, dan menyerap ilmu yang sebanyak-banyaknya dari hal tersebut. Dengan begitu, Anda pun akan bisa berkembang seiring dengan proses tersebut.

3. Kuasai Skill Atau Bahasa yang Baru

Jangan merasa puas dengan skill atau bahasa Anda saat ini. Karena banyak sekali skill maupun bahasa yang ada di sekeliling Anda yang penting untuk Anda pelajari. Upayakan untuk mencari skill dan bahasa lain yang akan Anda pelajari. Asah skill tersebut secara rutin dan terapkan kedisiplinan dalam diri Anda. Misalnya saja Anda belajar memasak, menjahit, membuat berbagai macam kue, mempelajari Bahasa Jepang dengan huruf hiragana dan katakana-nya, dan bahasa-bahasa lainnya yang akan sangat bermanfaat untuk Anda suatu hari nanti. Anda bisa mempelajarinya secara bertahap.

Bahkan saat ini Anda bisa belajar dengan banyak media, seperti Youtube dengan memilih konten-konten yang berkualitas dan mudah untuk dipahami, mengikuti kelas khusus bidang yang Anda geluti, melalui buku, maupun dari komunitas yang di dalamnya Anda bisa berdiskusi secara bebas dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari teman-teman di komunitas tersebut.

4. Doodle

Doodle ini bukan lagi menjadi kegiatan yang asing dan juga sebagai tips belajar yang baik. Karena tentu saja Anda pernah selama di sekolah dan merasa bosan lalu mencoret-coret buku dengan gambar atau membuat grafiti atau coretan lainnya sesuka hati Anda. Ini lah yang dinamakan Doodle. Di mana doodle ini sifatnya adalah spontan atau terjadi begitu saja.

Dengan menerapkan Doodle yang semula dianggap remeh ini, pada nyatanya mampu untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam hal visual karena telah melihat hal yang Anda gambar sendiri, kinestetik karena Anda melibatkan tangan untuk menggambar hal yang Anda inginkan, dan pendengaran karena sesuai dengan apa yang Anda dengar dari perkataan orang lain.

5. Menghirup Aroma Rosemary

Salah satu tumbuhan rempah-rempah yang bernama Rosmarinus officinalis atau Rosemary ini nyatanya mampu untuk meningkatkan kinerja otak dan daya ingat dengan cara menghirupnya. Bahkan tidak hanya meningkatkan daya ingat, Rosemary juga ampuh untuk mengatasi keluhan pada pencernaan, migrain, detoksifikasi liver, dan sebagainya. Anda bisa meletakkannya di dalam rumah dekat jendela sebagai tanaman hias di dalam rumah Anda. Sembari merawatnya agar tetap tumbuh subur dan menyegarkan, coba lah untuk menghirupnya setiap hari. Dan rasakan manfaatnya kemudian.

6. Mengajar

Jika Anda melihat para guru dan dosen ketika mengajar, maka seolah-olah materi pembelajaran sudah berada di luar kepala dan mengalir begitu saja melalui lisannya ketika menerangkan. Hal itu karena guru dan dosen mengajar secara rutin dan mengulang-ulang penyampaian materi tersebut untuk mentransfer ilmu kepada para muridnya. Hal ini bisa menjadi tips belajar bagi Anda yang ingin selalu mengingat materi pelajaran dengan mudah dengan mengajarkannya kepada orang lain.

Anda bisa dengan mengajar les mata pelajaran secara privat sesuai dengan kemampuan Anda. Atau Anda juga bisa turut bergabung dalam Taman Bacaan Al-Quran (TPA) dan turut menjadi pengajar bagi anak-anak TPA. Selain menyenangkan karena bisa berinteraksi dengan anak-anak, Anda juga sekaligus bisa mengasah otak Anda agar tetap bisa mempertajam daya ingat Anda.

7. Membaca Bacaan Dengan Font-Font Yang Unik

Dapat di ketahui bersama bahwa jenis font sangatlah beraneka ragam. Dan terkadang setiap orang memiliki keluhan pada kesulitan untuk membaca jika font yang digunakan tidaklah cocok. Tentu hal ini akan sangat mengganggu di dalam proses penyerapan ilmu karena hambatan di saat membaca. Karena saat ini banyak sekali media baca yang bisa Anda gunakan, tidak hanya buku dan koran saja tetapi juga ada internet.

Namun, perlu diketahui bahwa berdasarkan penelitian yang ada untuk bisa mengingat dengan baik adalah dengan membaca tulisan yang menggunakan font-font yang unik. Hal tersebut karena ketika Anda membaca tulisan-tulisan yang sulit, maka otak Anda akan berkonsentrasi lebih keras. Dengan begitu, hal tersebut akan dapat melatih Anda untuk bisa mengingat sesuatu dengan lebih mudah. Jadi, mulai sekarang latih lah diri Anda untuk tidak menolak bacaan-bacaan dengan menggunakan font yang biasanya enggan untuk Anda baca.

8. Perubahan Rutinitas

Menjalani rutinitas tentu adalah sebuah kebiasaan yang Anda lakukan di setiap harinya. Dan karena sudah menjadi kebiasaan, tentu akan sulit jika harus merubahnya. Namun, ketika Anda mencoba untuk merubah rutinitas tersebut, maka hal itu akan sangat baik untuk menciptakan jalur syaraf yang baru bagi Anda. Misalnya saja ketika Anda terbiasa untuk pergi ke sekolah dengan jalan yang sama setiap harinya, coba lah untuk melewati jalan yang lain.

Lalu ketika biasanya Anda menggosok gigi dengan menggunakan tangan kanan, coba lah untuk menggantinya dengan menggunakan tangan kiri. Dan ketika Anda akan pergi ke pasar yang jaraknya tidak terlalu jauh, dimana biasanya Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa mencoba untuk menggunakan sepeda yang sekaligus bisa berolahraga dan menghemat biaya naik angkutan umum.

9. Mengepalkan Tangan

Kegiatan sederhana seperti mengepalkan tangan ini tidak bisa Anda remehkan begitu saja karena hal ini mampu untuk mempengaruhi daya ingat Anda. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa dengan mengepalkan tangan kanan akan bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan untuk mengingat, seperti mengingat nomor telepon.

Lalu jika mengepalkan tangan kiri, maka hal tersebut akan dapat membantu Anda di dalam mengingat peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Bahkan dengan mengepalkan tangan tersebut akan mampu untuk membuat Anda merasa mudah di dalam mengingat kata-kata maupun kalimat yang panjang. Jadi, walaupun gerakan mengepalkan tangan terbilang sederhana, tetapi bisa memberikan dampak yang besar pada cara kerja fungsi otak Anda.

10. Aktiflah Untuk Bersosialisasi

Di dalam bersosialisasi, Anda tidak hanya akan bisa menjalin hubungan yang erat tetapi aktivitas ini juga bisa menjadi tips belajar efektif untuk bisa meningkatkan daya ingat Anda. Karena selama bersosialisasi itu lah, Anda akan terlibat di dalam sebuah obrolan, baik dengan teman maupun saudara. Dan di saat itu lah akan ada proses pertukaran informasi yang tentu saja melibatkan otak Anda untuk berpikir.

Dengan berkumpul dan bersosialisasi, maka hal tersebut juga bisa membuat Anda untuk bebas dari stres dan depresi . Karena ketika Anda sudah mengalami stres dan depresi akan berpotensi untuk menghambat setiap aktivitas Anda, terutama menjadi penyebab dari turunnya daya ingat Anda.

Jadi, mulai sekarang untuk bisa terhindar dari kelupaan dan sulitnya untuk berkonsentrasi, maka jalankanlah tips belajar menyenangkan dan beberapa upaya tersebut untuk bisa meminimalisir dari kebiasaan lupa yang mampu mengganggu Anda tersebut.

 

Baca Juga : 5 Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Dirumah

Sebutkan 10 Tips Seru Bagi Yang Sering Lupa Dan Sulit Berkonsentrasi!

10 Tips Untuk Mengatasi Sering Lupa Dan Sulit Konsentrasi yaitu : 1. Mengasah Otak Dengan Permainan 2. Mencoba Keluar Dari Zona Nyaman 3. Kuasai Skill Atau Bahasa Yang Baru 4. Doodle 5. Menghirup Aroma Rosemary 6. Mengajar 7. Membaca Bacaan Dengan Font-Font Yang 8. Perubahan Rutinitas 9. Mengepalkan Tangan 10. Aktiflah Untuk Bersosialisasi

Apa itu Doodle?

Doodle ini bukan lagi menjadi kegiatan yang asing dan juga sebagai tips belajar yang baik. Karena tentu saja Anda pernah selama di sekolah dan merasa bosan lalu mencoret-coret buku dengan gambar atau membuat grafiti atau coretan lainnya sesuka hati Anda. Ini lah yang dinamakan Doodle. Di mana doodle ini sifatnya adalah spontan atau terjadi begitu saja. Dengan menerapkan Doodle yang semula dianggap remeh ini, pada nyatanya mampu untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam hal visual karena telah melihat hal yang Anda gambar sendiri, kinestetik karena Anda melibatkan tangan untuk menggambar hal yang Anda inginkan, dan pendengaran karena sesuai dengan apa yang Anda dengar dari perkataan orang lain.

Apakah benar Menghirup Aroma Rosemary itu bisa meningkatkan konsentrasi?

Salah satu tumbuhan rempah-rempah yang bernama Rosmarinus officinalis atau Rosemary ini nyatanya mampu untuk meningkatkan kinerja otak dan daya ingat dengan cara menghirupnya. Bahkan tidak hanya meningkatkan daya ingat, Rosemary juga ampuh untuk mengatasi keluhan pada pencernaan, migrain, detoksifikasi liver, dan sebagainya. Anda bisa meletakkannya di dalam rumah dekat jendela sebagai tanaman hias di dalam rumah Anda. Sembari merawatnya agar tetap tumbuh subur dan menyegarkan, coba lah untuk menghirupnya setiap hari. Dan rasakan manfaatnya kemudian.

(Visited 20 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us