Bagikan Artikel Ini:

Perkembangan teknologi yang semakin masif membuat distraksi pada anak-anak sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini juga berpengaruh pada perkembangan memori anak. Anak-anak jadi cenderung mudah lupa. Untuk mengatasi hal ini, tentu perlu beberapa cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar.

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan anak-anak memiliki daya ingat yang lemah. Beberapa faktor penyebab daya ingat anak melemah yang biasa terjadi di antaranya adalah:

  • Anak memiliki kadar gula yang tinggi
  • Kurangnya asupan nutrisi pada makanan yang anak makan
  • Anak kurang tidur dengan cukup
  • Adanya gangguan kesehatan, seperti ADHD, tumor otak, cedera kepala, atau penyakit huntington
  • Akibat efek samping jeni obat-obat tertentu, seperti antiansietas, antihistamin, atau obat tidur
  • Anak mengalami kecemasan berlebih, stress, hingga depresi
  • Terjadinya gangguan pada hormon metabolisme
  • Kebiasaan tidur yang mendengkur

Di artikel ini, kami akan membahas beberapa cara meningkatkan daya ingat anak serta makanan yang sebaiknya anak konsumsi untuk mendukung perkembangan memorinya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Belajar

Meningkatkan daya ingat anak bukanlah proses yang instan. Perlu kesabaran dan konsistensi yang tinggi. Berikut ini 12 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak.

1. Dorong anak agar sering bertanya

Hal pertama yang dapat membantu anak agar dapat mengingat informasi dengan baik yaitu dengan memastikan bahwa ia menjadi subjeknya. Maksudnya bagaimana? Maksudnya, jadikan anak sebagai subjek yang membutuhkan informasi tersebut.

Cara terbaik untuk menstimulasi hal ini yaitu dengan mendorong anak untuk rajin bertanya. Dengan hal ini, anak dapat mengembangkan pemahamannya. Ini juga dapat meningkatkan kemampuannya berpikir kritis.

2. Sampaikan informasi dalam potongan kecil

George A Miller, seorang psikolog pernah melakukan sebuah penelitian pada tahun 1965 yang mengungkapkan bahwa otak manusia memiliki kemampuan terbatas dalam mengingat sesuatu. Umumnya, otak manusia hanya dapat mengingat hal-hal yang kurang dari 9 item. Maka dari itu, agar anak dapat mengingat dengan baik informasi yang Anda sampaikan, pecahlah informasi tersebut menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Sebagai contoh, saat Anda hendak mengenalkan anak nama-nama hewan, Anda dapat membagi menjadi beberapa sub kategori. Seperti hewan berkaki dua, hewan berkaki empat, dan lain-lain.

3. Gunakan taktik mnemonik secara kreatif

Bisa dibilang, mnemonik merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam membantu anak mengingat suatu informasi. Sebenarnya, mnemonik itu apa sih?

Pernakah Anda menghafal sesuatu dengan cara disingkat agar lebih mudah? Itulah salah satu taktik mnemonik. Anda dapat melakukan hal yang sama kepada anak. Buatlah frasa, kalimat, atau kata yang mudah dihafal dan berisi informasi yang akan anak hafalkan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan frasa “Serigala Itu Membuat Bian Takut” untuk memperkenalkan anggota keluarga. Huruf depan dari frasa ini mewakili Sinta, Indah, Mariska, Bima, dan Tono.

4. Stimulus dengan musik

Best in Class Education Center menyebutkan bahwasanya musik menjadi alat stimulus yang baik untuk membantu perkembangan memori anak.

Apakah Bunda pernah selalu terngiang-ngiang dengan sebuah lagu? Yaps, begitulah musik bekerja dalam menyimpan informasi.

Dengan menggabungkan melodi atau musik favorit anak dengan informasi yang hendak Anda sampaikan, ini membuat anak lebih tertarik dan lebih dapat mengingat informasi tersebut.

5. Ajak anak belajar di tempat yang tenang

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Belajar

Untuk memaksimalkan proses belajar anak, ajaklah anak belajar di tempat yang tenang, jauh dari kebisingan dan minim gangguan. Sebisa mungkin, jangan ada handphone, televisi, mainan, atau hal-hal lain yang dapat mendistraksi konsentrasi anak.

Tempat belajar yang tenang membuat anak-anak lebih fokus, sehingga informasi dapat terserap dengan baik. Anak-anak juga cenderung lebih mudah mengingat informasi yang mereka peroleh dalam kondisi fokus.

6. Beri anak permainan kartu warna-warni

Tak hanya dengan bantuan audio, Anda juga dapat memanfaatkan bantuan visual untuk mendorong kemampuan anak dalam menyimpan informasi. Caranya yaitu dengan menggunakan kartu warna-warni yang berisi gambar dan kata-kata. Kemudian, minta anak untuk mencocokkan antara gambar dan kata-kata tersebut.

Melalui kartu tersebut, anak dapat mengingat informasi yang ia baca ata dengar dengan lebih baik. Anda juga dapat menilai seberapa banyak gambar yang berhasil anak cocokkan dengan benar.

7. Membaca buku bersama

Anda juga dapat mengajak anak membaca buku bersama. Dengan membaca, kemampuan bahasa dan komunikasi anak akan meningkat. Tak hanya itu, membaca juga menjadi stimulus penambah daya ingat anak.

Seorang dokter anak West Tennese Healthcare bernama Steve Melton menyebutkan bahwa peningkatan kemampuan otak karena membaca dapat disebabkan karena anak memperoleh kosa kata, gambar, serta warna yang baru. Hal ini yang mendorong terjadinya perkembangan kognitif pada anak.

Anda juga dapat membacakan buku cerita setiap anak akan tidur. Kondisi anak yang sedang mengantuk dan sedikit tertidur ternyata sangat baik untuk memberikan informasi. Sebab, informasi yang Anda sampaikan akan langsung masuk ke alam bawah sadarnya.

8. Ajak anak untuk bermain peran

Bermain peran juga dapat melatih ingatan anak. Melalui bermain peran, Anda dapat memasukkan beberapa informasi dan mengulang informasi tersebut berkali-kali. Dengan begitu, secara tak sadar anak akan terus merekam informasi yang sama hingga anak hafal dengan sendirinya.

Anda juga dapat mengajak anak bermain kuis untuk membuat anak senantiasa waspada. Lakukan hal ini terus menerus sebagai ajang latihan. Semakin sering berlatih, daya ingat anak pun semakin lebih baik.

9. Berikan pujian untuk setiap usaha anak

Pujian tak hanya membuat anak merasa dihargai, tapi juga memberikan semangat pada anak untuk kembali melakukan hal itu. Saat anak berhasil mengingat suatu informasi dan Anda memujinya, hal ini akan memotivasi anak untuk mengingat lebih banyak informasi.

Bahkan, tak hanya berhenti sampai di situ saja. Caroline DiBattisto, seorang dokter anak mengatakan bahwa usia anak-anak cenderung lebih bisa mengingat bentuk pujian daripada teguran.

10. Pantau jam tidur anak

Northwestern University melakukan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa daya ingat dapat dipertahankan dengan pola tidur cukup. Saat anak tertidur, otak akan menyimpan setiap informasi yang anak peroleh selama seharian.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa si kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup, meski si kecil sudah mulai aktif.

11. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik

Banyak penelitian yang menyebutkan jika olahraga atau aktivitas fisik banyak memberi manfaat bagi tubuh. Bagi anak-anak, aktivitas fisik dapat melatih interaksi sosial, kemampuan sensorik dan motorik, serta perkembangan otak. Tak hanya itu, aktivitas fisik juga dapat mengurangi resiko anak mengalami obesitas.

Anda dapat mengajak anak untuk bermain bola bersama, memasak, jalan-jalan atau aktivitas lain yang membuat seluruh tubuh anak dapat bergerak.

12. Perhatikan asupan nutrisi anak

Agar dapat berfungsi dengan optimal, otak tentu memerlukan nutrisi dari makanan yang bergizi. Untuk menunjang kinerja otak, sebaiknya beri anak makanan yang kaya protein.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memberi vitamin anak untuk meningkatkan daya ingat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait dosis dan penggunaannya.

Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

asupan nutrisi anak

apat berfungsi dengan optimal, otak tentu memerlukan nutrisi dari makanan yang bergizi. Untuk menunjang kinerja otak, sebaiknya beri anak makanan yang kaya protein.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memberi vitamin anak untuk meningkatkan daya ingat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait dosis dan penggunaannya.

Agar otak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, tentu dibutuhkan asupan makanan yang sesuai. Saat nutrisi tidak terpenuhi, terlebih saat 1000 hari pertama kehidupan, ini berpengaruh pada perkembangan struktur otak dan dapat menyebabkan terjadinya defisit kognitif pada kehidupan akan datang,

Harvard Health Publishing menyebutkan bahwa untuk mendukung perkembangan otak si kecil dibutuhkan nutrisi: protein, kolin, zinc, yodium, zat besi, omega 3, dan folat. Sementara itu, vitamin untuk meningkatkan daya ingat anak yang dibutuhkan yaitu vitamin A, B6, B12, dan vitamin D.

Dirangkum dari WebMD dan BBC Good Food, berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda berikan kepada si kecil sebagai nutrisi penambah daya ingat anak.

● Telur

Kandungan kolin yang tinggi pada telur membuat jenis makanan ini sangat baik dalam mendukung perkembangan daya ingat anak. Kolin juga berperan penting dalam pembentukan sel memori pada otak.

Selain memiliki kandungan kolin yang tinggi, telur juga kaya akan vitamin A, folat, dan juga zat besi. Ketiga zat ini juga memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel.

● Ikan

Jenis ikan yang paling recommended yaitu ikan yang kaya lemak dan berminyak, seperti sarden, salmon, tuna segar, herring, trout, dan mackerel. Ikan-ikan jenis ini memiliki kandungan asam omega-3 yang tinggi.

Seperti yang Anda ketahui, omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak anak. Selain itu, omega-3 juga berperan penting sebagai bahan pembangun sel.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan jika omega-3 ikut berperan dalam fungsi neurotransmitter yang dapat mengelola masalah perilaku.

● Produk susu

Beberapa produk susu seperti keju dan yogurt juga memiliki kandungan vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua kandungan ini sangat berperan dalam pertumbuhan jaringan otak yang di antaranya enzim dan neurotransmitter.

Tak hanya itu, susu juga tinggi kalsium, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak menjadi lebih sehat dan kuat.

● Roti gandum utuh, sereal, dan oat

Dengan kandungan karbohidrat, makanan-makanan ini menjadi penyedia glukosa dan sumber energi penting bagi otak. Selain itu, kandungan vitamin B yang terkandung di dalamnya juga dapat menyehatkan sistem saraf.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa daya ingat akan meningkat jika sarapan dengan dengan gandum utuh alih-alih menggunakan karbohidrat olahan atau justru tidak sarapan.

● Kacang polong

Anda sebaiknya juga sering memberikan kacang polong yang memiliki kadar vitamin penambah daya ingat, mineral, dan protein yang tinggi. Jenis kacang ini juga dapat membuat anak berenergi dan tetap kenyang karena energi dilepaskan secara perlahan-lahan.

Jika tidak ada kacang polong, Anda dapat menggantinya dengan kacang pinto atau kacang merah. Kedua jenis kacang ini juga mengandung lemak omega-3 yang tinggi.

Penutup

Perkembangan otak, khususnya pada anak memang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini yang menjadi salah satu fokus utama sekolah Prestasi Global. Kami, senantiasa memberikan stimulus-stimulus kecil agar daya ingat anak dapat meningkat dan sel-sel otak dapat berkembang dengan baik.`

Agar daya ingat anak dapat meningkat dengan maksimal, stimulus tersebut tidak hanya berhenti di sekolah saja, tetapi juga sebaiknya dilanjutkan di rumah. Anda dapat mengikuti 12 cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar di atas untuk sama-sama memberi stimulus pada anak dalam upaya meningkatkan memori anak.

Baca Juga : 11 Kebiasaan Sehari-hari Yang Membantu Untuk Melindungi Kesehatan Usus Anak

Taktik menghafal sesuatu dengan cara singkat agar lebih mudah disebut?

Taktik mnemonik adalah cara menghafal sesuatu dengan cara singkat agar lebih mudah, Anda dapat melakukan hal yang sama kepada anak. Buatlah frasa, kalimat, atau kata yang mudah dihafal dan berisi informasi yang akan anak hafalkan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan frasa “Serigala Itu Membuat Bian Takut” untuk memperkenalkan anggota keluarga. Huruf depan dari frasa ini mewakili Sinta, Indah, Mariska, Bima, dan Tono.

Apa saja faktor yang dapat menyebabkan daya ingat anak melemah?

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan daya ingat anak lemah yaitu anak memiliki kadar gula yang tinggi, kurangnya asupan nutrisi pada makanan yang anak makan, anak kurang tidur dengan cukup, adanya gangguan kesehatan, seperti ADHD, tumor otak, cedera kepala, atau penyakit huntington, akibat efek samping jeni obat-obat tertentu, seperti antiansietas, antihistamin, atau obat tidur, anak mengalami kecemasan berlebih, stress, hingga depresi, erjadinya gangguan pada hormon metabolisme Kebiasaan tidur yang mendengkur.

Selain dengan bantuan audio, dapat juga memanfaatkan bantuan visual untuk mendorong kemampuan anak dalam menyimpan informasi. Bagaimanakah caranya?

Caranya yaitu dengan menggunakan kartu warna-warni yang berisi gambar dan kata-kata. Kemudian, minta anak untuk mencocokkan antara gambar dan kata-kata tersebut. Melalui kartu tersebut, anak dapat mengingat informasi yang ia baca ata dengar dengan lebih baik. Anda juga dapat menilai seberapa banyak gambar yang berhasil anak cocokkan dengan benar.

Northwestern University pernah melalukan penelitian yang menyebutkan bahwa?

Northwestern University melakukan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa daya ingat dapat dipertahankan dengan pola tidur cukup. Saat anak tertidur, otak akan menyimpan setiap informasi yang anak peroleh selama seharian.Oleh sebab itu, pastikan bahwa si kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup, meski si kecil sudah mulai aktif.

 

 

(Visited 48 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us