Bagikan Artikel Ini:

Berenang merupakan salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Indonesia sendiri banyak dikelilingi oleh air – tak heran jika berenang merupakan olahraga favorit. Selain menyenangkan, berenang merupakan cara yang bagus untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Berenang merupakan salah satu aktivitas sehat yang bisa rutin dilakukan. Selain manfaat kesehatan fisik, berenang juga bagus bagi kesehatan mental. Banyak sekali manfaat renang bagi tubuh yang bisa anda dapatkan.

Anda mungkin pernah mendengar jika banyak para ahli yang merekomendasikan orang dewasa untuk mendapatkan paling tidak 150 menit untuk aktivitas sedang dan 75 menit untuk aktivitas berat setiap minggunya. Berenang merupakan salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan karena berenang akan bekerja pada seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular. Satu jam berenang bisa membakar kalori dengan jumlah yang hampir sama dengan berlari. Jadi anda bisa mendapatkan banyak manfaat jika mampu berenang secara teratur.

Berenang juga salah satu cabang olahraga yang banyak diminati dari berbagai kalangan usia. Selain kegiatan ini sangat menyenangkan, ternyata terdapat banyak sekali manfaat berenang, khususnya untuk kesehatan.

1. Melatih sistem kerja tubuh

Salah satu manfaat terbesar dari berenang adalah melatih sistem kerja seluruh tubuh, mulai dari bagian kepala hingga kaki. Berenang juga mampu meningkatkan detak jantung anda tanpa memaksa tubuh anda, membangun kekuatan, mengencangkan otot dan membantu daya tahan tubuh. Terdapat berbagai gaya yang bisa anda gunakan untuk menambah variasi berenang, seperti gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya menyamping dan gaya bebas. Masing-masing gaya tersebut fokus pada kelompok otot yang berbeda dan air memberikan dorongan lembut selama melakukan gaya tersebut. Bahkan manfaat renang gaya dada juga bisa anda dapatkan.Tidak peduli gaya berenang yang digunakan, anda tetap bisa menggunakan sebagian besar kelompok otot untuk menggerakkan tubuh selama di dalam air.

2. Membantu kesehatan organ dalam

Seperti yang sudah disebutkan jika itit anda akan mendapatkan latihan yang baik, begitu pula dengan sistem kardiovaskular anda. Berenang mampu membuat jantung dan paru-paru anda tetap kuat. Tak heran jika sudah banyak penelitian yang menunjukkan jika berenang mampu mengurangi risiko kematian. Dibandingkan dengan orang yang kurang aktif, biasanya para perenang mempunyai sekitar setengah risiko kematian. Bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa berenang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

3. Jika malas berkeringat, berenang bisa menjadi pilihan tepat

Jika anda termasuk orang yang cenderung lebih malas berolahraga karena tidak suka berkeringat atau bau keringat – berenang bisa menjadi pilihan paling tepat and menyegarkan tubuh. Berenang juga tidak membuat tubuh berkeringat karena selama di dalam air, suhu tubuh akan menurun.

4. Berenang juga cocok untuk pasien dengan masalah radang sendi, cedera, dan kondisi lainnya

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi pasien yang menderita cedera, radang sendi, disabilitas dan masalah lainnya. Berenang juga mampu membantu mengurangi rasa sakit anda atau meningkatkan pemulihan anda dari cidera. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penderita osteoarthritis menunjukkan pengurangan signifikan pada nyeri dan kekakuan sendi, dan mengalami keterbatasan fisik lebih sedikit jika senang melakukan aktivitas seperti bersepeda dan berenang.

Yang lebih menarik lagi, terdapat sedikit atau tidak ada perbedaan dalam manfaat antara kedua kelompok. Jadi berenang mempunyai manfaat yang sama dengan latihan fisik lainnya jika dilakukan secara rutin. Banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan berenang.

5. Bermanfaat bagi penderita MS

Pasien dengan kondisi MS (multiple sclerosis) juga akan mendapatkan banyak manfaat dari berenang. Air bisa membuat tubuh anda terapung dan membantu tubuh anda terapung selama berenang. Air juga mempunyai dorongan lembut pada tubuh. Sebuah studi juga menyatakan bahwa program berenang dalam jangka waktu 20 minggu bisa mengurangi rasa sakit signifikan untuk penderita MS. Banyak hal yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan berenang yang rutin.

6. Membakar kalori tubuh

Berenang adalah salah satu cara efisien untuk membakar kalori. Bahkan berenang juga mampu membakar 423 kalori setiap jamnya pada kecepatan sedang, bahkan rendah. Bahkan anda juga bisa membakar 715 kalori per jam jika berenang dalam kecepatan yang lebih tinggi. Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia kesehatan anda. Banyak juga aktivitas lainnya yang mampu membakar kalori, seperti berjalan, yoga, lari dan lain sebagainya.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin mempunyai efek yang membuat tidur anda lebih nyenyak di malam hari. Studi juga menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengidap insomnia terbukti mendapatkan kualitas tidur lebih baik jika berenang ataupun berolahraga secara teratur. Bagi anda yang mengidap insomnia, berenang bisa menjadi penyembuhan alternatif. Berenang adalah salah satu cara mudah bagi orang yang mempunyai keterbatasan fisik dan membuat olahraga lain seperti berlari, berjalan, ataupun bersepeda bukan pilihan terbaik. Tak heran jika berenang menjadi pilihan baik bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas tidur mereka.

8. Meningkatkan mood

Sebuah studi yang meneliti sekelompok kecil penderita demensia, menemukan bahwa ada peningkatan suasana hati atau mood setelah berpartisipasi dalam program berenang. Berenang ataupun melakukan olahraga akuatik tidak hanya memberikan manfaat secara psikologis bagi penderita demensia, bahkan terbukti mampu meningkatkan mood orang lain.

9. Membantu mengelola stress

Para peneliti juga melakukan survei terhadap sekelompok perenang dan melaporkan bahwa mereka mengalami depresi ringan dan cenderung merasa stress terkait dengan kehidupan atau rutinitas yang serba cepat. Setelah berenang, jumlah tersebut menjadi berkurang signifikan. Jika anda sangat familiar dengan kemacetan dan polusi kota atau sering menghadapi pekerjaan berat – maka anda akan membutuhkan waktu untuk menenangkan pikiran anda. Melakukan aktivitas berenang secara rutin terbukti mampu mengurangi stress, memperbaiki pola tidur dan mengalami depresi. Anda bisa lakukan berenang ringan dan santai untuk mendapatkan manfaat tersebut.

10. Berenang juga aman dilakukan saat hamil

Wanita hamil juga dapat mendapatkan berbagai manfaat dari berenang. Bahkan berenang juga dapat melindungi bayi di dalam kandungan dari berbagai masalah neurologis yang biasa dikenal sebagai hipoksia-iskemia, namun hal tersebut juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, selain memberikan manfaat potensial bagi anak, berenang merupakan kegiatan yang bisa anda lakukan selama trimester kehamilan. Wanita hamil yang melakukan aktivitas berenang selama awal hingga pertengahan usia kehamilan mempunya risiko yang lebih rendah terkait dengan persalinan prematur dan cacat bawaan.

Meskipun berenang pada masa kehamilan dianggap aman, wanita hamil mempunyai pembatasan aktivitas dikarenakan kondisi tersebut. Anda harus berbicara terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum memulai program olahraga apapun selama kehamilan dan jika anda mempunyai komplikasi tertentu – jangan lupa selalu tanyakan tentang kegiatan yang aman dilakukan untuk wanita hamil. Bagi wanita hamil, gaya apung mampu membuat persendian bebas dari beban berat yang ditanggung untuk sementara waktu. Anda tetap bisa melakukan aktivitas berenang, kecuali jika ada masalah kesehatan kesehatan tertentu. Jika gaya dada membuat aktivitas panggul anda merasa tidak nyaman, anda bisa coba gaya lainnya.

11. Berenang sangat bagus untuk anak

Berdasarkan penelitian, anak-anak membutuhkan minimal 60 menit untuk melakukan latihan aerobik setiap hari. Berenang adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan tidak terasa seperti melakukan olahraga secara formal. Anak-anak juga bisa mengikuti les berenang atau menjadi bagian dari klub renang.

12. Terjangkau

Berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga yang terjangkau dibanding dengan kegiatan olahraga lainnya seperti bersepeda. Banyak grup renang yang menawarkan anda dengan harga yang terbilang terjangkau untuk menjadi member. Beberapa sekolah dan pusat lainnya menawarkan jam berenang secara cuma-cuma. Jika anda masih khawatir masalah biaya, anda bisa tanyakan bergabung dalam kelompok – sehingga biaya bisa dibagi bersama. Anda tidak akan sia-sia ikut klub renang jika tahu banyak manfaat renang bagi kesehatan. Bahkan kami juga menyediakan berbagai fasilitas berenang untuk anak-anak.

Mengapa berenang baik untuk anda?

Seperti yang kita tahu bahwa setiap jenis olahraga mempunyai nilai jual masing-masing. Namun berenang tidak seperti olahraga lainnya terkait dalam beberapa hal penting yang sudah anda baca sebelumnya.

Pertama, fakta bahwa ketika tenggelam di dalam air, berarti tulang dan otot anda tidak terlepas dari batasan gravitasi. Hal ini membuat berenang merupakan olahraga ideal bagi penderita osteoartritis – pasien yang mengalami kondisi tersebut akan terasa sangat menyakitkan jika menahan beban tertentu. Terbukti jika berenang mampu mengurangi kekakuan arteri sebagai faktor risiko gangguan jantung. Banyak penelitian yang sudah mengaitkan tentang renang dan tekanan darah rendah menurun pada pasien dengan riwayat penyakit hipertensi. Rasa sejuk dan daya apung air juga membuat banyak orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memilih alternatif ini karena berbagai olahraga lainnya mungkin membuat mereka merasa tidak nyaman ataupun terlalu panas.

Namun anda seharusnya tidak boleh tertipu – tubuh anda akan bekerja sangat keras ketika anda berada di dalam air. Anda harus tahu jika air lebih padat dibandingkan udara, jadi bergerak melalui h20 mampu memberikan tekanan eksternal lebih banyak pada berbagai anggota tubuh anda dibandingkan olahraga di luar air. Akan lebih baik jika tekanan tersebut bisa didistribusikan secara merata. Tidak hanya bertumpu pada lutut, pinggul atau area lainnya yang biasanya mengganggu beban lebih besar jika anda berolahraga.

Sistem pernapasan selama anda berenang juga harus selalu anda perhatikan. Jika dibandingkan dengan aktivitas berlari ataupun bersepeda, maka nafas akan semakin dangkal dan kuat. Hal ini sebaliknya jika anda berenang, anda bisa bernapas dengan cepat dan lebih dalam, membiarkan udara berhamburan keluar. Hal ini disebabkan karena kepala tenggelam di bawah air ketika berenang, penyesuaian pernapasan menjadi hal penting dan berenang bisa meningkatkan kekuatan otot-otot pernapasan anda.

Berenang bisa membangkitkan kelompok otot utama lebih banyak dibanding bentuk latihan kardio lainnya. Jika anda berpikir jika berlari atau bersepeda menggunakan tubuh bagian bawah lebih banyak – anda harus tahu jika berenang tidak hanya menggerakkan kaki anda, tetapi juga merekrut tubuh bagian atas dan inti anda, terutama otot punggung tengah, trisep dan punggung lengan atas.

Anda juga bisa merasakan manfaat pada punggung anda. Berolahraga dengan posisi horizontal – berlawanan dengan posisi tegak merupakan salah satu cara ideal untuk meredakan rasa tidak nyaman karena banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk di kursi kerja. Jika anda bersepeda, maka anda cenderung lebih lama membungkuk dan punggung anda cenderung sedikit melengkung ke arah yang berlawanan. Hal tersebut bisa membantu memperbaiki postur tubuh anda dan mencegah berbagai cedera punggung.

Latihan ini juga banyak dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti jantung, bahkan memperbaiki mood. Dan berenang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Banyak orang yang cenderung lebih menikmati berenang dibandingkan berlari atau bersepeda. Jika anda tertarik untuk melakukan kegiatan berenang secara rutin, maka anda bisa memulainya secara perlahan terlebih dahulu. Jangan mencoba terlalu banyak gerakan dalam waktu singkat, fokuskan pada teknik yang tepat terlebih dahulu. Pertimbangkan untuk meminta bantuan instruktur jika perlu. Jika belum terbiasa dengan aktivitas renang, mungkin akan terasa lebih sulit untuk bersantai di dalam air. Merasa gugup dan tegang bisa membatasi manfaat olahraga berenang yang akan didapat. Anda bisa mulai dengan sesi berdurasi 30 menit selama tiga kali dalam seminggu, jangan lupa untuk melakukan istirahat. Jika anda melakukan renang dengan benar, anda pasti mendapatkan manfaat renang bagi kesehatan.

Apakah anda siap?

Untuk melakukan aktivitas berenang, pertama-tama anda harus menemukan pusat kolam renang yang dekat dengan lokasi anda. Banyak pusat kebugaran yang menawarkan anda dengan fasilitas tersebut. Anda bisa membuat daftar fasilitas di area anda dan kunjungi untuk melihat mana fasilitas yang sesuai dengan gaya hidup dan anggaran yang anda miliki.

Lakukan peregangan otot

Mulai peregangan otot bisa anda lakukan perlahan sebelum melakukan renang. Anda bisa lakukan pemanasan peregangan otot sebelum menyentuh air. Anda bisa coba beberapa gerakan seperti pull-up, squat ataupun beberapa latihan ringan lainnya.

Bergabung dengan kelas berenang

Jika anda baru saja memulai kegiatan berenang, lebih baik jika anda bergabung dalam kursus berenang baik secara privat ataupun kelompok. Anda akan mendapatkan berbagai pelajaran terkait dengan gaya, teknik pernapasan, dan tips praktis lainnya guna mendapatkan hasil maksimal dari latihan anda.

Selalu ikuti aturan

Setelah anda berada di dalam air, pastikan anda selalu mengikuti aturan dari instruktur. Jika anda harus melewati seseorang yang ada di depan anda, pastikan anda melakukannya dari sisi kiri. Saat anda memasuki ataupun keluar dari kolam, cobalah untuk menghindari gerakan yang bisa menciptakan gerakan tertentu yang bisa mengganggu perenang lainnya, seperti melakukan lompatan.

Risiko

Berenang terbilang aman dilakukan bagi kebanyakan orang, seperti halnya olahraga lainnya. Namun, tentu saja ada beberapa risiko tertentu yang terkait dengan kegiatan berenang. Jika anda terluka atau mempunyai kondisi medis tertentu, pastikan anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum melakukan aktivitas berenang. Secara umum, akan lebih baik jika anda bisa berkonsultasi dengan dokter anda setiap kali anda memulai program olahraga baru yang belum pernah anda coba sebelumnya. Seseorang dengan kondisi kulit tertentu seperti psoriasis mungkin lebih mudah teriritasi jika terpapar dengan air berklorin. Dokter anda selalu menjadi sumber terbaik anda dalam menjamin kesehatan anda.

Berenang mempunyai kekuatan penyembuh bagi kesehatan fisik dan mental. Renang adalah salah satu latihan fisik terbaik yang berisi berbagai jenis latihan tubuh. Faktanya, berenang ringan mampu membakar 500 kalori per jamnya. Seperti yang disebutkan di atas tadi bahwa air lebih padat dibanding udara – 800 kali lebih padat. Disisi lain, secara praktis berenang secara teratur sangat bermanfaat bagi tubuh karena mampu menjaga kesehatan mental dan fisik secara menyeluruh. Sederhanya, berenang bisa membantu memperkuat otot dan mendekontaminasi organ tubuh.

Saat ini, benerang sudah dianggap sebagai aktivitas menyeluruh karena bisa membantu kinerja otot dan tulang tubuh menjadi lebih kuat. Berenang juga sangat serbaguna dalam menjaga stabilitas dan tubuh solid. Jika anda berbicara tentang gaya berenang, ada beberapa gerakan dasar berenang yang harus anda tahu.

1. Gaya Dada

Renang gaya dada

Sumber : http://veluzasport.blogspot.com/2015/10/pengertian-renang-gaya-dada.html

Gaya dada seringkali digunakan sebagai latihan renang dasar yang pertama kali diajarkan untuk pemula. Hentakan kaki pada gaya dada sebenarnya sangat mudah dilakukan. Selama melakukan gerakan lengan termasuk dorongan ke depan dengan serangan balik – serangan dimana tangan bertemu di bawah dada. Semua gerakan lengan dan kaki terjadi di bawah maupun permukaan air.

Gaya dada juga salah satu gerakan renang yang paling populer dikarenakan gaya ini memang mempunyai gerakan paling lambat dibanding gaya lainnya. Hal ini benar jika berenang dengan gaya dada agak susah dipelajari, meskipun gaya dada mempunyai banyak keunggulan. Gaya renang sederhana ini menawarkan berbagai pilihan berenang dengan gerakan mudah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Gaya dada dalam berenang membutuhkan tendangan keras yang membawa gerakan pinggul, lutut dan kaki. Gaya ini juga mampu memperkuat otot tubuh bagian atas termasuk dada, punggung dan masih banyak lainnya.

Keunggulan

Salah satu keunggulan dari gaya dada adalah tingkat yang mendasar ini, kepala selalu berada di atas air. Hal ini memberikan visibilitas yang sangat baik saat berenang dan mampu mengurangi masalah pernapasan. Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan adalah kedua lengan dan kaki mampu melakukan gerakan yang sama secara serempak – membuat gerakan ini menjadi salah satu gaya yang lebih mudah dipelajari.

Kekurangan

Kekurangan utama dari gaya ini adalah lebih lambat dan kurang efisien jika dibanding gaya lainnya.

2. Gaya Punggung

Gaya Punggung

Sumber : https://anadhif.com/renang-gaya-punggung/

Gaya punggung seringkali merupakan gaya selanjutnya yang akan dipelajari pemula setelah gaya dada. Dalam gaya ini, anda membutuhkan tendangan bergetar – berarti kedua tungkai akan menendang ke atas dan ke bawah. Luruskan lengan di atas air dengan gerakan melingkar dari pinggul kemudian menuju posisi depan. Gaya punggung juga dianggap sebagai gaya berenang yang mudah dalam melakukan latihan pernapasan. Gaya ini juga sangat efektif dalam membuka otot-otot dada. Gaya ini juga dikenal mampu memperkuat punggung bagian atas dan bahu. Pastikan, pukulan kuat adalah kunci untuk stabilitas dan keseimbangan – hal ini bisa membantu menghasilkan pose tubuh yang lebih baik tentunya.

Keunggulan

Salah satu keuntungan dari gaya punggung adalah membantu mengurangi masalah pernapasan setelah anda mampu mencapai keseimbangan yang lebih baik. Gaya ini juga lebih efisien dibanding gaya dada dan dapat membantu anda untuk berenang lebih jauh. Gaya ini juga sangat disarankan sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah punggung.

Kekurangan

Gaya punggung adalah gaya renang yang lebih lambat dibanding dengan gerakan kupu-kupu. Untuk perenang pemula mungkin menemukan berbagai kesulitan dalam mendapatkan keseimbangan pada punggung dan pernapasan menjadi lebih sulit dikarenakan air mudah masuk melalui hidung.

3. Gaya merayap

Gaya kupu-kupu berada pada posisi horizontal dengan wajah menghadap ke bawah. Kaki melakukan tendang bergetar – berarti bergerak ke atas dan ke bawah. Lengan akan bergerak secara bersamaan dan lakukan gerakan serupa. Sementara satu lengan bergerak di bawah air dari posisi maju ke arah pinggul, hal ini memberikan daya dorong. Lengan lainnya berada di atas air dari pinggul ke posisi maju.

Di antara semua gaya renang, gaya ini merupakan langkah terbaik bagi mereka yang ingin membakar kalori lebih banyak. Gaya ini biasanya dilakukan dengan menghadap ke bawah air – gaya ini terbilang cukup sulit bagi orang awam. Namun, gaya ini mampu membakar kalori dengan jumlah banyak sekitar 774 kalori per jam.

Keuntungan

Keuntungan dari gerakan ini adalah tercepat dan paling efisien. Karena itu gaya ini digunakan hampir di setiap balapan renang gaya bebas. Perenang jarak jauh juga banyak yang menggunakan gaya ini karena memungkinkan mereka untuk menempuh jarak lebih jauh dan hanya menghabiskan sedikit energi.

Kekurangan

Salah satu kesulitan dari gaya ini adalah posisi wajah anda yang berada di dalam air sepanjang waktu, untuk bernapas diperlukan memutar kepala ke samping di saat yang tepat. Hal ini membuat gerakan ini lebih sulit untuk dipelajari.

4. Gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu

Sumber : https://materibelajar.co.id/renang-gaya-kupu-kupu/

Gaya kupu-kupu adalah gaya yang sangat indah dan sulit bagi perenang pemula. Tubuh akan melakukan gerakan bergelombang yang dimulai dari bagian lengan ke kepala, bergerak menurun dan berakhir pada kaki. Lengan akan melakukan gerakan seperti gaya merangkak, namun kedua lengan akan bergerak secara bersamaan. Gerakan akan diperpanjang di posisi depan, menarik kembali bagian bawah tubuh, lalu didorong ke samping. Gerakan ini sangat indah dan anda butuh latihan yang agak lama untuk menguasainya.

Kelebihan

Keuntungan dari gerakan ini adalah sangat cepat, bahkan lebih cepat jika dibanding gaya dada dan gaya punggung, namun lebih lambat dibanding gaya merangkak. Gaya ini juga sangat menyenangkan karena anda akan bergerak seperti lumba-lumba.

Kekurangan

Gaya ini lebih cepat membuat anda lelah karena menghabiskan banyak kekuatan dan energi. Gaya ini juga sangat menantang untuk dipelajari karena membutuhkan gerakan seperti gelombang dan ketepatan waktu.

5. Gaya renang samping

Gaya ini sangat baik untuk berenang jarak jauh. Gerakannya unik dan banyak digunakan untuk berbagai tujuan darurat atau melakukan penyelamatan dalam air karena hanya membutuhkan satu lengan untuk melakukan gerakan ini. Dengan demikian, gerakan samping ini merupakan gaya penyelamatan air yang hanya membutuhkan lebih sedikit upaya. Gaya ini tidak hanya membangun tekanan pada bagian lutut dan punggung bagian bawah, tapi juga meningkatkan daya tahan perenang.

6. Gaya bebas

Gaya ini sangat dikenal luas dan juga dikenal dengan istilah gaya depan. Gaya ini biasanya dianggap sebagai gaya renang tercepat dan efisien. Seiring dengan teknik yang digunakan, gaya ini memanfaatkan kedua kaki untuk melakukan tendangan keras, membawa lengan dan kepala masuk ke dalam air satu per satu. Saat ini, gaya ini juga sangat dikenal sebagai salah satu cara tercepat untuk melatih bagian atas tubuh. Gaya ini juga mampu memperkuat otot deltoid, trapezius, triceps, biseps dan lainnya. Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat renang gaya bebas pada tubuh dan kesehatan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan kami menyediakan berbagai fasilitas berenang yang dibutuhkan.

 

Kesimpulan

Apa saja manfaat berenang bagi kesehatan?

1. Melatih sistem kerja tubuh
2. Membantu kesehatan organ dalam
3. Jika malas berkeringat, Berenang bisa menjadi pilihan yang tepat
4. Berenang juga cocok untuk pasien dengan masalah radang sendi cedera, dan kondisi lainnya
5. Bermanfaat bagi penderita ms
6. Membakar kalori tubuh
7. Meningkatkan kualitas tidur
8. Meningkatkan mood
9. Membantu mengelola stress
10. Berenang juga aman dilakukan saat hamil
11. Berenang sangat bagus untuk anak
12. Terjangkau

Apa saja gerakan untuk melakukan peregangan otot?

Untuk melakukan peregangan otot bisa mencoba beberapa gerakan seperti pull up, squat dan latihan ringan lainnya

Gaya apa saja yang terdapat dalam berenang?

1. Gaya dada
2. Gaya punggung
3. Gaya merayap
4. Gaya kupu-kupu
5. Gaya renang samping
6. Gaya bebas

 

(Visited 754 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us