Bagikan Artikel Ini:

 

Sama halnya dengan planet lain, setidaknya ada 7 fakta unik Planet Saturnus yang harus Anda ketahui. Saturnus memang terbilang unik dibandingkan planet lainnya karena memiliki cincin yang mengelilingi planetnya. Ukuran cincin yang mengitari planet ini juga terbesar dibandingkan dengan lainnya.

Dalam lintasan orbit planet Saturnus menempati urutan keenam dalam tata surya. Saturnus merupakan planet dengan jarak terjauh dari kelima yang dapat dengan mudah dilihat dari Bumi. selain Saturnus nyatanya Anda bisa melihat Merkurius, Venus, Mars, dan Jupiter dengan mata telanjang.

Planet Saturnus juga memiliki nama lain Zohal. Saturnus juga menjadi planet yang paling sering diteliti bahkan dikunjungi oleh para ilmuwan bila menyangkut antariksa.

 

Simak 7 fakta unik tentang planet Saturnus berikut ini:

 

1.Nama Saturnus Diambil Dari Nama Dewa Yunani

Planet Saturnus adalah planet yang terdiri dari helium dan hidrogen sebagai penyusun utama. Nama planet ini sendiri terinspirasi dari mitologi Yunani. Saturnus diambil dari nama rajanya dewa Romawi yaitu Saturnius Mons yang merupakan dewa pertama dari Capitol.

Raja ini juga dikenal sebagai dewa generasi, kesejahteraan, dewa waktu, pertanian hingga agri budaya. Selain planet Saturnus nama Raja ini juga menginspirasi nama hari yakni Sabtu atau dalam bahasa Inggrisnya Saturday. Planet Saturnus sendiri ditemukan pertama kali oleh Galileo Galilei pada 1610.

Keberadaan Saturnus diketahui melalui teleskop kala itu. Awalnya Galileo merasa bingung dengan planet ini. Ia bahkan mengira Saturnus terdiri dari tiga planet. Pada 1655 Christian Huygens menyatakan bahwa ada planet yang memiliki cincin yang mengitarinya.

Hal ini ditulis dalam buku Studies of Pallas in the Early Nineteenth Century: Historical Studies in Asteroid. Dalam buku tersebut Huygens menjelaskan bahwa ada sebuah planet yang dikelilingi cincin tipis namun tak bersentuhan dan cenderung ekliptika.

Biarpun sudah ketahuan bahwa telah ditemukan sebuah planet dengan cincin yang mengitarinya namun Huygens tak segera mempublikasikannya. Ia malah menjelaskan temuannya dalam bentuk kode anagram. Kala itu para ilmuwan memang suka sekali menggunakan kode ini.

 

2.Dijuluki Lubadsagush

Selain dikenal sebagai nama dewa Saturnus juga dijuluki Lubadsagush yang dinamakan oleh bangsa Asyura. Lubadsagush memiliki arti “ tertua dari yang lama. Nama ini bukan tanpa alasan disematkan pada Saturnus. Pasalnya Saturnus berputar sangat lambat saat mengelilingi bumi.

Durasi waktu yang dibutuhkannya hingga 29.4 tahun untuk memutari matahari dalam putaran penuh. Selain itu satu hari di Saturnus hanya memakan waktu 10 jam 34 menit saja. Rotasi Saturnus pada porosnya memang lebih cepat ketimbang lintasan orbitnya.

Keunikan Planet Saturnus bisa dilihat dari bulan yang dimilikinya. Ada sekitar 150 nama bulan yang dimiliki Saturnus. Beberapa bulan terbesar yang dimiliki Saturnus diantaranya adalah Enceladus, Dione, Hyperion, Tethys, Mimas, Titan, Rhea dan Lapetus.

Bulan Titan sendiri memiliki ukuran diameter hingga 5.149 km. Titan bahkan dinobatkan sebagai bulan terbesar kedua dalam gugusan tata surya. Bau dari Titan seperti bensin karena mengandung gas nitrogen.

Uniknya lagi bila manusia bisa mendarat disini maka ia bisa dengan mudah terbang. Anda pun bisa menyelam ke lautan tanpa khawatir tenggelam maupun memakai alat pelindung.

Selain Titan ada pula Rhea yang juga termasuk bulan terbesar yang dimiliki Saturnus. Rhea sendiri merupakan nama istri dari dewa Ouranus. Sementara bulan terkecilnya bernama moonlet dan semua bulannya pun membeku.

 

3.Planet Terbesar Kedua Dalam Tata Surya

 

7 Fakta Unik Tentang Planet Saturnus

 

Ukuran Saturnus memang sangat besar bahkan dinobatkan sebagai planet terbesar kedua setelah Jupiter. Jika dianalogikan seperti buah-buahan maka Jupiter bisa disamakan dengan buah semangka, sementara Saturnus adalah jeruk limau dan bumi hanya sekecil tomat. Ukuran Saturnus 945 % dari bumi atau 58.232 km.

Saturnus dan Jupiter juga dikenal sebagai raksasa gas dalam tata surya. Inti saturnus terdiri dari hidrogen metalik sementara bagian luarnya berupa gas. Sementara satelit dari Saturnus bisa memiliki ukuran 1 km dari planet Merkurius.

Satelit planet Saturnus berjumlah 62 satelit yang mana 13 diantaranya memiliki ukuran 50 km. Saking besarnya planet ini satu planetnya saja bisa menampung 755 planet seukuran bumi lho!.

 

4.Momen Saturnus Bisa Dilihat Dari Bumi

Untuk melihat detail dari planet Saturnus Anda bisa menggunakan teleskop. Sebenarnya Saturnus bisa dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya yang raksasa.

Saturnus akan terlihat sangat jelas bila posisi planet berada satu garis lurus dengan matahari dan bumi. Dari kejauhan planet ini akan memiliki cahaya berwarna kuning putih di bagian sisi kiri atasnya.

Pada 10 Juli 2019 lalu Saturnus sangat terlihat jelas dari bumi. Anda bahkan bisa menyaksikannya sepanjang malam karena berada di atas cakrawala. Saturnus terlihat di sisi tenggara saat matahari terbit. Ketika matahari terbenam ia menghilang di barat daya menjelang dini hari.

Fenomena ini biasa dikenal sebagai Teapot di rasi Sagitarius karena dekat dengan arah Bimasakti. Kala itu Saturnus bisa dilihat jelas pada jam 20.000 sampai 04.00 dini hari.

 

5.Ternyata Cincin Saturnus Bisa Menghilang

Ciri-Ciri Planet Saturnus adalah adanya cincin yang mengitari planet ini. Menurut ilmuwan ukuran cincin Saturnus bahkan bisa mencapai hampir 300 kali ukuran planet yang mengorbit.

Cincin terbesar yang ditemukan ilmuwan dari Saturnus ialah pada 2009. Cincin Saturnus terbesar tersebut ditemukan oleh Hamilton dan rekannya. Ukuran diameter cincin Saturnus bisa mencapai 282.000 km.

Sementara jarak antara planet dan cincin sekitar 67.000 km. Cincin Saturnus bisa mencapai enam kali diameter bumi bila diukur dari jari-jarinya saja. Sebenarnya Saturnus memiliki enam lapisan cincin. Cincin Saturnus ini terdiri dari es air maupun material bebatuan atau partikel kecil berukuran mikrometer hingga meter.

Walau dikenal sebagai planet bercincin namun cincin Saturnus juga bisa menghilang atau tidak terlihat sama sekali. Hal ini terjadi karena posisi poros Saturnus sedikit miring sehingga saat mengitari matahari tak terlihat dengan jelas. Momen hilangnya cincin Saturnus bisa terjadi 14-15 tahun sekali.

 

6.Mampu Mengapung Diatas Air

Ada yang menarik dari planet Saturnus selain cincin yang mengitari planetnya. Saturnus memiliki massa yang sangat ringan karena 75 % inti planet terdiri dari hidrogen sementara sisanya adalah helium ditambah amonia, metana dan air.

Bisa dianalogikan Saturnus adalah sebuah balon besar yang dipenuhi dengan gas. Saking ringannya bila ada sebuah danau untuk menampungnya maka Saturnus akan mengapung diatas danau tersebut.

Planet Saturnus berwarna coklat atau abu-abu yang sama dengan cincinnya. Sementara massa Saturnus menurut penelitian pada tahun 2004 diperkirakan 9-22 kali massa Bumi. Pada bagian luarnya mempunyai ketebalan 1.000 km yang terdiri dari gas.

Massa Saturnus bahkan lebih ringan daripada massa air. Bila dilihat dari atmosfer planet Saturnus hanya mengandung gas. Massa jenis relatif planet Saturnus berkisar 0.69 g/cm³.

Walaupun begitu massa jenis tidak sama dengan berat. Walau massa jenisnya ringan namun berat Saturnus juga tidak ringan. Berat Saturnus sendiri berkisar 5,683E26 kg. Lebih berat ketimbang Jupiter namun kurang dari planet Uranus. Sedangkan luas permukaannya hingga mencapai 42.7 miliar km persegi.

Suhu di planet keenam ini juga sangat panas tak kalah dengan planet Mars. Suhu di planet Saturnus bisa mencapai 11.700 °C pada inti planet. Saking panasnya bahkan mampu menghasilkan energi ke ruang angkasa 2,5 kali lebih banyak daripada dihasilkan oleh Matahari. Lebih uniknya lagi Saturnus diduga memiliki hujan berlian.

 

7.Planet Dengan Angin Paling Cepat

Saturnus juga dijuluki sebagai planet dengan angin paling cepat dibandingkan dengan planet lainnya di tata surya. Pasalnya kecepatan angin di planet ini bisa mencapai 1.100 km/jam dalam keadaan normal. Ketika badai menerjang kecepatan angin di planet Saturnus bisa mencapai 1800 km/jam.

Padahal bila dibandingkan dengan bumi angka ini begitu jauh. Bumi hanya memiliki kecepatan angin 250 km/jam saat keadaan normal. Ketika badai datang kecepatan angin di Bumi hanya mencapai 400 km/jam saja. Badai di planet Saturnus tergolong cukup unik dan dikenal dahsyat sehingga sering disebut dengan Angin Saturnus.

Durasi badai Saturnus bahkan bisa bertahan hingga bulanan. Badai di Saturnus diakibatkan pemindahan gas panas dari air dalam atmosfer Saturnus.

Badai di bumi umumnya bisa mencapai 16 juta badai petir per tahunnya. Badai Saturnus tidak sebanyak di bumi bahkan hanya mencapai 6 badai saja dalam 140 tahun terakhir. Biarpun jarang badai Saturnus sangatlah dahsyat.

Dulunya pada 1990 badai Saturnus mampu menimbulkan bintik putih raksasa yang muncul 39 tahun sekali. Bintik putih raksasa pada planet Saturnus dapat dilihat pada 1876, 1903, 1933 hingga 1960 silam. Tahun ini bintik putih Saturnus juga diprediksi terjadi.

 

Apakah Saturnus Bisa Dihuni Manusia ?

Planet Saturnus nyatanya tidak bisa dihuni oleh manusia meskipun terdiri dari gas Walaupun begitu satelit atau bulannya ada kemungkinan bisa dihuni oleh manusia. Bulan tersebut tidak lain adalah Titan.

Titan nyatanya memiliki atmosfer yang pekat. Bulan Titan dipenuhi dengan gas nitrogen dan metana serta bila terkena sinar matahari Titan memproduksi hidrogen sianida.

Titan cukup unik karena memiliki detail geografis yang sama dengan bumi. Ekologi dan musim Titan terus berubah bahkan terdapat danau juga lautan yang berupa kawah dengan isinya berupa hujan metana. Biarpun begitu suhu di Titan sangatlah dingin bahkan tidak adanya oksigen di bulan tersebut.

Walaupun begitu NASA saat ini sangat ingin melakukan penjelajahan lebih lanjut ke Saturnus. NASA bahkan mengembangkan program New Frontiers yang mana memasukan Saturnus sebagai salah satu obyek penjelajahannya.

NASA ingin melakukan penyelidikan mengenai kemungkinan kelayakhunian planet ini dan observasi atas tanda kehidupan di planet Saturnus. Oleh sebab itu Nasa telah menyiapkan pesawat luar angkasa bernama Dragonfly yang nantinya meluncur pada 2026 menuju Titan.

Itulah tadi 7 fakta unik tentang planet Saturnus yang bisa menambah wawasan tentang tata surya. Penelitian terhadap luar angkasa walaupun memakan biaya yang sangat mahal masih terus dilakukan. Penelitian ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap keberlangsungan manusia di masa depan.

Berapa Kecepatan Angin Pada Planet Saturnus ?

kecepatan angin di planet ini bisa mencapai 1.100 km/jam dalam keadaan normal. Ketika badai menerjang kecepatan angin di planet Saturnus bisa mencapai 1800 km/jam.

Berasal Dari Manakah Nama Satrurnus Diambil ?

Planet Saturnus adalah planet yang terdiri dari helium dan hidrogen sebagai penyusun utama. Nama planet ini sendiri terinspirasi dari mitologi Yunani. Saturnus diambil dari nama rajanya dewa Romawi yaitu Saturnius Mons yang merupakan dewa pertama dari Capitol.

Apakah Julukan Dari Planet Saturnus ?

Selain dikenal sebagai nama dewa Saturnus juga dijuluki Lubadsagush yang dinamakan oleh bangsa Asyura. Lubadsagush memiliki arti “ tertua dari yang lama. Nama ini bukan tanpa alasan disematkan pada Saturnus. Pasalnya Saturnus berputar sangat lambat saat mengelilingi bumi.

(Visited 23 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us