Bagikan Artikel Ini:

Apakah sebagai orang tua Anda sering menunjukan ungkapan sayang untuk anak? Tidak semua orang tua terbiasa dengan ucapan dan kata kata hangat yang bisa diberikan untuk buah hatinya. Sebenarnya mengucapkan kata kata motivasi tersebut dapat memberikan dampak yang baik bagi anak anak. Meskipun masih berusia kecil, namun setiap anak-anak memiliki masalah sendiri sesuai dengan usia mereka.

Sebagai orang tua, Anda sudah sewajarnya menjadi tempat pertama si kecil mengungkapkan perasaan dan isi hatinya. Setelah mendengarkan seluruh kesah mereka, tenangkan dengan perlakuan dan juga kata kata.

Manfaat Sering Mengucapkan Kalimat Positif Pada Anak

Interaksi yang baik antara anak dan orangtua memiliki peran dalam perkembangan dan pertumbuhan buah hati.Masih belum terbiasa mengucapkan berbagai kata yang indah untuk buah hati? Mengucapkan kata kata positif yang indah untuk didengar memiliki manfaat bagi anak anak. Berikut ialah ulasannya

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Saat anda memberikan semangat dengan kata positif kepada anak anak, hal ini akan membantu mereka lebih percaya diri. Mungkin sebelumnya mereka mengalami krisis kepercayaan diri, namun saat orang tua menyampaikan kata kata indah maka hal ini sangat berharga. Mereka merasa bahwa Anda sebagai orang tua sudah mempercayai mereka sehingga kepercayaan diri meningkat.

2. Membantu Anak-anak Kembali Semangat

Tidak semua hal yang dilakukan oleh anak-anak akan berhasil dan sesuai dengan harapan mereka. Rasa kecewa sangat wajar jika dialami oleh anak anak, namun jangan sampai membuat mereka berlarut dalam kegagalan tersebut.

Oleh karena itu peran orangtua dibutuhkan untuk menyemangati anak anak agar mau kembali berkreasi. Dukungan dan kata kata dari orangtua memiliki kekuatan yang mampu membuat anak kembali semangat.

3. Merubah Hal Baik Menjadi Kebiasaan

Ketika orangtua memuji anak anak dengan berbagai pujian saat mereka melakukan hal baik, anak tentu senang. Hal ini kemudian membuat anak ingin terus dipuji dengan melakukan berbagai hal baik. Jika dibimbing dengan baik oleh orangtua, maka hal baik ini akan menjadi kebiasaan hingga mereka dewasa. Hingga akhirnya, mereka melakukan hal baik karena terbiasa bukan karena ingin dipuji.

Bagaimana, apakah Anda masih ragu untuk memberikan ucapan ucapan positif kepada anak-anak? Ternyata, ucapan positif tersebut tidak hanya sekedar perkataan namun juga memberikan manfaat demi anak anak. Mulai sekarang, Anda harus menyiapkan kata kata positif yang siap untuk diberikan kepada buah hati tercinta.

Daftar Ucapan Positif yang Bisa Dikatakan Orangtua

Meskipun sudah menjadi orang tua, Anda tetap harus belajar banyak hal terutama dalam memahami anak-anak. Ingin belajar cara mengucapkan kalimat positif yang bisa diucapkan sehari hari?

Berikut ialah contoh 30 kalimat positif yang bisa diucapkan kepada anak anak.

1. “Hari Ini Ngapain Aja? Cerita Yuk”

Jika Anda ingin membuat anak anak terbuka dengan berbagai keseharian mereka, maka ciptakanlah ruang yang nyaman. Ajak mereka untuk berbicara dan menceritakan hari yang dilaluinya.Menurut Brandi Russel, seorang pelatih parenting, menanyakan apa kegiatan anak dapat menunjukkan bahwa orangtua tertarik pada anak. Hal ini akan membuat anak anak menyadari bahwa orangtua sangat peduli padanya.

2. “Ibu /Ayah Bangga Sama Kamu”

Pilihan kata pujian untuk anak SD yang sangat sederhana ialah dengan mengatakan bahwa Anda bangga dengan buah hati.“Kamu pinter udah bisa hitung pertambahan, ibu bangga sama kamu”Kalimat ini meskipun terdengar sederhana namun memberikan dampak yang besar kepada anak anak.

3. “Kalau Menurut Kamu Gimana?”

Libatkan anak anak dalam keputusan sederhana misalnya dalam memilih makanan untuk makan siang. Apakah mereka menyukainya atau memiliki pendapat lain.Dengan menanyakan pendapat si kecil, maka mereka akan merasa dihargai dan memiliki peran dalam keluarga.

4. “Kamu Buat Ibu/Ayah Senyum”

Tidak sulit untuk membuat hari anak anak menjadi warna, diantaranya dengan mengucapkan bahwa merekalah alasan orangtua bisa tersenyum.Dengan mengucapkan kalimat ini, anak anak akan merasa senang dan bangga karena mereka menjadi alasan orang lain tersenyum.

5. “Ibu/Ayah Percaya Sama Kamu”

Tunjukkan rasa percaya kepada anak anak melalui perbuatan dan juga kata kata agar mereka memahami.“Ayah percaya sama kamu”Dengan kalimat ini, anak anak merasa bahwa ada orang yang mempercayai dirinya saat melakukan sesuatu.

6. “Kami Sayang Sama Kamu”

Kata kata positif ini sebenarnya sangat sederhana, namun masih banyak orangtua yang belum mengatakannya dengan rutin.Ucapan sayang kepada anak dapat membuat mereka merasa disayangi dan menimbulkan rasa saya pada dirinya pula.

7. “Kamu Bisa Minta Bantuan Ibu”

Selama proses pembelajaran, tentu banyak kesulitan yang dialami oleh anak anak. Orangtua harus hadir untuk membantu mereka dalam mengalami kesulitan tersebut.Sampaikan kepada buah hati bahwa orangtuanya selalu ada untuk membantu masalah mereka.

8. “Lakukan yang Terbaik”

Kalimat “do your best” merupakan kalimat yang  membuat anak berfokus pada proses untuk melakukan yang terbaik.Terkadang, beberapa hal bukan hanya tentang hasil namun proses untuk mencapai kesana.

9. “Ibu Minta Maaf ya”

Orangtua tidak selalu benar, terkadang Anda juga melakukan kesalahan. Ucapan maaf merupakan kalimat positif yang bisa dikatakan saat melakukan kesalahan.Anak juga akan mengikuti perbuatan orangtuanya dan tidak segan untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan.

10. “Jadi Dirimu”

Melihat dan membandingkan diri dengan orang lain tidak akan pernah cukup, hal ini harus ditanamkan dalam diri anak anak.Ucapan “jadi dirimu sendiri” yang diucapkan orang tua membuat anak menyadari bahwa mereka tidak perlu menjadi orang lain.

11. “Bagaimana Kamu Melakukannya?”

Ketika anak melakukan sesuatu, kalimat positif yang bisa diucapkan ialah “bagaimana kamu melakukanya?”Kalimat ini menunjukkan bahwa orangtua ingin tahu proses pembuatan suatu hal dan anak akan antusias untuk menjelaskannya.

12. “Semoga Harimu Menyenangkan”

Kalimat ini mungkin terdengar sederhana, namun bisa membuat hati sang anak bahagia sepanjang hari.Ucapan positif ini akan membantu Anak untuk menjalani hari yang menyenangkan.

13. “Terimakasih”

Seberapa sering Anda mengucapkan terimakasih kepada anak? Ucapan ini adalah kalimat positif yang harus ditanamkan kepada sikecil.Jika orangtua tanpa ragu sering mengucapkan terimakasih, maka anak anak akan melakukan hal yang serupa kepada orang lain.

gambar-terima-kasih-keren

14. “Bersihkan Mainan Yuk”

Menurut Maureen Healy, seorang penulis buku anak anak mengatakan bahwa meminta anak anak untuk membersihkan mainan sangat bermanfaat.Meskipun hanya membersihkan satu atau dua mainan, namun akan membantu si kecil dalam waktu yang lebih panjang.

15. “Ayah Suka Kalau Kamu..”

Katakan dengan jelas apa yang disukai dari anak, misalnya ketika mereka sedang melukis.Meskipun anak anak sering membuat masalah, namun setidaknya ada satu hal yang disukai dari anak itu.

16. “Hal Baik Apa yang Terjadi Hari Ini?”

Ketika anak pulang dari sekolah, tanyakan apakah ada hal baik yang terjadi padanya dihari tersebut?Dengan mengetahui banyak hal baik yang datang kepadanya akan membuat anak-anak lebih bersyukur.

17. “Hal Buruk Apa yang Terjadi Hari Ini?”

Sama pentingnya dengan hal hal baik, hal hal buruk juga penting untuk dibicarakan dengan anak.Anda bisa membantu anak-anak untuk menghadapi dan mengatasi hal hal dan kejadian buruk tersebut.

18. “Pendapat Kamu Penting”

Kata kata positif selanjutnya yang bisa dikatakan kepada buah hati untuk mengatakan bahwa pendapat yang dimilikinya penting.Beritahu anak, bahwa kata kata dan pendapat mereka juga memiliki kekuatan dan andil yang besar.

19. “Kita Semua Melakukan Kesalahan”

Ketika anak anak melakukan kesalahan terlebih yang tidak disengaja, jangan menghukumnya terlalu keras.Setelah menjelaskan apa yang menjadi kesalahannya, beri penjelasan bahwa berbuat salah itu wajar dan semua orang pasti pernah melakukannya.

20. “Jangan Biarkan Orang Lain Menentukan Siapa Kamu”

Hal selanjutnya yang bisa diucapkan kepada sang anak ialah bahwa tidak ada yang berhak menentukan siapa diri mereka sebenarnya.Kata kata ini akan sangat berguna ketika anak dewasa dan ketika mereka menghadapi berbagai jenis orang diluar sana.

21. “Apakah Kamu Baik Baik Saja”

Tidak semua anak memiliki keberanian untuk mengatakan bahwa mereka sedang mengalami kesulitan.Sebagai orangtua, saat melihat anak sedang mengalami kesulitan tanyakan apakah mereka baik baik saja atau tidak.

22. “Jangan Sampai Melupakan Allah”

Berikan kata mutiara untuk anak islami yang membuat mereka selalu ingat dengan tuhannya.Meskipun itu dalam keadaan susah maupun senang, hal ini akan teringat terus hingga mereka dewasa.

23. “Menang Tidak Harus Menjadi yang Pertama”

Dalam berbagai hal, kemenangan tidak hanya bisa diraih dengan menjadi yang pertama saja.Namun, jika memang mereka telah melakukan hal baik tentu itu telah menjadi kemenangan bagi diri mereka sendiri”

24. “Manusia Yang Baik ialah Manusia yang Bermanfaat”

Ajarkan kepada anak anak, bahwa mereka hidup tidak sendiri di dunia ini melainkan dengan orang lain.Katakan bahwa jadilah manusia yang baik yang mampu memberikan manfaat untuk orang banyak.

25. “Selalu Jujur Yuk Meskipun Itu Tidak Selalu Bagus”

Kejujuran tidak selalu baik untuk didengar, namun baik untuk membuat orang lain berkembang.Ajarkan anak untuk selalu jujur meskipun terkadang kejujuran tersebut tidak selalu bagus, namun tanamkan terus kejujuran dalam dirinya.

26. “Ayah Mendengarkan, Kamu Mau Bilang Apa”

Menurut Katie Hurley, 57 persen anak perempuan enggan mengatakan sesuatu kepada orangtuanya karena takut dianggap buruk.Oleh karena itu, yakinkan kepada anak-anak bahwa orangtua akan selalu mendengarkan setiap pendapat mereka.

27. “Semua Terserah Kamu”

Ajarkan anak anak untuk memiliki tanggung jawab dari kecil sehingga menjadi terbiasa hingga dewasa.Orangtua perlu mendampingi mereka, namun pada akhirnya keputusan berada ditangan anak.

28. “Apa yang Akan Kamu Lakukan?”

Merasa anak anak sering meminta bantuan kepada orangtua dan ingin membuat mereka lebih mandiri?Ajarkan mereka untuk mulai berpikir apa yang sebaiknya mereka lakukan, hal ini akan membuat anak lebih mandiri.

29. “Itu Pemikiran yang Cerdas”

Terkadang, mengatakan bahwa anak cerdas lebih memiliki dampak yang baik dibandingkan mengatakan mereka manis.Ucapan ucapan ini akan terkenang sampai mereka dewasa dan menjadi pemicu kebahagiaan.

30. “Teruslah Bermimpi dan Wujudkan”

Kata doa untuk anak agar dapat menjadi anak yang sukses ialah untuk meminta mereka terus bermimpi dan berusaha mewujudkannya.Jangan batasi impian mereka, biarkan mereka memimpikan semua hal yang bisa diimpikan.Mengatakan kata kata positif yang indah, sama pentingnya dengan melakukan perbuatan yang baik kepada anak anak.Jangan lupa untuk ucapkan ungkapan sayang untuk anak agar mereka lebih bahagia dan menjadi pribadi yang lebih baik.

3 Manfaat Sering Mengucapkan Kalimat Positif Pada Anak

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak 2. Membantu Anak-anak Kembali Semangat 3. Merubah Hal Baik Menjadi Kebiasaan

5 Daftar Ucapan Positif yang Bisa Dikatakan Orangtua

1. Hari Ini Ngapain Aja? Cerita Yuk 2. Ibu /Ayah Bangga Sama Kamu 3. Kalau Menurut Kamu Gimana? 4. Kamu Buat Ibu/Ayah Senyum” 5. Ibu/Ayah Percaya Sama Kamu

5 Kata Mutiara untuk Anak agar Lebih Termotivasi dan Bahagia

1. berani mengejar mimpi 2. tidak melakukan kesalahan dua kali 3. menjadi orang yang berharga 4. fokus terhadap hal-hal positif 5. meraih kesuksesan

(Visited 40 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us