Bagikan Artikel Ini:

Dalam agama Islam, ada banyak cara yang dapat Anda ajarkan kepada anak untuk meneladani sikap Rasulullah. Salah satunya adalah dengan mengajarkan si kecil untuk berperilaku baik terhadap sesama makhluk hidup.

Hal ini selaras dengan HR At-Tirmidzi yang berbunyi, “Kasihanilah siapa yang ada di bumi ini, niscaya kalian akan dikasihani oleh yang ada di langit.”

Berdasarkan hadits di atas, mengasihi sesama makhluk bumi merupakan salah satu cara untuk mendapat kasih dari Allah.

Tak hanya kepada manusia, sebagai umat Islam, kita juga patut berperangai baik kepada makhluk hidup lain, salah satunya kepada kucing.

Raup Pahala dan Keistimewaan dari Merawat dan Memelihara Kucing

Mengajarkan anak Anda tentang pahala dan keistimewaan dari merawat dan memelihara kucing akan sangat bermanfaat untuk menambah rasa cintanya terhadap kucing.

Saat anak Anda sudah cinta dengan hewan, niscaya ia akan senantiasa lemah lembut dan memperlakukan hewan dengan baik. Begitu pula jika Anda mengajarkan si kecil untuk menyayangi kucing.

Inilah rangkuman kami mengenai beberapa keistimewaan pelihara kucing yang patut Anda ajarkan kepada si kecil:

1. Mendapatkan Rahmat dari Allah

Hal pertama yang dapat Anda tekankan kepada si kecil adalah bahwa jika ia menyayangi hewan, ia akan mendapat rahmat dari Allah saat kiamat kelak.

Pernyataan ini pun berdasar. Pada HR Bukhari, beliau menyebutkan, “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.”

Pada hadits tersebut, “hewan” yang disebutkan adalah hewan secara umum. Namun, Anda bisa mulai mengenalkan si kecil dengan merawat kucing.

2. Melatih Empati Anak

Ternyata, memelihara kucing juga bisa melatih empati anak, lho. Hal ini berhubungan dengan koneksi emosional antara anak dan hewan peliharaannya.

Anda bisa memberikan pengertian kepada anak Anda bahwa meskipun kucing adalah seekor hewan, ia juga merupakan makhluk hidup ciptaan Allah yang wajib ia perlakukan dengan baik dan penuh kasih sayang.

Lama kelamaan, si kecil akan paham bahwa jika ia memelihara kucing, maka ia wajib merawatnya dengan baik. Jika tidak begitu, maka si kucing kesayangannya bisa jadi sakit atau tidak terawat.

Inilah yang dapat melatih rasa empati anak terhadap kucing dan hewan secara umum.

3. Sebagai Bentuk Sedekah

Dalam Islam, sedekah dapat terlaksana dalam bentuk apapun. Mulai dari hal paling simpel yaitu bersikap ramah dan tersenyum, memberikan santunan, hingga bagi-bagi rezeki kepada sesama makhluk hidup.

Merawat dan memelihara kucing pun dapat Anda kategorikan sebagai bentuk sedekah, lho!

Saat Anda merawat kucing, tentu Anda akan mengerahkan waktu, energi, serta materi untuk menjaganya agar tetap sehat dan terawat.

Nah, poin inilah yang juga dapat Anda ajarkan kepada anak Anda.

Mulai ajarkan bahwa dengan sungguh-sungguh merawat kucing, ia dapat mendapatkan pahala sedekah.

Hal ini pun juga tercantum pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi, “Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan.”

Lanjutannya, “seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.”

Oleh karena itu, tanamkan prinsip kepada si kecil untuk merawat dan memelihara kucing dengan sungguh-sungguh karena kegiatan tersebut sesungguhnya bernilai sedekah.

4. Menambah Timbangan Pahala

Saat merawat kucing dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, pasti kegiatan tersebut akan tercatat sebagai pahala Anda.

Berikan pemahaman kepada anak bahwa tindakannya saat merawat kucing bukan hanya akan memberinya pahala sedekah, namun juga dapat memberatkan timbangan pahalanya.

Nantinya, timbangan pahala merawat kucing inilah yang akan menambah hitungan kebaikannya di hari akhir kelak.

5. Mendapatkan Ampunan atas Dosa

Dalam bab adab terhadap hewan, terdapat keterangan bahwa memperlakukan hewan dengan baik pun selain akan mendapat pahala juga akan mendapat ampunan dosa.

Sebaliknya, berbuat buruk kepada hewan sudah pasti akan membuat Anda berdosa.

Oleh karena itu, tanamkan kepada si kecil agar selalu memperlakukan hewan peliharaan mereka, seperti kucing, dengan baik agar kelak bisa mendapat ridha dan ampunan dari Allah.

6. Membantu Mengusir Tikus

Keistimewaan lain dari memelihara kucing adalah bebasnya rumah Anda dari gangguan tikus.

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang cukup meresahkan jika ia berkeliaran di rumah Anda.

Selain kotor dan bau, tikus juga gemar menggigiti perabot di dalam rumah sehingga cepat rusak. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan Anda dan keluarga.

Faktanya, tikus merupakan salah satu musuh utama kucing. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kucing di rumah, niscaya rumah Anda akan perlahan-lahan bebas tikus.

Hal ini terjadi karena tikus akan kabur jika bertemu dengan kucing sebab ia takut si kucing akan memangsanya.

7. Mendapatkan Kasih Sayang dari Penghuni Langit

Ternyata, merawat kucing dengan penuh kasih sayang juga akan memberikan Anda kesempatan untuk disayangi penghuni langit, lho!

Dari hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah pernah bersabda, “Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh Allah. Maka sayangilah penduduk bumi, niscaya yang di atas langit pun akan menyayangi kalian.”

Berdasarkan hadits tersebut, jelas sekali terungkap bahwa kasih sayang yang Anda berikan kepada seluruh makhluk hidup di bumi, termasuk kucing, akan mendapat balasan dari langit.

8. Memiliki Perhiasan Rumah Tangga

Pernyataan bahwa kucing merupakan perhiasan rumah tangga pernah terlontar oleh Rasulullah saat ia berkunjung ke area Bathhan.

Saat ingin berwudhu melalui bejana, Rasulullah melihat seekor kucing asik menjilati bejana tersebut. Rasulullah menunggu hingga kucing tersebut selesai dan kemudian berwudhu.

Saat Rasulullah ditanya mengenai peristiwa itu, Beliau menjawab bahwa kucing termasuk perhiasan rumah tangga dan ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.

Dari peristiwa tersebutlah akhirnya terbentuk kesimpulan bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang tergolong sebagai perhiasan rumah tangga.

9. Tidak Terlalu Najis

Ada sebuah hadits yang berbunyi “Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.”

Berdasarkan hadits tersebut, kucing bukan termasuk hewan yang najis.

Akan tetapi, keadaan “tidak najis” itu hanya berlaku pada bagian-bagian tertentu pada kucing. Yang dapat Anda kategorikan sebagai tidak najis adalah keringat, bekas minum dan makan, serta segala yang keluar dari hidung kucing.

Sedangkan, bagian-bagian seperti kotoran, kencing, darah, dan lain sebagainya tetap masuk pada kategori najis.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memelihara hewan yang tidak najis, kucing termasuk dalam golongan hewan yang aman untuk Anda pelihara, asal Anda rutin membersihkan dan mensucikan bagian-bagian najis dari kucing tersebut.

10.  Dapat Menjadi Teman Bermain

bermain bersama kucing - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Kim Davies on Unsplash

Faktanya, kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang friendly dan playful.

Jika Anda memutuskan untuk memelihara kucing di rumah, otomatis si kecil akan memiliki teman bermain setiap harinya.

Dengan begitu, si kecil tak akan merasa kesepian karena ia telah memiliki partner main yang lucu dan menggemaskan.

Sehubungan dengan hal tersebut, telah banyak dilakukan penelitian mengenai dampak memelihara kucing terhadap kondisi psikologis pemiliknya.

Ternyata, memelihara kucing memang membuat si pemilik lebih bahagia, tenang, dan tidak kesepian.

Oleh karena itu, jika Anda ingin agar Anda dan si kecil tak kesepian dan ingin menambah “teman” di rumah, memelihara kucing adalah opsi yang tepat.

11. Membantu Melatih Kesabaran Anak

Memelihara kucing memang tak selalu lancar dan mulus. Ada kalanya si kucing bertingkah nakal dan menyebalkan.

Beri pemahaman kepada si kecil bahwa kucing adalah hewan yang tak berakal dan tak dapat berpikir layaknya manusia. Oleh karena itu, wajar jika tingkahnya terkadang di luar nalar.

Perlahan-lahan, si kecil akan berusaha untuk mengerti tingkah laku kucingnya dan kesabarannya akan terlatih.

12. Membantu Membuka Pintu Rezeki Bagi Orang Lain

Saat memelihara kucing, tentu Anda harus mencukupi kebutuhannya agar terawat dengan baik.

Mulai dari membeli kandang kucing, makanan, snack, pasir kucing, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda pasti akan rutin check-up kondisi kesehatan kucing Anda di dokter hewan.

Melalui hal-hal tersebut, Anda telah membuka pintu rezeki dan melancarkan rantai ekonomi yang panjang.

Itulah beberapa manfaat dan keistimewaan yang akan Anda dapatkan dari merawat dan memelihara kucing.

Daftar di atas dapat Anda ajarkan pelan-pelan kepada si kecil agar ia mau belajar untuk menyayangi kucing dan hewan secara umum.

Mengenal Adab Kepada Kucing dalam Islam

adab memelihara kucing - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Alexandr Popadin on Unsplash

Sejatinya, dalam Islam ada beberapa adab serta etika yang wajib Anda perhatikan selama berinteraksi dan berhubungan dengan hewan, termasuk kucing.

Anda dapat memperhatikan adab-adab berikut saat memperlakukan kucing peliharaan Anda. Inilah beberapa daftarnya:

  1. Apabila melihat kucing yang haus dan lapar, sebaiknya kita memberinya minum dan makan.
  2. Senantiasa berperilaku lemah lembut dan penuh kasih sayang kepada kucing.
  3. Dilarang keras menyiksa kucing, mulai dari memukul, menendang, membiarkannya kelaparan, hingga membakar kucing tersebut.
  4. Diperbolehkan mengurus dan merawat kucing, asal tak lupa beribadah dan berdzikir kepada Allah.
  5. Dilarang memberi tanda cap pada telinga kucing menggunakan besi panas. Cap telinga dengan besi panas hanya boleh Anda lakukan pada unta, kambing, dan sapi.

Deretan adab terhadap kucing di atas wajib Anda perhatikan sebagai pedoman dalam berperilaku terhadap kucing peliharaan Anda.

Kemudian, Anda juga bisa mengajarkan adab-adab tersebut kepada si kecil saat memelihara kucing agar mereka juga lebih paham.

Keutamaan Merawat Kucing yang Penuh Manfaat

Saat Anda ingin memberikan pelajaran kepada anak-anak untuk mencontoh perilaku Rasulullah, Anda bisa mulai dengan mengajarkan kepada anak-anak mengenai pentingnya berperilaku baik kepada kucing.

Umumnya, anak kecil cenderung suka dengan konsep reward setelah mereka melakukan sesuatu.

Dalam hal ini, Anda bisa memberinya pengertian mengenai “reward” yang akan mereka dapat jika ia bersungguh-sungguh dan penuh kasih sayang dalam merawat kucing.

Setelah itu, berikan pemahaman mengenai keistimewaan merawat dan menyayangi kucing, seperti ia akan mendapat pahala, mendapat rahmat Allah, melatih empati, memiliki kesempatan untuk bersedekah, bahkan mengusir hama tikus dari rumah.

Jika anak Anda tahu bahwa imbalan yang akan ia dapatkan begitu besar, niscaya perlahan-lahan ia akan tumbuh menjadi pribadi penyayang dan penuh empati, terutama kepada hewan peliharaan.

Dengan begitu, Anda bisa mengajarkan si kecil mengenai konsep meneladani sikap Rasulullah serta manfaat di balik perilaku tersebut.

Baca Juga : Mengenal Diskalkulia, Gangguan Kesulitan Berhitung pada Anak dan Cara Mengatasinya

Apa saja pahala dan keistimewaan merawat kucing yang dapat diajarkan pada anak?

Mendapat rahmat dari Allah, Melatih empati anak, sebagai bentuk sedekah, menambah timbangan pahala, mendapat ampunan dosa, membantu mengusir tikus, mendapatkan kasih sayang dari penghuni langit, memiliki perhiasan rumah tangga, tidak terlalu najis, dapat menjadi teman bermain, membantu melatih kesabaran anak, membantu membuka pintu rezekli bagi orang lain.

Bagaimana adab serta etika yang perlu diperhatikan saat memelihara kucing?

Apabila melihat kucing yang haus dan lapar, sebaiknya kita memberinya minum dan makan. Senantiasa berperilaku lemah lembut dan penuh kasih sayang kepada kucing, dilarang keras menyiksa kucing, mulai dari memukul, menendang, membiarkannya kelaparan, hingga membakar kucing tersebut, diperbolehkan mengurus dan merawat kucing, asal tak lupa beribadah dan berdzikir kepada Allah, dilarang memberi tanda cap pada telinga kucing menggunakan besi panas. Cap telinga dengan besi panas hanya boleh Anda lakukan pada unta, kambing, dan sapi.

Bagaimana cara mengajarkan keutamaan merawat kucing pada anak?

Umumnya, anak kecil cenderung suka dengan konsep reward setelah mereka melakukan sesuatu. Dalam hal ini, Anda bisa memberinya pengertian mengenai “reward” yang akan mereka dapat jika ia bersungguh-sungguh dan penuh kasih sayang dalam merawat kucing. Setelah itu, berikan pemahaman mengenai keistimewaan merawat dan menyayangi kucing, seperti ia akan mendapat pahala, mendapat rahmat Allah, melatih empati, memiliki kesempatan untuk bersedekah, bahkan mengusir hama tikus dari rumah. Jika anak Anda tahu bahwa imbalan yang akan ia dapatkan begitu besar, niscaya perlahan-lahan ia akan tumbuh menjadi pribadi penyayang dan penuh empati, terutama kepada hewan peliharaan.

(Visited 35 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us