Bagikan Artikel Ini:

Membaca ayat-ayat suci dalam Al-qur’an memiliki banyak keutamaan dan manfaat, termasuk surat Yasin. Berikut adalah 10 keutamaan surat Yasin yang harus Anda ketahui jika Anda membacanya setiap waktu.

Ada keutamaan tentang terampuni dosa-dosa di masa lalu, pahala kebaikan 10x membaca surat-surat Alquran, sampai meningkatkan iman dan ketaqwaan. Untuk lebih lengkapnya jangan lewatkan ulasan berikut ini!

Namun, sebelum membahas lebih jauh apa saja keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin di setiap waktu, mari kita ketahui terlebih dahulu kedudukan surat Yasin dalam Al-Qur’an.

Kedudukan Surat Yasin

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Yasin - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Faseeh Fawaz on Unsplash

Surat Yasin merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an dengan 83 ayat. Surat Yasin sendiri termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena turun sebagai wahyu kepada Rasulullah SAW saat berada di mekkah, sebelum hijrah ke Madinah.

Menurut sumber Wikipedia, penamaan Yasin ini berasal dari pengawalan suratnya atau pada ayat pertama yang berbunyi Yaa Sin.

Surat Yasin memiliki kedudukannya tersendiri dalam tradisi kehidupan sebagian umat Islam. Meskipun keabsahan tentang tradisi ini masih banyak diperbincangkan, surat Yasin selalu berkaitan dengan waktu-waktu tertentu.

Misalnya seperti ketika seseorang menghadapi sakaratul maut, tahlil, malam Nisfu Sya’ban, malam Jumat, dan lain sebagainya. Tentu saja kedudukan ini tidak terlepas dari berbagai manfaat dan 10 keutamaan surat Yasin yang akan Anda ketahui dalam ulasan ini.

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Yasin

Bila Anda membaca surat Yasin setiap waktu dan pada waktu-waktu tertentu, Anda dapat memperoleh berbagai keutamaan sebagai berikut.

1. Insya Allah Dosa Terampuni

Membaca Yasin merupakan salah satu kunci pengampunan dosa setiap umat muslim yang bertaubat. Hal ini juga sudah jelas tertuang dalam berbagai dalil keutamaan surat Yasin.

Al-Hasan pernah mendengarkan Abu Hurairah r.a. yang berkata bahwa Rasulullah bersabda tentang keutamaan membaca surat Yasin. Inti dari hadist tersebut adalah barangsiapa yang membaca surat Yasin pada malam hari, maka insya allah terampuni dosanya pada pagi harinya.

Selain itu, ada juga riwayat lain yang mengatakan hal dengan inti serupa. Dalam riwayat Anas r.a melalui kitab shahihnya dari Jundub Bin Abdullah r.a berbunyi barangsiapa membaca surat Yasin pada malam hari dan berharap ridho Allah SWT, maka ampunan akan datang padanya.

2. Keutamaan 10 Kali Membaca Mushaf Al-Quran 10 kali

Selain untuk memohon ampunan dan dosa, surat Yasin juga bisa mendatangkan sepuluh kali lipat kebaikan dari Al-quran. Ini juga tercantum dalam riwayat shahih, Qtadah dan Anas r.a.

Dalam riwayat tersebut, Rasulullah bersabda bila sesungguhnya segala sesuatu memiliki kalbu, dan Yasin merupakan kalbu Al-qur’an. Tidak heran bila kebaikan yang akan Anda dapatkan juga sepuluh kali lipat dari keutamaan membaca surat-surat lainnya.

3. Memperoleh Keberkahan

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keutamaan surat Yasin untuk rezeki. Apa yang Anda dapatkan hari ini bisa disebut sebagai rezeki. Tapi, apakah itu sudah pasti keberkahan?

Jika rezeki yang Anda dapatkan tidak berkah, banyak hal yang mungkin akan terjadi. Misalnya seperti rezeki yang cepat habis, tidak memberi ketenangan, bahkan sampai menghilang sebelum Anda nikmati.

Surat Yasin bisa membantu Anda memperoleh keberkahan dalam mencari rezeki. Hal ini sesuai dengan sunannya Imam Ad-Darimi dalam kitabnya tentang manfaat membaca surat Yasin setelah sholat Subuh.

‘’Barangsiapa membaca surat Yasin saat pagi, Allah SWT akan mengabulkan seluruh hajatnya Yasin untuk memperoleh rezeki yang lebih berkah dan baik.”

4. Mendapatkan Kebahagiaan

Ada seseorang yang kelebihan kekayaan, tapi tidak bahagia. Ada juga orang yang hidupnya berkecukupan saja, tapi terlihat bahagia. Selain karena gemar bersyukur, banyak amalan-amalan kebaikan yang sudah ia kerjakan, sehingga lebih bahagia meski hidupnya hanya berkecukupan.

Membaca surat Yasin bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Insya Allah gundah gulana yang datang yang membuat hati bersedih dan jauh dari rasa tenang akan sirna.

Mengingat Allah SWT merupakan jalan terbaik untuk meredakan kesedihan dan mendatangkan ketenangan hati setiap harinya. Ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Ar-Rad ayat 28.

‘’Orang-orang beriman hanya dengan mengingat Allah lah ketentraman akan selalu ada di hati’’

5. Tidak Mempersulit Sakaratul Maut

Sebuah tafsir Al-Qur’an Al-Azhim menjelaskan bahwa membaca surat Yasin dapat meringankan proses sakaratul maut saat ajal menjemput.

‘’Keluarnya ruh akan semakin mudah saat membacakan surat Yasin di sisi mayat selain menurunkan berkat dan rahmat.’’ (Tafsir Al-Qur’an Al-Azim 6.7562 dalam Nassar wat Tauzi).

Selain itu juga ada tafsir Al Majmu’ah Al-Muh Aziziyah 5.176 dari Alim alkitab yang berbunyi, ‘’Membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang dalam keadaan sakaratul maut merupakan salah satu sunnah.’’

6. Menghindarkan dari Siksa Kubur

Membacakan surat Yasin saat mengunjungi kuburan seseorang, bisa membuat orang tersebut mendapatkan keringanan siksa kubur.

Keutamaan surat Yasin untuk orang yang sudah meninggal ini sesuai dengan tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 4/373.

‘’Barangsiapa yang ketika mengunjungi makam seseorang lantas membaca surat Yasin, Allah SWT akan meringankan siksa kubur orang yang sudah meninggal itu.’’

7. Membuat Meninggalnya Seseorang Menjadi Golongan Syahid

Selain untuk meringankan siksa kubur, surat Yasin bisa membuat seseorang meninggal dalam keadaan syahid. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat At-Thabrani dengan bunyi seperti berikut.

‘’Barangsiapa setiap malamnya membiasakan bacaan Yasin dan tanpa terduga suatu saat ia menemui ajalnya, maka insya allah ia akan mati dalam keadaan syahid.’’

8. Terjaga dari Malapetaka

Sesuai dengan ajaran islam, membaca surat Yasin merupakan salah satu upaya untuk melindungi, menjaga, serta menjauhkan diri dari malapetaka.

Seperti ketika hidup terasa melelahkan atau sering mendapatkan kesialan, bisa jadi karena kebaikan Anda sedang menipis. Surat Yasin bisa menjadi salah satu sarana untuk mengencangkan dan memperbesar keimanan dan kebaikan.

Surat Yasin akan membantu Anda untuk terhindar dari malapetaka, marabahaya, dan nasib sial. Termasuk juga menghindarkan Anda dari keburukan yang bisa datang kapan pun.

9. Meningkatkan Keimanan

Keutamaan sekaligus manfaat membaca surat Yasin selanjutnya adalah tentang keimanan. Keimanan sendiri merupakan poin penting bagi seluruh umat islam, terutama untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT.

Jika Anda membaca surat Yasin dengan sungguh-sungguh, lengkap dengan memahami artinya, Anda bisa memahami keagungan Allah SWT. Termasuk memahami bagaimana perjuangan para pendakwah untuk memperjuangkan Islam di masa lalu.

Dengan memahami isi dari surat Yasin sepenuh hati, niscaya keimanan akan semakin besar terhadap Allah SWT. Termasuk keimanan pada nabi dan rasul, serta keimanan-keimanan lainnya.

10. Doa Lebih Mudah Terkabul

Yakin dan selalu mengingat Allah SWT sudah pasti segala doanya akan terwujud dan Allah SWT kabulkan. Termasuk membaca surat Yasin setiap harinya dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.

Keutamaan surat Yasin untuk hajat ini juga tertuang dalam sebuah hadist yang berbunyi seperti berikut.

“Barangsiapa membaca surat Yasin secara utuh sampai ayat ke-58 dan mengulanginya sampai 7 kali, Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan seluruh hajatnya.”

Kandungan Surat Yasin yang Harus Anda Ketahui

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Yasin - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Rachid Oucharia on Unsplash

Setiap kata yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an tentu memiliki makna tersendiri dan jauh dari kekeliruan, termasuk surat Yasin. Berikut ini inti sari dan kandungan surat Yasin yang harus Anda ketahui.

1. Berisi Perjuangan Pendakwah dan Syuhada

Seperti yang Anda tahu, ketika awal-awal Rasulullah SAW mendapatkan wahyu dan perintah untuk menyebarkan agama islam, perjuangannya tidak mudah. Perjuangan-perjuangan beliau pun juga tertuang dalam surat Yasin ayat 13-29.

Dalam deretan ayat-ayat ini, mengisahkan sekelompok penduduk kota yang membela pendakwah agama Islam. Ketika pendakwah tersebut mendapatkan banyak ancaman dari penduduk kota lain yang mengingkarinya, penduduk kota yang menerima dakwah dengan baik itu turut membela pendakwah.

Pembela tersebut pada akhirnya menjadi syuhada karena telah terbunuh oleh kaumnya sendiri.

2. Menjelaskan Kebesaran Allah SWT

Dalam setiap ayat yang ada di Al-Qur’an, selalu mengajarkan tentang kebesaran-kebesaran Allah SWT. Termasuk surat Yasin yang dalam hal ini tertulis pada ayat 33-50.

Dalam deretan ayat ini terdapat berbagai hikmah dan pembelajaran untuk mereka yang ingin mengkaji secara mendalam. Anda bisa memahami betapa besar kekuasaan Allah dengan membaca ayat-ayat ini, terutama saat menggunakan terjemahan dan tafsirnya.

Untuk memaksimalkan pembelajaran tentang kebesaran Allah SWT, Anda bisa belajar bersama guru yang tepat. Dengan begitu, manfaat yang Anda dapat semakin baik.

3. Mengingatkan pada Kematian

Beberapa keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin untuk orang yang masih hidup merujuk pada kematian. Bukan tanpa sebab, surat Yasin sendiri juga berisikan berbagai peringatan seputar kematian.

Ajal pasti akan tiba untuk seluruh makhluk, tidak ada kepastian tentang waktu atau bisa datang kapan pun. Dengan inilah kita bisa senantiasa berdoa dan rajin beribadah sebagai bekal untuk kematian yang bisa datang kapanpun.

Yasin membantu Anda untuk selalu mengingat ajal yang pada akhirnya akan mendekatkan kita ke Allah SWT untuk memohon perlindungan dan ampunan.

Secara singkat, berikut ini beberapa kandungan yang ada di surat Yasin:

  • Menjelaskan bukti-bukti hari kebangkitan
  • Menjelaskan bahwasanya Al Quran bukanlah syair buatan tangan manusia
  • Menceritakan kisah Nabi Isa dengan penduduk Anthakiyah
  • Allah menciptakan sesuatu secara berpasang-pasangan
  • Allah SWT menghibur Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas penghinaan orang-orang musyrik yang menyakiti hati beliau
  • Menjelaskan jika bintang-bintang yang ada di angkasa berjalan sesuai garis edar yang ditetapkan oleh Allah SWT
  • Menjelaskan bahwasanya kelak anggota badan akan bersaksi pada hari hisab
  • Mensucikan Allah SWT dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya

Yasin menjadi salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat saat Anda membacanya setiap waktu dengan sungguh-sungguh. Mulai dari keberkahan rezeki, sampai ampunan dan keringanan siksa kubur. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan membaca Surat Yasin. Insya Allah.

Kami, Prestasi Global, juga terus mendorong dan memotivasi anak didik kami untuk senantiasa membaca surat Yasin, karena banyak keutamaan yang dapat mereka peroleh.

Meski demikian, 10 keutamaan surat Yasin ini bisa lebih maksimal lagi bila Anda mengamalkan berbagai kebaikan lainnya dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya seperti membantu sesama, tidak mengeluh, serta senantiasa bersyukur setiap saat atas apa yang Allah SWT berikan.

Baca juga : 6 Keutamaan Menghafal Surat Al Kahfi dan Faedah yang Menyertai

Apa saja keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin?

Keutamaan dan manfaat dari membaca surat Yasin adalah diampuni dosanya, mendatangkan 10 kali lipat kebaikan dari Al Qur’an, memperoleh keberkahan, mendapat kebahagiaan, tidak mempersulit sakaratul maut, menghindarkan dari siksa kubur, membuat meninggalnya seseorang menjadi golongan syahid, terjaga dari malapetaka, meningkatkan keimanan, doa akan terkabul.

Mengapa kita akan mendapatkan 10 kali lipat kebaikan dari Al Qur’an jika membaca surat Yasin?

Karena dalam riwayat shahih, Qtadah dan Anas r.a. Rasulullah bersabda bila sesungguhnya segala sesuatu memiliki kalbu, dan Yasin merupakan kalbu Al-qur'an. Tidak heran bila kebaikan yang akan Anda dapatkan juga sepuluh kali lipat dari keutamaan membaca surat-surat lainnya.

Apa saja kandungan dalam surat Yasin yang harus diketahui?

Kandungan yang terdapat dalam surat Yasin diantaranya berisi perjuangan pendakwah dan syuhada, menjelaskan kebesaran Allah SWT, dan mengingatkan pada kematian.

(Visited 1.719 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us