Bagikan Artikel Ini:

Bahasa Inggris sudah menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dikuasai setiap orang. Selain karena sudah menjadi bahasa internasional, mampu berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan fasih juga menjadi nilai lebih yang akan berguna dalam banyak hal. Itulah sebabnya, banyak orang tua ingin anaknya menguasai Bahasa Inggris, baik secara akademis maupun kehidupan sehari-hari. Sayangnya, belajar Bahasa Inggris tidak cukup apabila hanya dilakukan di sekolah dengan jam belajar yang terbatas. Les tambahan atau metode belajar di rumah akan jauh lebih membantu anak untuk belajar.

Membiasakan belajar Bahasa Inggris untuk anak dari kecil akan lebih mudah dibandingkan ketika anak sudah dewasa. Pada usia dini, anak memiliki kemampuan untuk mengingat dan belajar lebih baik sehingga akan memudahkan anak untuk menerima setiap hal yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, masa kanak-kanak harus dimanfaatkan untuk mengasah dan mengajarkan hal-hal positif yang akan berguna bagi si kecil hingga mereka dewasa.

Proses belajar ini akan jauh lebih mudah dan menyenangkan apabila orang tua berperan aktif dalam mengajarkan anak Bahasa Inggris. Selain sekolah, lingkungan rumah adalah tempat anak menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, rumah haruslah menjadi lingkungan yang baik dan mendukung setiap proses belajar anak.

Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak dalam belajar Bahasa Inggris. Segala hal yang ada di rumah dapat diubah menjadi media atau metode belajar yang unik dan tidak membosankan bagi anak. Agar lebih memudahkan Anda untuk mengajar si kecil berbahasa Inggris, berikut ini 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk membiasakan si kecil belajar Bahasa Inggris:

Lakukan Secara Rutin dan Setiap Hari

 

Membiasakan anak untuk belajar secara rutin memang tidak mudah, butuh kesabaran dan ketelatenan agar anak mau untuk melakukannya setiap hari. Namun, metode ini akan sangat memudahkan anak dalam mengingat setiap hal yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Karena anak-anak cenderung cepat merasa bosan, buatlah metode belajar yang singkat dan menarik setiap harinya. Anda dapat membuat sesi belajar dalam rentang waktu yang pendek, misalnya selama 15 hingga 20 menit. Meskipun singkat, metode belajar ini akan sangat efektif apabila dilakukan setiap hari secara rutin.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode belajar yang beragam seperti bercerita menggunakan Bahasa Inggris, bermain, dan menonton video yang menggunakan Bahasa Inggris. Hal-hal ini akan membantu si kecil menjadi terbiasa untuk belajar dan menggunakan Bahasa Inggris. Anda dapat memulai dengan meminta si kecil menghitung jumlah mainan yang dimilikinya dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Sebagai orang tua, Anda juga harus ikut serta untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris kepada si kecil. Komunikasi sehari-hari di rumah menggunakan Bahasa Inggris akan membuat anak terbiasa mendengar dan ikut mencoba. Apalagi, di umur-umur tertentu anak akan memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang orang tuanya lakukan dan katakan. Sehingga, metode ini dapat membantu anak untuk ikut terbiasa mendengar dan mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Misalnya saat anak baru bangun tidur, Anda dapat mengajarkan salam atau kalimat sederhana seperti “good morning” diikuti dengan menjelaskan artinya dalam Bahasa Indonesia. Mintalah si kecil untuk mengulanginya dan menggunakannya setiap hari.

Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

 

Cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak harus dengan metode yang menyenangkan. Selain menghindari si kecil yang cepat merasa bosan, metode yang menarik akan membuat anak lebih tertarik dan dapat bertahan lebih lama untuk belajar. Oleh karena itu, Anda harus menyiasati hal tersebut dengan melibatkan si kecil untuk menciptakan suasana belajar yang mereka sukai. Sebelum mulai belajar, tanyakanlah dulu kepada si kecil mengenai topik yang ingin mereka pelajari. Apabila mereka ingin belajar nama-nama hewan, Anda dapat menggunakan video belajar berisi nama-nama hewan untuk memudahkan proses belajar si kecil.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikannya dengan menggunakan permainan-permainan yang mereka sukai. Misalnya, apabila si kecil senang bermain lego maka gunakanlah lego untuk menjadi media belajar si kecil. Lego tersebut dapat digunakan untuk belajar mengingat dan melafalkan angka dalam Bahasa Inggris. Selain menyenangkan, metode ini juga lebih mudah bagi si kecil karena menggunakan mainan yang familiar bagi mereka. Sehingga, mereka juga akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Jangan lupa untuk menambah koleksi buku si kecil menggunakan buku-buku cerita berwarna cerah yang menggunakan Bahasa Inggris. Anda dapat meminta si kecil untuk membaca buku-buku tersebut secara perlahan untuk mengetahui kemajuannya dalam berbahasa Inggris. Dampingilah anak saat membaca agar Anda dapat mengoreksi apabila ada kesalahan saat membaca buku tersebut. Namun, apabila si kecil masih belum terlalu lama belajar Bahasa Inggris,, buku-buku tersebut dapat Anda bacakan secara rutin sambil tetap menjelaskan arti dari setiap kata yang ada di buku tersebut.

Membiasakan si kecil untuk membaca memang akan sangat sulit. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membiasakannya untuk membaca sejak dini. Pasti akan sangat menyenangkan apabila melihat si kecil fasih berbahasa Inggris sekaligus rajin membaca buku, kan?

Manfaatkan Isi Rumah Untuk Belajar

 

Rumah adalah tempat yang memiliki berbagai macam barang-barang yang dapat menambah kosakata Bahasa Inggris untuk anak. Anda dapat memanfaatkan isi rumah untuk menjadi metode belajar bagi si kecil. Salah satunya adalah dengan cara memperkenalkan nama-nama barang yang ada di kamar si kecil, seperti kasur, bantal, kamar tidur, mainan, baju, dan barang-barang lain yang anak miliki.

Selain untuk menambah kosakata anak, hal ini juga dapat membiasakan anak untuk berbicara mengenai banyak hal sekaligus untuk latihan berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga harus membantu anak untuk menjelaskan nama dan fungsi setiap benda tersebut dalam kalimat sederhana agar anak dapat lebih mudah mengingat dan memahaminya. Tanyakan pada si kecil tentang apa yang sudah Anda ajarkan untuk memastikan apakah si kecil sudah berhasil mengingatnya atau belum.

Lakukan hal ini secara berulang saat anak sedang menghabiskan waktunya di kamar. Apabila Anda merasa si kecil sudah cukup mengenal nama-nama barang yang ada di kamarnya, Anda dapat melanjutkan dengan memperkenalkan barang-barang yang ada di bagian rumah lainnya. Apabila menemukan barang yang sama dengan yang sudah diajarkan, Anda dapat menggunakannya sebagai salah satu tes untuk si kecil agar Anda dapat mengetahui apakah mereka masih ingat dengan apa yang sudah diajarkan sebelumnya atau tidak.

Apabila si kecil sudah termasuk paham Bahasa Inggris, Anda dapat memanfaatkan barang-barang di rumah untuk dijadikan sebuah kalimat utuh. Misalnya menggunakan kata kasur, mintalah anak untuk membuat kalimat dari nama barang tersebut yang menjelaskan kegunaan dari barang tersebut, seperti “kasur ini digunakan untuk tidur” dalam Bahasa Inggris.

Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

 

Kemajuan teknologi membuat hadirnya berbagai macam aplikasi belajar Bahasa Inggris untuk anak yang sangat mudah untuk digunakan. Anda dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut sesekali untuk menambah ide dan memberikan metode belajar yang baru pada anak.

Anda tidak perlu mengikuti metode belajar di aplikasi tersebut secara keseluruhan. Anda dapat memanfaatkan materi-materi belajar di aplikasi tersebut untuk diajarkan lagi kepada anak dengan metode yang lain. Ini memang akan sedikit memakan waktu Anda, namun membuat metode baru dan menyesuaikannya dengan anak akan membuat belajar si anak lebih mudah.

Sebelum menerapkannya pada anak, pastikan Anda sudah mempelajari dan membandingkannya dengan aplikasi yang lain. Pilihlah aplikasi yang memiliki desain menarik dan menggunakan warna-warna cerah. Anak-anak cenderung akan lebih tertarik untuk belajar apabila menggunakan aplikasi dengan desain yang lucu dan penuh warna. Anda juga tidak perlu hanya mengacu pada satu aplikasi saja, apabila memungkinkan, Anda dapat menyatukan sistem belajar yang ada pada lebih dari satu aplikasi.

Apabila anak Anda sudah cukup paham menggunakan aplikasi belajar yang Anda pilih, Anda dapat meminta si kecil untuk belajar menggunakan aplikasi tersebut. Namun, sebaiknya Anda tetap mengawasi mereka ketika belajar, atau Anda dapat memberikan soal untuk mengukur pemahaman anak setelah belajar dari aplikasi yang digunakan.

Berikan Reward Pada Anak

 

Berikan Reward Pada Anak

Photo by Kira auf der Heide on Unsplash

Belajar Bahasa Inggris tentu tidak mudah bagi anak-anak. Untuk itu, memberikan hadiah pada si kecil untuk setiap kemajuannya dalam belajar tentu akan membuat si kecil semakin bersemangat untuk belajar. Selain untuk mengapresiasi keinginan si kecil untuk belajar, hadiah tersebut juga dapat memotivasi mereka untuk tetap konsisten belajar Bahasa Inggris.

Pemberian hadiah ini juga dapat menjadi senjata ampuh bagi orang tua untuk mengajak si kecil belajar. Biasanya, anak-anak akan langsung tertarik dan mau untuk belajar apabila akan diberikan hadiah berisi hal-hal yang mereka sukai. Namun, jangan sampai si kecil hanya mau belajar saat ada hadiah saja ya. Jadikan lah hadiah tersebut sebagai sesuatu yang hanya bisa didapatkan apabila anak sudah mencapai kemajuan yang pesat.

Oya, selama belajar dengan si kecil pastikan untuk tidak terlalu terpaku pada tata bahasa (grammar). Apabila anak sering salah dalam hal tata bahasa saat mencoba untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris, janganlah focus untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Kesalahan tata bahasa tersebut adalah hal yang biasa terjadi bahkan pada seorang native sekalipun. Untuk usia anak-anak, Anda dapat fokus pada kemajuan anak dalam hal berani berbicara, mengekspresikan diri, mau mencoba, dan yang paling penting mereka tetap konsisten dan tidak kehilangan minat untuk belajar Bahasa Inggris. Fokuslah pada hal-hal tersebut untuk membiasakan si kecil untuk terlibat dalam hal-hal yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Memperbaiki kesalahan si kecil memang hal yang tepat, tapi jangan sampai fokus pada kesalahan tersebut dan membuat anak kehilangan mood belajar.

Belajar Bahasa Inggris untuk usia dini memang tidak mudah. Butuh kesabaran ekstra dan harus rutin untuk diulangi agar si kecil paham dan bisa mengingatnya dengan mudah. Tidak perlu terburu-buru dan memaksa si kecil untuk cepat bisa dan mengingat hal yang dipelajarinya. Lakukanlah secara perlahan dan sesuaikan dengan mood si kecil. Sebagai orang tua, penting untuk tidak marah saat membantu anak belajar ya. Suasana yang fun dan ramah akan membuat anak tidak cepat bosan dan rajin untuk belajar.

Bagaimana cara menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan?

Cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak harus dengan metode yang menyenangkan. Selain menghindari si kecil yang cepat merasa bosan, metode yang menarik akan membuat anak lebih tertarik dan dapat bertahan lebih lama untuk belajar. Oleh karena itu, Anda harus menyiasati hal tersebut dengan melibatkan si kecil untuk menciptakan suasana belajar yang mereka sukai. Sebelum mulai belajar, tanyakanlah dulu kepada si kecil mengenai topik yang ingin mereka pelajari. Apabila mereka ingin belajar nama-nama hewan, Anda dapat menggunakan video belajar berisi nama-nama hewan untuk memudahkan proses belajar si kecil. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikannya dengan menggunakan permainan-permainan yang mereka sukai. Misalnya, apabila si kecil senang bermain lego maka gunakanlah lego untuk menjadi media belajar si kecil. Lego tersebut dapat digunakan untuk belajar mengingat dan melafalkan angka dalam Bahasa Inggris. Selain menyenangkan, metode ini juga lebih mudah bagi si kecil karena menggunakan mainan yang familiar bagi mereka. Sehingga, mereka juga akan lebih mudah untuk mengingatnya. Jangan lupa untuk menambah koleksi buku si kecil menggunakan buku-buku cerita berwarna cerah yang menggunakan Bahasa Inggris. Anda dapat meminta si kecil untuk membaca buku-buku tersebut secara perlahan untuk mengetahui kemajuannya dalam berbahasa Inggris. Dampingilah anak saat membaca agar Anda dapat mengoreksi apabila ada kesalahan saat membaca buku tersebut. Namun, apabila si kecil masih belum terlalu lama belajar Bahasa Inggris,, buku-buku tersebut dapat Anda bacakan secara rutin sambil tetap menjelaskan arti dari setiap kata yang ada di buku tersebut. Membiasakan si kecil untuk membaca memang akan sangat sulit. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membiasakannya untuk membaca sejak dini. Pasti akan sangat menyenangkan apabila melihat si kecil fasih berbahasa Inggris sekaligus rajin membaca buku

Apa yang dimaksud manfaatkan Isi Rumah Untuk Belajar?

Bagaimana cara membuat metode belajar yang singkat dan menarik setiap harinya?

 

 

(Visited 289 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us