Bagikan Artikel Ini:

Hadir dengan cerita-cerita unik dan identik dengan legenda klasik membuat dongeng menjadi cerita anak yang cukup banyak diminati. Beberapa judul cerita dongeng cukup melegenda dan dikenang hingga pembacanya beranjak dewasa adalah cerita dongeng anak Si Kancil, Winni the Pooh, Cinderella, hingga yang jalan ceritanya diingat terus adalah Pinnochio.

Jika kita perhatikan cerita dongeng anak selalu hadir dengan jalan cerita ringan namun mampu memberikan pesan positif yang akan terus diingat. Bahkan tak hanya anak-anak, cerita dongeng pun juga banyak digemari oleh orang dewasa.

Tak hanya dinikmati melalui buku cerita, atau sekedar membaca jalan cerita, kini dongeng berkembang menjadi seni yang lebih menarik lagi. Hadirnya suara-suara unik yang berbeda, mimic wajah, ditambah adegan yang lucu dari para pembaca membuat cerita dongeng semakin menarik untuk dinikmati. Inilah salah satu alasan mengapa kini banyak bermunculan komunitas dongeng.

Selesai membicarakan tentang dongeng, kini saatnya kita bercerita tentang salah satu dongeng anak berjudul Si Kancil yang Cerdik dan Harimau.

Cerita berawal dari sebuah pulau yang dihuni oleh banyak Harimau. Suatu hari penghuni pulau tersebut yang tak lain adalah Harimau mengalami bencana kelaparan cukup parah.

Harimau-harimau disana mengalami kelaparan dikarenakan tak ada hewan yang bisa dijadikan santapan mereka. Hewan-hewan yang tadinya hidup damai pergi meninggalkan pulau tersebut demi menyelamatkan diri dari mangsa Harimau.

Tak ingin bencana kelaparan terjadi terus-menerus dan demi menyelamatkan para penduduknya, Raja Harimau akhirnya menugaskan Panglima dan Prajuritnya untuk mencari makanan. Kali ini sasarannya adalah pulau yang ada di seberang mereka.

Untuk bisa tiba di pulau tersebut, dibutuhkan waktu berhari-hari. Tiba disana, tak disangka para Harimau dibuat takjub dengan keindahan pulau kecil yang mereka datangi. Bahkan mereka sempat dibuat terlamun untuk sesaat. Sayangnya, meski mereka dibuat takjub, tak ada seekor hewan pun yang mereka temukan, kecuali seekor Kancil kecil yang senang minum di tepi pantai.

Melihat segerombolan Harimau datang, Kancil pun berlari menghindar. Sayang, kecepatan Kancil tak bisa menyaingi kecepatan Harimau, sehingga ia berhasil dikepung. Setelah berhasil ditangkap, terjadilah percakapan diantara mereka.

“Hei Kancil! Dimanakah Rajamu saat ini? Kami datang untuk meminta bahan makanan. Jika kalian menolak, kami akan menyerang pulau ini. Lihat, Kami juga membawa potongan kumis dari raja kami.” Kata salah satu Prajurit Harimau sembari menunjukkan kumis raja yang ia bawa.

“Wow, bagaimana bisa kumis ini besar sekali. Pasti rajamu sangat besar dan kuat. Lihat, kumisnya saja sebesar ini. Kalau begitu, aku akan membawa pergi kumis raja Harimau ini dan menunjukkannya kepada raja kami.” Ucap Kancil sembari bergegas pergi meninggalkan kawanan harimau.

Saat pergi inilah Kancil sebenarnya bingung karena tak ada Raja Kancil di pulau tersebut. Tak lama terlamun, tiba-tiba Kancil melihat sahabatnya yang tak lain adalah seekor Landak besar. Saat itulah tiba-tiba muncul ide cerdik dalam pikiran Kancil.

“Hei Landak, Sahabatku. Kemarilah, aku sedang butuh bantuanmu”

“Bantuan?, Bantuan untuk apa Cil?” Tanya Landak dengan nada bingung.

“Bantuan untuk menyelamatkan semua hewan yang tinggal di pulau ini”. Jawab Kancil dengan tegas.

Setelah obrolan serius diantara keduanya, akhirnya Kancil meminta Landak untuk mencabut satu duri paling besar, paling tajam, dan juga paling panjang. Setelah berhasil mendapatkan duri tersebut, Kancil langsung berlari menghampiri kawanan Harimau yang telah menunggunya untuk menunjukkan duri tersebut.

Beberapa waktu kemudian, kancil berhasil menemukan kawanan Harimau sedang tertidur pulas di tepi pantai. Kancil pula langsung membangunkan panglima Harimau. Setelah harimau bangun, Kancil segera menunjukkan apa yang ia bawa sembari berkata,

“Tuan, raja kami siap jika memang harus berperang. Sebagai buktinya, ini say a membawa kumis raja.” Kata Kancil dengan sangat percaya diri sembari menyerahkan kumis Landak kepada Harimau.

“Benarkah ini kumis rajamu Kancil? Tanya panglima Harimau sembari sedikit heran.

“Betul, itulah kumis raja kami yang paling kecil. Jika pun ingin berperang, raja kami juga siap menerima tantangan dari kalian.

Sesuai dugaan Kancil, para Harimau sangat terkejut dan takut saat mengetahui kumis raja di pulau kecil tersebut sangat besar dan tajam.

Tak lama Panglima Harimau pun berkata kepada kawanannya.

“Kumis raja Kancil disini sangat besar jika dibandingkan dengan kumis raja kita. Akan sangat sulit bagi kita untuk melawannya.” Bisik Panglima kepada Prajuritnya.

“Lalu bagaimana panglima?” Tanya salah satu prajurit Harimau.

“Sebelum terlambat, sebaiknya kita segera pergi dari pulau ini.” Jawab panglima Harimau cemas.

Setelah perbincangan tersebut, akhirnya kawanan Harimau memutuskan untuk meninggalkan pulau tersebut, dan mencari makanan ke pulau lain.

Sejak kejadian itu, tak ada lagi kawanan Harimau yang berani datang ke pulau dimana Kancil berada untuk mencari makanan. Semua hewan hidup tentram dan bahagia berkat kecerdasan dan kecerdikan Kancil.

Selain ditujukan untuk menghibur, cerita dongeng sebenarnya disusun sebagai edukasi terhadap anak-anak. Sebagai contoh cerita Si Kancil yang Cerdik dan Harimau diatas.

Sederhana, namun cerita dongeng diatas mengajarkan kita untuk mampu mengatur strategi dan perlawanan secara halus saat kondisi genting. Selain itu, sebagai makhluk hidup jangan merasa sombong dengan apa yang dimilikinya, seperti Panglima dan Prajurit Harimau tersebut.

Cerita di dongeng Si Kancil yang Cerdik dan Harimau, menggambarkan bahwa sebenarnya Kancil dan kawanan hewan di pulau itu akan menjadi mangsa Harimau. Andai saja Kancil tidak berfikir untuk meminta duri dari Landak, maka sudah pasti Kancil dan kawan-kawan yang ada di pulau tersebut akan menjadi santapan harimau.

Cerita dongeng diatas sebenarnya bisa anda baca secara santai dirumah bersama anak ataupun adik-adik. Bisa juga dikembangkan menjadi lebih menarik dengan menambahkan suara, mimic wajah, gerakan-gerakan tubuh sebagai pendukung adegan.

Sayangnya memainkan improvisasi suara, gerakan, ataupun mimic wajah saat mendongeng tidaklah mudah. Butuh latihan untuk benar-benar bisa menghibur anak-anak dengan maksimal.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mendongeng

Cerita Dongeng Anak Si Kancil yang Cerdik dan Harimau - Sekolah Prestasi Global

Mendongeng memang menyenangkan, namun sebelum memulainya pastikan anda mengetahui beberapa hal berikut ini :

  1. Percaya diri serta memiliki kemauan kuat untuk mendongeng.
  2. Mencari referensi cerita secara berkala. Hal ini dimaksudkan supaya pendengar tidak bosan dengan cerita yang kita sampaikan. terlebih bagi orang tua yang ingin membacakan dongeng kepada anak.
  3. Tonton aksi pendongeng professional. bisa melalui televisi, internet, atau menyaksikan dongeng secara langsung.
  4. Biasakan diri, dan latihan terus.
  5. mendongeng tidak hanya tentang menyampaikan isi bacaan, namun menyampaikan cerita dengan lebih menarik. suara, nada, mimic wajah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mendongeng.
  6. Masukan jalan cerita yang bersifat khayalan.
  7. Mendongeng boleh dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Tips Mendongeng yang Baik dan Benar

Meski begitu anda tak perlu kecewa, atau merasa minder saat mulai belajar mendongeng. Untuk bisa mendongeng dengan baik, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti.

1. Memilih Jalan Cerita Yang Menarik

Saat ini buku-buku cerita dongeng anak sangat sangat mudah ditemukan dan jalan ceritanya bervariasi. Pastikan anda memiliki buku dengan jalan cerita menarik dan tidak terlalu tebal.

Cerita dongeng yang baik umumnya mengandung unsur pendidikan, kedamaian, kebaikan, cinta kasih, dan pesan moral lainnya. Untuk anak-anak, hindari cerita yang mengandung unsur peperangan, kekerasan, sihir, dan sebagainya.

2. Menguasai Urutan Atau Jalan Cerita

Salah satu kunci keberhasilan membaca dongeng adalah memahami isi cerita secara mendalam. Untuk bisa mewujudkan ini memang dibutuhkan membaca berkali-kali.

Selain itu, memahami isi cerita juga dimaksudkan untuk mengetahui kalimat-kalimat yang mungkin kurang tepat disampaikan kepada anak-anak. Bila ada kalimat seperti itu, pembaca boleh memodifikasi dengan kalimat lain yang lebih tepat.

3. Pelajari Karakter Masing-Masing Tokoh Secara Mendalam

Tak hanya satu karakter, cerita dongeng anak biasanya diperankan oleh minimal 2 karakter. Bahkan ada yang bisa sampai 5 karakter dalam satu cerita. Nah, disinilah tantangan yang harus diselesaikan oleh pembaca dongeng.

Pelajari masing-masing tokoh, bagaimana karakternya, bagaimana suaranya, bagaimana tingkah laku, dan bahkan mimic wajah. Bagian-bagian inilah yang sering dianggap membuat pembaca dongeng semakin hidup.

4. Suasana Atau Lokasi Dongeng

Tak hanya memilih jalan cerita yang menarik, menentukan lokasi atau suasana saat mendongeng juga berperan dalam keberhasilan penyampaian jalan cerita. Mendongeng adalah sesuatu yang asik, baik bagi pembaca dongeng maupun pendengarnya.

Oleh karena itu, usahakan untuk mendengarkan dongeng dengan suasana hati yang santai, dan tidak tegang. Bagi ayah bunda membaca dongeng anak sebelum tidur juga bisa membantu anak menangkap isi cerita bahkan pesan moral yang ada di dalamnya.

5. Mainkan Kontak Dan Ajak Anak Mengambil Peran

Usia anak-anak sekolah dasar adalah masa dimana mereka masih suka untuk diperhatikan. Beberapa caranya adalah dengan melihat, dan menegur. Begitu pula saat mendongeng. Bila anda mendongeng di depan puluhan anak, pastikan untuk interaktif dengan mereka.

Mainkan kontak mata dan bahkan ajak anak untuk mengambil peran dari cerita tersebut. Meski tak sedikit anak-anak yang merasa malu, namun dengan mengajak mereka biasanya akan membuat mereka jauh lebih senang karena merasa dilibatkan.

6. Gunakan Media (Gambar, Boneka Dsb)

Terakhir, yang tak kalah penting adalah dengan menggunakan media. Beberapa media yang sering sekali digunakan saat mendongeng adalah boneka tangan. Misalnya anda membaca cerita tentang cerita Dongeng Anak Si Kancil Yang Cerdik Dan Harimau seperti diatas, maka anda bisa menggunakan boneka tangan hewan-hewan yang ada di dalamnya. Bisa harimau, kancil, dan juga landak. Dengan menggunakan media anak-anak akan jauh lebih tertarik.

Manfaat Mendongeng

Dikenal sebagai cerita anak yang memiliki banyak pesan moral, membuat buku-buku bacaan dongeng anak cukup laris di berbagai toko buku. Namun apakah manfaat mendongeng atau buku-buku bacaan dongeng hanya dijadikan sebagai pembelajaran terhadap hal-hal baik? tentu tidak. Berikut beberapa manfaat mendongeng yang harus anda ketahui.

  1. Menambah dan mengenalkan kosakata baru kepada anak-anak.
  2. Mengembangkan kemampuan berbicara anak.
  3. Langkah awal supaya anak tertarik untuk membaca.
  4. Belajar mengenalkan beberapa emosi dan karakter. Karakter baik ataupun buruk.
  5. Melatih daya ingat anak melalui cerita-cerita yang ada dalam dongeng.
  6. Meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi.
  7. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.
  8. Melatih pendengaran anak.
  9. Mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.
  10. Belajar memahami suatu keadaan.

Cerita Dongeng Anak Indonesia saat ini memang banyak sekali, seperti  Dongeng Anak Si Kancil.

Terakhir, Yuk kita belajar mendongeng!

Baca Juga : 10 Manfaat Membacakan Buku Dongeng Untuk Buah Hati

Seperti apa Cerita Dongeng Anak Si Kancil yang Cerdik dan Harimau?

Cerita berawal dari sebuah pulau yang dihuni oleh banyak Harimau. Suatu hari penghuni pulau tersebut yang tak lain adalah Harimau mengalami bencana kelaparan cukup parah. Harimau-harimau disana mengalami kelaparan dikarenakan tak ada hewan yang bisa dijadikan santapan mereka. Hewan-hewan yang tadinya hidup damai pergi meninggalkan pulau tersebut demi menyelamatkan diri dari mangsa Harimau. Tak ingin bencana kelaparan terjadi terus-menerus dan demi menyelamatkan para penduduknya, Raja Harimau akhirnya menugaskan Panglima dan Prajuritnya untuk mencari makanan. Kali ini sasarannya adalah pulau yang ada di seberang mereka.

Sebutkan Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mendongeng!

1. Percaya diri serta memiliki kemauan kuat untuk mendongeng. 2. Mencari referensi cerita secara berkala. Hal ini dimaksudkan supaya pendengar tidak bosan dengan cerita yang kita sampaikan. terlebih bagi orang tua yang ingin membacakan dongeng kepada anak. 3. Tonton aksi pendongeng professional. bisa melalui televisi, internet, atau menyaksikan dongeng secara langsung. 4. Biasakan diri, dan latihan terus. 5. mendongeng tidak hanya tentang menyampaikan isi bacaan, namun menyampaikan cerita dengan lebih menarik. suara, nada, mimic wajah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mendongeng. 6. Masukan jalan cerita yang bersifat khayalan. 7. Mendongeng boleh dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Sebutkan Tips Mendongeng yang Baik dan Benar!

Memilih Jalan Cerita Yang Menarik Menguasai Urutan Atau Jalan Cerita Pelajari Karakter Masing-Masing Tokoh Secara Mendalam Suasana Atau Lokasi Dongeng Mainkan Kontak Dan Ajak Anak Mengambil Peran Gunakan Media (Gambar, Boneka Dsb)

(Visited 158 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us