Bagikan Artikel Ini:

Ayat Kursi merupakan ayat ke 255 di surat Al-Baqarah dalam kitab suci Al-Qur’an. Anda mungkin sering mendengar bahwa menghafal dan membaca ayat ini banyak membawa manfaat bagi umat Islam.

Berdasarkan riwayat hadis dan ahli kitab, Ayat Kursi memiliki posisi tersendiri dalam ajaran Islam. Tak hanya sebagai bacaan dan kajian, ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah ini memiliki manfaat yang banyak.

Apa Itu Ayat Kursi?

Sesuai dengan yang kami sebutkan di atas, Ayat Kursi merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur’an, tepatnya ayat ke 255. Ayat ini secara spesifik mendapatkan nama itu karena menyebutkan kata Kursiyyuhu. Dalam bahasa Arab, kata ini secara harfiah berarti kursi atau singgasana.

Namun, menurut kitab tafsir Al Munir dari Syaikh Wahbah Az Zuhaili, asal makna kata ini adalah dari Al Ilmu atau yang berarti ilmu. Hal itu pulalah yang membuat para ulama memiliki sebutan Al Karaasi.

Namun, beberapa ulama juga berpendapat bahwa makna Al Kursi berarti kekuasaan. Kekuasaan yang dimaksud tentu saja adalah kekuasaan Allah Swt.

Berikut adalah bacaan Ayat Kursi serta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”

Asbabun Nuzul dan Sejarah Ayat Kursi

Sejarah Ayat Kursi - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Madrosah Sunnah on Unsplash

Pada saat ayat ini turun, seluruh dunia mengalami guncangan yang sangat hebat. Kegaduhan secara fisik dan gaib terjadi di mana-mana. Bahkan para setan berlarian dalam keadaan kacau. Akhirnya mereka mencari sumber dari perkara ini.

Ternyata, saat itu malaikat Jibril dan 70 ribu malaikat sedang menurunkan Ayat Kursi kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat ini pula yang membuat semua hal yang berbau maksiat sirna dari manusia.

Ayat ini turun pada malam hari setelah Rasulullah SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Saat ayat ini turun, para iblis sangat ketakutan karena mereka menganggap ayat ini akan menghalangi usaha mereka menggoda manusia.

Dalam beberapa riwayat juga disebutkan kalau ayat ini turun langsung dari Arsy Allah swt. Dalam pemahamannya, Arsy merupakan singgasana megah yang merupakan tahta milik Allah Swt.

Hal ini juga dapat terlihat dari terjemahan ayat ini yang menjelaskan tentang keesaan Allah Swt. Isinya juga menerangkan bahwa Allah Swt berkuasa secara mutlak di atas segala ciptaan-Nya.

Lalu, apa saja keutamaan dan manfaat membaca Ayat Kursi?

Manfaat dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari

1. Kunci Masuk Surga

Thabrani meriwayatkan sebuah hadis Nabi yang menyebutkan kalau Ayat Kursi adalah kunci masuk surga. Secara lengkap, hadis yang dimaksud berbunyi sebagai berikut.

Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap setelah shalat fardhu, maka tidak ada penghalang baginya untuk masuk surga selain hanya kematian.

Artinya, jika Anda membaca Ayat Kursi secara rutin, maka Anda sudah mendapatkan jaminan untuk masuk surga. Jadi, ada baiknya mulai dibiasakan membaca ayat ini sejak dini ke anak-anak.

2. Merupakan Pemimpin Semua Ayat Al-Qur’an

Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa induk dari Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah. Lalu, induk dari surat tersebut adalah Ayat Kursi. Dalam ayat ini juga terdapat 50 kata dan pada setiap katanya terdapat 50 syafaat dan kebaikan.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi keagungan Ayat Kursi.”

Ayat Kursi merupakan salah satu dari kalamullah atau perkataan Allah. Bahwa tak ada ciptaan Allah yang lebih mulia dan agung selain kalamullah ini.

3. Pengiring Doa yang Mustajab

Allah akan mengabulkan setiap doa yang beriringan dengan Ayat Kursi. Karena, dalam ayat ini terdapat Asma’ul Husna yang agung. Selain ayat ini, ada dua ayat lain yang juga memiliki kedudukan yang sama, yaitu surat Ali Imran ayat 1-3 dan Surat Thaha ayat 111.

Sebenarnya, ayat ini sendiri mengandung doa dan menyimbolkan kebaikan Allah Swt kepada ciptaan-Nya. Bahwa pada setiap yang Allah Swt ciptakan, di dalamnya ada tanda kekuasaan mutlak-Nya.

4. Mendapatkan Pahala Sama dengan Mati Syahid

Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat, maka yang mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mati syahid.”(HR. Hakim)

Dari hadis di atas, kita dapat melihat bahwa siapapun bisa mendapat pahala syahid tanpa harus berperang secara fisik. Karena, pada hakikatnya keseharian manusia adalah peperangan melawan hawa nafsu.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda membaca ayat ini setiap setelah shalat. Karena pahalanya akan sama dengan pahala sahabat yang wafat ketika berperang di sisi para nabi.

5. Memudahkan Rezeki dan Jodoh

Dalam Al-Qur’an, ada empat ayat yang setiap ayatnya sama dengan seperempat isi Al-Qur’an. Keempat ayat tersebut adalah surat Al Ikhlas, surat Al Zalzalah, surat Al Kafirun, dan yang terakhir adalah Ayat Kursi.

Hal ini disampaikan Rasulullah SAW ketika beliau bertanya kepada seorang pemuda apakah ia sudah menikah. Pemuda itu kemudian menjawab ia belum menikah karena tidak memiliki biaya atau harta yang cukup.

Lalu Nabi Muhammad SAW bertanya apakah ia hafal surat-surat tersebut, maka pemuda tersebut menjawab sudah. Pada setiap jawaban Rasulullah SAW mengatakan bahwa tiap ayat itu sudah seperempat Al-Qur’an.

Artinya, jika sudah hafal dan rajin membaca surat-surat tersebut, maka Allah Swt. akan memudahkan Anda dalam mencari rezeki dan mendapatkan jodoh.

6. Dilindungi Dari Godaan Jin

Dalam sebuah hadis yang diterjemahkan Ibnu Katsir, Abdullah bin Ubay bin Ka’ab pernah bercerita. Ayahnya memiliki sebuah bejana besar yang berisi kurma. Setiap kali ayahnya mengecek wadah itu, beberapa kurma selalu hilang dan berkurang.

Lalu, suatu malam ia mendapati sesosok hewan sebesar anak kecil. Setelah ia mengecek dan mengucap salam, ia mendapat kepastian dari sosok itu bahwa dia adalah dari bangsa jin.

Ketika Ka’ab bertanya apa yang dapat melindunginya dari jin, jin itu menjawab bahwa Ayat Kursi dapat menjauhkan Jin. Saat Ka’ab bertanya pada Rasulullah SAW pada keesokan harinya, Rasulullah mengkonfirmasi bahwa yang jin itu katakan adalah kebenaran.

7. Terhindar Dari Marabahaya

Imam At Thabrani meriwayatkan sebuah hadis yang berbunyi, “Barangsiapa membaca Ayat Kursi setelah shalat wajib, maka dia dalam perlindungan Allah swt sampai shalat berikutnya.

Hadis tersebut menegaskan bahwa apabila Anda membaca Kursi setelah shalat, maka Anda akan terhindar dari marabahaya. Apalagi dalam hadis tersebut menyebutkan bahwa perlindungan Allah swt dalam jangka waktu di antara shalat. Artinya, Allah swt akan mencegah bahaya menghampiri keseharian Anda.

8. Memudahkan dan Meringankan Sakaratul Maut

Siapapun yang rutin membaca Ayat Kursi, maka Allah swt akan meringankan rasa sakitnya saat sakaratul maut. Setiap Anda membaca ayat ini,maka Allah swt akan menarik “jatah” rasa sakit yang Anda terima saat sakaratul maut sedikit demi sedikit.

Selain itu, Allah swt juga akan memudahkan proses sakaratul maut hamba-Nya yang rajin membaca Ayat Kursi. Jadi, ada baiknya Anda membaca ayat ini agar ketika meregang nyawa tidak menderita.

9. Lancar dalam Berpikir Dan Berbicara

Lancar dalam Berpikir Dan Berbicara - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

Sesuai dengan kajian pada poin arti Ayat Kursi, ayat ini banyak diamalkan oleh para ulama. Jika Anda membaca ayat ini secara rutin, maka Allah swt akan menjernihkan pikiran Anda. Sehingga otak akan lebih mudah dalam menyerap ilmu.

Apalagi ayat ini juga membantu Anda dalam memperkuat memori. Sehingga, ilmu yang Anda pelajari juga lebih mudah melekat dan memiliki berkah.

Selain itu, membaca Ayat Ini juga akan memberikan manfaat melancarkan lidah kita dalam berbicara. Setiap perkataan yang Anda sampaikan niscaya akan lebih mudah terdengar dan jelas. Selain itu, lidah Anda juga akan terjaga dari mengucapkan hal-hal yang tidak baik.

10. Mengatasi Rasa Takut

Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang penakut. Entah dari hal yang terlihat maupun yang tidak kasat mata. Baik takut terhadap sesama manusia maupun dengan makhluk ciptaan Allah Swt lainnya.

Namun, rasa takut tersebut justru harus menjadi pilar untuk lebih dekat dengan Allah swt. Oleh karena itu, Anda dianjurkan membaca Ayat Kursi sebagai doa untuk melindungi diri dari rasa takut.

Ayat Kursi juga akan meringankan rasa gugup dan gelisah di hati. Sehingga Anda akan merasa lebih tenang saat dalam keadaan terjepit dan dapat mengatasi rasa takut Anda.

11. Memudahkan dan Meringankan Sakit Persalinan Bagi Wanita

Sejatinya, agama Islam memang menyarankan wanita hamil untuk membaca Al-Qur’an. Selain sebagai ladang pahala, membaca Al-Qur’an juga menjadi madrasah pertama bagi calon bayi. Janin yang sering diperdengarkan ayat Al-Qur’an cenderung berkembang dengan baik.

Ayat Kursi sendiri menjadi salah satu ayat yang memberikan manfaat bagi para wanita hamil. Dengan membaca ayat ini setiap hari selama kehamilan, Allah akan melancarkan proses kehamilan hingga lahir. Selain itu, janin akan terlindungi dari gangguan jin dan marabahaya sampai selesai proses melahirkan.

Kesimpulan

Sebagai umat muslim, Al-Qur’an merupakan pedoman utama dalam menjalani aktivitas. Tak hanya dalam hal akidah, tapi juga dalam hal akhlak dan kehidupan sehari-hari. Hal ini membutuhkan pemahaman yang mendalam serta kajian yang tepat.

Salah satunya adalah dengan memulai membaca ayat-ayat yang memiliki keutamaan dan efek dalam berkehidupan. Pada dasarnya, semua ayat dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan masing-masing dengan manfaatnya untuk kehidupan Anda. Namun, Ayat Kursi memiliki kemuliaannya tersendiri dari segi sebab turun hingga hikmahnya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memulai kebiasaan membaca Al-Qur’an terutama Ayat Kursi sejak dini. Di Prestasi Global, kami tak hanya mengajarkan siswa agar berprestasi secara akademik. Tapi, kami juga mengedepankan nilai-nilai Islami agar tertanam dan mengakar dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah beberapa keutamaan Ayat Kursi yang dapat kami jelaskan. Tak hanya membaca Ayat Kursi, tapi semoga Anda menjadi lebih termotivasi lagi membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya.

Baca Juga : 17 Ayat Alquran tentang Bersyukur dan Artinya yang Perlu Anak Tahu

Apa itu Ayat Kursi ?

Sesuai dengan yang kami sebutkan di atas, Ayat Kursi merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur’an, tepatnya ayat ke 255. Ayat ini secara spesifik mendapatkan nama itu karena menyebutkan kata Kursiyyuhu. Dalam bahasa Arab, kata ini secara harfiah berarti kursi atau singgasana.

Kapan Ayat Kursi diturunkan ?

Ayat ini turun pada malam hari setelah Rasulullah SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Saat ayat ini turun, para iblis sangat ketakutan karena mereka menganggap ayat ini akan menghalangi usaha mereka menggoda manusia. Dalam beberapa riwayat juga disebutkan kalau ayat ini turun langsung dari Arsy Allah swt. Dalam pemahamannya, Arsy merupakan singgasana megah yang merupakan tahta milik Allah Swt.

Apa Saja Keutamaan membaca Ayat Kursi ?

Ayat Kursi memiliki banyak keutamaan, diantaranya kunci masuk surga, selain itu ayat kursi merupakan pengiring doa yang mustajab dan dapat mempermudah sakaratul maut

(Visited 31 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us