Bagikan Artikel Ini:

Ketika liburan, anak yang masih sekolah TK tentu saja membutuhkan kegiatan seru yang sekaligus bisa mengasah keterampilan dan kemampuan mereka. Untuk itu Anda butuh mengetahui ragam games edukasi untuk anak TK yang edukatif dan mendidik.

Perlu diketahui, pelaksanaan games-games kreatif yang sangat seru bisa membuat anak TK selalu aktif dan terasah kreativitasnya. Karena sebagaimana pisau, mereka harus selalu diasah dengan cara diajari bermain berbagai permainan yang memiliki nilai pendidikan.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari kegiatan kreatif untuk anak TK kala liburan, 7 kegiatan kreatif untuk anak TK ini wajib Anda tahu. Langsung saja kita bahas satu persatu yuk!

 

Kegiatan Membaca, Asah Skill Anak Agar Dapat Ranking

 
Semua orang tua pasti mendambakan anak yang cerdas dan senantiasa dapat ranking di sekolah. Untuk mewujudkan hal itu, kemampuan anak-anak dalam membaca harus senantiasa diasah sejak dini.

Seperti halnya batu, jika diasah sejak dini maka akan senantiasa terpatri hingga dewasa nanti. Dan waktu liburan adalah waktu yang sangat tepat untuk mengajarkan pada anak pentingnya membaca.

Memang sulit pada awalnya karena seorang anak terlebih yang masih TK cenderung ingin bersenang-senang ketika liburan. Kegiatan membaca yang kita anggap menarik bisa kehilangan “wibawa”-nya begitu saja di depan anak-anak.

Nah, tugas Anda adalah membuat kegiatan membaca bisa menjadi sangat menarik. Contohnya, ajak anak Anda untuk membaca buku yang banyak gambarnya. Gambar dengan karikatur yang menarik akan membuat mereka tertarik untuk mengetahui apa yang ditulis dalam buku.

Atau Anda bisa juga beli buku cerita dengan karikatur yang menarik dan sangat disukai anak kecil. Sehingga mereka akan tertarik untuk membaca hingga selesai. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mereka hadiah jika mereka berhasil membaca beberapa halaman.

Dengan begitu, mereka akan terlatih menghafalkan huruf-huruf dan merangkaikannya menjadi suatu kata, kalimat, hingga paragraf. Terus asah skill membaca si kecil ketika liburan dengan membaca agar nantinya ia bisa lancar dalam menerima pelajaran di sekolah.
 

Main Puzzle, Cara Cerdas Asah Otak Kanan Si Kecil

 
Ketika masih kecil, anak-anak perlu diajak melakukan berbagai kegiatan yang seru dan berbeda-beda setiap harinya. Anda sebagai orang tua hendaknya mengajak mereka melakukan berbagai aktivitas yang menarik yang juga mampu mengasah otak kanan mereka.

Salah satu jenis kegiatan yang bisa mengasah otak kanan si kecil adalah mainan puzzle. Jenis mainan ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia dan bahkan diperjualbelikan secara online maupun offline. Bentuk dan kesulitan dari permainan ini pun beragam.

Biasanya puzzle berupa rangkaian puing-puing kecil yang awalnya disusun rapi di atas sebuah bidang kotak atau persegi panjang. Puzzle terbuat dari kertas sejenis karton yang agak tebal, dengan warna yang berbeda dan menyusun bentuk tertentu.

Ketika segel dibuka, rangkaian puing puzzle tersebut akan berantakan dan harus disusun ulang oleh pemainnya. Nah, Anda bisa mengajak sang anak untuk membantu Anda menyusun kembali puing-puing puzzle tersebut hingga menjadi bentuk seperti semula.

Puzzle dijual dalam ukuran puing atau potongan yang berbeda, semakin kecil potongan-potongannya maka semakin sulit levelnya. Anda bisa memilih ukuran potongan puzzle yang tidak terlalu besar atau kecil agar sang anak tidak kehilangan interest karena terlalu sulit.

Selain itu, usahakan memilih gambar puzzle yang disukai sang anak. Seperti contohnya puzzle dengan rangkaian gambar berbentuk karakter animasi kesukaan mereka seperti Queen Elsa, Spongebob, dan lain sebagainya. Dengan bermain puzzle, otak kanan sang anak akan lebih terlatih dan menjadikannya lebih cerdas.
 

Menggambar Dan Mewarnai Untuk Pertajam Bakat Seni

 
7 Kegiatan Edukatif Saat Liburan Anak Sekolah-PrestasiGlobal

Anak TK biasanya berusia 4 hingga 5 tahun, dan pada umur itulah waktu yang tepat untuk mengembangkan bakat seni yang mereka miliki. Namun begitu, biasanya di sekolah mereka kurang diberi kegiatan yang berfungsi untuk mempertajam bakat seni.

Nah, Anda bisa memanfaatkan waktu liburan anak di rumah untuk membantu mereka mempertajam bakat seni melalui goresan pensil warna di atas buku gambar. Sebaiknya Anda mendampingi mereka dalam proses ini agar tidak ada hal-hal yang diinginkan (contohnya : anak menelan krayon).

Kegiatan menggambar dan mewarnai di dalam rumah memang terlalu mainstream, sesekali ajak sang anak untuk melakukan kegiatan tersebut di luar rumah. Di taman kota atau di alun-alun, misalnya.

Coba gelar tikar di halaman yang luas agar mereka mendapatkan inspirasi tentang apa yang ingin digambar. Proses pencarian inspirasi atau muse ini sangat penting, karena nantinya sang anak terbiasa berpikiran luas sebelum melakukan sesuatu.

Biarkan mereka menggambar apapun dan mewarnai dengan apapun yang mereka inginkan. Penting bagi orangtua untuk tidak menghalangi kreativitas anak, terutama ketika anak masih berusia sangat muda.

Misal jika mereka menggambar gunung, perbolehkan mereka menggunakan warna hitam atau pink untuk mewarnai objek tersebut. Yang terpenting adalah jangan halangi kreativitas mereka sedikitpun. Maka mereka akan menjadi pribadi yang tidak takut untuk bertindak dan berekspresi.
 

Karaoke Kecil-Kecilan Di Rumah, Ide Seru Saat Liburan

 
Ketika anak masih TK, pastinya hari libur adalah hari yang menyenangkan karena Anda bisa bersantai dengan mereka di rumah. Bagi Anda yang cari kegiatan anak di rumah ketika liburan namun tetap mengedukasi, jawabnya : karaoke kecil-kecilan.

Kegiatan karaokean merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang, baik yang tua maupun muda sekalipun. Dan menyanyi adalah salah satu kegiatan favorit anak kecil walau masih berada di sekolah TK.

Nah, bagi Anda yang ingin karaokean dengan si kecil, segera siapkan peralatan karaoke (yang mini tidak masalah). Anda bisa mencarinya di toko online atau toko yang menjual permainan anak di daerah Anda.

Setelah itu setel lagu anak-anak untuk mereka dengan volume yang tidak terlalu keras agar mereka bisa mengekspresikan diri ketika bernyanyi. Jika memungkinkan, setel lagu di televisi atau di laptop agar mereka sekalian bisa membaca liriknya.

Iringi nyanyian mereka juga dengan jogetan yang asyik, sehingga mereka ikut meliukkan tubuh untuk mengekspresikan perasaan. Dan jangan biarkan mereka diam saja ketika bernyanyi, karena bisa mempengaruhi psikologi.

Seorang anak yang terbiasa bernyanyi dan berdendang dengan berjoget pastinya akan tumbuh jadi anak yang lebih ceria. Dan tentunya semua orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi orang yang ekspresif dan ceria, bukan?
 

 

Kegiatan Menulis, Latih Kemampuan Anak Agar Jadi Juara

 
Selain kegiatan membaca, salah satu kegiatan untuk anak di rumah selama liburan yang sangat edukatif dan mendidik adalah kegiatan menulis. Umur 4 hingga 5 tahun, anak TK masih memerlukan pemahaman dan praktik yang intensif dalam hal menulis.

Mereka baru dikenalkan dengan huruf dan angka ketika masuk TK, yang berarti mereka perlu berlatih keras agar bisa menulis ketika sudah masuk SD nantinya. Untuk itu, segera manfaatkan agenda liburan untuk mengajari mereka tulis menulis di luar sekolah.

Namun jangan membuat kegiatan belajar menulis ini monoton dan terkesan seperti jam tambahan sekolah bagi anak, karena mereka bisa merasa stres. Sebaliknya, buat kegiatan belajar menulis tersebut menjadi hal yang seru.

Contohnya, Anda bisa bawakan makanan kesukaan mereka dalam berbagai macam bentuk, lalu suruh mereka menebak jenis makanan apa itu. Jika mereka berhasil menebak dengan benar, Anda suruh si kecil menuliskan nama makanan tersebut.

Dan jika mereka berhasil menuliskan nama makanan dengan benar, barulah makanan tersebut boleh dimakan sesuai dengan jumlah yang Anda tentukan. Dengan begitu, si anak akan terpacu untuk menulis dengan sebenar-benarnya untuk bisa makan makanan kesukaan mereka.

Anda juga bisa menyuruh mereka menuliskan diary harian mereka setiap hari untuk dipajang di dinding kamar mereka. Dan bantu hias diary harian tersebut agar tertata rapi dan pemicu semangat anak untuk menulis tiap harinya.
 

Mengajak Anak Berkebun

 
7 Kegiatan Edukatif Saat Liburan Anak Sekolah-PrestasiGlobal

Kegiatan liburan di rumah akan sangat menyenangkan jika dihabiskan bersama anak tercinta, terlebih jika liburannya cukup panjang. Nah, salah satu kegiatan kreatif untuk anak TK saat liburan diantaranya adalah berkebun.

Bagi Anda yang memiliki kebun baik yang berukuran luas maupun sempit, sempatkan untuk mengajak anak bermain di sana. Persiapkan segala peralatan untuk berkebun seperti pipa air, timba, alat penyiram tanaman yang kecil, hingga gunting tanaman.

Anda bisa memulai dengan membersihkan kebun dengan menyapunya, lalu memotong bagian tanaman yang sudah kering atau layu dan membuangnya, lalu menyiram tanaman. Libatkan anak pada setiap kegiatan yang Anda jalankan.

Akan tetapi selalu ingat untuk menjaga keselamatan si kecil dari alat berkebun yang berpotensi menimbulkan bahaya, ya. Contohnya gunting tanaman, cairan pestisida untuk tanaman, dan lain sebagainya.

Selalu dampingi dan arahkan mereka untuk ikut membersihkan kebun agar terlihat rapi dan indah. Ajari mereka juga cara menyiram tanaman yang benar, sehingga mereka bisa melakukannya seorang diri suatu saat nanti.

Dengan mengajak si kecil berkebun, secara tidak langsung orang tua sudah berusaha untuk mempererat ikatan antara orangtua dan anak. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap beberapa hari sekali, maka si kecil akan betah di rumah.
 

Bermain Lego, Sarana Mengasah Kecerdasan Si Kecil

 
Mainan lego merupakan objek yang sangat menarik untuk dimainkan si kecil kala waktu luang. Seakan tak ada habisnya, selalu banyak model terbaru dari lego yang berpotensi meningkatkan kreativitas sang anak.

Lego adalah permainan berupa balok yang bisa dirangkai menjadi suatu bentuk tersendiri. Bentuk utuh dari lego yang dijual bisa berupa robot-robotan, karikatur animasi, dan lain sebagainya.

Anda bisa mencari bentuk terbaru dari lego hanya dengan mencarinya di toko mainan atau toko online yang menjual berbagai permainan anak. Seperti halnya puzzle, semakin kecil ukuran lego yang dibeli maka tingkat kesulitannya akan semakin tinggi.

Ajak anak Anda untuk bermain mainan tersebut dalam pengawasan Anda saat liburan tiba. Jangan terlalu mengarahkan mereka, biarkan otak mereka yang bekerja dan menyusun lego tersebut menjadi bentuk utuhnya.

Dengan bermain lego yang berwarna-warni dan memiliki bentuk beragam, kreativitas sang anak akan lebih terasah. Mereka juga terbiasa untuk memecahkan permasalahan dengan cepat dan tenang nantinya.

Itulah berbagai permainan edukatif anak yang bisa membuat waktu liburan bersama anak lebih berarti. Lakukan berbagai kegiatan tersebut bersama si kecil ya bunda, dan jangan lupa terus dampingi mereka agar tumbuh kembang si kecil menjadi maksimal.

Kegiatan apa saja yang dapat mengisi saat anak libur sekolah?

Pelaksanaan games-games kreatif yang sangat seru bisa membuat anak TK selalu aktif dan terasah kreativitasnya. Karena sebagaimana pisau, mereka harus selalu diasah dengan cara diajari bermain berbagai permainan yang memiliki nilai pendidikan.

Dimana letak Prestasi Global?

Sekolah Prestasi Global merupakan sebuah Sekolah Islam Modern yang beralamat di Jalan Palem I No.1 Perumahan Mampang Indah II Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok

Apa saja yg diajarkan di Prestasi Global?

Sekolah Prestasi Global mengusung tagline Modern Islamic School, dimana di dalammnya diajarkan berbagai macam disiplin keilmuan seperti sosial, eksak dan juga keagamaan.

(Visited 28 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us