Bagikan Artikel Ini:

Pada dasarnya anak adalah salah satu bentuk anugerah Tuhan. Namun setiap anak tentu saja memiliki karakter mulai dari sidat dan keunikan yang berbeda masing – masingnya. Dan begitu juga untuk karakter dan sifat anak pertama, anak tengah, hingga anak bungsu. Bahkan anak tunggal juga memiliki sifat yang sangat berbeda karena mereka memiliki keunikan masing – masing.

Ahli teori mengatakan jika urutan kelahiran seseorang akan sangat mempengaruhi psikologi manusia. Secara singkat dikatakan jika, anak sulung biasanya perhatiannya akan diambil oleh anak kedua yang mana secara permanen akan sangat mempengaruhi kepribadian dari anak pertama itu sendiri. Dan selain itu, anak – anak yang memang lebih muda akan dimanjakan dan anak yang lebih tua biasanya akan menjadi lebih manja yang mana secara permanen akan sangat mempengaruhi kepribadian mereka setiap harinya.

Dan apakah pernah mendengar anak tunggal? Untuk anak tunggal sendiri memang sering sekali di dengar, mereka yang anak tunggal adalah satu – satunya anak yang menjadi penerus keturunan dari sebuah keluarga. Sehingga anak tunggal sendirilah yang akan mewarisi semua kepemilikan orang tua. Anak tunggal sendiri biasanya akan memiliki karakter yang memang dipengaruhi oleh lingkungannya.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa Karakter anak tunggal yang sebenarnya sangat jarang diketahui oleh orang – orang :

1. Hidupnya Teratur dan Sangat Baik Dalam Mengendalikan Emosi

Salah satu hal utama yang dimiliki oleh mereka seorang anak tunggal adalah mereka memiliki hidup yang lebih teratur. Hal ini dikarenakan sebenarnya anak tunggal memang bisa menjadi seseorang yang memiliki hidup teratur dan juga sangat terorganisir hidupnya, dengan catatan ketika orang tua mereka tidak terlalu memanjakan mereka. Ada banyak sekali orang tua yang sangat berhasil dalam mendidik anak tunggal, sehingga secara tidak langsung hal ini tentu saja akan membentuk pribadi anak yang sangat baik jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki saudara kakak atau adik.

Bahkan anak tunggal bukan hanya pandai mengatur hidup namun juga sangat bisa mengendalikan emosi mereka. Emosi dalam psikologi sendiri memang sangat penting karena akan sangat mempengaruhi hidup dan karakter seseorang. Karena anak tunggal sangat terbiasa sendiri dan hanya ada orang tua mereka maka mereka biasanya memiliki pemikiran yang jauh panjang dan sangat sulit disamakan oleh mereka yang memiliki saudara. Dan biasanya anak tunggal akan cenderung sering berpikir mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi tanpa meminta bantuan orang lain.

Hal inilah yang akhirnya membuat anak tunggal saat mereka menyelesaikan masalah akan memiliki jalan penyelesaian yang sangat baik dan berbeda. Mereka bahkan sangat terbiasa bisa mengambil keputusan sendiri dan sama sekali tidak bergantung dengan orang lain. Walaupun kadang – kadang mereka bingung sendiri dan tertekan sendiri.

2. Privasi Mereka Sangat Penting dan Agak Egois

Karena mereka terbiasa sendiri dan orang tua sangat menghargai privasi anak mereka, membuat kepribadian yang dimiliki anak tunggal sangat tertutup dan introvert. Biasanya mereka memiliki privasi yang sangat tinggi karena mereka sangat terbiasa sendiri menempati kamar tanpa harus berbagi dengan orang lain. Bahkan ada banyak orang yang menganggap diri mereka sombong dan agak egois walaupun sebenarnya mengetahui batasan privasi sebenarnya juga sangat penting. Nah, salah satu caranya adalah untuk mengatasi sifat egois ini memang tidak mudah untuk anak tunggal. Karena mereka sangat terbiasa untuk melakukan segala halnya sendiri dan biasanya hanya mendapatkan masukan dari orang tua saja. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab mereka memang agak egois dan merasa dirinya memang harus diutamakan jika dibandingkan dengan orang lainnya.

3. Sangat Memperhatikan Bidang Akademik

Jika anda membicarakan mengenai anak tunggal dalam bidang pendidikan maka ini harus menjadi satu perhatian yang baik. Karena beberapa ahli psikologi menjelaskan jika anak tunggal biasanya memiliki prestasi dalam bidang akademik yang sangat baik bahkan hal ini sangat membanggakan untuk orang tuanya. Fakta anak tunggal ini tidak banyak orang yang menyadarinya. Bahkan jika dalam hal akademik mereka tidak terlihat gemilang namun mereka biasanya akan terlihat sangat baik dalam bidang lainnya daripada anak – anak lain. Hal ini tentu saja didasari dari perhatian dari orang tua mereka yang memang sangat fokus dan hanya terfokus untuk mengajari anak – anak dan perhatian juga lebih berfokus kepada mereka, dengan demikian mereka akan mendapatkan merasa lebih nyaman. Karena anak tunggal biasanya orang tua hanya menggantungkan cita – cita pada anaknya satu-satunya. Dan anak tunggal juga memiliki perhatian yang tidak pernah meleset dan sama sekali tidak terbagi nantinya.

4. Hasil Didikan Orang Tua 

Biasanya anak tunggal biasanya akan memiliki banyak sekali permintaan. Namun jika orang tua mendidiknya dengan sangat baik maka dia akan bisa menjadi anak yang bisa dibanggakan oleh orang tua dan mereka akan memiliki karakter dan kepribadian yang benar – benar sangat baik. Misalnya ketika masih kecil, anak tunggal selalu meminta sesuatu kepada orang tua, namun orang tua tidak selalu memberikannya dengan mudah maka anak tunggal akan belajar sedikit demi sedikit mengenai semuanya.

Dengan cara ini mereka akan belajar jika mereka ingin sesuatu maka mereka tidak bisa dengan instan mendapatkannya. Sehingga mereka akan bersikap apa adanya. Namun jika orang tua salah dalam mengasuh dan mendidik anak maka anak tunggal bisa saja menjadi bumerang sendiri untuk orang tua. Karena pada dasarnya anak tunggal adalah hasil didikan orang tuanya sendiri. Dan sangat jarang anak tunggu mendapatkan didikan dari pengaruh luar.

5. Sangat Mandiri dan Suka Jalan – Jalan

Dalam beberapa riset mengatakan, Karakter anak tunggal sangat suka bepergian. Mereka sangat suka jika mereka bisa menjelajah hal baru dan sama sekali bukan tipe orang yang suka dikekang. Apalagi jika mereka merasa sangat kesepian saat dirumah, maka dengan bepergian dan bersosialisasi adalah cara terbaik untuk mereka. Bahkan tak jarang sebagian besar anak tunggal biasanya akan mengajak orang tua mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Dan teman yang terbaik bagi mereka adalah orang tua mereka sendiri.

Bahkan sebenarnya tidak semua anak tunggal manja, mungkin saja pada saat mereka masih kecil mereka adalah anak yang memang sangat manja, namun seiring dengan berjalannya waktu anak tunggal akhirnya bisa menjadi pribadi yang dewasa. Karena mereka tumbuh dewasa, maka dia taka akan bermasalah jika mereka hanya melakukan kegiatan sendiri. Namun pada saat mereka dengan pasangan, mereka akan menjadi seorang anak yang sangat mandiri dan memberikan perhatian dengan sangat baik dan juga memberikan kenyamanan untuk pasangannya.

Bahkan pada saat mereka sudah dewasa dan mereka harus merawat orang tuanya, maka mereka akan merasa memiliki tanggung jawab yang besar sebagai salah satu anak dari keluarganya, sehingga mereka akan sangat senang merawat orang tuanya. Mereka sangat sadar jika mereka tidak memiliki saudara lain untuk merawat orang tua dan semua harus mereka lakukan sendiri dengan baik. Dengan semua hal ini maka bisa dikatakan jika anak tunggal memang sangat mandiri dan sangat bertanggung jawab sebenarnya.

6. Anak Tunggal Sangat Dekat Dengan Orang Tuanya

Dalam hal seperti ini peranan dalam dari orang tua memang sangat penting, nah karena anak tunggal maka tentu saja mereka bukan hanya mendapatkan pendidikan yang baik, namun mereka juga juga akan sering mendapatkan masukan dari orang tua yang juga merangkap sebagai temannya. Inilah mengapa anak tunggal memang sangat dekat dengan orangtua mereka baik ayah atau ibu. Dan biasanya anak tunggal biasanya akan lebih sering menghabiskan waktu bersama orang tua mereka jika dibandingkan dengan teman, baik itu untuk belajar, makan, bermain dan lainnya.

Karena mereka tidak memiliki saudara, sehingga orang tua adalah tempat mereka untuk bermain dan diajak untuk berbagi banyak hal. Tak heran jika anda seringkali menemukan jika anak tunggal sangat dekat dengan orang tuanya. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang tua terkadang sangat berat untuk melepaskan anak tunggal mereka bepergian, menikah atau pindah rumah ke luar kota dalam waktu yang sangat lama misalnya saat mereka akan menempuh pendidikan di tempat lain.

7. Anak Tunggal Sangat Percaya Diri

Harus anda ketahui juga, jika anak tunggal memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Hal ini karena mereka mendapatkan banyak perhatian dari orangtua mereka. Karena mereka tidak merasa harus mendapatkan perhatian yang terbaik dan bahkan sangat berlebih dari orang tuanya, hal ini membuat anak tunggal biasanya akan merasa lebih nyaman sehingga mereka akan lebih suka dalam mengembangkan potensi dalam diri mereka dan juga memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Dan mereka juga selalu berbicara mengenai hal baik untuk membuat semua orang merasa senang saat berada di dekat mereka.

Faktor Lingkungan dan Cara Pengasuhan Juga Berpengaruh

Walaupun karakter ini memang sangat identik pada anak tunggal, namun sebenarnya sifat dan karakter dari anak tunggal juga biasanya sedikit banyak akan sangat dipengaruhi dengan lingkungan. Karena itu sifat anak tunggal tidak bisa anda samakan. Mengingat pola asuh yang diberikan oleh orangtua memang sangat berbeda. Itulah mengapa tidak semua anak tunggal memiliki sifat yang sama. Untuk itu, ada baiknya untuk orang tua perlu mendidik anak dengan simbang jangan pernah membuat anak berpengaruh dengan keinginan orang tua. lalu jangan pernah mengajarkan anak untuk menerima karena mengajarkan anak untuk berusaha sangat penting sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang mandiri. Mengajarkan tentang perjuangan dan belajar bagaimana rasanya menjadi kalah juga tak kalah penting untuk membuat karakter anak tunggal menjadi lebih baik dimasa depan mereka. Jadi jika anda memiliki anak tunggal, berikan mereka pengajaran yang tepat sehingga di masa depan mereka akan menjadi anak yang tidak mengecewakan dan membanggakan anda sebagai orang tua. Mengingat saat ini di jaman semakin modern semakin banyak orang tua yang memang memiliki keinginan untuk punya anak satu saja atau anak tunggal. Dengan begitu maka pengawasan yang dilakukan haruslah tepat.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah Dan 5 Karakter Yang Harus Ditanamkan Sejak Dini

(Visited 4 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us