Bagikan Artikel Ini:

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat, tidak terkecuali bagi anak-anak usia dini. Di lain sisi, ada banyak novel anak terbaru yang saat ini cukup banyak dikenal. Novel-novel tersebut, bisa Anda gunakan untuk menumbuhkan minat baca si kecil di usia dini.

Namun, mengenalkan aktivitas membaca kepada si kecil yang masih di usia dini tergolong cukup susah. Pasalnya, anak-anak selalu mudah bosan dengan aktivitas tersebut. Nah, bagi yang ingin tahu cara agar si kecil memiliki minat yang besar untuk membaca, bisa langsung simak ulasannya berikut ini:

1. Memilih Buku Populer yang Diangkat ke Layar Lebar

Ada banyak sekali buku-buku populer yang kemudian diangkat menjadi sebuah film. Sebut saja salah satunya seperti Harry Potter. Buku-buku populer seperti ini, bisa dipilih karena cocok agar anak-anak tertarik untuk membacanya.

Bacalah buku tersebut bersama-sama. Kemudian, setelah buku tersebut selesai dibaca, Anda bisa menonton filmnya bersama si kecil. Cara ini sangat direkomendasikan agar minat baca si kecil mengalami peningkatan, karena mereka akan tertarik dengan buku yang dihidupkan ke dalam sebuah film.

2. Selalu Mengajukan Pertanyaan Setelah Membaca

Setelah Anda membaca buku bersama-sama, siapkanlah beberapa pertanyaan. Karena, pertanyaan seputar tema di dalam buku yang dibaca, bagus untuk meningkatkan pemahaman mereka saat membaca. Pertanyaannya bisa seputar karakter di dalam buku, atau alur ceritanya. Contohnya, menanyakan kepada anak, karakter mana yang paling dia sukai di dalam buku.

Pertanyaan semacam tersebut tidak hanya bagus untuk si kecil. Juga bagus untuk orangtua agar dapat belajar menjadi seorang story teller yang baik bagi anak-anaknya.

3. Disiplin Membaca Buku Setiap Hari

Silakan Anda pilih beberapa buku yang cocok untuk usia si kecil. Kemudian, bacakan secara rutin buku tersebut kepada mereka. Dengan cara ini, minat mereka terhadap membaca pun akan ikut terpupuk dari mencontoh orang tuanya.

Luangkan waktu-waktu untuk membaca buku. Beberapa waktu yang ideal untuk membacakan buku kepada anak yaitu saat menjelang tidur, dan sesudah belajar. Mulailah dengan beberapa buku yang disukai si kecil, seperti buku-buku yang dapat membangun imajinasi mereka.

4. Ajak si Kecil Belajar Membeli Buku

Luangkanlah waktu bersama si kecil untuk mengunjungi toko buku. Kemudian, biarkan anak memilih buku yang diinginkannya. Tujuannya agar mereka tertarik untuk membacanya, atau setidaknya Anda membacakannya jika mereka belum lancar membaca.

Setelah mereka memilihnya, kemudian ajarkan untuk bertanggung jawab menyelesaikan membacanya. Selain itu, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan si kecil menabung membeli buku.

5. Mengajak Si Kecil Berpetualang di Perpustakaan

Selain berkunjung ke toko buku, ajaklah mereka berpetualang ke sebuah perpustakaan. Namun, umumnya anak tidak terlalu suka untuk mendatangi perpustakaan karena membosankan. Akan tetapi, Anda bisa mencoba untuk menyiasati agar si kecil mau ke perpustakaan.

Salah satu cara menyiasatinya seperti, Anda berencana untuk mengajak anak pergi ke kebun binatang. Kemudian, mengajak mereka terlebih dahulu ke perpustakaan untuk mencari buku dengan tema kebun binatang. Melalui buku tersebut, Anda bisa mengenalkan aneka binatang yang nantinya akan dilihat di kebun binatang.

6. Memilih Buku Sebagai Hadiah Istimewa

Suka bingung memilih kado atau hadiah untuk anak? Anda bisa memilih buku sebagai salah satunya. Banyak pilihan novel anak Islam, dan novel-novel lain yang cocok Anda jadikan hadiah. Namun, tetap pastikan pilihan buku yang Anda beli disukai oleh si kecil, ya. Selain novel islami, Anda juga bisa memilih jenis buku motivasi untuk anak SD. Dengan begitu, buku yang Anda berikan bermanfaat untuk mereka.

7. Menyediakan Stok Bacaan/Buku di Rumah

Pada dasarnya, jika Anda menyediakan banyak buku di rumah, minat baca si kecil akan tumbuh dengan sendirinya. Terutama jika buku-buku tersebut sangat disukai oleh mereka. Sediakan buku-buku bacaan untuk si kecil di tempat yang mudah mereka jangkau. Anda juga bisa membuat sebuah perpustakaan kecil di rumah yang isinya buku-buku khusus anak. Fasilitas tersebut, akan mempermudah si kecil untuk mengakses bacaan-bacaan yang disediakan.

8. Mengajak Anak Menceritakan Buku yang Sudah Dibaca

Buku bisa menjadi salah satu cara membangun intensitas komunikasi orangtua dengan anak. Caranya adalah dengan membicarakan buku yang sudah dibacakan oleh Anda, atau dibaca oleh si kecil.

Ceritakanlah pengalaman menarik apa dari buku tersebut. Pilihlah pengalaman yang dapat diteladani oleh si kecil untuk Anda ceritakan kembali. Menjalin komunikasi semacam ini, juga bagus untuk menambah motivasi anak agar mau menambah bacaannya.

9. Sering-Seringlah Membacakan Buku Kepada si Kecil

Silakan Anda pilih buku yang disukai si kecil. Kemudian, bacakan buku tersebut kepada mereka. Pilih waktu-waktu yang tepat untuk membacakannya, seperti menjelang tidur. Jangan lupa pilih buku-buku bertema imajiner, dan disesuaikan dengan umur si kecil. Jangan lupa juga Anda pilih buku yang dapat menghibur si kecil, ya. Kegiatan ini bagus untuk si kecil. Karena, jika dilakukan setiap hari, si kecil akan merasa bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

10. Menghidupkan Buku yang Sudah Dibaca

Cara seru untuk membuat si kecil minat membaca adalah dengan menghidupkan buku yang Anda pilih. Maksud menghidupkan di sini yaitu, membawa si kecil beraktivitas sesuai dengan bacaan atau isi di dalam buku. Contohnya, membaca buku bertema kebun binatang. Setelah selesai membaca, rencanakanlah berlibur ke kebun binatang bersama anak. Cara di atas bagus untuk memperluas wawasan si kecil. Selain itu, bagus juga untuk menambah pengalaman mereka. Dengan cara ini, si kecil juga akan suka dan tertarik membaca buku-buku yang lain.

11. Memberi Contoh Membaca yang Baik

Anak-anak umumnya suka meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa, atau orangtuanya. Mulailah dari kesadaran diri sendiri dengan memberikan contoh gemar membaca kepada anak. Si kecil yang melihat orangtuanya suka membaca, juga akan tertarik dan penasaran akan kegiatan tersebut.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menceritakan buku-buku yang Anda baca kepada anak. Tujuannya agar anak suka, dan menilai bahwa membaca buku adalah aktivitas yang menyenangkan.

Manfaat Gemar Membaca Bagi Anak-Anak

Menumbuhkan minat membaca pada si kecil memiliki banyak manfaat yang besar. Baik itu membaca komik yang bagus untuk anak, cerita motivasi, novel, dan lainnya. Adapun manfaat-manfaatnya yaitu:

1. Melatih si Kecil Untuk Berfikir Logis

Sering-seringlah membacakan, atau mengajak si kecil membaca buku. Karena, kegiatan ini bagus untuk kemampuan berpikirnya. Pasalnya, dengan membaca buku, si kecil akan terlatih untuk berpikir logis. Bahkan, kegiatan ini juga bagus untuk kemampuan berpikir awal mereka.

Dengan membaca, si kecil akan belajar untuk berpikir abstrak, serta memahami sebab dan akibat. Selain itu, kegiatan ini juga bagus untuk menjunjung tinggi logika mereka. Terlebih jika bacaan yang dipilih memiliki nilai-nilai edukatif.

Contohnya seperti, Anda membacakan buku tentang kepedulian membuang sampah pada tempatnya. Dari buku tersebut, si kecil akan belajar dan mengetahui cara membuang sampah yang benar. Selain itu, mereka juga akan mengetahui apa saja dampak-dampak dari membuang sampah sembarangan.

2. Membantu Mempererat Hubungan Anak dan Orangtua

Kegiatan membacakan buku pada anak tidak hanya bagus dari sisi edukasi saja. Kegiatan ini, juga membantu para orangtua agar bisa membangun hubungan erat bersama anaknya. Karena, dalam proses membaca buku bersama-sama, Anda dan si kecil berkomunikasi dan berbagi keceriaan.

Nah, keceriaan itulah yang akan menjadi kebahagian dan mempererat hubungan Anda dan anak. Si kecil akan merasa bahwa dirinya selalu ditemani di suasana apapun.

3. Membantu Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

Si kecil yang sudah terbiasa membaca sejak dini, akan merasa siap untuk belajar saat masuk usia sekolah. Maka, ketika SD nanti, mereka sudah terbiasa belajar. Dengan begitu, orang tua tidak akan stres untuk mengajari si kecil belajar membaca. Karena, membaca sudah menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka.

Hal di atas ternyata dibuktikan juga oleh sebuah data statistik, lho. Di Amerika Serikat, ternyata anak-anak yang pintar di sekolahnya, dan seorang pembaca yang baik, ternyata memiliki orangtua yang gemar membacakan buku pada anaknya. Jadi, bagi Anda yang ingin anaknya pintar dan gemar membaca, biasakanlah membacakan buku kepada mereka.

4. Mengembangkan Kreativitas Anak

Banyak sekali buku-buku terbaik untuk si kecil. Buatlah mereka suka dengan buku-buku yang bertema edukasi juga, ya. Pasalnya, buku dapat mengembangkan kreativitas dan juga imajinasinya. Si kecil yang suka membaca berbagai hal tentang kehidupan, ternyata pikirannya akan lebih mudah terbuka. Informasi yang mereka dapatkan dari buku dapat mengasah kreativitasnya, dan juga terpancing untuk mengetahui lebih dalam.

5. Membantu si Kecil Agar Terampil Berkomunikasi

Membaca buku akan membantu anak untuk memperkaya perbendaharaan kata. Dengan begitu, si kecil bisa lebih mudah saat berkomunikasi dengan orang lain. Semakin banyak perbendaharaan kata yang dimiliki, maka mereka akan semakin percaya diri.

Maka dari itu, pada saat orang tua membacakan buku kepada anaknya, gunakanlah volume suara yang bisa mereka dengan secara baik. Tujuannya yaitu untuk mengajarkan si kecil agar lebih terampil saat berkomunikasi. Selain itu, si kecil juga akan terlatih bagaimana cara mendengar, membaca, dan berbicara.

6. Memperkaya Kosakata Anak

Semakin sering Anda membacakan atau mengajak si kecil membaca buku, maka semakin kaya kosakata mereka. Kegiatan tersebut juga membuat si kecil mudah memahami berbagai kata di sekitar mereka. Keuntungannya ini bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan otak si kecil. Karena, membaca adalah cara efektif untuk memperkaya bahasa si kecil.

7. Membantu Anak Untuk Membuka Cakrawala

Sesuai dengan peribahasa yang mengatakan bahwa, “membaca adalah jendela dunia”. Si kecil yang rajin membaca, akan membuka cakrawala pengetahuan. Mereka akan menyerap banyak sekali informasi tentang berbagai hal. Dengan informasi-informasi yang mereka dapatkan dari membaca, mereka akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Selain itu, si kecil juga akan cenderung pintar di sekolah, seperti yang dijelaskan di atas.

Kesimpulan

Buatlah si kecil agar tertarik dan menyukai kegiatan membaca. Karena, ada banyak manfaat yang tidak hanya bagus untuk mereka, juga bagus untuk hubungan antara anak dan orangtua. Si kecil yang gemar membaca juga berpotensi besar untuk meraih prestasi yang bagus di sekolahnya.

Nah, itulah berbagai cara menumbuhkan minat membaca dan manfaatnya untuk anak-anak. Anda bisa memulainya dengan membacakan novel anak terbaru bertema Islami, edukasi, dan buku-buku menarik lainnya. Selamat mencoba.

Buku apa saja yang dapat membantu menumbuhkan minat baca pada anak?

1. Komik anak 2. Novel untuk anak 3. Buku dongeng 4. Buku motivasi untuk anak

Apa manfaat gemar membaca bagi anak?

1. Melatih si Kecil Untuk Berfikir Logis 2. Membantu Mempererat Hubungan Anak dan Orangtua 3. Membantu Meningkatkan Prestasi Akademik Anak 4. Mengembangkan Kreativitas Anak 5. Membantu si Kecil Agar Terampil Berkomunikasi 6. Memperkaya Kosakata Anak 7. Membantu Anak Untuk Membuka Cakrawala

Apa saja cara untuk menumbuhkan minat baca pada anak?

1. Memilih Buku Populer yang Diangkat ke Layar Lebar 2. Selalu Mengajukan Pertanyaan Setelah Membaca 3. Disiplin Membaca Buku Setiap Hari 4. Ajak si Kecil Belajar Membeli Buku 5. Mengajak Si Kecil Berpetualang di Perpustakaan 6. Memilih Buku Sebagai Hadiah Istimewa 7. Menyediakan Stok Bacaan/Buku di Rumah 8. Mengajak Anak Menceritakan Buku yang Sudah Dibaca 9. Sering-Seringlah Membacakan Buku Kepada si Kecil 10. Menghidupkan Buku yang Sudah Dibaca 11. Memberi Contoh Membaca yang Baik

(Visited 175 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us