Bagikan Artikel Ini:

Planet Mars adalah planet yang sementara ini sedang menjadi perhatian. Pasalnya, banyak organisasi antariksa yang melakukan penelitian mengenai planet ke 4 terdekat dari matahari ini. Hipotesis sementaranya yaitu mars kemungkinan bisa dihuni makhluk hidup atau pernah ada mahluk hidup disana.

 

7 Fakta Menarik Planet Mars

Selain karena penelitian tersebut, ada banyak fakta menarik seputar mars yang tidak kalah diperbincangkan. Kira-kira apa saja fakta-fakta tersebut ya, penasaran ? Mari langsung disimak selengkapnya mulai dari nomor 1 yang ada di bawah ini, oke?

 

1.Mars Bisa Ditinggali Makhluk Hidup?

Hingga saat ini masih dilakukan penelitian panjang mengenai bisa atau tidaknya mars ditinggali. Hipotesa yang saat ini berkembang masih disusun berdasarkan fakta yang didapatkan dari penelitian terbaru tetapi, masih belum final.

Para ilmuwan menganggap mars sebagai planet yang mirip dengan bumi. Hal ini terlepas dari jarak mars ke matahari yang jelas lebih jauh dari bumi ke matahari yaitu 230 juta km.

Meskipun jarak mars lebih jauh akan tetapi, di mars ditemukan grand canyon yang persis dengan di bumi. Tepatnya grand canyon, Anda tahu bukan bahwa di bumi ada grand canyon cantik seperti misalnya di Amerika. Di mars juga terdapat gunung berapi, besarnya sekitar sebesar Arizona.

Tidak hanya sampai disitu, diperkirakan mars yang terlihat kering tersebut juga memiliki air. Atmosfer yang tipis di mars memang membuat radiasi matahari semakin kuat. Akan tetapi, air yang ada di mars sebagian besar terperangkap di “polar ice caps”.

Apabila diartikan polar ice caps bisa jadi semacam dome es mirip di kutub yang di dalamnya ada air. Daerah ini terbentuk karena tempat tersebut menerima panas lebih sedikit dari daerah lain, mirip bumi bukan?

Hasil-hasil penemuan inilah yang membuat para peneliti masih terus mencari kemungkinan mars bisa ditinggali. Meskipun, seperti yang diketahui atmosfer mars yang tidak bersahabat akan menjadi kendala sangat besar.

 

2.Sejarah Misi Penelitian Menuju Mars

7 Fakta Menarik Planet Mars

Sampai saat ini belum ada pendaratan astronot di permukaan mars seperti halnya bulan. Selama ini penelitian menuju mars masih dilakukan robot atau pesawat ruang angkasa.

Misi penelitian pertama yang membuahkan hasil, dilakukan NASA pada 28 november 1964. Pada misi ini NASA menggunakan Mariner 4, dan berhasil mendapatkan 22 foto permukaan mars. Foto yang didapatkan tidak dikirim dalam bentuk foto melainkan data elektronik sehingga hasilnya tidak terlalu jelas.

Pada 25 februari 1969 NASA kembali berhasil mendaratkan Mariner 6 di planet urutan ke 4 ini. Misi kemudian dilanjutkan dengan Mariner 7 pada 27 Maret 1969.

Operasi penelitian Mariner 6 dan 7 jauh lebih berhasil dari Mariner 4. Total ada 126 foto berbasis data elektronik yang berhasil dikirim ke bumi.

Dengan semakin terkumpulnya data, para peneliti semakin bersemangat meneliti mars. Rusia yang waktu itu masih menjadi bagian Uni Soviet juga pertama kalinya berhasil melakukan penelitian mars pada 19 Mei 1971 dengan Mars 2. Kesuksesan ini dilanjutkan dengan Mars 3, Mars 3 Lander pada tahun yang sama.

Semakin berjalannya waktu European Union, India, MBRSC UEA , CNSA China, dan Jepang  juga ikut bergabung.

Untuk sekarang ini ada total 5 misi yang sedang dalam perjalanan menuju mars. 2 misi dari NASA Amerika, 2 misi CNSA China, dan 1 misi dari MBRSC UAE.

  • Emirates Mars Mission, 19 Juli 2020
  • Tianwen 1, 23 Juli 2020
  • Tianwen 1 Lander, 23 Juli 2020
  • Perseverance, 30 Juli 2020
  • Ingenuity, 30 Juli 2020

Misi yang berangkat ke mars saat ini memiliki 4 tujuan yaitu :

  • Memastikan apakah di mars pernah ada kehidupan
  • Karakteristik iklim di mars
  • Karakteristik geologi di mars
  • Mempersiapkan berbagai keperluan untuk eksplorasi oleh manusia

3.Ada Jejak Keberadaan Mars di Bumi

Pada tahun 2011 lalu ada meteorit dari mars yang jatuh ke bumi pada bulan Juli. Meteor ini jatuh pada sebuah gurun di Maroko dan dikonfirmasi pada 17 Januari 2012.

Jejak keberadaan mars di bumi ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan. Pasalnya terakhir meteorit dari mars jatuh di bumi pada 1962, 1911, 1865, dan yang pertama 1815, cukup lama ya?

Sampai saat ini diketahui hanya ada 100 kg material yang berasal dari mars yang ada di bumi. Meteorit tersebut diberi nama Tissint, dan sebagian yang diperjualbelikan, kurator memperkirakan harganya 10 kali lebih mahal dari emas.

Tissint yang ada di tangan peneliti digunakan untuk penelitian lebih lanjut mengenai mars. Sayangnya, mereka tidak tahu umur pasti meteorit tersebut. Butuh waktu cukup lama untuk meteorit dari mars sampai ke bumi.

Hasil penelitian sementara mengungkapkan bahwa meteorit tersebut kaya akan karbon. Fakta ini diungkapkan oleh Atsuko Kobayashi, seorang peneliti dari Tokyo Institute of Technology.

 

4.Asal Usul Nama Mars

Gravitasi mars 38% lebih lemah dari bumi, dan planet ini juga sudah ditemukan lebih dari 4000 tahun lalu. Akan tetapi, fakta ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan penamaan planet mars.

Namanya juga tidak diambil dari satelit planet Mars Phobos dan Deimos. Lalu kira-kira dari mana asal nama mars?

Nama ini berasal dari nama dewa Romawi kuno yaitu dewa perang. Di sebut mars karena warna planet yang kemerahan dan mengingatkan akan warna darah.

Simbolnya adalah lingkaran dengan panah yang menghadap ke luar dari tengah. Hal ini melambangkan tameng mars dan senjata yang dimiliki.

Selain nama planet yang diambil dari Romawi kuno, nama gunungnya juga sama. Di mars ada Gunung Olympus yang tingginya 27 km dan merupakan gunung berapi aktif.

Sementara di Mesir, mereka masih menyebut mars dengan Her Desher. Nama ini berarti “The Red One”, atau yang berwarna merah.

Warna merah yang ada di mars tersebut berasal dari mineral besi di permukaan mars yang kemudian teroksidasi. Hasil dari oksidasi inilah yang membuat mars terlihat merah hingga saat ini. Mineral besi yang banyak terdapat di mars tersebut juga disamakan simbol astronomisnya dengan planet mars.

 

5.Daratan di Mars

7 Fakta Menarik Planet Mars

Kalau Anda ingin membayangkan seperti apa permukaan daratan di mars, bayangkan saja tempat berdebu. Pada permukaan mars dipenuhi dengan debu yang teksturnya mirip dengan bedak tabur.

Di bawah permukaan debu tersebut baru ada batuan-batuan volcanic basalt. Kemudian ada pula tanah yang mengandung nutrisi sodium, potassium, klorida, dan magnesium.

Pada inti dan mantel planet hingga saat ini tidak ditemukan bekas letusan gunung berapi. Paling tidak, dapat dipastikan belum ada letusan sejak seribu tahun yang lalu.

Akan tetapi, meskipun tidak ada letusan lapisan lava tetap ada disana. Konsistensinya tersusun dari silikon, oksigen, besi, dan magnesium.

Untuk air sendiri, keadaannya mirip dengan di kutub seperti yang sudah dijelaskan di atas, ya. Meskipun mars terlihat panas tetapi, keadaan nyata di permukaan daratannya tidak demikian.

Suhu di mars rata-rata sekitar 20 celcius sampai minus 153 celcius. Suhu ekstrim inilah yang tidak memungkinkan air mengalir di sungai-sungai purba yang kemungkinan pernah ada.

Apabila saat daratan mars tidak dipenuhi dengan debu, berarti saat itu dipenuhi dengan salju. Ya, di mars juga bisa turun salju sama seperti di bumi. Hanya saja salju ini terbuat dari karbon dioksida dan bukannya air.

 

6.Gunung di Mars yang Lebih Tinggi dari Everest

Lapisan kerak yang terlalu tebal membuat gunung yang aktif tidak dapat mengeluarkan lavanya. Paling tidak itu keadaan gunung-gunung yang ada di mars saat ini.

Diantara gunung berapi aktif yang ada di tata surya, gunung berapi aktif tertinggi ada di mars. Gunung ini adalah Olympus yang sudah disinggung pada informasi di atas.

Selain Olympus yang ukurannya lebih tinggi dari Everest, ada 3 gunung berapi lain yang berada di dekat Olympus. Gunung tersebut adalah Ascraeus, Pavonis, dan Arsia. Untuk Ascraeus, Pavonis, dan Arsia, ketiganya membentuk garis lurus, sedangkan Olympus sedikit terpisah.

Umur gunung-gunung tersebut diperkirakan 3 – 3.5 milyar tahun. Usianya hampir sama dengan gunung yang berada di bulan.

Selain 4 gunung tadi, belum bisa dijelaskan dengan pasti deretan gunung di mars. Sementara selain 4 gunung tersebut, belum ditemukan gunung lain yang letaknya berderet.

Khusus untuk gunung Olympus, informasi dan gambar yang ada menunjukan gunung terlihat datar. Hal ini karena prosentase lebar gunung 20 kali tingginya, sehingga membuat gunung benar-benar sangat lebar.

Untuk bagian puncak, gunung Olympus juga tidak terlihat runcing. Puncak gunung terlihat cekung tetapi, lebih cenderung datar. Hal ini karena ukuran kaldera yang panjangnya 90 km dengan lebar 60 km. Ukuran kaldera yang besar membuat peneliti berpikiran bahwa ukuran kantong magma jauh lebih besar

 

7.Martians

Apa itu martians? Hingga saat ini Martians atau orang mars belum dapat dibuktikan dengan pasti keberadaanya.

Berbagai penelitian mengenai hal ini, untuk sementara belum bisa memberikan gambaran yang pasti dan jelas.

Pada zaman dahulu, Giovanni Schiaparelli menemukan garis Canali. Garis ini disebut-sebut sebagai salah satu bukti keberadaan Martians yang menghuni mars.

Akan tetapi, hasil pengamatan Schiaparelli tersebut dapat dipatahkan. Saat ini garis Canali tersebut tidak lebih dari ilusi optik yang diakibatkan oleh satu dan lain hal.

Perkembangan terbaru seputar bukti keberadaan Martian adalah misi yang dilakukan oleh NASA. Hanya saja, NASA bukan mencari Martian melainkan peninggalan Martian atau bukti mereka pernah ada. Peninggalan Martian tersebut juga bukan alien ya melainkan mikroba atau fossil, sangat kecil ya?

Meskipun peninggalan yang dicari sangat kecil tetapi, masih ada kemungkinan untuk ditemukan. Pasalnya, misi yang dikirim NASA pada tahun ini juga memiliki teknologi canggih untuk mendeteksi hal itu.

Menurut Anda bagaimana informasi menarik seputar planet Mars di atas? Cukup menarik bukan? Apalagi informasinya bukan hanya seputar revolusi mars yang hampir semua orang sudah tahu yaitu 687 hari.

Tentunya fakta menarik seputar planet mars adalah sebuah planet yang sekarang sedang gencar-gencarnya diteliti, masih ada banyak. Semakin mencari tahu lebih jauh, akan semakin ada fakta menarik yang lain. Ini karena jumlah misi penelitian mars memang tidak ada habisnya dan datanya juga terus diperbaharui.

Bagaimana Keadaan Daratan Di Planet Mars ?

Kalau Anda ingin membayangkan seperti apa permukaan daratan di mars, bayangkan saja tempat berdebu. Pada permukaan mars dipenuhi dengan debu yang teksturnya mirip dengan bedak tabur.

Dari Manakah Nama Planet Mars Diambil ?

Nama ini berasal dari nama dewa Romawi kuno yaitu dewa perang. Di sebut mars karena warna planet yang kemerahan dan mengingatkan akan warna darah. Selain nama planet yang diambil dari Romawi kuno, nama gunungnya juga sama. Di mars ada Gunung Olympus yang tingginya 27 km dan merupakan gunung berapi aktif.

Apakah Planet Mars Dapat Di Tinggali Makhluk Hidup ?

Hingga saat ini masih dilakukan penelitian panjang mengenai bisa atau tidaknya mars ditinggali. Hipotesa yang saat ini berkembang masih disusun berdasarkan fakta yang didapatkan dari penelitian terbaru tetapi, masih belum final. Para ilmuwan menganggap mars sebagai planet yang mirip dengan bumi. Hal ini terlepas dari jarak mars ke matahari yang jelas lebih jauh dari bumi ke matahari yaitu 230 juta km. Meskipun jarak mars lebih jauh akan tetapi, di mars ditemukan grand canyon yang persis dengan di bumi. Tepatnya grand canyon, Anda tahu bukan bahwa di bumi ada grand canyon cantik seperti misalnya di Amerika. Di mars juga terdapat gunung berapi, besarnya sekitar sebesar Arizona.

(Visited 27 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us