Bagikan Artikel Ini:

Pandemi covid-19—Covid-19 meski usianya baru terdeteksi mulai akhir Desember 2019 lalu, namun virus yang sejenis dengan flu ini mampu mengubah wajah dunia menjadi suram dalam sekejap. Subhanallah!, entah apa rahasia Allah di balik kedatangan virus ini kita tidak tahu. Namun, selalu berprasangka baik kepada-Nya adalah keharusan bagi kita sebagai makhluk.

Virus ini tidak hanya menjadi endemic namun pandemic yang penyebarannya merata hampir di seluruh dunia. Bahkan, negara-negara maju seperti Amerika, Italia dan China, saat ini tengah memasuki masa sulit, dimana banyak sekali warga negaranya yang menjadi korban dan meninggal dunia. Banyak peneliti dari berbagai negara berlomba untuk menemukan vaksin, beberapa telah masuk tahap uji klinis yang kemungkinan akan segera didistribusikan.

Virus yang disinyalir berasal dari Wuhan China ini masuk ke Indonesia pada kisaran Februari. Dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan, virus ini telah memakan korban lebih kurang sebanyak 9. 000 pasien dengan ratusan jumlah pasien meninggal.

Sadar akan dampak covid-19 yang membahayakan, banyak cara ditempuh oleh pemerintah. Diantaranya adalah dengan menerapkan lock down, mewajibkan masyarakat untuk menggunakan APD seperti masker dan hand sanitizersocial distancing, dan yang baru-baru ini dirasa cocok dengan karakter masyarakat Indonesia adalah PSBB/ Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Singkat kata, jika menjaga jarak, mengurangi interaksi, dan dirumah aja adalah langkah tepat untuk memutus rantai penyebaran covid-19, hal yang tidak bisa kita hindari adalah bosan. Apalagi libur sekolah telah ditetapkan sampai tanggal 2 Juni. Agar momen liburan covid-19 ini menyenangkan, coba yuk 5 aktivitas seru di rumah aja berikut ini.
 

1. Memasak Menu Makanan Sehat

 

Memasak Menu Makanan Sehat

Photo by Haryo Setyadi on Unsplash

 
Virus covid-19 hingga kini belum ditemukan vaksin yang ampuh untuk melawannya. Banyak peneliti dari berbagai negara yang sedang dalam proses menemukan vaksin tersebut. Harapannya tentu saja agar pandemic covid ini segera berlalu. Banyak korban meninggal. Di dunia, virus ini telah menelan korban lebih dari dua juta orang. Aktivitas dalam skala besar di tutup. Terjadi gelombang kedua penyebaran covid di beberapa negara, dsb. Khawatir? tentu saja!, bahkan banyak pihak yang merasakan serangan psikis dan kepanikan yang luar biasa.

Meski vaksin belum ditemukan, namun ada cara pencegahan covid yang bisa dilakukan, yaitu dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh bisa diusahakan agar tetap dalam kondisi baik dengan cara berjemur setiap pagi pada jam 9-10 pagi hari, konsumsi air putih yang banyak, konsumsi vitamin A dan C, serta memperbanyak konsumsi makanan sehat.

Bicara makanan sehat, agaknya masa-masa isolasi diri ini sangat cocok digunakan untuk masak makanan sehat bersama keluarga. Anda yang mungkin setiap harinya adalah staf kantor yang sibuk dan sedikit sekali waktu yang Anda miliki bersama keluarga, tunggu apalagi, yuk isi liburan ini dengan memasak menu makanan sehat. Saya pribadi yang berada dalam kondisi seperti ini merasa kurang pas saat harus membeli makanan di luar karena kita tidak tau riwayat perjalanan penjualnya dan bagaimana cara mengolahnya. Agar lebih aman, buatlah makanan sehat yang kaya akan menu empat sehat lima sempurna bersama si kecil di rumah.

Momen masak-memasak ini akan menjadi momen yang menyenangkan bagi Anda sekeluarga. Di pagi dan sore hari sibukkan diri Anda di dapur untuk membuat makanan sehat untuk keluarga. Manfaatkan peralatan memasak yang selama ini belum terpakai, dan tanyakan kepada si kecil apa makanan yang di inginkan.

Bingung resepnya? Search Google yuk segera!. Saat makanan tersebut jadi, dan Anda menyajikannya untuk semua keluarga di rumah, dan keluarga suka, ini adalah kepuasan tersendiri bagi kita. Siapkan bekal bahan makanan pokok selama beberapa hari ke depan untuk menghindari terlalu seringnya melakukan aktivitas di luar.

List terlebih dahulu apa kiranya menu makanan yang ingin Anda siapkan, list pula bahan-bahannya dan siapkan di rumah Anda. Buatlah jadwal masakan yang akan dibuat dalam satu minggu dan praktikkan. Liburan kita tidak lagi menjemukan, ya kan?
 

2. Menonton Film keluarga

 

Menonton Film keluarga

Photo by Aneta Pawlik on Unsplash

Selain memasak, menonton film bersama keluarga adalah acara yang pas untuk mengisi liburan covid-19. Terlepas dari apakah Anda menyukai film atau tidak, tapi menonton film adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga.

Pertama, ketahui apa jenis film yang Anda sukai, apakah Anda menyukai jenis film horor, romantic, aksi, atau yang lain. Tanyakan kepada anggota keluarga yang lain, apa jenis film yang mereka sukai. Download film tersebut jika sudah tidak memungkinkan untuk menyewa film di rental karena tutup. Boleh nih nonton film dua sampai tiga film dalam sehari dimana masing-masing film yang diputar adalah kesukaan masing-masing anggota keluarga.

Ini adalah momen dimana kita saling mengerti apa yang disukai anggota keluarga satu dengan yang lainnya. Tidak ada salahnya jika Anda menonton genre film yang disukai oleh anggota keluarga yang lain sehingga hubungan bisa menjadi lebih erat.

Agar menonton film lebih menyenangkan, siapkan pula cemilan sehat seperti kacang almond, peyek bayam, dan jus jambu sebagai penangkal covid-19.
 

3. Mendampingi Anak Belajar Online

 

Mendampingi Anak Belajar Online

Photo by Annie Spratt on Unsplash

 
Kebijakan lock down atau social distancing, agaknya berpengaruh besar terhadap rutinitas aktivitas sehari-hari yang kita kerjakan. Banyak aktivitas formal diliburkan seperti kantor kepegawaian dan sekolah. Ya, semenjak lock down tanggal 16 Maret lalu, sekolah libur, dan ini berarti tanggung jawab sekolah dalam pengasuhan dan pendidikan anak akan dikembalikan ke orang tua masing-masing.

Dalam perjalanannya, pihak pemerintah saat ini mengadakan siaran televisi TVRI yang menyajikan pendidikan anak per-jenjang untuk mengisi aktivitas pembelajaran di sekolah yang saat ini vakum. Untuk itu, sekolah yang saat ini dalam kondisi off, tidak berarti semua aktivitas pembelajaran berhenti karena diwakili oleh sekolah online. liburan covid-19 tidak untuk berarti anak-anak bebas bermain, namun ini adalah saat dimana semua anggota keluarga melakukan isolasi mandiri, dirumah aja, dengan memanfaatkan media online sebagai penunjang.

Ini adalah momen dimana Anda sebagai orang tua berkesempatan untuk kembali menjadi orang tua seutuhnya dengan mendidik si kecil, menemaninya mengerjakan tugas sekolahnya hingga selesai. Tentu saja dengan memberikan pengarahan dalam bidang tugas dan keilmuan yang selama ini dilakukan oleh pihak guru.

Setelah menemani anak untuk belajar mata pelajaran sekolahnya hari itu, Anda berkesempatan untuk menumbuhkan budaya literasi di rumah, dengan membacakannya cerita, dengan mendongeng untuknya sebelum tidur, dan menemaninya menulis surat untuk teman terdekatnya yang akan disampaikannya saat masuk sekolah nantinya.
 

4. Melakukan Sesi Curhat

 

Melakukan Sesi Curhat

Photo by Jessica Rockowitz on Unsplash

 
Belajar sudah, masak sudah, nonton film sudah. Selanjutnya sekarang adalah saatnya Anda untuk melakukan sesi curhat bersama seluruh anggota keluarga. Sesi curhat ini sangat penting untuk meningkatkan bond antara Anda dengan anggota keluarga yang lain, utamanya si kecil.

Saat masing-masing anggota keluarga sama-sama sibuk, yang jadi masalah adalah kurangnya waktu untuk berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Padahal, mungkin saja kita sedang sangat butuh teman curhat, anak mengalami masalah serius dengan teman-temannya di sekolah, dan mungkin saja suami sedang dalam kondisi tegang di kantor dan butuh seseorang untuk curhat. Lakukan sesi curhat ini secara intens meski tidak melulu seputar keluhan.

Anda bisa mencari tahu apa hobby yang dimiliki si kecil yang memang belum diketahui, lalu mencoba untuk melakukannya pada momen liburan ini, tentunya selama hobby tersebut masih bisa dilakukan di rumah. Atau, mungkin saja si kecil memiliki bakat yang mungkin saja belum terdeteksi sebelumnya. Ini menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk mengetahui bakat itu dan mengeksplorasinya.

Manfaatkan sofa di ruang keluarga untuk momen curhat yang hangat ini. Siapkan cemilan sehat, dan berikan apresiasi kepada si kecil saat dia menunjukkan sisi positif yang perlu dikembangkan.
 

5. Meningkatkan Budaya Literasi di Rumah

 
Meningkatkan Budaya Literasi di Rumah
 
Salah satu krisis yang dialami bangsa Indonesia saat ini adalah krisis membaca. Budaya literasi di Indonesia cukup rendah baik itu untuk membaca maupun menulis. Yuk, kita hidupkan bersama budaya literasi di rumah dengan membacakan dongeng untuk si kecil, reading time dengan durasi waktu yang disepakati bersama, dan dengan memulai kebiasaan untuk menulis. Kita arahkan si kecil untuk menulis dari hal yang paling sederhana yang sedang dihadapi saat ini, tentang covid, tentang teman baik, tentang lingkungan dan sebagainya. Masa libur 3 bulan agaknya waktu yang lama dan pas jika dimanfaatkan untuk menumbuhkan budaya literasi si kecil. Bagaimana pencapaian budaya literasi anak tentunya dipengaruhi oleh bagaimana budaya literasi orang tuanya. Yuk, tingkatkan kemampuan membaca merek dengan membiasakan mereka untuk membaca beberapa halaman buku favoritnya dalam sehari, tentunya dengan memberikan contoh terlebih dahulu.

Anda yang kebetulan adalah penulis, bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk membuat buku, mencari job tambahan di internet atau menerjemah. Tidak banyak orang yang menekuni bidang ini karena memang butuh ketelatenan yang tinggi. Beruntung sekali bagi Anda yang kebetulan menyukai bidang tulis menulis ini sehingga waktu yang Anda miliki bersama keluarga tidak terbuang sia-sia, dan justru menjadi momen produktif. Bukan tidak mungkin, karya Anda akan hadir seiring dengan berakhirnya pandemic covid-19.
 

6. Menata Kembali Cita-Cita yang Tertunda

 
Menata Kembali Cita-Cita yang Tertunda
 
Isolasi mandiri seperti yang banyak kita temui saat ini adalah saat yang pas untuk menata kembali cita-cita yang tertunda. Anda mungkin saja ingin melanjutkan study, namun karena tidak adanya waktu untuk mempersiapkan TOEFL misalnya, akhirnya kita berhenti dan beralih pada hal lain. Menyesal? Pastinya!. Tidak ada salahnya momen isolasi mandiri ini kita manfaatkan untuk menata kembali cita-cita yang tertunda. Menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang, dan menunggu sembari berdoa semoga covid-19 segera berakhir.

Isolasi mandiri saat ini sangat dianjurkan pemerintah. Pembatasan interaksi sosial sangat ditekankan disini untuk menekan penyebaran rantai covid-19 di Indonesia. Respon pertama yang kita dengar saat pemerintah mengeluarkan kebijakan dirumahaja adalah What, apa yang akan saya lakukan selama itu? dan Anda bisa mengisi waktu liburan ini dengan aktivitas menyenangkan seperti di atas.
 
 

Sebutkan 5 aktivitas seru di rumah!

1. Memasak menu makanan sehat 2. Menonton film keluarga 3. Mendampingi anak belajar online 4. Melakukan sesi curhat 5. Meningkatkan budaya literasi di rumah

Bagaimana meningkatkan sistem imun tubuh?

Sistem imun tubuh bisa diusahakan agar tetap dalam kondisi baik dengan cara berjemur setiap pagi pada jam 9-10 pagi hari, konsumsi air putih yang banyak, konsumsi vitamin A dan C, serta memperbanyak konsumsi makanan sehat. Bicara makanan sehat, agaknya masa-masa isolasi diri ini sangat cocok digunakan untuk masak makanan sehat bersama keluarga. Anda yang mungkin setiap harinya adalah staf kantor yang sibuk dan sedikit sekali waktu yang Anda miliki bersama keluarga, tunggu apalagi, yuk isi liburan ini dengan memasak menu makanan sehat. Saya pribadi yang berada dalam kondisi seperti ini merasa kurang pas saat harus membeli makanan di luar karena kita tidak tau riwayat perjalanan penjualnya dan bagaimana cara mengolahnya. Agar lebih aman, buatlah makanan sehat yang kaya akan menu empat sehat lima sempurna bersama si kecil di rumah.

Apakah melakukan sesi curhat di keluarga pada saat pandemic ini penting?

Sesi curhat ini sangat penting untuk meningkatkan bond antara Anda dengan anggota keluarga yang lain, utamanya si kecil. Saat masing-masing anggota keluarga sama-sama sibuk, yang jadi masalah adalah kurangnya waktu untuk berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Padahal, mungkin saja kita sedang sangat butuh teman curhat, anak mengalami masalah serius dengan teman-temannya di sekolah, dan mungkin saja suami sedang dalam kondisi tegang di kantor dan butuh seseorang untuk curhat. Lakukan sesi curhat ini secara intens meski tidak melulu seputar keluhan. Anda bisa mencari tahu apa hobby yang dimiliki si kecil yang memang belum diketahui, lalu mencoba untuk melakukannya pada momen liburan ini, tentunya selama hobby tersebut masih bisa dilakukan di rumah. Atau, mungkin saja si kecil memiliki bakat yang mungkin saja belum terdeteksi sebelumnya. Ini menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk mengetahui bakat itu dan mengeksplorasinya. Manfaatkan sofa di ruang keluarga untuk momen curhat yang hangat ini. Siapkan cemilan sehat, dan berikan apresiasi kepada si kecil saat dia menunjukkan sisi positif yang perlu dikembangkan

 

 

(Visited 34 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us