Bagikan Artikel Ini:

Cara mendidik anak dalam Islam adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Allah tidak memberikan anak untuk di didik dengan cara sembarangan. Untuk orang tua yang masih bingung bagaimana mendidik anak dengan benar secara Islam maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda ikuti untuk menciptakan anak yang taat pada Allah dalam Islam.

Mengajarkan Tauhid 

hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mendidik anak dengan benar dalam Islam adalah dengan mengajarkan tauhid pada anak sedari awal. Salah satu caranya adalah dengan membisikan azan di telinga anak sejak ia dilahirkan. Hal ini merupakan salah satu teladan dari Nabi Muhammad yang di kenal dari salah satu hadist dari Abu Dawud dan Tirmidzi yang menyatakan bahwa mereka melihat Rasulullah SAW telah mengazankan Al Hasan bin Ali di telinganya saat Beliau di Lahirkan oleh Fatimah yang merupakan Putri dari Rasulallah.

Memberikan Nama Baik 

Hal kedua yang perlu dilakukan oleh orang tua setelah kelahiran anak dalam hal mendidik anak sesuai dengan Islam adalah dengan memberikan nama yang baik. nama adalah salah satu doa. Nama juga diberikan pada anak sebagai panggilan atau julukan. Hal inilah yang menyebabkan orang tua haru memberikan nama yang baik pada anak.

Memberikan nama yang baik merupakan salah satu cara untuk memberikan hormat pada anak dan juga untuk menjaga hatinya dari rasa sakit karena panggilan yang buruk. Menghormati anak adalah salah satu hal yang di ajarkan dalam Islam. anak harus di hormati dan diperhatikan pendidikannya. Hal ini disebabkan karena anak adalah karunia Allah yang diberikan pada setiap orang tua.

Mengkhitankan Anak 

Mengkhitankan anak juga adalah salah satu kewajiban yang dimiliki oleh orang tua pada anaknya. Anak yang di khitan adalah anak laki-laki yang sudah beranjak dewasa. Khitan adalah salah satu dari 5 perkara yang termasuk alam fitrah. Fitrah tersebut adalah :

  • Khitan
  • Mencabut bulu kemaluan
  • Mencabut bulu ketika
  • Menggunting kumis
  • Dan memotong kuku

Menjalankan kewajiban orang tua ini akan membantu anak untuk melihat dan belajar. hal inilah yang menyebabkan hal-hal ini menjadi salah satu cara mendidik anak dalam Islam. selain untuk mengajarinya, khitan adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk menghindarkan anak dari penyakit.

Manfaat Membaca Al-Quran

Shalat Sejak Dini

Shalat adalah salah satu hal yang wajib di ajarkan oleh orang tua pada anaknya. Shalat adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Sayangnya panggilan shalat bukan merupakan panggilan yang mudah terlebih ketika anak sudah dewasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengajak dan membiasakan anak shalat sejak usianya dini. Jangan biarkan anak anda tidak shalat ketika ia sudah berusia 7 tahun. untuk mengajarkan anak shalat salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk melakukan shalat berjamaah di masjid bahkan sebelum ia baligh.

Membaca Al Quran 

Salah satu hal yang wajib di ajarkan oleh orang tua sejak dini adalah membaca Al Quran. Al Quran bukan hanya merupakan tuntunan hidup sehingga wajib untuk diajarkan sejak dini, tapi membacanya juga memberikan pahala dan juga membawa manfaat.

Berpuasa 

Selain shalat, ibadah lain yang tidak boleh dilupakan dalam usaha mendidik anak dalam Islam adalah mengajar berpuasa. Berpuasa adalah salah satu kewajiban umat muslim terutama pada saat bulan Ramadhan. Oleh karena itu, pastikan anda mengajak anak anda untuk mulai berpuasa saat bulan Ramadhan. Puasa yang diajarkan pada anak tentu tidak seperti puasa orang dewasa. Anda bisa mengajarinya untuk puasa setengah hari lalu melanjutkan puasanya hingga petang. Ajak buka dan ajak anak untuk mengikuti sahur bersama. Hal ini akan membangun kekerabatan yang lebih baik dengan anak anda dan membuatnya bisa memaknai puasa dengan lebih baik.

Kisah para Nabi 

Selain memberikan pelajaran mengenai teori agama, berikan pula contoh-contoh hal-hal yang baik dan yang kurang baik yang bisa anda temukan dalam kisah para nabi. Dalam cerita nabi dan rasul anda juga bisa memberikan pengertian pada anak mengenai kuasa Allah yang sangat besar melalui mukjizat yang diberikan Allah dalam kisah-kisah tersebut, mengajarkan anak melalui cerita akan membuat anak menjadi lebih nyaman dalam belajar agamanya secara lebih mendalam.

Bicara dengan Baik 

Selanjutnya hal yang perlu anda ajarkan pada anak adalah mengajarkan anak untuk bicara dengan , baik itu pada orang tua atau pada orang lain seperti rekannya. Untuk mengajarkan anak mengenai cara bicara yang baik anda sebagai orang tua harus mencontohkan. Hindari mengeluarkan kata kasar karena anak bisa merekam dan mengulangnya di depan anda atau di depan orang lain. bukan hanya karena sopan santun, tapi kata-kata yang buruk bisa menyebabkan orang lain merasa sakit hati dengan ucapan tersebut.

Berucap Salam 

Mengucapkan salam adalah salah satu hal wajib dilakukan ketika masuk ke dalam rumah dan hendak pergi. Salam digunakan untuk memberikan doa perlindungan dari Allah SWT dan merupakan sebuah kebiasaan yang sangat penting untuk diajarkan. Selain mengajarkan salam saat hendak pergi dan masuk ke dalam rumah, pastikan anda juga mengajarkan anak untuk meminta restu dengan mencium tangan pada orang yang lebih tua pada saat akan meninggalkan rumah.

Perhatikan Pergaulan Anak

Anak dididik oleh lingkungan. Ketika ia masih kecil ia hanya akan meniru apa yang orang tua mereka lakukan di depan mereka. ketika merasa berada di lingkungan baru mereka akan beradaptasi dan melihat hal baru. hal baru ini nantinya akan membuat mereka belajar hal baru juga yang tidak dipelajari dari anda. oleh karena itu, pastikan anda mengawasi dengan siapa anak anda bergaul untuk memastikan karakter anak yang sudah anda bangun sesuai Islam tidak goyah dan tercampur dengan karakter anak yang kurang sesuai dengan agama Islam.

Berikan Penghargaan 

Ketika anak melakukan sesuatu yang baik maka berikan anak penghargaan. Penghargaan tidak selalu dalam wujud barang tapi dengan pengakuan dan pujian sudah cukup. Contohnya ketika anak melakukan ibadah shalat dengan rajin dan juga belajar Al Quran. Memberikan penghargaan akan membuatnya lebih termotivasi untuk belajar.

Berikan Nasihat

Bukan hanya penghargaan ketika anda memenuhi apa yang anda harapkan darinya, tapi juga berikan nasihat pada anak ketika ia melakukan hal yang salah. hindari menghukum anak dengan kekerasan karena hal ini akan membuat hati anak menjadi keras.

Ajarkan Nilai Islam dalam Hidupnya

Ketika mendidik anak, pastikan anda memberikan anak pelajaran mengenai nilai-nilai sebagai seorang muslim mulai dari untuk selalu berkata jujur, berlaku adil, sabar dan tidak mudah emosi dan nilai-nilai islami lainnya sejak dini yang akan membantu anak tumbuh dewasa dengan lebih baik dan lebih terarah. Berapa nilai lain yang wajib untuk dipelajari antara lain adalah :

  • Tepat janji
  • Hidup sederhana
  • Menjaga kebersihan
  • Dan masih banyak hal lainnya.

Bersedekah

Satu lagi cara mendidik anak menurut Islam yang tidak boleh dilupakan adalah bersedekah. Bersedekah adalah salah satu hal yang dapat membantu diri sendiri dan orang lain. dalam kehidupan ini, sedekah akan membantu orang lain, tapi dalam kehidupan selanjutnya, sedekah adalah sebuah hal yang akan membantu anda melalui api neraka. Hal inilah yang menyebabkan sedekah harus diajarkan sejak dini.

Melakukan Kegiatan Sesuai dengan Ajaran Islam 

Selanjutnya adalah mengajari anak untuk melakukan kegiatan sesuai dengan ajaran Islam. contohnya mengenai cara tidur dan waktu tidur yang benar, cara menyikat gigi saat berpuasa dan lain-lainnya.

Mengagumi Ciptaan Allah SWT

Hal lain yang tidak boleh dilupakan oleh orang tua adalah membuat anak belajar untuk selalu bersyukur dan mengagumi Allah SWT. salah satunya bisa dilakukan dengan mengajak anak untuk melihat keindahan alam dan mengagumi ciptaan Allah SWT di dunia. dalam proses ini anda juga bisa mengajak anak untuk bercerita mengenai penciptaan Alam dan manusia sebagai pendidikan aqidah pada anak pada usianya yang masih dini.

Mengajari Anak Meminta pada Allah 

Allah adalah tumpuan manusia, tidak ada yang bisa memberikan apapun kecuali Allah. hal inilah yang menyebabkan anda perlu mengajarkan anak untuk meminta segala sesuatu pada Allah sehingga ia terbiasa untuk selalu meminta pada Allah dalam doa. Selain doa untuk meminta, ajari anak juga untuk selalu berdoa ketika akan memulai sesuatu. Seperti doa makan doa sebelum tidur dan doa-doa lainnya.

Mengajari Rasa Kasih Sayang 

Dalam aplikasi kasih sayang, anak juga perlu diajari oleh orang tua mereka. berikan perhatian dan luangkan waktu untuk anak untuk memberikan contoh bagaimana mengasihi sesama manusia yaitu dengan memperhatikannya. Perhatikan juga mengenai rasa cinta anda pada binatang untuk memberikan contoh kasih pada makhluk hidup lainnya.

Membaca Al-Fatihah

Memisahkan Anak Laki-laki dan Perempuan

Sejak dini anak sudah harus dikenalkan dengan pemisahan pria dan wanita yang usianya sudah dewasa. Usahakan untuk memberikan anak laki-laki dan perempuan yang usianya lebih dari 6 tahun dalam 1 kamar.

Silaturahmi 

Silaturahmi adalah salah satu hal yang sangat di wajibkan untuk di jaga dalam Islam, oleh karena itu pastikan anda memasukkan ajaran untuk menjaga silaturahmi dalam Islam dalam pendidikan keseharian anak anda.

Memilih Tontonan

Ketika anak sudah mengerti mengenai televisi maka pastikan anda memilih tontonan yang tepat untuk anak anda. selalu awasi anak anda yang sedang menonton televisi dan menggunakan gadget. Pastikan anda menyaring tontonan dan mengajarkan anak untuk menonton tontonan sesuai dengan usianya.

Berbusana 

Sejak dini, anda perlu mengajari anak menggunakan busana sesuai dengan syarit Islam. untuk anak perempuan, usahakan untuk sedini mungkin mengajarinya menggunakan hijab. Berikan penjelasan padanya mengapa anak anda perlu menggunakan hijab dan tanyakan padanya mengenai kapan ia ingin mulai belajar menggunakan hijab. Bukan hanya anak perempuan, pastikan anda juga memberikan pelajaran mengenai pakaian yang tepat untuk anak laki-laki karena anak laki-laki juga memiliki aurat sendiri.

Nah, beberapa poin di atas adalah beberapa poin yang diambil dari cara rasulallah mendidik anaknya sehingga bisa juga di jadikan teladan bagi anda untuk masih bingung mengenai cara mendidik anak yang tepat. selain ini masih banyak lagi hal lain yang perlu anda pelajari karena anak adalah karunia Allah sehingga pendidikan baik formal maupun informalnya perlu diperhatikan dengan benar-benar.

Kesimpulan

Bagaimana cara mendidik anak dalam islam?

Dengan mengajarkan tauhid, memberikan nama baik, mengkhitankan anak, membaca al-Quran, dan masih banyak lagi

Apa saja nilai islam yang wajib untuk dipelajari anak?

1. Tepat janji

2. Hidup sederhana

3. Menjaga kebersihan

Bagaimana cara mendidik anak agar mudah dimengerti oleh anak tersebut?

Ketika umur anak masih berada di bangku taman kanak-kanak, cara yang mudah adalah dengan menceritakan kisah para nabi. Anak-anak biasanya lebih senang meniru apa yang ada di dalam cerita tersebut

(Visited 373 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us