Bagikan Artikel Ini:

Setiap anak memang harus diajarkan kebaikan – kebaikan sejak dini bahkan sebelum masuk sekolah sehingga anak tersebut mempunyai daya ingatan yang masih bagus jika selalu mendapatkan hal – hal yang baik dari dini. Apapun yang ia saksikan dari kecil tidak akan lupa dari ingatan baik perbuatan maupun perkataan orang terdekatnya.

Tentu mempunyai anak – anak yang soleh dan solehah adalah dambaan para orang tua, karena anak adalah harta terbesar didunia maupun di akhirat. Apalagi jika kita menanamkan sifat – sifat terpuji sejak dini pada anak seperti mengajarkan berbagi, bersedekah, menunaikan sholat, dan belajar membaca ayat – ayat suci Al-Qur’an. Bersedekah adalah salah satu cara termudah yang harus diajarkan kepada anak sejak dini, karena cara bersedekah pun terbilang mudah jika dilakukan oleh seorang anak, bahkan anak yang masih kecil. Bersedekah merupakan ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau memberikan jaminan bahwa orang yang bersedekah maka tidak akan berkurang hartanya.

Ada riwayat yang diterjemahkan oleh HR. Al-Bukhari dan Muslim bahwa Abu Bakar pernah bertanya kepada Rasulullah dan Abu Bakar bertanya: Ya Rasulullah, aku tidak punya harta apapun yang menggunakan Az-Zubair kepadaku, apakah saya boleh bersedekah? Lalu Rasulullah bersabda: Sedekahkanlah hartamu, jangan hanya dikumpulkan saja namun enggan untuk bersedekah atau ber infak niscaya Allah akan menyempitkan rizkimu.

Dengan sabda Rasulullah tersebut tentu kita mengerti bahwa cara bersedekah dan berapapun harta yang kita sedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan maka tidak akan membuat kita miskin, justru dengan pelit harta maka akan dipersulit jalan rizkinya, maka hal ini lah yang patut kita ajarkan kepada anak sejak dini agar mereka mudah mengingat ajaran yang terus menerus ditekankan dan akan mudah dibawa ke masa remaja sampai masa tuanya.

10 Manfaat Mengajarkan Anak Bersedekah

Prestasi Global - 10 Manfaat Mengajarkan Anak Bersedekah

Sedekah berarti peduli terhadap sesama manusia di sekitarnya, sifat tersebut adalah sifat yang baik yang sangat perlu dimiliki oleh setiap manusia, untuk bisa memiliki sifat baik dan peduli terhadap sesama yaitu ajarkan bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan kepada anak anak kita agar mereka menjadi anak yang peduli dan peka terhadap orang yang lebih membutuhkan bantuan kita, ajarkanlah dari sedini mungkin dengan memperkenalkan cara sedekah dan contoh sedekah itu seperti apa sampai ia mengerti. Tidak hanya itu, bersedekah juga memiliki manfaat yang baik bagi manusia untuk tabungan kita ke akhirat nanti, berikut 10 manfaat mengajarkan anak bersedekah.

1. Agar Tidak Menjadi Anak yang Bersifat Kikir

Bersedekah adalah ajaran Rasulullah untuk semua umat dan perbuatan itu sangat di hargai oleh Allah SWT. Tentu saja dengan bersedekah akan membuat kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda seperti contoh sedekah dengan cara infak di masjid, atau memberi sedikit harta kita untuk anak yatim piatu dan itu semua akan mengajarkan anak supaya mempunyai rasa peduli dan selalu rendah hati terhadap orang lain.

2. Mengajarkan Anak untuk Meringankan Beban Orang Lain

Terdapat banyak orang di sekitar kita yang sangat membutuhkan pertolongan, entah karena dia sakit, dia kelaparan, dia tidak mempunyai penghasilan, dia yatim piatu dan lainnya. Maka dengan mengajarkan anak untuk bersedekah akan membantu meringankan beban yang membutuhkan, yang tadinya kelaparan jadi bisa makan dan yang tadinya sakit bisa berobat karena sudah diberi sedekah. Sedekah itu bisa ke siapa saja, Allah SWT tidak melarang kita mau bersedekah kepada siapa saja dan berapa. Siapapun boleh diberikan sedekah. Maka hal ini akan mengajarkan kepada anak bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu berdampingan dan saling membutuhkan itulah yang dinamakan keajaiban sedekah yang akan mendatangkan pahala untuk anak dan meringankan beban untuk orang lain.

3. Mengajarkan Anak untuk Bersikap Ikhlas

Contoh sedekah kepada orang lain dapat diajarkan dari mulai saling memberi apa yang ia miliki, contoh: memberi sedikit uang, memberi buku, memberi makanan atau apapun yang kita punya. Dan selalu ajarkan anak untuk memberi tanpa mengharap balas budi karena bersedekah itu hanya karena Allah SWT. Selama mengajarkan anak untuk tidak mengharap balas budi maka apa yang akan mereka berikan kepada orang lain tidak akan pernah ia permasalahkan atau akan mereka ikhlaskan, inilah tujuan mengajarkan bersedekah agar anak mempunyai sikap dan sifat ikhlas.

4. Membuat Iman Anak Menjadi Kuat

Prestasi Global - 10 Manfaat Mengajarkan Anak Bersedekah

Sedekah merupakan ibadah, ibadah adalah hal yang wajib dilakukan sebagai orang muslim. Maka sedekah termasuk dalam 3 amalan yang tidak akan pernah putus. Jika anak – anak diajarkan bersedekah sejak kecil maka sama saja kita sedang mendekatkan anak kepada sang pencipta Allah SWT yang dimana akan menjadi lebih kuat iman anak kepada Allah SWT.

5. Mengajarkan Bersedekah Merupakan Pengenalan Rasa Bersyukur

Sifat buruk pada manusia ialah selalu merasa kurang dengan apa yang sudah dimiliki, begitupun sifat ini akan ada pada anak kita jika tidak pernah diajarkan untuk bersyukur dengan apa dan seberapa yang ia miliki, dengan mengajarkan sedekah maka kita sedang memberi tahu bahwa banyak orang disekitarnya yang lebih tidak mampu dari padanya, dan menimbulkan sifat anak tersebut menjadi peduli serta bisa bersyukur dengan apa yang sudah ia miliki saat ini. Ketika ia bertanya harus bersedekah kepada siapa? Maka tekankan pada anak kita untuk bersedekah bisa kepada siapapun yang dianggap membutuhkan bantuan kita,beri contoh: anak yatim piatu dan anak – anak jalanan atau bisa juga teman sekolahnya yang dirasa mempunyai kekurangan. Dengan begitu seiring bertambahnya usianya ia akan mengerti dan bisa membedakan mana orang yang betul membutuhkan dan tidaknya dan lagi, ia akan selalu merasa bersyukur.

6. Membuat Anak Tidak Terlalu Mementingkan Materi

Pernahkan anda melihat anak kecil tetapi sudah memiliki sifat pelit? Ya, pasti ada. Kurangnya ajaran bersedekah dari ia masih kecil dapat memicu menjadi orang yang pelit dan tidak peduli terhadap sesamanya. Dengan mengajarkan sedekah secara tidak langsung kita mengajarkan pula bahwa apa yang kita miliki tidak akan selamanya kita miliki maka apa yang kita punya dan orang lain tidak, berbagilah. Dengan begitu anak akan tahu pentingnya berbagi dan tidak mementingkan apa yang dia punya.

7. Memberi Contoh Bersedekah Tidak Harus Dengan Uang

Sedekah bisa dilakukan dengan barang dan jasa, tidak hanya uang. Namun jika pada saat ingin bersedekah hanya memiliki uang sangat diperbolehkan, kita bisa menyampaikan kepada anak untuk bersedekah bisa dilakukan dengan apapun selain uang. Bahkan memberikan senyuman kepada orang lain itu sudah termasuk sedekah atau berkata baik kepada orang tua, dan memperlakukan teman sesamanya dengan baik itu juga sudah termasuk bersedekah, maka dengan begitu anak tidak akan merasa terbebani dengan harus memiliki uang dulu baru ia bisa bersedekah, hindari sifat itu ada pada anak agar bebas memberi apapun yang ia bisa kepada orang lain.

8. Menghindarkan Anak dari Sifat Tamak

Selalu ajarkan kepada anak bahwa bersedekah kepada siapa saja itu harus dilakukan dan berapapun rezeki yang diterima itu lebih baik disisihkan untuk bersedekah, selagi masih kecil kita harus bangun mental dan keberanian ia untuk memberi kepada orang lain dengan tujuan melatih anak agar tidak menjadi orang yang tamak dimana apa yang ia miliki ya berarti hanya miliknya bukan untuk dibagi dan diberikan kepada orang lain.

9. Menghindarkan Ia dari Sifat Buruk

Selalu ajarkan bahwa manusia harus selalu berbuat baik, dengan bersedekah itu adalah contoh hal baik yang akan mengurangi pemikiran ia untuk bertindak sebagai anak yang pelit tentunya pelit dan sombong yang hal itu merupakan sifat buruk yang harus dihindari. Anak – anak paling takut jika sudah dibicarakan dengan masalah dosa dan buruk sehingga pentingnya mengajarkan sedekah dari kecil ialah menghindari anak kita dari sifat buruk yang mungkin akan ia miliki.

10. Membangun Rasa Peduli Terhadap Orang Lain

Prestasi Global - 10 Manfaat Mengajarkan Anak Bersedekah

Kepedulian itu sangat perlu dimiliki, tunjukan kepada anak bahwa disekitar kita masih banyak yang mengalami kesusahan dalam hal apapun dan tidak seberuntung dirinya. Ajarkan ia untuk memberi kepada sesama yang keadaannya dibawahnya, misalkan bandingkan anak memiliki boneka banyak sedangkan anak lainnya di jalan tidak punya, maka dengan begitu pikiran si anak akan merasa kasihan dan peduli sehingga ia mau memberikan salah satu bonekanya untuk orang lain, dan itu termasuk sedekah dari dirinya untuk orang lain. Semudah itu jika kita mau mengajarkan anak untuk bersikap peduli dan mau bersedekah ke orang lain.

Memberi Pengetahuan Kepada Anak Tentang Keajaiban Bersedekah

Sangat banyak bukan pahala yang akan kita dapat dengan keajaiban bersedekah? Anak yang sudah diajarkan saat dini akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk orang tuanya nanti.

Jika bisa ajaklah anak untuk mengunjungi panti asuhan agar ia mengerti perasaan mereka yang tak bisa seberuntung dirinya memiliki orang tua yang lengkap atau ajari mereka untuk melihat keadaan sekeliling yang terdapat banyak anak jalanan, maka ia akan merasa bahwa ia sangat beruntung memiliki orang tua yang selalu memberi apa yang ia minta tanpa harus bekerja dulu. Dengan begitu maka pikiran si anak akan menjadi lebih besar kepeduliannya terhadap orang lain dan mendapatkan keajaiban sedekah jika ia mau lakukan.

Sedekah tidak hanya berguna untuk dirinya sendiri namun juga sangat berguna untuk orang lain, maka kita ajarkan bahwa apa yang kita lakukan akan membuat kita mengetahui keajaiban sedekah yang banyak sekali dan perlu dilakukannya terhadap orang lain untuk mendapat pahala. Ada banyak cara yang bisa diajarkan kepada anak yang bisa digunakannya untuk berbagi maka sebagai orang tua jangan pernah bosan memberikan hal – hal yang baik untuk anak.

Memberikan Arahan Bagaimana Uraian Bersedekah Secara Nyata

Keteladanan, adalah cara yang baik dalam mengajarkan sifat ini yaitu memperlihatkan keteladanan dengan memberikan contoh yang nyata kepada anak, anak disebut juga peniru sebagaimana sejak kecil akan meniru gaya ataupun ucapan yang biasa ia lihat dari orang terdekatnya. Maka ajarkan sifat – sifat teladan dengan mengajaknya dalam membantu orang yang terkena musibah, ikut bersosialisasi gotong royong di dalam komplek lingkungannya atau ajak untuk mengikuti dan terlibat dalam aksi penggalangan dana untuk korban bencana. Dengan contoh nyata seperti itu maka akan membuat anak mengingat apa yang ia lihat sejak kecil bersama orang tuanya dan hal tersebut yang dinamakan uraian bersedekah yang nyata untuk diajarkan kepada anak.

Karena jika kita memberikan latihan langsung dalam mengajarkan anak bersedekah mereka akan mendapatkan pembelajaran langsung yang efektif untuk daya ingatan dirinya. Selain harus memahami karakteristik sang buah hati maka sebagai orang tua juga harus tau bagaimana mengajarkan anak untuk bersedekah dimulai dari hal – hal yang ia sukai sehingga orang tua mampu mendesain pendidikan terbaik untuk anaknya.

Sebutkan 10 Manfaat Mengajarkan Anak Bersedekah!

10 Manfaat Mengajarkan Anak Bersedekah, yaitu : 1. Agar tidak menjadi anak yang bersifat kikir 2.Mengajarkan anak untuk meringankan beban orang lain 3. Mengajarkan anak untuk bersikap ikhlas 4. Membuat iman anak menjadi kuat 5. Mengajarkan bersedekah merupakan pengenalan rasa bersyukur 6.Membuat anak tidak terlalu mementingkan materi 7. Memberi contoh bersedekah tidak harus dengan uang 8. Menghindarkan anak dari sifat tamak 9. Menghindarkan ia dari sifat buruk 10. Membangun rasa peduli terhadap orang lain

Seperti apakah Memberi Pengetahuan Kepada Anak Tentang Keajaiban Bersedekah?

Anak yang sudah diajarkan saat dini akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk orang tuanya nanti. Jika bisa ajaklah anak untuk mengunjungi panti asuhan agar ia mengerti perasaan mereka yang tak bisa seberuntung dirinya memiliki orang tua yang lengkap atau ajari mereka untuk melihat keadaan sekeliling yang terdapat banyak anak jalanan, maka ia akan merasa bahwa ia sangat beruntung memiliki orang tua yang selalu memberi apa yang ia minta tanpa harus bekerja dulu. Dengan begitu maka pikiran si anak akan menjadi lebih besar kepeduliannya terhadap orang lain dan mendapatkan keajaiban sedekah jika ia mau lakukan. Sedekah tidak hanya berguna untuk dirinya sendiri namun juga sangat berguna untuk orang lain, maka kita ajarkan bahwa apa yang kita lakukan akan membuat kita mengetahui keajaiban sedekah yang banyak sekali dan perlu dilakukannya terhadap orang lain untuk mendapat pahala. Ada banyak cara yang bisa diajarkan kepada anak yang bisa digunakannya untuk berbagi maka sebagai orang tua jangan pernah bosan memberikan hal – hal yang baik untuk anak.

Bagaimana cara Memberikan Arahan Uraian Bersedekah Secara Nyata?

Keteladanan, adalah cara yang baik dalam mengajarkan sifat ini yaitu memperlihatkan keteladanan dengan memberikan contoh yang nyata kepada anak, anak disebut juga peniru sebagaimana sejak kecil akan meniru gaya ataupun ucapan yang biasa ia lihat dari orang terdekatnya. Maka ajarkan sifat – sifat teladan dengan mengajaknya dalam membantu orang yang terkena musibah, ikut bersosialisasi gotong royong di dalam komplek lingkungannya atau ajak untuk mengikuti dan terlibat dalam aksi penggalangan dana untuk korban bencana. Dengan contoh nyata seperti itu maka akan membuat anak mengingat apa yang ia lihat sejak kecil bersama orang tuanya dan hal tersebut yang dinamakan uraian bersedekah yang nyata untuk diajarkan kepada anak. Karena jika kita memberikan latihan langsung dalam mengajarkan anak bersedekah mereka akan mendapatkan pembelajaran langsung yang efektif untuk daya ingatan dirinya. Selain harus memahami karakteristik sang buah hati maka sebagai orang tua juga harus tau bagaimana mengajarkan anak untuk bersedekah dimulai dari hal – hal yang ia sukai sehingga orang tua mampu mendesain pendidikan terbaik untuk anaknya.

(Visited 56 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us