Bagikan Artikel Ini:

Sebagai umat Islam kita tentu mengetahui jika Allah Swt mempunyai 99 nama yang menjelaskan sifat-sifat mulia-Nya atau Asmaul Husna. Sebaiknya nama-nama tersebut juga menjadi bagian dalam doa sehari-hari. Ada banyak keutamaan membaca Asmaul Husna bagi kita baik untuk dunia maupun akhirat.Sementara dalil untuk menyebutnya dalam keseharian kita tercantum dalam Surat Al-A’Raf ayat 180:

“Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 7:180).

Manfaat dan Keutamaan Membaca Asmaul Husna

Dalil mengenai anjuran dan keutamaan menyebut-nyebut Asmaul Husna terdapat dalam hadits riwayat Abdullah ibnu Mas’ud ra,

Rasulullah saw bersabda:

“Tidak sekali-kali seseorang tertimpa kesusahan, tidak pula kese­dihan, lalu ia mengucapkan doa berikut: “Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hambamu, anak hamba, dan amat (hamba perempuan)-Mu, ubun-ubun (roh)ku berada di dalam genggaman kekuasaan-Mu, aku berada di dalam keputusan-Mu, keadilan belakalah yang Engkau tetapkan atas diriku. Aku memohonkan kepada Engkau dengan menyebut semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan dengannya diri-Mu, atau yang Engkau turunkan di dalam kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu, atau Engkau menyimpannya di dalam ilmu gaib di sisi-Mu, jadikanlah Al-Qur’an yang agung sebagai penghibur kalbuku,-cahaya dadaku, pelenyap dukaku, dan penghapus kesusahanku,” melainkan Allah menghapuskan darinya kesedihan dan kesusahannya, dan menggantikannya dengan kegembiraan. Ketika ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?” Rasulullah saw. menjawab: Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya.

Sementara dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, tercantum nasehat yang sangat baik bagi kita.

“Menyebut Asmaul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asmaul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yang sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asmaul Husna.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17)

Pahami keutamaan membaca Asmaul Husna setiap hari termasuk berdasarkan nasehat-nasehat tersebut,

Manfaat dan Keutamaan Membaca Asmaul Husna-presgoPhoto by Anis Coquelet on Unplash

1. Jadi Sebab Terkabulnya Doa

Menyematkan nama-nama indah Allah Swt dalam doa-doa akan mempercepat terkabulnya hajat kita. Dalil yang menjelaskan tentang hal ini adalah Surat Al-A’raf ayat 180.“Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapatkan balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al-A’raf: 180).

Selain menjadi penyebab terlaksananya hajat kita, membaca Asmaul Husna dalam doa sehari-hari juga dapat mencegah terjadinya musibah dalam berbagai bentuk.Ini karena Allah yang Maha Pengasih (Ar Rahman) dan Maha Penyayang (Ar Rahim) memperlihatkan kasih sayangnya salah satunya dalam bentuk perlindungan kepada hamba yang selalu mengingat-Nya.Rasulullah saw sendiri senantiasa berdoa dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan Asmaul Husna. Dalam salah satu hadist Rasulullah bersabda:

“Aku bermohon pada-Mu dengan semua nama-Mu yang Engkau namai sendiri diri-Mu dengan nama-nama itu, atau yang Engkau turunkan nama itu di dalam kitab suci-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang ciptaan-Mu, atau yang Engkau khususkan nama itu (tersimpan) di dalam ilmu yang tidak terlihat; agar Engkau menjadikan Alquran penyubur hati.”

2. Jaminan Masuk Surga

Cita-cita terbesar semua muslim adalah masuk ke surga Allah dan ini bisa terwujud dengan mengimani, rajin membaca, serta menghafalkan Asmaul Husna.Rasul Muhammad saw menjelaskannya dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:“Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu. Tidak ada orang yang menghafalnya kecuali dia masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).Karena itu mulai sekarang jangan biarkan waktu luang Anda berlalu begitu saja tanpa berdzikir dengan nama-nama Allah Swt, Asmaul Husna.

3. Asmaul Husna adalah Sumber Segala Ilmu

Tidak hanya sebagai penyebab tercapainya doa kita dan jaminan masuk ke surga, nama-nama Allah yang mulia ini adalah sumber seluruh ilmu.Dalam tausiyahnya Ustadz Jumharuddin, Lc mengambil contoh nama Allah Ar-Razak (Maha Pemberi Rizki) yang dihubungkan dengan peristiwa turunnya hujan. Ini karena fenomena alam tersebut adalah bagian dari limpahan rizki-Nya.Allah Swt menjelaskan peristiwa turunnya hujan dalam Surat Al-Anbiya:

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”.

Masih menurut Ustadz Jumharuddin, bukti dari ayat tersebut adalah Allah membuat lautan lebih luas daripada daratan, dan Dia juga membuat matahari dapat menguapkan air. Jadi mustahil ada kehidupan jika tidak ada air di suatu daerah.Selanjutnya dalam surat Ar-Rum ayat 48, Allah berfirman:

“Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira”.Inilah alasannya Asmaul Husna dikatakan sumber segala ilmu yang seharusnya kita tadabburi setiap hari. Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah,“Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya.” (HR. Ahmad).

4. Sebagai Sarana Untuk Mengenal Allah Swt

Manfaat membaca Asmaul Husna selanjutnya adalah untuk semakin mengenal Allah Swt melalui nama-nama mulia-Nya. Dengan membaca Asmaul Husna kita semakin paham akan sifat-sifat Allah yang menunjukkan kebesaran-Nya.Dengan begitu akan semakin kuat keyakinan kita bahwa hanya Dia-lah tempat menyandarkan diri, mengadu, dan meminta perlindungan.

5. Pangkal dari Ibadah

Dalam kitab al-Hujjah fi al-Mahajjah, Abu Qasim At Taymi menekankan keutamaan memahami Asmaul Husna bagi umat muslim. Pasalnya, beberapa ulama berpendapat bahwa mengenal Allah Swt adalah kewajiban pertama dan utama bagi umat Islam.Dengan mengenal sang Pencipta akan semakin kuat keimanan kita, semakin yakin bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah Swt, sebagaimana firman-Nya:“Maka ketahuilah sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah.” (QS Muhammad 19).Dari keyakinan tersebut akan timbul motivasi untuk beribadah dengan tulus ikhlas demi meraih ridha-Nya.

Pangkal dari ibadah-presgo.jpgPhoto by Abdullah Arif on Unplash

6. Allah Cinta Kepada Hamba yang Dekat dengan Asmaul Husna

Dalil yang berkaitan dengan hal ini bersumber dari hadits yang riwayat istri tercinta Rasulullah saw, Aisyah RA:

Dari Aisyah RA, Nabi Muhammad saw mengutus seorang laki-laki pada suatu peperangan dan dia menjadi imam sholat bagi yang lain dan selalu menutup bacaan suratnya dengan qul huwallahu ahad. Ketika mereka kembali kepada Nabi, mereka menyebutkan hal itu kepada beliau.Nabi bersabda, “Tanyalah kepadanya mengapa dia membaca surat itu.” Lalu sahabat bertanya kepadanya. Laki-laki itu menjawab, “Karena dalam (surat Al Ikhlas) terdapat sifat Ar Rahman dan aku suka membacanya.” Lalu Nabi bersabda, “Sampaikan kepadanya, bahwa Allah Swt juga mencintainya.”Jika ingin cinta Allah tercurah kepada kita semua, jangan melewatkan berdoa dan berdzikir dengan Asmaul Husna setiap hari.

7. Dapat Menghilangkan Kesedihan Hati

Al-Qur’an dengan nama-nama Allah yang terdapat di dalamnya sesungguhnya adalah obat penawar kegalauan hati. Dari sahabat Ibnu Masud RA, Rasulullah saw pernah bersabda

“Tiada orang yang tertimpa kebimbangan dan kesedihan kemudian berdoa: “Ya Allah, sesungguhnya aku adalah seorang anak hamba laki-laki-Mu, ubun-ubunku di tangan-Mu, hukum-Mu berlaku padaku, keputusan-Mu sangat adil padaku.Saya memohon dengan seluruh nama yang Engkau miliki, yang Engkau menamakan diri-Mu dengannya, yang Engkau ajarkan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, yang Engkau turunkan di dalam Kitab-Mu atau yang Engkau sembunyikan di ilmu ghaib di sisi-Mu.Jadikanlah Alquran sebagai musim semi hatiku dan cahaya di dadaku, serta menjadi penghilang kesedihan dan kebimbanganku, kecuali Allah akan menghilangkan kebimbangan dan kesedihannya dan menjadikan kesenangan sebagai gantinya.”

Sahabat lalu bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah kita tidak mempelajarinya?’ Beliau menjawab, “Benar, sepatutnya bagi orang yang mendengarnya agar mempelajarinya.”Jadi sekali lagi, membaca serta menghafal Asmaul Husna sebenarnya merupakan kewajiban kita, para muslim. Sebaiknya sejak usia dini anak-anak mendapatkan pembiasaan tersebut agar terus terbawa hingga dewasa kelak.

8. Meneguhkan Keimanan

Manfaat membaca Asmaul Husna di pagi hari, petang, maupun malam juga dapat menguatkan iman dalam qalbu kita. Caranya adalah dengan tadabbur atau merenung untuk memberi kesadaran dalam diri mengenai kemuliaan dan kebesaran Allah Swt.Hanya dengan cara demikian kita akan semakin tunduk kepada-Nya, dengan kesadaran seutuhnya bahwa manusia adalah hamba yang lemah di alam semesta ini. Karena itu kita membutuhkan rahmat, pertolongan, dan perlindungannya untuk menggapai keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Lalu kapan sebaiknya kita membaca Asmaul Husna ketika berdoa? Ustadz Adi Hidayat memberikan penjelasan bahwa sangat dianjurkan ketika berdoa kita mengawalinya dengan membaca salah satu Asmaul Husna.Masih menurut Ustadz kelahiran Pandeglang itu, Allah Swt mustahil menolak permohonan hamba-Nya yang mengiringi doa dengan menyebut-nyebut sifat Allah.

Di dalam 99 nama baik Allah tersebut menunjukkan sifat-sifatNya dan tiap-tiap Asmaul Husna memiliki keutamaan sendiri-sendiri. Karena itu kita sebaiknya mempelajari Asmaul Husna dan artinya agar terkabul hajat kita dan mendapat curahan rahmat dari Allah Swt.Hanya dengan doa dan dzikir kita berkomunikasi dengan sang Pencipta dan memohon pertolongan. Di dalam munajat itu kita mengakui kelemahan sebagai hamba yang tunduk kepada Kebesaran-Nya.

 

Amalkah Asmaul Husna Setiap Hari, Sedari Dini

Setelah mengetahui besarnya keutamaan membaca Asmaul Husna, selayaknya putra-putri Anda juga mempunyai kebiasaan mengamalkannya dalam keseharian. Untuk itu bagi anak-anak berusia dini orang tua perlu membentuk kebiasaan tersebut.

Baca juga: 11 Aplikasi terbaik untuk anak muslim

1. Apa itu Asmaul Husna?

99 nama yang menjelaskan sifat-sifat mulia Allah SWT.

2. Apa manfaat membaca Asmaul Husna?

Asmaul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan.

3. Apa keutamaan membaca Asmaul Husna?

Keutamaan membaca Asmaul Husna diantaranya ialah jadi sebab terkabulnya doa,jaminan masuk surga,sumber segala ilmu dan sebagainya.

(Visited 1 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us