Bagikan Artikel Ini:

Sedang bingung menemani anak anak yang rewel dan tidak mau belajar saat menjalankan sekolah daring? Sebagai orang tua Anda harus menemukan cara dan contoh pembelajaran daring yang menyenangkan untuk buah hati.Belajar di rumah memang memiliki beberapa hambatan, baik untuk anak, guru dan orang tua yang menemani. Namun, tetap saja anak anak harus bisa belajar dengan efektif agar pembelajaran dapat diterima secara maksimal.

Sebagian besar anak anak merasa bosan jika harus mendengarkan pembelajaran secara online. Namun, mau tidak mau jutaan pelajar di dunia harus melakukan hal ini.Kerjasama dibutuhkan antara anak, guru dan orang tua demi menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Bagaimana materi pelajaran dapat disampaikan dengan baik seperti pembelajaran langsung pada umumnya.Sesungguhnya, pembelajaran daring bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Metode pembelajaran ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu dan bukan hanya sekedar “digitalisasi” proses belajar mengajar.

Apa Itu Belajar Daring?

Cara Belajar Daring Yang Bukan Hanya Sekedar Membaca Dan Menonton - Sekolah Prestasi Global

Pengertian belajar daring merupakan metode pembelajaran yang menggunakan model interaktif dengan memanfaatkan internet dan Learning Management System.Ternyata teori  dan penelitian dari pembelajaran jarak jauh ini sudah dibahas sebelumnya oleh para ahli dibidang pendidikan. Diantaranya ialah Prof George Siemens, yang merupakan guru besar di Athabasca University.

Dalam penelitiannya tersebut, ia mengusulkan teori connectivism yang merupakan sebuah teori alternatif baru. Dalam teorinya tersebut yang dibuat pada tahun 2005, dirinya mengatakan bahwa connectivism ini hadir sebagai respon terhadap kemajuan teknologi dan jaringan.Menurunnya, tiga teori tentang pembelajaran yang paling sering digunakan yakni behaviorisme, kognitivisme dan konstruktivisme belum maksimal. Hal ini dikarenakan teori tersebut dikembangkan saat teknologi belum berkembang pesat

Sementara Downes pada tahun 2012 mengatakan bahwa teori Connectivism menekankan bahwa pengetahuan didistribusikan melalui jaringan. Oleh karena itu, metode pembelajaran harus memiliki kemampuan untuk membangun serta melintasi jaringan tersebut.Pengembangan teori baru ini membuat para peserta didik dan harus semakin aktif. Para murid tidak boleh hanya bersikap pasif, melainkan memiliki bagian penting dan berperan sebagai kontributor ilmu pengetahuan.Konsep connectivism mengatakan bahwa guru tidak hanya berperan sebagai penyedia dan pendistribusi ilmu pengetahuan saja. Peran guru lebih besar dari itu yakni sebagai Kurator, Administrator Jaringan, Master Artist hingga Kurator.

Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring

Seorang guru kini tidak hanya memberikan pengetahuan dengan cara konvensional yakni menjelaskan dan murid mendengarkan. Guru memiliki empat peran dalam teori Connectivism.Peran guru sebagai Master Artis dikaitkan seperti seorang pengajar seni, dalam pembelajaran peserta dan pendidik dapat melihat karya masing masing. Hal ini kemudian diaplikasikan dalam metode pembelajaran yang memanfaatkan jaringan.

Platform LMS diibaratkan sebagai studio pada pembelajaran seni, guru bisa menghampiri peserta didik untuk memberikan masukkan. Kemudian murid lain juga bisa mengetahui apa yang disampaikan oleh guru terhadap peserta didik lainnya.Sebagai kurator, guru memiliki peran untuk membantu mengumpulkan dan memilih sumber pembelajaran yang akan membantu murid. Berbagai sumber bisa dikumpulkan seperti gambar, foto, video hingga hasil karya pengetahuan guru itu sendiri.

Berkat adanya jaringan, guru bisa mengumpulkan berbagai sumber tersebut dalam satu file yang bisa diakses oleh murid. Sumber sumber tersebut akan berfungsi sebagai perpustakaan digital yang membantu proses belajar mengajar.Selanjutnya guru juga berperan sebagai “Administrator Jaringan” yang bertugas untuk mendesain bagaimana cara belajar yang efektif. Dengan teknologi yang berkembang, guru dituntut untuk memahami teknologi dan fitur yang ada pada LMS.

Selanjutnya guru tetap memiliki peran sebagai “Concierge” yang akan membantu jika peserta didik mengalami kesulitan. Jika terdapat hal hal yang ingin diketahui oleh murid dalam pembelajaran daring,Peran guru dalam pembelajaran daring sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar mengajar yang berbeda. Dengan perkembangan teknologi yang semakin menantang, baik guru dan murid harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan perubahan yang baik.

Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring

Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh dimana guru dan murid tidak saling bertatap muka secara langsung. Pada umumnya, pembelajaran daring dilakukan di rumah masing masing. Jika murid masih berada di sekolah dasar, pembelajaran daring terasa cukup sulit dan akan ada masanya mereka bosan. Disinilah peran orangtua dibutuhkan untuk membantu dan menemani anak anak agar tetap bisa belajar dengan baik dan nyaman di rumah.Ibu dan ayah harus bekerjasama untuk memastikan pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif. Tugas orangtua ialah untuk memastikan bahwa anak anak bisa menyerap ilmu dengan baik.Berikut ialah peran orangtua ketika anak anak melakukan pembelajaran jarak jauh

  • Memastikan Anak Belajar Dengan Nyaman

Memastikan Anak Belajar Dengan Nyaman - Sekolah Prestasi Global

Peran pertama orangtua ialah memastikan bahwa anak anak bisa belajar dengan nyaman dan aman di rumah. Siapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk belajar online khususnya ialah perangkat elektronik dan jaringan internet yang baik. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan tempat belajar khusus yang nyaman atau menyulap sudut kecil ruangan menjadi tempat belajar alternatif. Jika anak-anak masih berada kesulitan untuk mengakses media pembelajaran daring, maka orang tua dapat membantunya. Terlebih bagi murid TK maupun SD yang belum memahami teknologi dengan baik.

  • Menghubungi Guru dan Pihak Sekolah

Dalam pembelajaran daring, komunikasi antara orang tua, murid dan guru harus tercipta dengan baik. Jika anak masih berusia kecil untuk menghubungi guru, maka orangtua yang harus aktif untuk berkomunikasi dengan pihak sekolah.Misalkan orangtua harus menghubungi guru untuk mengumpulkan tugas harian berupa video maupun tugas lainnya.Tidak ada salahnya untuk membuat grup chat dengan orangtua murid lainnya untuk saling berbagi informasi. Komunikasi yang baik sangat menunjang proses pembelajaran jarak jauh.

  • Memberikan Semangat Ketika Anak Sedang Malas

Wajar jika anak-anak merasa tidak semangat ketika melakukan pembelajaran jarak jauh. Namun, hal ini sebaiknya tidak berlangsung dalam waktu lama karena akan membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif.Sebagai orang tua, Anda harus hadir untuk memberikan mereka semangat untuk belajar dan mengerjakan tugas. Dampingi mereka dan buatlah suasana menyenangkan yang bisa membuat anak-anak kembali bersemangat.

  • Membantu Mengerjakan Tugas

    Membantu Mengerjakan Tugas - Sekolah Prestasi Global

Bukan berarti pembelajaran dilakukan dari rumah lalu murid tidak memiliki pekerjaan rumah seperti sekolah offline. Berbagai tugas tetap diberikan dan murid tetap harus menyelesaikannya.Bantu anak-anak untuk mengerjakan tugas terlebih jika ada hal yang tidak mereka pahami. Dengan dampingan dari orang tua, maka pekerjaan rumah akan terasa lebih ringan.

Buat Belajar Daring Menjadi Lebih Menyenangkan

Tak dapat dipungkiri, belajar daring bagi sebagian murid adalah hal yang membosankan. Namun, jika menemukan cara yang tepat belajar daring tak kalah efektif dan menyenangkan.Berikut ialah beberapa tips yang bisa dilakukan selama masa belajar di rumah

  • Mencatat Materi Dengan Menarik

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memahami materi dengan lebih baik lagi ialah dengan mencatatnya. Namun, tidak sekedar mencatat biasa, murid bisa membuat catatan dengan menarik sehingga materi lebih mudah untuk dipahami.Gunakanlah alat tulis yang berwarna dan memiliki bentuk unik sesuai dengan keinginan. Catatan yang rapi dan menarik akan lebih nyaman untuk dibaca lagi terlebih saat menjelang ujian.

  • Mainkan Peran

Dalam beberapa pelajaran yang memiliki cerita dan karakter, metode roleplay dapat diterapkan sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Misalnya pembelajaran PPKN yang mengajarkan tentang pancasila.Agar lebih memahami seluruh nilai tentang sila tersebut, maka tugaskan murid untuk membuat cerita berdasarkan sila pancasila. Tugas ini bisa melibatkan orang tua maupun murid lainnya dan tetap bisa dikerjakan secara online.Pembelajaran melalui roleplay akan lebih menyenangkan dibandingkan hanya mendengar guru menjelaskan.

  • Buat Permainan

Bagi anak-anak yang masih berada dibangku taman kanak kanak, mendengar kan guru menjelaskan akan membosankan. Tidak sedikit dari murid yang akan langsung merasa bosan padahal pembelajaran baru selesai beberapa saat.Oleh karena itu, guru harus menerapkan metode belajar yang tetap menyenangkan. Permainan tidak harus rumit sehingga bisa dilakukan di rumah masing masing dengan pengawasan orang tua.Permainan yang bisa dilakukan diantaranya ialah dengan menyebut berapa banyak benda kotak yang ada disekitar. Langkah ini juga bisa membuat anak anak mengenali berbagai bentuk yang ada.

  • Minta Murid Bercerita

Selain guru yang berbicara, biarkan murid untuk bercerita mengenai keseharian mereka. Setiap murid bisa bercerita tentang kegiatan yang dilakukan bersama dengan orang tua maupun saudaranya di rumah.Berikan kesempatan seluruh murid untuk bercerita setiap hari sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Misalkan pada setiap pertemuan ada 2 – 3 murid yang bercerita dan biarkan murid lainnya untuk menanggapi cerita tersebut.

  • Membuat Kelompok Kecil

Kelompok kecil dibuat dengan tujuan untuk memberikan rasa tanggung jawab pada setiap murid. Selain itu, pembentukan kelompok kecil juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa kerjasama diantara para murid.Biarkan murid untuk melakukan tugas secara berkelompok dan saling mendapatkan motivasi dari murid lainnya. Lalu, minta murid untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka pada murid lainnya.

  • Menonton Dokumenter Bersama

Saat pembelajaran offline, biasanya guru sering memutar film yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, namun kegiatan menonton film ini tetap bisa dilakukan secara bersama sama.Setelah menonton ajak murid untuk berdiskusi dan memetik nilai dari film yang sudah disaksikan. Metode pembelajaran ini cukup efektif dan menyenangkan sehingga membuat rasa bosan menjadi menghilang.

  • Melakukan Aktivitas yang Sama Meskipun Berjauhan

Jarak bukan alasan untuk tidak bisa beraktivitas bersama sama, untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan maka mulailah dengan cara kreatif. Guru bisa mengajak murid untuk berolahraga maupun menari secara bersama sama.Ajak murid murid untuk mengikuti gerakan yang dilakukan guru dan melakukannya di rumah masing masing, Kegiatan ini tetap menyenangkan walaupun tidak dilakukan dalam satu ruangan yang sama.

Bagi murid TK bisa diajak untuk mewarnai gambar yang bahannya telah dikirim sebelumnya oleh guru. Kerjasama orang tua dan guru harus berjalan dengan baik demi menciptakan proses belajar daring yang menyenangkan.Belajar daring saat ini dilakukan hampir di seluruh sekolah di dunia, kondisi pandemi memaksa setiap orang untuk menjaga jarak. Kegiatan belajar daring permanen bahkan sempat meluas beberapa waktu belakangan ini.

Namun, Kemendikbud memastikan bahwa belajar daring permanen tidak akan diterapkan. Namun, platform pembelajaran online tetap ada dan terus dikembangkan sehingga mengikuti perkembangan zaman.Dalam proses pembelajaran, seluruh elemen harus bekerja sama terutama orang tua, murid dan guru. Dengan mengikuti berbagai contoh pembelajaran daring yang menarik, maka proses pembelajaran akan tetap efektif.

Baca juga :5 Kompetensi dalam Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL)

Apa Itu Belajar Daring

belajar daring merupakan metode pembelajaran yang menggunakan model interaktif dengan memanfaatkan internet dan Learning Management System.

Apa Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring

Seorang guru kini tidak hanya memberikan pengetahuan dengan cara konvensional yakni menjelaskan dan murid mendengarkan. Guru memiliki empat peran dalam teori Connectivism. Peran guru sebagai Master Artis dikaitkan seperti seorang pengajar seni, dalam pembelajaran peserta dan pendidik dapat melihat karya masing masing. Hal ini kemudian diaplikasikan dalam metode pembelajaran yang memanfaatkan jaringan.

Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring

Memastikan Anak Belajar Dengan Nyaman ● Menghubungi Guru dan Pihak Sekolah ● Memberikan Semangat Ketika Anak Sedang Malas ● Membantu Mengerjakan Tugas

 

(Visited 81 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us