Bagikan Artikel Ini:

Saat anak Anda terserang pilek, tentu sebagai orang tua Anda akan cukup khawatir. Pilek umum terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak terlebih lagi saat cuaca sangat tidak menentu. Untuk mengatasi pilek pada anak, kami akan memberikan rekomendasi obat pilek anak yang aman dan mudah didapatkan.

Sebelum menentukan obat apa yang paling cocok untuk anak Anda, Anda harus memahami terlebih dulu apakah anak Anda terkena pilek atau flu.

Kedua penyakit ini tampak sama padahal berbeda. Jika Anda sudah mengetahui dengan jelas bahwa anak Anda memang terkena pilek barulah mencari obat pilek yang tepat.

Artikel yang kami sajikan ini akan membahas secara detail dan mendalam mengenai pilek serta merk obat pilek yang bisa Anda berikan kepada anak.

Berikut ulasannya secara lengkap.

Apa Itu Pilek?

Common cold atau selesma atau yang lebih dikenal dengan nama pilek merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat infeksi virus HRV atau human rhinovirus. Infeksi virus pada saluran pernapasan di bagian atas ini (ISPA) merupakan infeksi yang ringan dan tidak terlalu berbahaya.

Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada jika hal ini menyerang Anda maupun anak Anda. Hal ini dikarenakan pilek adalah penyakit yang mudah untuk ditularkan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Secara langsung, virus HRV menyebar melalui cairan lendir yang masuk ke dalam saluran pernafasan melalui mata, hidung dan mulut. Perantara penyebaran virus HRV adalah udara yang membawa virus dari penderita pilek ke calon penderita selanjutnya.

Sedangkan secara tidak langsung, virus bisa menular melalui tangan yang menyentuh barang atau permukaan yang sudah terjangkit virus HRV. Makanya, Anda dianjurkan untuk sering mencuci tangan untuk membunuh kuman, bakteri hingga virus.

Ada beberapa penyebab mengapa anak Anda mengalami pilek. Seperti, sistem kekebalan tubuh yang lemah, sering berada di keramaian, cuaca yang tidak menentu, dekat dengan orang yang merokok hingga memiliki riwayat penyakit kronis khususnya di bagian pernafasan.

Masa inkubasi virus umumnya terjadi selama 2 sampai 3 hari terhitung sejak virus masuk ke dalam saluran pernafasan anak.

Puncak ketidaknyamanan akibat pilek adalah hari ke 2 atau ketiga sejak gejala pilek pertama dirasakan.

Untuk memahami secara jelas, berikut adalah proses terjadinya pilek baik pada orang dewasa maupun anak-anak:

Virus masuk ke dalam saluran pernafasan → masa inkubasi terjadi selama 2 sampai 3 hari → puncak pilek dan ketidaknyamanan yang terjadi umumnya 2 sampai 3 hari → masa penyembuhan.

Perlu diketahui, masa penyembuhan masing-masing anak berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh secepat apa tubuh anak memulihkan diri serta obat apa yang dikonsumsi.

Gejala Pilek

obat demam anak - 5 Obat Demam Anak ini Bantu Turunkan Panas - prestasi global

Banyak dari Anda mungkin mengira bahwa pilek dan flu adalah penyakit yang sama. Padahal kedua penyakit saluran pernafasan ini cukup berbeda. Untuk membedakan keduanya, berikut adalah gejala-gejala yang timbul pada penyakit pilek:

  1. Hidung tersumbat.
  2. Sering bersin.
  3. Pegal-pegal atau merasa badan tidak enak.
  4. Suara berubah menjadi lebih berat atau serat.
  5. Sakit atau gatal pada tenggorokan.
  6. Kepala sakit dan pusing.
  7. Kadang muncul demam.
  8. Mata mengeluarkan air.
  9. Indera penciuman dan pengecapan mengalami gangguan dan penurunan daya.
  10. Wajah dan telinga seperti menopang beban berat.
  11. Telinga terasa sakit khususnya bagian dalam.
  12. Nafsu makan berkurang atau bahkan hilang.

Keduabelas gejala pilek di atas juga bisa ditemui pada penyakit flu. Perbedaannya adalah:

  1. Jika anak Anda terserang flu, demam akan lebih sering terjadi dibandingkan dengan pilek. Orang yang terinfeksi pilek jarang mengalami kenaikan panas badan atau demam.
  2. Nyeri otot atau tidak enak badan pada penderita flu dirasa lebih berat dan hebat. Penderita pilek hanya mengalami nyeri otot yang cukup ringan.
  3. Nyeri dada sering terjadi pada penderita flu, sedangkan penderita pilek sangat jarang terkena nyeri dada. Sekalipun ada, nyerinya sangat ringan.
  4. Sakit kepala berat lebih sering terjadi pada penderita flu dibandingkan dengan penderita pilek.
  5. Penderita flu lebih jarang mengalami bersin-bersin, nyeri tenggorokan dan hidung tersumbat dibandingkan dengan penderita pilek.

Merk Obat Pilek Anak Yang Aman Dan Mudah Didapatkan

Berikut adalah rekomendasi obat pilek anak yang aman dan mudah untuk didapatkan di apotek maupun minimarket:

1.Hufagrip Flu Dan Batuk

Obat satu ini diyakini bisa mengobati gejala pilek, batuk dan demam sehingga menjadi pilihan obat yang paling lengkap untuk anak Anda. Salah satu kandungan yang terdapat dalam obat ini adalah guaifenesin yang bermanfaat untuk mengatasi gejala pilek dan batuk berdahak.

Obat ini mudah ditemukan di apotik atau toko obat terdekat. Untuk 60 ml, obat ini dibanderol dengan harga Rp18.500. Obat ini dianjurkan untuk diberikan kepada anak yang berumur 2 sampai 12 tahun.

2. Triaminic Batuk Dan Pilek

Jika anak Anda mengalami pilek dan disertai dengan batuk kering, maka obat ini bisa menjadi pilihan utama Anda karena mengandung dextromethorphan.

Selain itu, obat ini juga mengandung pseudoephedrine HCI yang berfungsi sebagai dekongestan, yang bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat.

Anda bisa membeli obat ini di toko terdekat dengan harga kira-kira Rp65.000 untuk 60 ml.

3. Bodrexin Pilek Alergi PE

Obat satu ini mengandung bahan aktif phenylephrine yang memiliki khasiat untuk mengatasi hidung tersumbat sehingga pernafasan anak Anda menjadi lebih lega.

Meskipun salah satu efek samping obat ini adalah mengantuk, hal ini justru baik untuk membuat anak Anda beristirahat dengan tenang meskipun sedang pilek.

Obat yang diproduksi oleh Tempo Scan Pacific ini dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu Rp9.500 untuk satu botol yang berisi 56 ml sirup.

4. Proris Suspensi

obat demam anak - 5 Obat Demam Anak ini Bantu Turunkan Panas - prestasi global

Meskipun gejala pilek jarang disertai dengan sakit kepala, tidak sedikit anak-anak yang mengalaminya. Proris Suspensi diklaim sangat ampuh untuk meredakan gejala anak Anda yang mengalami pilek dan disertai dengan kepala yang sakit.

Salah satu bahan utamanya adalah ibuprofen yang terbukti ampuh menghilangkan rasa sakit pada tubuh. Untuk mendapatkan obat ini, Anda harus mengeluarkan sekitar Rp27.900 untuk 60 ml.

5. Madu Syifa Honey Fluba

Jika Anda lebih memilih bahan-bahan herbal dan alami untuk mengatasi gejala pilek anak Anda, maka Madu Syifa bisa menjadi pilihan yang tepat.

Obat herbal satu ini mengandung madu murni, jinten hitam atau nigella sativa dan olive yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada sistem pernafasan.

Madu murni yang terdapat dalam obat ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses pemulihan anak Anda semakin cepat.

Jika Anda tertarik dengan obat ini, Anda bisa membelinya dengan harga Rp30.000 untuk 100 ml.

6. Rhinos Junior

Jika anak Anda mengalami pilek dengan gejala bersin-bersin dan hidung tersumbat, kami merekomendasikan obat ini. Rhinos Junior mengandung bahan aktif pseudoephedrine HCI, chlorpheniramine maleate dan antihistamine yang bisa mengobati pilek.

Obat sirup satu ini bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp44.000 untuk 60 ml.

7. Purekids Inhalant Decongestant Oil

Jika anak Anda berumur di bawah satu tahun tepatnya 3 bulan ke atas, Anda bisa memberikan obat ini saat gejala pilek menyerang. Tetapi Anda harus mengetahui jika obat ini hanya digunakan untuk pemakaian luar dan bukan untuk dikonsumsi.

Obat yang diproduksi oleh Novell Pharmaceutical Laboratories ini mengandung berbagai macam minyak esensial seperti cajuput oil, eucalyptus oil dan clove oil. Minyak esensial ini bermanfaat untuk meredakan hidung tersumbat.

Cara pakainya cukup mudah dimana Anda hanya perlu menuangkan beberapa tetes minyak pada sapu tangan agar bisa dihirup dengan mudah oleh bayi Anda. Minyak ini dibanderol dengan harga Rp42.900 untuk 10 ml.

8. OBH Combi Anak

Obat pilek satu ini diyakini tidak hanya mampu mengatasi gejala pilek tetapi juga meredakan batuk pada anak karena mengandung pseudoephedrine HCI.

Obat ini sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak di usia 2 sampai 5 tahun dengan dosis 5 ml sirup setiap hari atau sama dengan 3 sendok makan.

Untuk mendapatkan obat ini, Anda perlu membayar sekitar Rp11.900 untuk 60 ml per botol.

9. Panadol Syrup

Obat anak satu ini mengandung paracetamol sebanyak 160 mg untuk setiap 5 ml sirupnya.

Paracetamol memiliki khasiat untuk meredakan berbagai macam gejala pilek seperti nyeri dan sakit kepala, demam, hingga sakit gigi.

Obat yang diproduksi oleh Sterling ini bisa Anda beli dengan harga Rp40.000 untuk satu botol yang berisi 60 ml sirup.

10. Bisolvon Syrup

Obat ini dibuat dengan menggunakan bahan aktif paracetamol dan bromhexine yang memiliki khasiat untuk mengatasi sakit kepala, demam, batuk dan gejala pilek lainnya. Jika anak Anda mengalami pilek, Anda bisa memberikan obat ini maksimal 2 kali dalam sehari dengan takaran 5 ml sirup.

Sangat dianjurkan obat ini diberikan setelah anak Anda selesai makan untuk menghindari adanya komplikasi pada lambung. Harga obat ini dibanderol sebesar Rp44.500 untuk 60 ml.

Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Meredakan Pilek Pada Anak Selain Obat

1.Minum Vitamin C Dan Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Zinc

Vitamin C dan zinc dikenal sangat baik dalam menjaga daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.

Agar tidak mudah terserang virus, sebaiknya anak disarankan untuk mengkonsumsi kedua zat ini secara teratur.

Jika sudah mengalami pilek, mengkonsumsi vitamin C dan Zinc bisa meredakan gejalanya.

2. Berkumur Air Garam

Berkumur air garam saat anak Anda mengalami pilek bisa meredakan sakit dan nyeri tenggorokan agar terasa lebih nyaman.

3. Memakan Permen Mint

Mint atau peppermint memiliki khasiat untuk melegakan tenggorokan, menyegarkan mulut serta meredakan hidung tersumbat jika anak mengalami gejala pilek dan batuk.

4. Mengontrol Suhu Kamar

Mengontrol suhu kamar agar tetap hangat dan nyaman terbukti bisa membuat anak tidur dan beristirahat dengan lebih nyaman saat mengalami gejala pilek. Hal ini bisa membantu anak Anda bernafas lebih lega dan tubuh merasa lebih rileks.

Jika anak mengalami hidung mampet atau tersumbat, letakkan dua atau lebih bantal tidur agar posisi kepala anak lebih tinggi dari badan. Hal ini mulai bisa dilakukan untuk anak yang berusia satu tahun ke atas.

Demikianlah artikel yang membahas secara mendalam mengenai pilek dan rekomendasi obat pilek anak yang aman. Jika setelah minum obat tidak mengalami perubahan lebih dari 2 hari, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lanjutan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : 10 Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

Apa saja Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Meredakan Pilek Pada Anak Selain Obat?

1.Minum Vitamin C Dan Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Zinc 2. Berkumur Air Garam 3. Memakan Permen Mint 4. Mengontrol Suhu Kamar

Apa saja Merk Obat Pilek Anak Yang Aman Dan Mudah Didapatkan?

1.Hufagrip Flu Dan Batuk 2. Triaminic Batuk Dan Pilek 3. Bodrexin Pilek Alergi PE 4. Proris Suspensi 5. Madu Syifa Honey Fluba 6. Rhinos Junior 7. Purekids Inhalant Decongestant Oil 8. OBH Combi Anak 9. Panadol Syrup 10. Bisolvon Syrup

Apa Itu Pilek?

Common cold atau selesma atau yang lebih dikenal dengan nama pilek merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat infeksi virus HRV atau human rhinovirus. Infeksi virus pada saluran pernapasan di bagian atas ini (ISPA) merupakan infeksi yang ringan dan tidak terlalu berbahaya. Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada jika hal ini menyerang Anda maupun anak Anda. Hal ini dikarenakan pilek adalah penyakit yang mudah untuk ditularkan baik secara langsung maupun tidak langsung.

(Visited 22 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us