Bagikan Artikel Ini:

Ketika musim hujan tiba, kita sering mendengar istilah “musim sakit”. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena daya tahan tubuh melemah. Oleh karena itu, cobalah untuk hindari makanan ini saat musim hujan.

Makanan yang Harus Dihindari Agar Tak Gampang Sakit

Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Musim Hujan - Sekolah Prestasi Global

Photo by Wirestock on Freepik

Menghindari makanan tertentu bisa mencegah tubuh mengalami sakit saat musim hujan. Dari berbagai makanan yang ada, berikut adalah beberapa jenis makanan musim hujan yang perlu Anda hindari.

1. Gorengan

Jenis makanan pertama yang wajib Anda hindari adalah gorengan. Seperti yang kita ketahui bersama, gorengan mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh. Tak hanya saat musim hujan, demi menjaga kesehatan, kita disarankan untuk membatasi konsumsi gorengan.

Mengapa gorengan perlu Anda hindari?

Makanan berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek yang tidak baik pada tubuh. Lemak yang ada pada gorengan adalah lemak jenuh yang susah dicerna oleh tubuh. Efek yang bisa langsung kita rasakan adalah berat badan akan cepat naik.

Lalu, efek jangka panjang yang bisa menyerang ketika sering mengonsumsi gorengan adalah lebih berisiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes melitus, kanker, jantung, dan obesitas. Anda tentu tidak ingin menderita penyakit ini, bukan?

Anda mungkin bisa meminimalisasir dampak negatif gorengan dengan menggoreng menggunakan minyak baru, bukan minyak bekas (jelantah). Namun, apabila gorengan itu Anda beli di luar, Anda tentu tak bisa mengontrolnya, bukan?

Saat musim hujan, gorengan tidak hanya bisa menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan lemak jahat. Mengonsumsi gorengan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Menderita sakit tenggorokan pada musim hujan membuat Anda semakin rentan terkena batuk dan pilek.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan di musim hujan ini adalah dengan mengurangi konsumsi gorengan. Jika terpaksa mengonsumsi gorengan, pastikan Anda memasaknya dengan minyak yang masih baru.

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang memiliki cita rasa yang lezat. Kandungan soda di dalamnya bisa menambah kesegaran minuman, apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang menyukai minuman bersoda.

Namun, di balik rasanya yang lezat, Anda pasti sudah sering mendengar bahwa minuman jenis ini kurang baik bagi tubuh, bukan? Jika Anda mengonsumsinya saat musim hujan, Anda pun akan lebih mudah terserang penyakit.

Minuman bersoda adalah minuman berkarbonasi yang mengandung gula yang sangat tinggi. Ketika Anda meminumnya, minuman ini bisa membuat sejumlah mineral dalam tubuh berkurang. Pengurangan ini terjadi akibat aktivitas sistem enzim. Efeknya adalah seseorang akan lebih berisiko terkena sakit perut.

Efek jangka pendek yang akan langsung Anda rasakan ketika mengonsumsi minuman bersoda adalah rentan sakit perut. Sedangkan efek jangka panjangnya adalah menimbulkan meningkatkan risiko penyakit mematikan. Misalnya penyakit jantung, penyakit ginjal, kerusakan gigi, obesitas, insomnia, dan lainnya.

Oleh karena itu, daripada mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik Anda mengonsumsi air mineral yang lebih banyak. Ajak juga anak-anak dan keluarga untuk mengurangi mengonsumsi minuman ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

3. Makanan Mentah

Di Indonesia, mungkin Anda jarang menemukan makanan mentah. Kebiasaan makan di negara ini adalah memasak makanan yang akan kita makan, kecuali lalapan. Jadi, makanan ketiga ini sepertinya bisa mudah Anda hindari.

Setelah mendapatkan pengaruh dari budaya luar, beberapa dari Anda mungkin mulai terbiasa mengonsumsi makanan mentah, seperti sushi. Beberapa orang mengklaim bahwa makanan mentah ini memiliki banyak manfaat.

Semakin sedikit proses memasaknya, semakin utuh kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Namun, di musim hujan ini, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan mentah, ya. Baik ikan mentah, daging mentah, maupun sayuran mentah, semuanya memiliki risiko yang sama.

Apabila proses mencuci bahan makanan tersebut tidak bersih, risiko yang akan Anda terima adalah mudah sakit perut. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi makanan mentah, buah misalnya, pastikan Anda mencucinya dengan bersih terlebih dulu.

Kemudian, untuk bahan makanan lainnya, Anda bisa mencuci, lalu memasaknya agar bakteri yang menempel mati.

4. Makanan Laut

Ketika musim hujan tiba, beberapa bahan makanan akan lebih cepat membusuk. Alasan menghindari makan seafood saat musim hujan adalah untuk menghindari mendapatkan bahan makanan yang kurang bagus. Seafood yang sudah tidak segar mudah dihinggapi oleh bakteri.

Bakteri yang menempel pada makanan laut bisa menginfeksi manusia yang mengonsumsi makanan laut terkontaminasi tersebut. Efek yang akan langsung kita rasakan adalah bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan lambung, seperti diare, kram perut, mual, dan muntah.

Oleh karena itu, untuk memastikan kesehatan Anda tetap prima selama musim hujan, Anda dan keluarga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut. Jika sangat ingin mengonsumsi makanan laut, pastikan Anda memilih bahan makanan laut yang masih segar, ya.

5. Makanan Pedas

Sebagian besar orang Indonesia sangat suka mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas memang bisa meningkatkan nafsu makan sehingga Anda pun bisa lebih menikmati makanan tersebut. Namun, pada musim hujan, Anda disarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Makanan pedas bisa menyebabkan berbagai masalah perut, seperti diare, mual, muntah. Makanan jenis ini juga tidak disarankan untuk anak-anak.

Selain itu, dalam keseharian, sering ada salah persepsi tentang makanan pedas. Banyak orang menganggap bahwa makanan pedas bisa menghangatkan tubuh. Anggapan ini benar-benar keliru, ya. Makanan pedas tidak bisa menghangatkan tubuh.

Jika Anda ingin mendapatkan kehangatan dari makanan, Anda bisa membuat makanan hangat, seperti sup ayam, wedang jahe, atau yang lainnya. Jahe dan kunyit adalah bumbu dapur yang bisa menghangatkan tubuh.

6. Produk Olahan Susu

Anak-anak umumnya sangat menyukai produk olahan susu, seperti keju, yoghurt, atau susu formula. Seperti yang kita ketahui bersama, produk olahan susu ini memang bisa memberikan manfaat pada tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan pada musim hujan, efeknya akan buruk.

Ketika musim hujan, sistem pencernaan manusia lebih sensitif dari biasanya. Itulah alasan mengapa beberapa orang sering terserang diare saat musim hujan tiba. Produk olahan susu yang kita konsumsi bisa menyebabkan proses pencernaan terganggu.

Agar anak-anak tidak mengalami masalah pencernaan, entah itu susah buang air besar atau diare, ajak mereka untuk mengurangi konsumsi produk olahan susu, ya. Daripada mengonsumsi susu formula atau yoghurt, Anda bisa mengajak mereka untuk lebih mengonsumsi air putih.

7. Sayuran yang Tidak Dicuci dengan Bersih

Sayur-mayur memang menjadi bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk segala usia demi menjaga daya tahan tubuh. Namun, ketika musim hujan tiba, Anda perlu lebih selektif lagi ketika mengonsumsi sayuran hijau.

Sayuran, terutama yang memiliki daun, kualitasnya akan menurun saat musim hujan tiba. Saat masih berada di lahan, petani akan sedikit kesulitan menanam sayuran saat musim hujan karena serangan hama. Sayuran akan lebih mudah terserang hama.

Kemudian, petani akan mengatasinya dengan memberikan banyak pestisida untuk mengusir hama tersebut. Sayuran yang banyak terpapar pestisida tentu kurang bagus untuk dikonsumsi, bukan?

Tanpa pestisida pun, sayuran berdaun umumnya lebih mudah terpapar bakteri saat musim hujan. Oleh karena itu, solusinya adalah cucilah sayuran dengan benar-benar bersih agar sayuran tetap bermanfaat bagi tubuh.

8. Jajanan Pinggir Jalan

Jajanan pinggir jalan memang mempunyai pesona tersendiri sehingga selalu menarik kita untuk membelinya karena rasanya yang sangat nikmat. Selain itu, harganya juga murah. Beberapa hal tersebut membuat kita sangat senang untuk membelinya.

Namun, di musim hujan ini, Anda perlu lebih berhati-hati ketika membeli jajanan pinggir jalan, ya, terutama yang berkaitan dengan kebersihannya. Jajanan pinggir jalan berada di area terbuka yang mana bakteri lebih mudah mengontaminasi makanan.

Makanan yang terkontaminasi bakteri ini akan memberikan efek yang tidak baik pada pencernaan. Orang-orang, terutama anak kecil, akan mudah mengalami diare.

Tiga Makanan yang Disarankan Selama Musim Hujan

Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Musim Hujan - Sekolah Prestasi Global

Photo by 4045 on Freepik

Selain ada makanan yang dilarang, tentu ada makanan yang direkomendasikan, bukan? Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan saat hujan berikut.

1. Makanan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsinya ketika musim hujan tiba agar tidak mudah sakit.

Makanan yang mengandung vitamin C adalah buah-buahan segar, seperti jambu, jeruk, mangga, dan lain sebagainya.

Untuk memastikan tubuh Anda dan keluarga mendapatkan manfaat utama dari vitamin yang ada pada buah-buahan segar, sebelum mengonsumsinya, Anda perlu mencuci buah-buahan sampai bersih, ya. Apabila tidak dicuci bersih, bakteri akan ikut masuk ke dalam tubuh. Bukannya sehat, Anda malah akan terkena diare.

2. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber protein yang sangat bagus bagi tubuh. Tak hanya itu, serat yang ada dalam kacang almon juga bisa bermanfaat untuk merangsang aktivitas sel imun tubuh. Anda bisa mengonsumsinya ketika musim hujan tiba.

3. Sup

Terakhir, sup adalah hidangan ternikmat ketika musim hujan tiba. Umumnya, sup kita nikmati dalam kondisi panas. Sup bisa juga menghangatkan tubuh yang kedinginan. Mengonsumsi sup juga bisa sedikit meredakan gejala pilek, batuk, dan demam.

Ada banyak jenis sup yang ada di Indonesia. Anda bisa membuat sup apa pun yang anak-anak sukai. Namun, ada satu sayuran yang perlu Anda masukkan dalam sup, yakni labu.

Labu mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, nutrisi lain yang ada pada labu adalah vitamin A dan Vitamin C serta mineral. Kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan pernafasan dan membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Kesimpulan

Untuk menjaga kesehatan, menghindari beberapa makanan tertentu memang bisa mencegah terkena berbagai penyakit. Anda dan keluarga, terutama anak-anak, bisa menghindari beberapa makanan yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Anak-anak adalah orang yang rentan terserang berbagai penyakit selama musim hujan, seperti batuk, pilek, dan demam. Sistem kekebalan tubuh anak-anak belum sebagus orang dewasa. Oleh karena itu, hindari makanan ini saat musim hujan. Anda perlu lebih memperhatikan asupan makanan anak-anak agar kesehatannya terjaga.

Baca Juga: Yuk Kenali Apa Itu Brain Fog dan Cara Mengatasinya

Makanan yang harus dihindari agar tak gampang sakit?

berikut adalah beberapa jenis makanan musim hujan yang perlu Anda hindari. Gorengan, Minuman Bersoda dan Makanan Mentah.

Tiga makanan yang disarankan selama musim hujan?

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan saat hujan berikut. Makanan yang Kaya Vitamin C, Kacang Almond, dan Sup.

Mengapa minuman soda memiliki cita rasa yang lezat?

Kandungan soda di dalamnya bisa menambah kesegaran minuman, apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang menyukai minuman bersoda.

(Visited 48 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us