Bagikan Artikel Ini:

Mengenalkan angka pada anak tidak harus selalu dilakukan dengan cara yang membosankan. Anak-anak akan jauh lebih antusias belajar angka jika Anda mengajarinya melalui permainan dengan cara yang lebih menyenangkan. Perlu diketahui, otak anak saat berusia 2 sampai 5 tahun bisa menyerap lebih banyak hal yang diajarkan. Oleh karena itu, para orangtua maupun pengasuh anak di rumah harus lebih kreatif membuat permainan yang seru bagi anak, terutama saat mengenalkan urutan angka kepadanya. Apabila Anda ingin mengenalkan angka pada sang anak, cobalah cara mengenalkan angka yang lebih seru agar anak tersebut bisa mengetahui urutan setiap angkanya. Ingatlah, untuk membuat suasana yang menyenangkan dan seru agar tidak membuat anak tersebut menjadi terbebani saat belajar mengenai angka.

Berbicara mengenai angka, pakar pendidikan anak usia dini dan profesor dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat yaitu Susan A. Miller ED.D., juga mengatakan jika mengajarkan konsep pra matematika dapat menstimulasikan anak-anak untuk berpikir lebih logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda maupun gambar yang ada disekitarnya. Selain itu, mengenalkan angka, juga menjadi modal terbaik bagi anak-anak saat memasuki jenjang pendidikan. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara mengenalkan angka untuk anak tk yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Menyanyikan Lagu Tentang Angka

 

Menyanyikan lagu tentang angka merupakan salah satu metode paling efektif untuk mengenalkan angka kepada sang anak. Melalui nyanyian, sang anak akan lebih mudah belajar mengenal konsep angka. Untuk itulah, Anda bisa mengajak balita bernyanyi bersama dengan pilihan lagu yang bertemakan angka, seperti lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu. Melalui lagu ini tentunya anak-anak bisa mengenal bilangan dan urutannya. Selain lagu tersebut, Anda juga bisa memilih lagu Dua Mata Saya, melalui lagu ini sang anak tidak hanya bisa mengenal angka, namun juga bisa mengetahui konsep jumlah. Perlu diingat, saat Anda memilih lagu untuk dinyanyikan oleh sang anak, sebaiknya Anda memilih lagu yang irama musik dan liriknya mudah dihafal onel anak-anak.

2. Memancing Ikan Kertas

 

Para orangtua bisa membuat sendiri kolam-kolaman berukuran kecil dari kotak bekas sepatu ataupun kotak lainnya. Setelahnya Anda bisa mengisi kotak tersebut dengan potongan kertas berwarna pink atau biru, alat pancing serta beberapa ekor ikan. Ikan ini tentunya bukan ikan asli, melainkan ikan yang akan Anda gambarkan pada karton ataupun lembaran busa berwarna-warni. Apabila Anda sudah membentuk ikan dari kertas tersebut, maka Anda bisa langsung mengguntingnya.

Pada bagian kertas berbentuk ikan tersebut, Anda bisa menulis angka 1 sampai 6 di setiap badan ikan yang diselipkan dengan klip kertas. Selanjutnya, Anda bisa meletakkan ikan-ikan tersebut di dalam kolam buatan lalu menyiapkan alat pancing yang ujung satunya terbuat dari seutas tali yang diikat dengan tusuk sate dan satu ujungnya lagi terdapat magnet kecil. Jangan lupa untuk menyiapkan dadu, sebab nantinya dadu tersebut akan berguna saat anak memancing ikan kertas. Mintalah anak untuk melempar dadu terlebih dahulu sebelum memancing ikan, setelahnya anak tersebut bisa memancing ikan yang memiliki angka yang sesuai dengan jumlah mata dadu yang ditunjukkan.

3. Berburu Angka

 

Berburu Angka

Photo by Andrew Buchanan on Unsplash

Belajar menghitung angka bagi anak tentu bisa dilakukan dengan sejumlah permainan seru, salah satunya berburu angka. Permainan berburu angka ini sebenarnya memiliki metode yang sama seperti permainan berburu harta karun. Hanya saja permainan berburu angka ini bisa lebih Anda bermanfaat untuk mengenalkan angka dan jumlah kepada sang anak. Untuk membuat permainan ini cukuplah mudah, yaitu dengan menulis masing-masing angka pada selembar kertas, lalu letakkan kertas tersebut di beberapa sudut rumah, baik itu dibawah bantal, dalam lemari, dibawah kursi maupun di tempat lainnya yang mudah dijangkau oleh sang anak.

Setelahnya Anda bisa meminta sang anak untuk mencari angka-angka yang telah Anda sembunyikan lalu diserahkan kepada Anda. Mintalah kepada sang anak saat menyerahkan angka buruannya sambil menyebutkan angka yang ditemukannya. Selain itu, Anda juga bisa meminta kepada sang anak untuk menemukan empat buah krayon ataupun dua buah buku yang sudah terlebih dahulu Anda letakkan. Kemudian Anda juga bisa meminta Anda untuk menulis angka yang ditemukannya. Dengan begitu Anda tidak hanya bisa mengajari sang anak mengenal angka, namun juga belajar menulis angka.

4. Menghitung Cucian

 

Menghitung Cucian

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Rutinitas mencuci pakaian memang membosankan, namun untuk mengajari anak mengenai angka maka Anda bisa memanfaatkan rutinitas ini menjadi permainan menghitung yang sangat seru bagi sang anak. Permainan ini bisa Anda lakukan dengan mengajak sang anak membantu Anda memisahkan antara pakaian berwarna dengan pakaian putih sambil menghitungnya. Perlu diketahui, melalui permainan ini Anda tidak hanya membantu mengajari anak belajar hitung, namun juga bisa mengenalkan aneka warna kepada sang anak. Permainan menghitung cucian ini memang sangat menyenangkan, namun jangan biarkan sang anak berada terlalu dekat dengan mesin cuci yang sedang menyala.

5. Membuat Gambar

 

Perlu diketahui, salah satu kegiatan favorit anak-anak ialah menggambar. Nah, bagi para orangtua tentunya bisa memanfaatkan kesukaan anak-anak ini dengan mengajarinya tentang angka dan jumlah. Pada permainan ini, Anda bisa menulis sebuah angka pada selembar kertas lalu minta anak Anda untuk membuat gambar sejumlah angka yang telah Anda tuliskan sebelumnya. Contohnya, Anda menuliskan angka satu, maka mintalah kepada sang anak untuk menggambarkan sebuah lingkaran pada kertasnya. Selain itu, Anda juga bisa meminta sang anak untuk menempelkan stiker pada kertas yang sesuai dengan angka yang telah Anda tuliskan.

6. Bermain Lego

 

Permainan Lego memang sangat seru dan menyenangkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Lego untuk mengajari anak belajar konsep jumlah, angka serta menghitung secara sederhana. Untuk memainkan permainan ini cukuplah mudah, yaitu Anda bisa menuliskan angka pada selembar kertas lalu meminta anak mengambil lego yang sesuai dengan jumlah angka yang tertulis pada kertas tersebut. Melalui permainan ini Anda bisa dengan mudah mengajak anak belajar angka dan berhitung. Contoh bermain lego sambil belajar menghitung seperti Anda menuliskan pada kerta angka 3 maka sang anak bisa mengambil 1 buah Lego yang digabungkan dengan dua Lego sehingga menjadi 3 buah Lego. Nah, dari permainan ini tentunya sang anak tidak hanya mampu mengenal angka, namun juga bisa belajar menghitung dengan cepat.

7. Memasak Bersama

 

Memasak Bersama

Photo by Karly Gomez on Unsplash

Aktivitas memasak di dapur memang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda mengajak sang anak untuk memasak bersama. Selain menyenangkan, memasak juga sangat bermanfaat untuk mengajarkan anak tentang keterampilan berhitung secara sederhana. Untuk mengajarkan sang anak berhitung, Anda bisa meminta anak untuk menambahkan 2 sendok garam ke dalam masakan, mengambil 5 siung bawang putih, mengambil 3 tomat serta lainnya. Setelah sang anak membantu Anda memasak, maka Anda bisa menikmati makanan yang dibuat tersebut bersama buah hati tercinta Anda.

8. Memakan Camilan

 

Memakan Cemilan

Photo by Georgia Vagim on Unsplash

Anak-anak memang sangat menyukai camilan, baik itu buah-buahan yang dipotong kecil-kecil maupun biskuit yang memiliki bentuk yang menarik. Bagi Anda yang tertarik memberikan sang anak buah yang dipotong kecil-kecil, maka Anda bisa mengambil sebuah dadu lalu meminta sang anak untuk melemparkan dadu tersebut. Apabila mata dadu yang keluar ialah dua, maka sang anak hanya boleh memakan 2 potong buah tersebut. Cara ini bisa Anda terapkan hingga semua buah habis dikonsumsi oleh sang anak. Selain buah, Anda juga bisa memberikan segenggam biskuit berbentuk ikan kepada sang anak.

Selanjutnya Anda bisa memintanya untuk menggambar sebuah akuarium kecil pada selembar kertas putih yang telah Anda persiapkan. Mintalah sang anak meletakkan biskuit ikan di dalam akuarium yang telah digambarkannya pada kertas putih tersebut. Terakhir Anda bisa meminta sang anak untuk menghitung jumlah biskuit yang telah ia letakkan pada akuarium. Cara menghitung biskuitnya cukuplah mudah yaitu dengan mengambil satu biskuit dari akuarium lalu Anda bisa memintanya untuk menghitung kembali sisa biskuit yang dimilikinya.

9. Menghubungkan Titik-Titik

 

Kegiatan menghubungkan titik-titik ini cukuplah populer sebagai sarana edukasi belajar anak terkait pengenalan angka dan jumlah. Selain itu, melalui kegiatan ini juga mampu membantu anak untuk memahami urutan angka seperti nomor satu yang juga diikuti oleh nomor dua dan seterusnya. Berbicara mengenai permainan ini juga tidak membingungkan, sebab saat ini sudah banyak toko buku yang menyediakan buku gambar dengan tema menghubungkan titik. Selain memperolehnya dari toko buku, Anda juga bisa membuat sendiri gambar pada selembar kertas, mencetak gambar dari internet maupun mendownload aplikasi khusus pada smartphone.

Kegiatan menghubungkan titik-titik ini tidak akan membuat Anda khawatir, meskipun sang anak hanya menyukai karakter Mickey Mouse atau Hello Kitty saja sebagai tema menghubungkan titik-titik. Sebab hal terpenting pada kegiatan ini ialah pengenalan angkanya. Untuk memulai kegiatan ini, Anda bisa meminta anak menghubungkan titik-titik dengan garis yang sesuai urutan angka, setelah titik-titiknya semua dihubungkan maka Anda bisa memintanya untuk menyebutkan gambar apakah itu. Terakhir Anda juga bisa meminta sang anak mewarnai gambar tersebut sesuai dengan warna kesukaan anak tersebut.

10. Menghitung dan Mengelompokkan Jumlah Benda Di Rumah

 

Menghitung dan Mengelompokkan Jumlah Benda Di Rumah

Photo by Anna Sullivan on Unsplash

Benda-benda yang ada di dalam rumah juga bisa Anda jadikan sebagai sarana belajar angka bagi sang anak. Untuk bisa belajar angka dengan metode ini, maka Anda terlebih dahulu harus bisa memasukan garpu, sendok, serta pisau dari laci dapur. Setelahnya mintalah sang anak untuk mengelompokkannya berdasarkan jenisnya. Jika anak tersebut sudah mengelompokkan benda-benda sesuai dengan jenisnya, maka mintalah ia untuk menghitung jumlah setiap kelompok benda tersebut. Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada kaos kaki dengan cara mengelompokkannya berdasarkan ukuran serta warnanya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa meminta sang anak untuk mengelompokkan koleksi boneka yang dimilikinya. Misalnya kelompok boneka binatang yang berdasarkan jenis boneka dan ukurannya. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan kepada sang anak untuk melipat dan merapikan pakaian di dalam lemari. Selanjutnya tanyakan kepada anak, mengenai jumlah kaos kaki dan baju yang telah ia rapikan. Terakhir Anda bisa meminta anak tersebut untuk memisahkannya sesuai kelompoknya masing-masing. Mainan Anak Jual Mainan Anak Mainan Anak Mainan Edukasi Anak Jual Mainan Bayi Mainan Anak Murah Mobil Mobilan Anak Baby Push Walker Lilin Mainan Anak Mainan Pasir Alat Belajar Jalan Bayi

Baca Juga : 8 Cara Mengajarkan Anak Menulis

Sebutkan 10 cara seru mengenalkan angka pada anak!

10 cara seru mengenalkan angka pada anak,yaitu : 1. Menyanyikan Lagu Tentang Angka 2. Memancing Ikan Kertas 3. Berburu Angka 4. Menghitung Cucian 5. Membuat Gambar 6. Bermain Lego 7. Memasak Bersama 8. Memakan Camilan 9. Menghubungkan Titik-Titik 10. Menghitung Dan Mengelompokkan Jumlah Benda Di Rumah

Bagaimana cara mengenalkan angka pada anak dengan metode seru Berburu Angka?

Untuk membuat permainan ini cukuplah mudah, yaitu dengan menulis masing-masing angka pada selembar kertas, lalu letakkan kertas tersebut di beberapa sudut rumah, baik itu dibawah bantal, dalam lemari, dibawah kursi maupun di tempat lainnya yang mudah dijangkau oleh sang anak. Setelahnya Anda bisa meminta sang anak untuk mencari angka-angka yang telah Anda sembunyikan lalu diserahkan kepada Anda. Mintalah kepada sang anak saat menyerahkan angka buruannya sambil menyebutkan angka yang ditemukannya. Selain itu, Anda juga bisa meminta kepada sang anak untuk menemukan empat buah krayon ataupun dua buah buku yang sudah terlebih dahulu Anda letakkan. Kemudian Anda juga bisa meminta Anda untuk menulis angka yang ditemukannya. Dengan begitu Anda tidak hanya bisa mengajari sang anak mengenal angka, namun juga belajar menulis angka.

Bagaimana cara mengenalkan angka pada anak dengan metode memakan cemilan?

Anak-anak memang sangat menyukai camilan, baik itu buah-buahan yang dipotong kecil-kecil maupun biskuit yang memiliki bentuk yang menarik. Bagi Anda yang tertarik memberikan sang anak buah yang dipotong kecil-kecil, maka Anda bisa mengambil sebuah dadu lalu meminta sang anak untuk melemparkan dadu tersebut. Apabila mata dadu yang keluar ialah dua, maka sang anak hanya boleh memakan 2 potong buah tersebut. Cara ini bisa Anda terapkan hingga semua buah habis dikonsumsi oleh sang anak. Selain buah, Anda juga bisa memberikan segenggam biskuit berbentuk ikan kepada sang anak. Selanjutnya Anda bisa memintanya untuk menggambar sebuah akuarium kecil pada selembar kertas putih yang telah Anda persiapkan. Mintalah sang anak meletakkan biskuit ikan di dalam akuarium yang telah digambarkannya pada kertas putih tersebut. Terakhir Anda bisa meminta sang anak untuk menghitung jumlah biskuit yang telah ia letakkan pada akuarium. Cara menghitung biskuitnya cukuplah mudah yaitu dengan mengambil satu biskuit dari akuarium lalu Anda bisa memintanya untuk menghitung kembali sisa biskuit yang dimilikinya.

(Visited 430 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us