Bagikan Artikel Ini:

Ketika Bulan Ramadhan tiba, tips belajar efektif akan sangat Anda perlukan untuk bisa menunjang proses belajar Anda agar tetap lancar. Mengingat ketika bulan Ramadhan, maka akan banyak hal yang berbeda akan Anda hadapi. Baik dari jam tidur Anda yang kemungkinan berkurang, ibadah Anda, aktivitas rutin yang tidak bisa seperti biasanya, dan ditambah dengan adanya sahur yang mengharuskan Anda untuk bisa bangun lebih pagi. Jika hal tersebut tidak dikelola dengan baik, maka yang ada tubuh Anda akan menjadi lemas, tidak bisa maksimal di dalam menjalankan aktivitas, proses belajar Anda yang juga bisa terhambat karena adanya kebiasaan yang berubah tersebut, dan juga bisa membuat malas di dalam menjalankan aktivitas.

Namun, sebenarnya dengan kehadiran bulan Ramadhan ini tidak seharusnya menjadi alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan, khususnya di dalam belajar. Apalagi bagi Anda yang selama bulan Ramadhan masih disibukkan dengan rutinitas sekolah, maka belajar ini haruslah selalu dilakukan. Dengan begitu, di tengah bulan Ramadhan Anda dapat tetap produktif dengan belajar dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Namun tentunya untuk bisa menunjang proses belajar yang nyaman dan lancar, Anda juga perlu untuk mengaturnya. Baik dari segi istirahat, olahraga, dan pemenuhan akan asupan yang bergizi untuk tubuh Anda. Karena dengan tubuh yang bugar akan sangat membantu Anda di dalam menyerap setiap materi yang Anda pelajari.

8 Tips Belajar Efektif Saat Berpuasa

Godaan terberat bagi seorang pelajar ketika harus belajar di saat bulan Ramadhan adalah rasa ngantuk dan malas yang tidak tertahankan. Apalagi ketika Anda belajar tentunya sangat membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi. Dan jika selama seharian penuh Anda tidak makan dan minum, maka hal tersebut bisa membuat konsentrasi Anda menjadi turun. Oleh karena itu, agar Anda bisa tetap belajar dengan semangat di bulan puasa, maka inilah tipsnya untuk Anda.

1. Dapatkan Asupan yang Bergizi Ketika Sahur

 

Kebutuhan Gizi Anak Sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Berdasarkan Umur

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Makanan yang Anda konsumsi ketika sahur haruslah diperhatikan dengan baik. Pastikan jika makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang bergizi dan hindari untuk makan hingga terasa kenyang. Di mana Anda perlu untuk memenuhi akan kebutuhan karbohidrat komplek, seperti ubi, nasi merah, dan bubur kacang hijau. Lalu temani juga dengan makanan yang mengandung protein yang berasal dari ayam, tahu, dan tempe. Serta tidak ketinggalan penuhi juga akan kebutuhan serat Anda melalui sayur-sayuran dan buah-buahan.

Memenuhi kebutuhan akan serta melalui sayur dan buah bisa membantu Anda untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama dan mencegah Anda dari datangnya sembelit. Atau Anda juga bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin, serta, dan mineral Anda dengan mengkonsumsi kurma. Selain makanan tersebut, jangan lupakan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya yang akan melancarkan pencernaan Anda, menjaga metabolisme tubuh, dan menjaga agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi ketika sedang berpuasa. Usahakan untuk menghindari dalam mengkonsumsi makanan sisa dari buka puasa karena kandungan gizi di dalamnya yang sudah berkurang.

2. Sempatkan Diri Belajar Setelah Sahur

 

Matematika Adalah Tantangan, Bukan Rintangan

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Setelah menjalani sahur biasanya akan timbul rasa kantuk yang tidak tertahankan. Namun, perlu diketahui bahwa tidur setelah sahur dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas ketika Anda nantinya sudah bangun. Bahkan jika dilihat dari sisi kesehatan, tidur setelah sahur tidaklah baik untuk kesehatan Anda. Di mana makanan yang baru saja Anda cerna dan kemudian Anda langsung tidur, maka sistem pencernaan Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Dengan demikian, ketika Anda langsung tidur setelah sahur ini bisa membuat Anda mengalami masalah pencernaan dan juga menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan.

Gangguan yang bisa terjadi seperti mulas dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau adanya asam lambung yang bergerak ke tenggorokan dan akan menimbulkan rasa seperti terbakar. Jadi, akan lebih baik jika Anda memberikan tidur yang lebih pada malam hari atau menghindari untuk tidak tidur terlalu malam dan usahakan untuk menjalankan aktivitas yang ringan-ringan saja setelah bersahur. Setelah sahur ini Anda bisa mengisinya dengan mengaji dan juga belajar. Ini akan menjadi tips belajar yang baik karena otak Anda di pagi hari yang masih dalam kondisi fresh.

3. Manfaatkan Waktu Siang Untuk Tidur

 

Istirahat yang cukup

Photo by Tara Raye on Unsplash

Ketika di siang hari Anda memiliki waktu yang longgar, maka manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat atau tidur siang. Dengan tidur siang ini lah akan sangat membantu tubuh Anda beristirahat sejenak setelah di pagi harinya menjalankan aktivitas termasuk belajar. Karena mengisi waktu di siang hari saat bulan puasa untuk tidur tidak hanya bisa mengistirahatkan tubuh setelah belajar di pagi hari, tetapi juga bisa memperbaiki mood Anda agar kembali normal ketika sudah bangun. Selain itu, dengan tidur siang Anda juga bisa terbantu untuk mengurangi rasa lapar terutama saat siang hari. Sehingga dengan tidur siang, hal tersebut bisa menekan keinginan Anda untuk makan.

Dengan tidur siang, juga baik untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Karena aktivitas pada saraf ketika Anda tidur dapat memperkuat daya ingat, sehingga akan memudahkan Anda untuk memahami dan mengingat pelajaran Anda. Dan saat Anda kembali beraktivitas setelah tidur siang, maka tubuh Anda akan lebih fresh dan dapat fokus kembali.

4. Belajar Kembali Di Sore Hari

 

Mengukur Pemahaman Awal Siswa

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak hanya setelah sahur saja, saat sore hari dan setelah Anda bangun dari tidur siang, maka itu lah waktu yang tepat untuk Anda belajar kembali. Ini akan menjadi tips belajar yang tepat setelah Anda beristirahat. Anda bisa melakukan pengulangan pada materi-materi pelajaran di sore hari. Atau Anda juga bisa mengisinya dengan mempelajari hal-hal yang baru, namun tetap memberikan manfaat untuk diri Anda. Misalnya saja membaca buku-buku koleksi Anda, membaca berita, maupun buku-buku humor yang bisa membuat Anda rileks karena membaca hal-hal yang menyenangkan.

Kegiatan belajar di sore hari ini sekaligus bisa menjadi pengisi waktu untuk bagi Anda untuk menunggu waktu berbuka tiba. Jika belajar di sore hari telah selesai dan waktu menunjukkan tidak lama lagi berbuka, maka Anda bisa membantu ibu di dapur untuk mempersiapkan menu-menu berbuka puasa.

5. Memaksimalkan Tidur Di Malam Hari

Meredakan Batuk dan Pilek - Sekolah Prestasi Global

Ketika bulan Ramadhan, maka otomatis akan banyak kegiatan yang Anda lakukan, tidak terkecuali saat malam hari. Di mana hal tersebut dimulai saat Anda dan keluarga berbuka puasa. Setelah menyantap menu, pasti ada obrolan yang tercipta di antara keluarga. Lalu dilanjutkan dengan sholat tarawih yang memerlukan waktu tidak sebentar, dan setelah tarawih ada yang melakukan tadarus atau menonton televisi. Mengingat saat bulan Ramadhan tayangan di televisi banyak menyajikan acara-acara menarik yang jarang dijumpai di hari-hari biasa. Namun, jangan sampai Anda terlena dan menuruti keinginan tersebut sehingga membuat Anda tidur terlalu malam. Anda perlu mengatur waktu tidur Anda dengan baik karena di pagi buta Anda juga akan menjalani sahur kembali.

6. Belajar Secara Online

 

Mendampingi Anak Belajar Online

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Perkembangan teknologi juga turut membawa bidang pendidikan untuk terlibat dalam penggunaan teknologi dalam menjalani proses belajar. Salah satunya adalah keberadaan internet yang tidak hanya sebagai media hiburan dan mengakses berbagai informasi. Namun, adanya internet bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar. Tips belajar yang menyenangkan bisa Anda dapatkan dari internet. Anda tidak perlu datang ke rumah teman untuk belajar kelompok atau datang ke lembaga bimbingan belajar.

Hanya cukup dengan menggunakan smartphone maupun laptop dan jaringan internet yang lancar. Anda bisa mempelajari banyak hal yang tidak bisa Anda pelajari di sekolah. Bahkan Anda juga bisa belajar dengan sistem atau materi luar negeri yang tentu jarang diajarkan selama Anda menuntut ilmu di Indonesia. Dengan begitu, wawasan Anda pun akan semakin luas.

7. Jangan Lupa Untuk Belajar Agama

Hal ini sangat lah penting. Di mana selain Anda belajar untuk materi-materi sekolah, Anda juga jangan sampai meninggalkan untuk menuntut ilmu perihal agama. Mengingat saat bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat baik, apalagi jika didukung dengan aktivitas-aktivitas Anda yang positif, seperti memperdalam ilmu agama. Hal tersebut akan menjadi cara yang baik untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Apalagi ketika bulan Ramadhan ada banyak sekali pahala yang akan diberikan dari aktivitas-aktivitas Anda yang bermanfaat dan positif.

Bahkan dengan mempelajari ilmu agama, ada hal yang bisa langsung Anda rasakan sendiri. Di mana hati Anda akan terasa sejuk dan nyaman. Karena dengan belajar agama, Anda otomatis akan belajar banyak kebaikan di dalamnya yang bisa menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih berkualitas. Ketika Ramadhan pun ada banyak media untuk bisa Anda manfaatkan sebagai pentransfer ilmu. Tidak hanya dari ceramah di masjid ketika sholat subuh atau sholat tarawih saja, tetapi juga dari tayangan televisi di beberapa channel-nya, di YouTube, dan beberapa ceramah para dai yang digelar secara streaming di media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Sehingga hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk bisa menyerap ilmu agama sebanyak-banyaknya.

8. Berolahraga Ringan

Renang gaya dada

Ketika berpuasa bukan berarti Anda harus meliburkan diri dari berbagai kegiatan fisik. Hal tersebut tetap Anda butuhkan, walaupun tidak dalam porsi yang besar seperti yang Anda lakukan ketika tidak sedang berpuasa. Anda tetap bisa melakukan olahraga saat berpuasa dengan memperhatikan beberapa hal, seperti jenis olahraga, waktu Anda berolahraga, dan intensitas yang dikurangi. Anda dapat melakukan olahraga-olahraga yang ringan dan bisa membuat tubuh Anda tetap dalam kondisi yang aktif. Misalkan saja jalan-jalan di lingkungan rumah saat pagi hari maupun sore dan bersepeda.

Karena dengan berolahraga saat puasa dapat memberikan manfaat yang besar untuk tubuh Anda, dimana sistem kekebalan imun Anda akan meningkat dan melindungi Anda dari datangnya serangan penyakit, mampu untuk mengendalikan dan membantu Anda menurunkan berat badan yang berlebih, dan mampu untuk mengurangi stres yang Anda alami. Karena saat berpuasa pun Anda juga berpotensi untuk terserang stres yang bisa membuat Anda menjadi badmood. Namun, dengan olahraga lah Anda bisa mengurangi stres tersebut.

Jadi, meskipun Anda sedang berpuasa, kegiatan belajar tetap harus dilakukan dengan menjalankan tips belajar yang menyenangkan serta mengelola pola makan, pola istirahat, dan olahraga Anda dengan sebaik-baiknya. Karena Anda tidak hanya bisa mendapatkan konsentrasi belajar yang baik saat berpuasa, tetapi juga tubuh Anda akan selalu bugar.

Baca Juga : Bacaan Niat Puasa Wajib Serta Artinya

Sebutkan 8 Tips Belajar Efektif Selama Berpuasa!

8 Tips Belajar Efektif Selama Berpuasa,yaitu : 1. Dapatkan Asupan Yang Bergizi Ketika Sahur 2. Sempatkan Diri Belajar Setelah Sahur 3. Manfaatkan Waktu Siang Untuk Tidur 4. Belajar Kembali Di Sore Hari 5. Memaksimalkan Tidur Di Malam Hari 6. Belajar Secara Online 7. Jangan Lupa Untuk Belajar Agama 8. Berolahraga Ringan

Seperti apa Asupan Yang Bergizi Ketika Sahur?

Makanan yang Anda konsumsi ketika sahur haruslah diperhatikan dengan baik. Pastikan jika makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang bergizi dan hindari untuk makan hingga terasa kenyang. Di mana Anda perlu untuk memenuhi akan kebutuhan karbohidrat komplek, seperti ubi, nasi merah, dan bubur kacang hijau. Lalu temani juga dengan makanan yang mengandung protein yang berasal dari ayam, tahu, dan tempe. Serta tidak ketinggalan penuhi juga akan kebutuhan serat Anda melalui sayur-sayuran dan buah-buahan. Memenuhi kebutuhan akan serta melalui sayur dan buah bisa membantu Anda untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama dan mencegah Anda dari datangnya sembelit. Atau Anda juga bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin, serta, dan mineral Anda dengan mengkonsumsi kurma. Selain makanan tersebut, jangan lupakan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya yang akan melancarkan pencernaan Anda, menjaga metabolisme tubuh, dan menjaga agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi ketika sedang berpuasa. Usahakan untuk menghindari dalam mengkonsumsi

Seperti apa berolahraga ringan ketika ramadhan?

Ketika berpuasa bukan berarti Anda harus meliburkan diri dari berbagai kegiatan fisik. Hal tersebut tetap Anda butuhkan, walaupun tidak dalam porsi yang besar seperti yang Anda lakukan ketika tidak sedang berpuasa. Anda tetap bisa melakukan olahraga saat berpuasa dengan memperhatikan beberapa hal, seperti jenis olahraga, waktu Anda berolahraga, dan intensitas yang dikurangi. Anda dapat melakukan olahraga-olahraga yang ringan dan bisa membuat tubuh Anda tetap dalam kondisi yang aktif. Misalkan saja jalan-jalan di lingkungan rumah saat pagi hari maupun sore dan bersepeda. Karena dengan berolahraga saat puasa dapat memberikan manfaat yang besar untuk tubuh Anda, dimana sistem kekebalan imun Anda akan meningkat dan melindungi Anda dari datangnya serangan penyakit, mampu untuk mengendalikan dan membantu Anda menurunkan berat badan yang berlebih, dan mampu untuk mengurangi stres yang Anda alami. Karena saat berpuasa pun Anda juga berpotensi untuk terserang stres yang bisa membuat Anda menjadi badmood. Namun, dengan olahraga lah Anda bisa mengurangi stres tersebut.

(Visited 37 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us