Bagikan Artikel Ini:

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Salah satu contohnya ketika orang dewasa di sekitarnya heboh membicarakan virus corona, anak pun turut mendengarkan dan mempertanyakan, apa itu virus corona? Pasti sulit bagi Anda jika tidak pandai mengemas cerita tentang virus corona agar mudah dipahami.

Di tengah kesulitan, pasti ada jalan jika Anda berusaha mencari jalan keluarnya. Dengan materi edukasi yang terkemas cantik dan ramah anak, Anda bisa mengedukasinya dengan cara menyenangkan dan mengasyikkan. Seperti video, gambar cerita tentang virus corona, cerita pendek, cerita inspiratif, dan komik.

Cerita pendek tentang virus corona

ini ada banyak sekali peredarannya di internet maupun berbentuk buku. Anda tinggal pilih ingin membeli atau mengunduh kemudian ceritakan pada anak. Bisa juga dengan menonton beberapa video di YouTube yang memberikan animasi terkait virus corona. Penasaran ada cerita tentang corona virus apa saja? Selengkapnya di bawah ini ya.

11 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak - Sekolah Prestasi Global

1. Komik Virion

Komik Virion ini dikeluarkan oleh VIK. VIK merupakan singkatan dari virtual interaktif Kompas. Komik Virion tersedia dua versi, yaitu

a. Virion: Cerita Virus Corona Buat yang Malas Serius

Di Komik Virion: Cerita Virus Corona Buat yang Malas Serius, Anda bisa menceritakan asal mula si virus corona dengan dua pilihan bahasa yaitu English dan Bahasa Indonesia. Komik penuh warna ini sangat menarik dan tentunya ringan sehingga memudahkan anak untuk memahami ilustrasi yang digambarkan.

Selain menjelaskan perjalanan si virus dari eksistensi awal. Anda juga akan diajak kenalan dengan peneliti atau ilmuwan yang berjasa menemukannya hingga menelitinya sampai sekarang, yaitu AF Schalke, MCHawn, CA Bradley, LD Bushnell, JR Beach, OW Schalm, David Tyrrell, dan June Almeida. Plus mengetahui wajah si corona dari komik ini. Anda bisa mengakses Komik Virion versi pertama di https://vik.kompas.com/viruscorona/ .

b. Virion Edisi 2

Virion edisi 2 tidak kalah menarik ceritanya. Masih digambarkan penuh warna dan ringan untuk dipahami anak. Di komik kedua ini, lebih menceritakan bagaimana para pakar lebih terbuka kepada khalayak akan temuannya. Hal ini terjadi sejak si covid-19 menyerang dunia dan menjadikannya pandemi.

Selain sains yang lebih terbuka pada umum dan instan didapat. Namun, keadaan ini juga perlu dibarengi dengan kekritisan pembaca karena jurnal belum tentu tidak bermasalah. Penasaran dengan kelengkapan ceritanya? Cek ke sini ya. Sayangnya, kedua komik ini masih bersambung dan sambungannya masih dalam tahap pembuatan. Namun, Anda juga bisa menggunakan bentuk edukasi lainnya.

2. Cerita Si Korona

Siapa yang tidak mengenal penulis anak bernama Watiek Ideo yang karyanya cukup banyak ini? Kali ini, beliau bekerjasama dengan Luluk Nailufar untuk membuat buku berjudul Cerita si Korona. Dalam cerita ini akan dijelaskan siapa itu virus corona, menularnya bagaimana, dan cara pencegahannya. Cerita ini bisa Anda unduh dalam bentuk pdf disini 

11 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak - Sekolah Prestasi Global

Selain dari sana, Sahabat Keluarga Kemdikbud juga membagikannya. Gambarnya menarik seperti ada karakter jahat sehingga anak pun lebih mudah menerimanya. Untuk Anda yang ingin mengurangi penggunaan gadget pada anak, buku ini juga sudah diterbitkan secara mandiri dan tersedia di toko online. Buku ini sudah berbentuk seri edukasi korona.

Satu serinya terdiri dari enam buah buku berjudul:

  1. Cerita Si Korona
  2. Gara-Gara Korona
  3. Ayo Cuci Tangan Dulu
  4. Jangan Masuk Rumah, Korona!
  5. Perjalanan Si Korona
  6. Ayo, Jaga Hewan Peliharaanmu

Buku versi cetak ini tersedia dalam kertas glossy dan sampul laminasi agar tidak mudah rusak ketika dibaca berulang kali. Perbedaan dengan yang versi digital adalah di bagian dalamnya sudah ditambahkan betapa pentingnya social distancing dan di rumah saja.

3. Buku Anak dari IASC

Inter Agency Standing Committee atau lebih kerap disingkat IASC juga merilis secara online buku berupa audio book dalam 22 bahasa untuk membantu memberikan pemahaman pada anak terkait virus corona. Audio book ini bisa diunduh disini. Anda tinggal pilih untuk yang bahasa Indonesia.

11 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak - Sekolah Prestasi Global

Judul bukunya, Kamu Pahlawanku: Cara Anak-Anak Menghadapi COVID-19. Buku ini berisi 22 halaman dan diperuntukkan bagi anak usia 6-11 tahun. Narasi yang dituliskan disertai dengan gambar karikatur sehingga memudahkan anak memahami maksud cerita. Dalam buku ini, anak diajarkan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, atau orang terdekatnya dari corona dan mengelola emosinya di masa ini. Bukan hanya tersedia dalam audio book, buku ini bisa dinikmati juga dalam bentuk cetak ebook, dan video dongeng yang menarik.

4. Just For Kids: A Comic Exploring the New Coronavirus

Komik pendek berbahasa Inggris ini ditulis oleh Malaka Gharib. Selain dalam bahasa Inggris, tersedia juga dalam bahasa China dan Spanyol. Komik dengan ilustrasi sederhana ini dikeluarkan oleh National Public Radio (NPR). Berawal dari wawancara seorang reporter NPR yang bernama Cory Turner dengan beberapa pakar dari Sekolah Pekerjaan Sosial Universitas Illinois, Pusat Ilmu Kesehatan LSU di New Orleans, dan Institut Kesehatan Mental Nasional terciptalah komik pendek ini.

11 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak - Sekolah Prestasi Global

Komik ini berisi penjelasan tentang kedatangan corona dengan wajah baru dan gejalanya beserta tips pencegahan. Komik ini bisa Anda unduh kemudian cetak untuk dibaca anak. Agar tidak bingung di mana bisa mendapatkan komik ini, berikut link-nya ada disini .

5. Video: The dr. Binocs Show

Bukan hanya buku bergambar, ada juga video menarik yang siap membantu Anda untuk menjelaskan pada anak terkait corona virus. Cerita inspiratif tentang virus corona ini bisa Anda lihat di kanal YouTube Peekaboo Kidz.

Dalam video berdurasi 6,5 menit ini, anak akan diberikan edukasi terkait apa itu corona, dari mana asalnya, bagaimana ia bisa menular, dan gejala umum dari orang yang terkena virus ini. Anak bisa mendengarkan penjelasan dari dr. Binocs yang bentuknya lucu sekaligus menyaksikan ilustrasinya.

6. Ebook The Little Corona King

Saat mendengar pemberitaan virus yang terus merajalela, pasti ada ketakutan tersendiri di hati anak. Untuk menghilangkan ketakutan tersebut, Ellie Jackson menulis sebuah ebook berjudul The Little Corona King. Ellie Jackson sendiri merupakan guru dan ibu dari empat anak.

Ebook ini bisa Anda dapatkan di Google Play Book dengan harga sepuluh ribu. Ebook ini menjelaskan terkait corona dengan pendekatan yang lembut dan ringan dipahami anak, guru, maupun orang tua. Selain itu, di sini juga terdapat saran praktis bagaimana menangani corona dan memutus rantai penyebarannya tanpa membuat anak kesal karena dikekang di dalam rumah terus-menerus.

7. Buku Anak Coronavirus UNICEF

Buku bergambar dengan ilustrasi simpel ini berjumlah 12 halaman dan dikeluarkan oleh Manuela Molina untuk UNICEF dalam menjelaskan pada anak terkait corona. Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Gambarnya yang sederhana dan narasi yang ringan mengajarkan anak untuk tetap tenang menghadapi corona. Juga mengajarkan anak akan upaya pencegahan yang tepat.

8. Buku Ayo Lawan Korona

Buku cetak terbitan Bhuana Ilmu Populer ini pun tak kalah laris manis diincar oleh orang tua untuk mengedukasi anak tentang corona. Satu bukunya dilengkapi dengan aktivitas yang bisa anak lakukan untuk mencegah penularan corona dan stiker yang menarik untuk anak. Aktivitas yang dicontohkan sangat sederhana dan dekat dengan kehidupan, membuat anak lebih cepat memahami virus corona dan bagaimana cara menghindarinya.

Dari berbagai aktivitas yang disediakan dalam buku ini, seperti melengkapi gambar, mewarnai, dan mencari jejak bisa membuat anak lebih paham pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi demi keselamatan. Buku setebal 24 halaman ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang bukan hanya ingin mengenalkan virus corona saja tetapi juga memberikan kegiatan yang positif untuk anak.

9. Buku Berani Lawan Korona

Buku berjudul Berani Lawan Korona ini tak kalah menarik untuk dimiliki. Buku ini merupakan buku terjemahan dari China yang berisi virus jenis baru korona, yang dikemas dalam ilustrasi menarik dan penyampaian ringan untuk anak. Dalam buku ini mengajarkan pada anak untuk berani melawan korona, sesuai dengan judul bukunya. Pun dilengkapi dengan tips sehat untuk anak. Setiap pembelian buku terbitan Bhuana Ilmu Populer dengan tebal 28 halaman ini akan diberikan bonus berupa stiker lucu.

10. Ebook Berkenalan dengan COVID-19

Ebook yang mengajak anak untuk berkenalan dengan virus corona ini berjumlah 15 halaman dengan ilustrasi penuh warna dan bahasa yang ringan untuk dipahami anak. Di dalamnya terdapat informasi tentang bentuk korona, gejala terkena korona, upaya pencegahan, imbauan untuk selalu cuci tangan, adab ketika bersin, dan ajakan untuk meminimalisir menyentuh wajah. Unduh di sini ya untuk mendapatkan ebook-nya. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/slider/4503e-anak_ebook-cerita-mengenal-covid-19.pdf

Itulah sebelas media yang baik, menarik, dan tentunya sangat bagus untuk Anda yang ingin mengenalkan virus corona pada anak dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan cerita, anak akan lebih mudah menyerap informasi. Selain dengan cerita tentang virus corona di atas, ada juga media pembelajaran lain yang bisa membantu Anda untuk memberikan pemahaman akan situasi pandemi kepada anak. Semua media pembelajaran anak ini tersaji dengan ilustrasi yang menarik dan bahasa yang ringan untuk dipahami. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya di https://www.prestasiglobal.id/ . Dijamin banyak informasi menarik yang bisa kamu dapatkan.

5 Cara mencegah penyebaran virus corona pada anak

1. Rajin Cuci Tangan 2. Hindari Orang yang Sakit 3. Pakai Masker 4. Pakai Disinfektan 5. Cuci Mainan

5 cerita pendek virus corona

1.Komik Virion 2.Cerita Si Korona 3.Buku Anak dari IASC 4.Just For Kids: A Comic Exploring the New Coronavirus 5.The dr. Binocs Show

3 Penyebab Infeksi Coronavirus

1.Percikan air liur pengidap (bantuk dan bersin). 2.Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi. 3.Menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona.

(Visited 108 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us