Bagikan Artikel Ini:

Ditengah Pandemi Covid-19 yang terjadi di Dunia sekarang terutama negara kita Indonesia, banyak sekali sektor-sektor yang terkena dampaknya. Terutama yaitu Sektor Pendidikan yang mempunyai tantangan terbesar. Pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk selalu menerapkan Social Distancing atau Physical Distancing untuk memutus rantai penularan Covid-19. Maka dari itu, banyak sekolah-sekolah terutama Sekolah Prestasi Global yang diliburkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan anak-anak.

Sesuai jargon pemerintah yaitu bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah maka banyak sekolah yang mengalihkan pembelajarannya ke penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi belajar online. Berbagai media pembelajaran jarak jauh pun dicoba dan digunakan. Sarana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran online antara lain, E-Learning, Aplikasi Zoom, Google Classroom, Youtube, maupun Media Social seperti Whatsapp. Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas. Dengan menggunakan media online tersebut, maka secara tidak langsung kemampuan menggunakan serta mengakses teknologi semakin dikuasai oleh siswa maupun guru.

Guru Sekolah Prestasi Global Berprestasi Masuk Dalam Kategori Presentasi Karya Terbaik

Pada masa pandemi ini begitu banyak metode yang variatif digunakan oleh sekolah untuk membuat proses belajar-mengajar online tidak suntuk. Oleh karena itu guru harus lebih banyak mengenal tentang proses pembelajaran online yang interaktif agar murid-murid bersemangat mengikuti proses belajar-mengajar.

Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , menyelenggarakan E-Workshop Batch 1 dengan Topik “Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran”. karena harus mematuhi himbauan penting perihal Social Distancing kegiatan tersebut di selenggarakan melalui Aplikasi Zoom dan diadakan pada tanggal 11 – 14 Mei 2020. E – Workshop tersebut diikuti oleh Guru- Guru di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya yaitu guru SD Sekolah Prestasi Global yaitu Ibu Sri Endar Retnowati, M.Pd.

Didalam Workshop diberikan informasi mengenai aplikasi apa yang dapat membantu proses kegiatan belajar, dan dengan adanya kegiatan workshop ini membuat orang yang berpartisipasi bisa lebih membuka wawasan, bahwa begitu banyak metode yang bisa dipelajari dan digunakan sebagai metode pembelajaran. Setelah itu bukan hanya mendapat pengetahuan, seperti kebanyakan workshop atau pelatihan lainnya akan ada tugas yang harus dikerjakan sebagai tanda bahwa peserta telah mengikuti pelatihan. Dan E-Workshop Batch 1 yang diadakan IWI tersebut ada 11 guru yang masuk dalam katagori Persentasi Karya terbaik, salah satunya yaitu Ibu Sri Endar Retnowati, M.Pd, pastinya Sekolah Prestasi Global sangat bangga dengan hal ini sehingga ilmu yang didapatkan nantinya akan menajadi bekal untuk para guru – guru dan murid – murid di sekolah kami.

Dengan adanya perkembangan TIK, proses belajar mengajar menjadi jauh lebih efisien. Proses pembelajaran tidak harus selalu dengan bertatap muka. Kini, proses pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan TIK yang ada, sehingga kita juga dapat efisien dalam menggunakan waktu.

Sumber :

https://andalannews.com/kategori-presentasi-karya-terbaik-guru-sekolah-prestasi-global-mendapatkannya/26805/ 

https://duniawanita.id/presentasi-karya-terbaik-dari-guru-prestasi-global-oleh-ikatan-widyaiswara-indonesia/1796/

https://wartawan.id/guru-sekolah-prestasi-global-berprestasi/

Apakah Guru Sekolah Prestasi Global Berprestasi Masuk Dalam Kategori Presentasi Karya Terbaik?

Ya, Ibu Sri Endar Retnowati, M.Pd masuk dalam Kategori Presentasi Karya Terbaik yang dilaksanakan oleh Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Topik apakah yang diselenggarakan Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan?

Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , menyelenggarakan E-Workshop Batch 1 dengan Topik “Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran”

Diadakan pada tanggal berapakah E-Workshop tersebut?

Di selenggarakan melalui Aplikasi Zoom dan diadakan pada tanggal 11 – 14 Mei 2020. E – Workshop tersebut diikuti oleh Guru- Guru di seluruh wilayah Indonesia

 

(Visited 117 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us