Bagikan Artikel Ini:

Pendidikan agama Islam menjadi pondasi utama dalam kehidupan manusia, terutama sang buah hati. Sejak masih kecil, setiap anak harus belajar memahami pendidikan agama untuk meningkatkan sikap, kebiasaan, dan nilai positif dalam kehidupan.

Kekuatan moral, fisik, dan mental mereka didapatkan melalui pendidikan Islam. Maka dari itu, pendidikan agama memegang peranan penting dalam masa depan anak.

Pentingnya Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dini

Saat ini, masih banyak orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya yang masih berusia dini. Nyatanya, pendidikan menjadi poin paling penting dalam pengembangan karakter pada anak usia dini.

Pada era globalisasi sekarang ini, setiap orang tua diharuskan untuk memberikan pendidikan yang positif untuk anak. Salah satunya adalah pendidikan Islam untuk menumbuhkan karakter sekaligus kepribadian mereka.

Meningkatnya kasus menurunnya akhlak dan moral anak, para orang tua dituntut untuk mengajarkan pendidikan agama. Hal itu bertujuan untuk membentuk kepribadian dan karakternya.

Rasulullah SAW pun pernah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, yaitu:

“Muliakanlah anak-anak kalian dan didiklah dengan budi pekerti yang luhur.”

Berdasarkan hadis di atas, Rasulullah SAW telah mengamalkan bagaimana cara mendidik sang buah hati. Perlu Anda ketahui, pendidikan moral dan akhlak harus diajarkan sejak anak masih berusia dini.

Mengapa begitu? Sejak masih berusia dini, mereka lebih mudah meniru serta menyerap pelajaran yang telah diberikan. Sehingga, membentuk kepribadian sang anak harus dimulai sejak mereka masih kecil.

Pembentukan karakter anak membutuhkan bantuan dari beberapa lembaga, seperti madrasah, sekolah, pesantren, TPA, dan lainnya. Namun, lembaga pendidikan sang anak yang paling utama adalah Anda sebagai orang tua.

Artinya, keluarga memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk mengajari mereka soal pendidikan agama dan sosial.

Pengaruh Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Anak

DSC00645-compressor

Ajaran agama Islam tak bisa dipisahkan dari keimanan. Dalam menjalankan kehidupan, pendidikan sangat membantu setiap orang untuk memperoleh pengakuan, mulai dari pribadi hingga sosial. Sejatinya, tujuan pendidikan agama Islam adalah meningkatkan nilai akhlak dan moral manusia. Jika tidak menanamkan pendidikan agama sejak anak berusia dini, maka mereka tidak memahami moral dan nilai yang berlaku di kehidupan.

Persoalan yang sering terjadi adalah para orang tua tidak mencontohkan kebiasaan baik yang sesuai ajaran agama kepada anak. Padahal, kebiasaan baik yang diajarkan sejak dini dapat menjadi pedoman dalam pembentukan karakter mereka. Jika kepribadian dan karakter anak sesuai dengan nilai agama, maka mereka akan terhindar dari kebiasaan-kebiasaan yang buruk.

Seperti yang diketahui, pembentukan akhlak dan moral menghasilkan seseorang dengan moral baik, akhlak yang baik, jiwa yang bersih, dan cita-cita dapat tercapai. Contohnya, seorang anak bersikap sopan dan santun terhadap orang yang lebih tua darinya. Hal itu dikarenakan orang tuanya sudah mengajarkan mereka tentang kebaikan sejak masih berusia dini. Ilmu pendidikan juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan ajaran agama. Oleh karena itu, agama menjadi sebuah landasan penting dalam pembentukan pendidikan karakter dan moral sang anak.

Pendidikan Agama yang Harus Diajarkan kepada Anak

Ada tiga hal penting yang harus diajarkan kepada anak, yakni akhlak, akidah, dan ibadah. Berikut adalah uraiannya:

  • Pendidikan Akidah

Akidah merupakan pendidikan yang harus diajarkan kepada anak sejak kecil. Pendidikan ini mencakup pengenalan, keyakinan, dan keimanan kepada Allah SWT.

Setiap orang tua pun harus menanamkan keimanan sang anak, bahwa Allah SWT ada serta melihat dan mengawasi setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia.

  • Pendidikan Akhlak

Akhlak menjadi pendidikan yang paling penting dalam ajaran agama Islam. Pendidikan akhlak menentukan sang anak untuk bersikap serta berperilaku dalam kehidupan.

Bahkan, akhlak juga dapat membentuk kepribadian dan karakter yang baik bagi para muslim di masa mendatang. Misalnya, bagaimana cara makan dan minum yang baik, bersikap sopan kepada orang tua, menghargai orang yang lebih tua hingga adab berteman.

  • Pendidikan Ibadah

Ibadah menekankan cara untuk meminta doa kepada Allah SWT. Dalam kasus ini, orang tua harus bisa mengajarkan cara untuk berinteraksi dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Caranya adalah melakukan ibadah Wajib dan Sunnah. Contohnya, Anda mengajarkan anak untuk sholat lima waktu, membaca Al-Qur’an, puasa, dan lainnya.

Melalui tiga hal di atas, Anda dapat memberikan kontribusi bagi sang anak untuk mengembangkan kepribadiannya. Kemudian, mereka akan menekankan nilai-nilai tersebut di kehidupannya hingga masa mendatang.

Manfaat Mengajarkan Pendidikan Islam Sejak Usia Dini

DSC00938-compressor

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengajarkan pendidikan agama kepada anak sejak masih berusia dini, yaitu:

  • Mengenal Allah SWT Sejak Berusia Dini

Jika Anda memberikan pendidikan agama kepada anak sejak dini, maka mereka akan mengenal Allah SWT dengan segala kuasa-Nya. Caranya, Anda dapat menceritakan berbagai kisah inspiratif dan pengetahuan bahwa semua yang ada di bumi merupakan ciptaan-Nya. Anda bisa memulainya dengan cara sederhana, yakni bintang, hujan, dan burung yang terbang adalah salah satu bentuk kebesaran Allah SWT. Jadi, hal ini akan membantu sang buah hati untuk lebih mensyukuri nikmat dan segala yang dimilikinya hingga hari ini.

  • Lebih Mudah Terserap oleh Anak

Saat mengajarkan pendidikan Islam kepada anak, Anda harus memulainya sejak mereka masih berusia dini. Sebab, anak merupakan seorang peniru yang apik. Jadi, apa yang Anda lakukan dan kerjakan akan diikuti oleh mereka. Penanaman pengetahuan soal budi pekerti saat mereka masih kecil akan lebih mudah diikuti dan diserap. Sehingga, kepribadian dan karakter mereka akan terbentuk dengan baik. Anda harus mendaftarkan sang buah hati ke lembaga pendidikan yang bisa membantu membentuk kepribadiannya, seperti madrasah, sekolah, atau pesantren.

  • Menanamkan Keyakinan yang Sangat Kuat

Tidak hanya akademik saja, Anda juga harus mengajarkan pendidikan dalam hal akhlak, akidah, dan ibadah. Lalu, bagaimana cara Anda mengenalkan Allah SWT kepada mereka.

Anda dapat menanamkan keyakinan yang kuat dengan mengajak mereka untuk beribadah. Tujuannya adalah supaya anak lebih dekat dengan Allah SWT. Maka dari itu, sekolah menjadi solusi untuk membekali anak dari segi pengetahuan, keterampilan, dan karakternya.

  • Memahami Agama Islam Sejak Kecil

Saat ini, sudah banyak lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang akan membantu mereka untuk lebih memahami pendidikan Islam. Anda pun bisa bekerja sama dengan sekolah untuk membentuk kepribadiannya.

Kegiatan yang akan dilakukan oleh sang anak saat berada di sekolah adalah menghafal doa, sholat lima waktu hingga mengaji. Peran Anda di sini adalah membantu anak untuk memperdalam pengetahuan yang telah didapatkan di sekolah.

  • Membentuk Kepribadian dan Karakter Anak

Setelah memperoleh pengetahuan dan pendidikan Islam, maka sang anak dapat memahami dirinya sendiri. Nantinya, mereka tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk.

Itulah salah satu peran penting dan manfaat yang dimiliki pendidikan Islam. Karakter dan kepribadian anak bisa Anda lihat dari lingkungannya, seperti sekolah, keluarga, dan kehidupan sosialnya.

Tidak hanya menjadi amanah, karena hal ini juga bisa menjadi tantangan bagi para orang tua. Anda sangat perlu memahami bagaimana cara mendidik buah hati agar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Kedudukan Anak dalam Ajaran Islam

Cara mendidik anak harus sesuai dengan ajaran Islam atau petunjuk Allah SWT, yakni Al-Qur’an. Tidak hanya membahas kewajiban anak kepada orang tua, tetapi juga kewajiban orang tua terhadap buah hatinya.

Sebagai pedoman Anda, inilah penjelasan Al-Qur’an tentang cara mendidik anak menurut ajaran Islam:

  • Amanah Orang Tua

Pastinya, Anda pernah mendengar kutipan “anak-anak bukanlah milik kita, tetapi titipan dari Allah SWT.” Maka dari itu, kewajiban yang harus Anda lakukan adalah mendidik sang anak sesuai petunjuk Allah SWT. Jika Anak jauh dari ajaran Islam, maka itu merupakan kesalahan Anda sebagai orang tua.

  • Tabungan Amal di Akhirat

Doa anak yang soleh/solehah akan menjadi pahala yang terus mengalir hingga hari perhitungan. Mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam menjadi sebuah keuntungan bagi diri Anda sendiri.

  • Perhiasan Dunia untuk Orang Tua

Anak merupakan perhiasan dunia untuk orang tuanya. Pada satu sisi, anak juga menjadi penghibur saat Anda mengalami kesusahan dan merasa lelah. Namun, di sisi lain mereka juga membawa Anda ke jalan Allah SWT.

  • Menjadi Generasi Penerus

Harapan terbesar orang tua di masa depan adalah anak. Nantinya, mereka pula yang akan menjadi pelopor dalam masa depan bangsa.

Jadi, Anda harus mendidiknya untuk menjadi seseorang yang tangguh di masa mendatang. Allah SWT pun memerintahkan, bahwa sebagai orang tua Anda harus menjauhkannya dari api neraka.

Anda dapat mengoreksi kembali apakah langkah yang diambil sudah benar dalam mendidiknya di rumah. Jika masih ada yang kurang, Anda bisa membenahi dan mencari jalan keluarnya.

Melalui pendidikan agama, Anda dapat mengenal kepribadian mereka lebih dalam lagi. Dari situlah, Anda akan mengetahui bagaimana pola pikir sang anak dalam menyelesaikan permasalahan.

Mendidik Anak Sesuai Syariat Islam

Sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara mengajarkan pendidikan Islam secara benar kepada anak. Poin utama dalam mengajarkan anak adalah menjadi teladan bagi mereka dan mendekatkannya kepada Allah SWT.

Anda dapat mengenalkan mereka mengenai tauhid. Sehingga, hal itu akan membuat anak menjadi lebih mengenal ajaran Islam yang sesungguhnya. Sejak berusia 6 atau 7 tahun, Anda harus mengajarinya untuk wudhu dan sholat.

Ajarkan kepada mereka bahwa sholat adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap saat. Anda bisa memulainya dari urutan hingga aturan sholat. Pendidikan Islam sendiri selalu mengajarkan tentang kebaikan.

Jadi, Anda dapat mengawalinya dari mengajarkan mereka berbicara. Misalnya, jika anak ingin meminta tolong kepada Anda, saudara, atau temannya. Anda harus memberikan contoh yang positif agar bisa diserap dan ditiru oleh mereka.

Selain itu, mengenalkan sifat Allah SWT kepada anak juga sangat penting dilakukan. Apalagi, hal ini tidaklah mudah bagi seorang anak.

Anda harus memberikan contoh mengenai sifat Allah SWT, lalu jelaskan secara ringan kepada mereka. Hal itu dilakukan agar sang anak dapat memahaminya dengan mudah.

Jika Anda sedang mencari sekolah SD terbaik untuk sang buah hati, Sekolah Prestasi Global adalah tempatnya. Konsep pembelajaran yang dihadirkan oleh Sekolah Prestasi Global dilandasi dengan pendidikan agama sesuai dengan ajaran Islam.

Pendidikan karakter keagamaan di Sekolah Prestasi Global dimulai dari kebiasaan kecil, seperti membuang sampah dengan benar, menaruh sandal atau sepatu di tempatnya, shalat, berwudhu hingga membaca surat setiap harinya.

Sekolah Prestasi Global menjadi lembaga pendidikan agama Islam yang akan membantu Anda dalam mengembangkan nilai dan moral anak. Kurikulum dari Sekolah Prestasi Global dilandasi dengan pendidikan agama sesuai ajaran Islam.

Bagaimana cara mendidik anak menurut ajaran Islam?

• Amanah Orang Tua • Tabungan Amal di Akhirat • Perhiasan Dunia untuk Orang Tua • Menjadi Generasi Penerus

Apa saja yang perlu kita ajarkan pendidikan agama kepada anak sejak masih berusia dini?

• Menanamkan Keyakinan yang Sangat Kuat • Memahami Agama Islam Sejak Kecil • Membentuk Kepribadian dan Karakter Anak

Apa Pentingnya Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dini?

Saat ini, masih banyak orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya yang masih berusia dini. Nyatanya, pendidikan menjadi poin paling penting dalam pengembangan karakter pada anak usia dini. Pada era globalisasi sekarang ini, setiap orang tua diharuskan untuk memberikan pendidikan yang positif untuk anak. Salah satunya adalah pendidikan Islam untuk menumbuhkan karakter sekaligus kepribadian mereka.

(Visited 152 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us