Bagikan Artikel Ini:

Sejak pandemi COVID-19, sekolah melaksanakan belajar dari rumah secara daring melalui gadget atau gawai. Ini membuat anak-anak makin sering berinteraksi dengan gawai. Karenanya orang tua butuh aplikasi pengontrol aktivitas anak untuk memantau kegiatan anak selama bermain gadget.

Mengingat anak-anak belum terlalu paham apa yang boleh dan tidak boleh ketika berselancar di internet, maka orang tua perlu mengawasi. Namun terkadang kendalanya adalah orang tua kadang tidak bisa sepenuhnya mengawasi anak saat bermain gawai.

Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan aplikasi pengawas anak ketika menggunakan gadget.

Aplikasi Pengontrol Aktivitas Anak Gratis

Berikut aplikasi pengawas aktivitas anak gratis yang bisa Anda pasang pada perangkat milik anak.

Aplikasi Pengontrol Aktivitas Anak Gratis-PRESGOPhoto by zhenzhong liu on Unsplash

1. Find My Kids

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang pertama ini dapat membantu orang tua untuk memantau keberadaan anaknya. Selain itu, melalui statistik aplikasi, Anda juga dapat mengetahui apakah anak bermain handphone saat di sekolah atau tidak.

Untuk keamanan, bahkan Anda dapat memilih nada peringatan nyaring ketika anak meninggalkan ponsel atau membuat mode diam.

Aplikasi ini juga dapat mendengarkan suara sekitar anak, ketika Anda merasa anak berada dalam situasi darurat atau lainnya. Selain ponsel, Anda juga dapat mengunduh aplikasi ini pada jam tangan GPS anak.

2. ActionDash: Screen Time Helper

Aplikasi pantau hp anak yang satu ini telah tepercaya secara Global, karena telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Ini juga akan membantu orang tua mengatasi kecanduan anak pada gawai.

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat menghentikan phubbing, suatu kondisi di mana seseorang asyik dengan gadget ketika ia berhadapan dengan orang lain. Sehingga anak dapat menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga.

3. Toddler Lock Timer

Jika Anda memiliki anak balita yang mulai kecanduan gadget, aplikasi ini cocok untuk anak Anda. Karena ini dapat membuat ponsel mati seperti kehabisan daya setelah pengatur waktu berakhir.

Cara kerjanya sangat mudah, Anda hanya perlu mengatur waktu screening time anak. Kemudian setelah waktu habis, ponsel akan mati dan tidak aktif seperti saat baterai yang habis dayanya. Untuk mengaktifkan kembali, Anda hanya perlu memberikan kode ketuk khusus.

Sehingga Anda tidak perlu terlalu emosi untuk menghentikan aktivitas anak, karena sudah otomatis terhenti.

4. Qustodio Parental Control

Aplikasi berikut merupakan aplikasi pengontrol aktivitas anak SD. Seperti aplikasi lainnya, ini juga dapat memberi batasan bermain ponsel pada anak. Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat melihat penggunaan aplikasi yang dipakai anak secara real time serta memantau lokasi ponselnya.

5. Google Family Link

Selanjutnya ada aplikasi dari Google dengan rating 4,4 dari 1,41 juta ulasan. Aplikasi ini bahkan telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna. Ini merupakan aplikasi pengontrol aktivitas anak di laptop, Android, iPhone, iPad, dan tablet. Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini, yaitu:

  • Memperhatikan aplikasi yang anak gunakan, mulai dari lama pemakaian, hingga aktivitas pada aplikasi. Laporan bisa dalam bentuk harian, bulanan, atau tahunan.
  • Mengelola aplikasi dengan cara memblokir atau menyetujui aplikasi mana yang akan diunduh. Selain itu juga dapat membatasi pembelian pada aplikasi atau menyembunyikan aplikasi tersebut dari perangkat milik anak.
  • Anda dapat memilih aplikasi mana yang baik untuk anak, dengan cara merekomendasikan atau menambahkan langsung ke gawai anak.
  • Mengatur lama waktu berinteraksi dengan perangkat.
  • Mengunci perangkat pada waktu yang telah Anda tentukan, misalnya jam belajar, jam makan, atau saat berkunjung ke rumah keluarga.

6. Screen Time – Kontrol Orang Tua

Melalui aplikasi ini, Anda dapat membatasi waktu screen time anak. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui aplikasi mana saja yang sering mereka gunakan dan durasi penggunaannya. Laporan ini dapat Anda ketahui harian maupun mingguan.

Anda juga dapat memblokir atau membatasi aplikasi mana saja yang dapat digunakan anak pada perangkat. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diunggah pada satu perangkat, sehingga Anda tidak bisa mengatur langsung dari ponsel Anda.

7. Family Time Parental Control

Family Time Parental Control-PRESGOPhoto by Carl Jorgensen on Unsplash

Jika Anda mencari aplikasi pengontrol aktivitas anak di pc (personal computer), Anda dapat menggunakan aplikasi Family Time. Selain itu, Anda juga dapat memantau perangkat ponsel anak dari jarak jauh.

Mulai dari batas screening time, penyaringan situs website, pemblokiran game, aplikasi, situs atau konten porno, dan masih banyak lainnya. Juga tersedia pelacakan lokasi dan panggilan mencurigakan.

8. Eset Parental Control

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur bermanfaat yang akan memudahkan Anda dalam memantau anak.

  1. App Guard, berfungsi untuk mengatur batas harian anak bermain ponsel, game atau aplikasi lainnya.
  2. Web guard, berfungsi untuk menjaga keamanan anak saat mereka melakukan browsing pada website. Caranya dengan menjauhkan mereka dari konten hoax atau kekerasan.
  3. Child Locator, berfungsi untuk menemukan lokasi telepon anak berada. Geofencing juga memungkinkan Anda mendapat pemberitahuan saat anak masuk atau keluar dari area default pada peta.
  4. Battery protector akan membatasi waktu bermain game jika level baterai turun di bawah level default. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ponsel anak cepat kehabisan daya sehingga Anda tidak menghubungi mereka.
  5. Blok instan berfungsi untuk memblokir sementara ponsel atau aplikasi saat anak punya tugas tertentu.

Ini merupakan aplikasi kontrol HP anak jarak jauh, sehingga Anda bisa mengatur semua pengaturan melalui ponsel Anda kapan pun dan di mana pun. Jangan khawatir jika Anda memiliki banyak perangkat, karena satu aplikasi bisa terhubung dengan beberapa perangkat.

9. Screen Time Parental Control App dan Location Tracker

Aplikasi pengontrol anak aktivitas anak android selanjutnya ada Screen Time Parental Control App dan Location Tracker. Aplikasi ini dapat membantu Anda sebagai orang tua untuk mengelola dan mengontrol jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak di ponsel cerdas.

Selain itu, mereka mengklaim versi gratis mereka adalah selamanya. Untuk fitur yang dapat Anda dapatkan, antara lain:

  • Dapat memantau waktu screening time anak
  • Melihat aplikasi mana yang digunakan anak serta berapa lama
  • Menerima pemberitahuan setiap kali anak Anda mencoba memasang aplikasi baru pada gawai
  • Dapat melihat situs mana yang dikunjungi anak
  • Memantau platform media sosial yang anak gunakan serta berapa lama waktu yang digunakan
  • Melihat video YouTube mana yang telah mereka tonton

Selain gratis, aplikasi ini juga menyediakan fitur premium yang berbayar. Pada fitur premium, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat tambahan, mulai dari menghentikan perangkat secara instan hanya dengan satu tombol. Atau memblokir serta membatasi aktivitas dari aplikasi, dan masih banyak lainnya.

Untuk harga premium mulai dari Rp19.415 hingga Rp690.000 per item.

10. Kids Place Parental Control

Aplikasi yang satu ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Untuk fitur yang akan Anda dapatkan secara gratis, antara lain:

  • Dapat membatasi aplikasi mana yang boleh diunduh, dengan cara memblokir aplikasi
  • Dapat memblokir panggilan masuk
  • Dapat menonaktifkan sinyal Wifi ketika aplikasi berjalan
  • Dapat menyaring konten situs, video dan gambar

Sedangkan untuk fasilitas premium, Anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan, seperti timer, batasan waktu untuk anak menggunakan perangkat atau aplikasi. Juga dapat mencegah anak menghapus aplikasi. Untuk harga mulai dari lima belas ribu hingga 1 jutaan.

11. Control Screen Time – Kidslox

Selanjutnya ada aplikasi dari Kidslox, yang bisa mengatur pemakaian perangkat anak dengan cara memberikan batasan waktu screening time dan mengunci perangkat. Anda juga dapat memantau pencarian website, melihat histori Youtube, baik video yang ditonton atau durasi menonton.

Gunakan aplikasi ini untuk memblokir aplikasi tertentu, memantau lokasi anak, membuat jadwal anak, mulai dari waktu tidur, mengerjakan PR, hingga makan.

12. Secure Teen Parental Control App

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan terutama untuk remaja. Pada usia remaja, tentu anak memiliki keingintahuan yang sangat tinggi. Karenanya aplikasi ini hadir untuk melindungi khususnya anak remaja Anda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyaring semua konten berbahaya sehingga remaja Anda bisa terlindungi.

13. Parental Control Kroha

Ini merupakan aplikasi pengontrol aktivitas anak online, karena melalui ini, Anda dapat memantau obrolan media sosial seperti Whatsapp. Anda juga dapat memantau foto terbaru anak. Selain itu, Anda dapat memilih mode malam untuk melindungi mata anak.

Fitur lain yang akan Anda dapatkan yaitu pemantauan YouTube, memblokir aplikasi, game situs website, atau YouTube, serta memberi batasan waktu pemakaian pada aplikasi tertentu.

Anda juga dapat memantau lokasi anak Anda, serta mengatur lokasi geografis anak dan mendapatkan notifikasi ketika anak meninggalkan wilayah tersebut. Semua fitur yang aplikasi ini tawarkan dapat Anda lakukan langsung dari perangkat Anda.

14. Parental Control – Kids Mode

Jika Anda mencari aplikasi ringan yang tidak terlalu membebani memori handphone, Anda bisa mencoba aplikasi satu ini. Berukuran 4,6 MB, ini akan membantu Anda mengawasi anak saat berselancar dengan gawai.

Anda juga dapat mengelola aplikasi yang diinstal pada perangkat anak Anda, dengan cara memberi limit waktu dan mengunci aplikasi dari ponsel Anda. Anda bahkan dapat memblokir aplikasi selektif yang menurut Anda tidak sesuai untuk anak atau mengunci semua notifikasi pada perangkat anak.

Penutup

Meskipun orang tua memiliki kuasa penuh melalui aplikasi pengontrol aktivitas anak, sebaiknya selalu komunikasikan hal ini sebelum menerapkan pada anak. Anak wajib tahu manfaat sekaligus bahaya gadget. Tujuannya, supaya anak tidak merasa terkekang lalu menghalalkan segala cara demi bermain gawai.

Baca juga : Batasan Waktu Anak Main Gadget Menurut WHO.

1. Apa pentingnya menerapkan aplikasi pengontrol aktivitas anak saat bermain gadget?

Sejak pandemi COVID-19, sekolah melaksanakan belajar dari rumah secara daring melalui gadget atau gawai. Ini membuat anak-anak makin sering berinteraksi dengan gawai. Karenanya orang tua butuh aplikasi pengontrol aktivitas anak untuk memantau kegiatan anak selama bermain gadget. Mengingat anak-anak belum terlalu paham apa yang boleh dan tidak boleh ketika berselancar di internet, maka orang tua perlu mengawasi.

2. Apa saja platform aplikasi pengontrol aktivitas anak yang dapat digunakan secara gratis?

Aplikasi pengontrol aktivitas anak yang dapat orang tua manfaatkan secara gratis untuk mengontrol si buah hati dalam bermain gawai ialah Find My Kids, ActionDash: Screen Time Helper, Toddler Lock Timer, Qustodio Parental Control, Google Family Link, Screen Time – Kontrol Orang Tua, Family Time Parental Control, Eset Parental Control, Screen Time Parental Control App, dan Kids Place Parental Control.

3. Apa fitur yang orang tua dapatkan ketika menggunakan aplikasi Kids Place Parental Control?

Fitur yang diperoleh secara gratis pada aplikasi Kids Place Parental Control ialah dapat membatasi aplikasi mana yang boleh diunduh, dengan cara memblokir aplikasi, dapat memblokir panggilan masuk, dapat menonaktifkan sinyal Wifi ketika aplikasi berjalan dan dapat menyaring konten situs, video dan gambar.

(Visited 49 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us