Bagikan Artikel Ini:

Masa anak – anak sangat penting melakukan banyak pergerakan tubuh, agar anak bisa berkembang dan bertumbuh dengan baik. Berolahraga merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan oleh anak untuk meningkatkan kesehatan tubuh mereka. Olahraga akan membuat tubuh anak tetap bergerak, dan sistem peredaran darah mereka jadi lancar. Anak yang aktif biasanya sangat suka berolahraga, karena olahraga merupakan sebuah permainan yang memberikan keceriaan dan kebahagiaan untuk anak anak.

Salah satu jenis olahraga yang sangat cocok dimainkan oleh anak anak adalah olahraga basket. Permainan yang menggunakan bola besar ini bisanya mudah dimainkan oleh anak anak, baik untuk anak laki – laki maupun anak perempuan. Seorang anak tidak perlu memiliki skill atau kemampuan khusus untuk bermain basket. Jika anak menyukai permainan basket, maka bisa dipastikan permainan ini mudah dikuasai oleh anak anda. Sama seperti olahraga lainnya, basket merupakan olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi anak. Berikut ini 5 manfaat permainan bola basket untuk anak anak.

5 Manfaat Berolahraga Basket Untuk Anak

Photo by Edgar Chaparro on Unsplash

 

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular Anak

Salah satu manfaat yang akan diperoleh anak dengan rutin bermain basket adalah kesehatan kardiovaskular anak akan ditingkatkan dengan sangat baik. kardiovaskular berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Seorang anak yang rutin bermain basket akan memiliki kesehatan jantung yang baik, karena olahraga basket menuntut banyak lagi dan juga lompatan. Dengan rutin bermain basket maka jantung akan memompa darah dengan lebih kencang dan stabil. Hal ini akan membuat sistem peredaran darah berjalan dengan baik. Penyakit kardiovaskular biasanya terjadi pada orang dewasa. Tetapi saat ini sudah banyak kasus yang menimpa orang muda, bahkan juga anak anak. oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka sangat dianjurkan sejak dini anak – anak berolahraga dengan rutin.

Basket merupakan salah satu olahraga yang bisa mengatasi hal tersebut dengan baik. Salah satu alasan mengapa basket sangat cocok karena olahraga ini tidak membutuhkan tempat bermain yang begitu luas. Anda hanya perlu menyiapkan lahan seluas 3 x 3 meter saja, lalu menaruh ring basket di salah satu sisinya. Permainan basket juga asik dimainkan seorang diri, jadi saat anak di rumah sendiri dia tetap bisa berolahraga dengan baik . Oleh karena itu sebaiknya ajak anak anda untuk bermain basket sejak usia dini agar manfaatnya bisa dirasakan saat sudah dewasa nanti.

2. Mempercepat Pertumbuhan Tulang Anak

Masa anak anak merupakan masa pertumbuhan, oleh karena itu sangat penting mempercepat pertumbuhan tersebut dengan berolahraga. Semakin banyak pergerakan yang dilakukan oleh anak maka semakin cepat juga pertumbuhan tulang anak. Para ahli menyarankan bahwa olahraga basket merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang. Basket merupakan olahraga yang menuntut banyak gerakan dan juga lompatan. Ring basket untuk anak – anak memang tidak terlalu tinggi. Namun untuk ukuran anak – anak tetap saja untuk memasukkan bola ke ring basket tersebut seorang anak harus melompat. Semakin sering anak melompat maka peregangan tubuh mereka juga akan semakin baik.

Pertumbuhan tulang anak akan berlangsung dengan cepat, dan hal ini akan membuat mereka memiliki tubuh yang atletis. Jika anda ingin memiliki anak yang memiliki tubuh tinggi dan atletis, maka basket merupakan olahraga yang cocok untuk mewujudkannya. Tentu saja olahraga saja tidak cukup. Anda juga harus membekali anak dengan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Berikan anak konsumsi makanan yang memiliki protein tinggi serta kaya vitamin agar pertumbuhannya bisa berlangsung baik dan cepat. Gizi yang seimbang dipadukan dengan olahraga yang baik seperti basket akan membuat anak anda memiliki pertumbuhan tulang yang cepat.

3. Meningkatkan Stamina dan Membangun Kekebalan Tubuh Anak

Manfaat lain yang juga akan anak dapatkan dengan rutin bermain basket adalah anak akan memiliki stamina yang kuat serta sistem imun tubuh yang kuat pula. Anak yang sering bermain basket pasti memiliki tubuh yang sehat tidak mudah terserang penyakit. Setelah bermain basket mungkin anak akan merasa kelelahan, karena permainan ini membutuhkan banyak energi. Namun hal tersebut akan memberikan dampak yang positif untuk tubuh, karena stamina yang dimiliki anak akan semakin meningkat. Dengan rutin bermain basket maka asupan energi yang diserap oleh tubuh anak juga semakin banyak. Dengan memiliki stamina yang kuat dan sehat, maka anak akan lebih kuat menjalani aktivitas sehari hari mereka. Dan juga lebih ceria setiap harinya.

Jika anak anda memiliki sistem imun yang rendah, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan rutin bermain basket. Olahraga yang satu ini akan membuat kekebalan tubuh anak menjadi meningkat. Saat berolahraga, seluruh racun dan sampah di dalam tubuh akan dikeluarkan dengan cepat. Saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, di situ lah proses pelepasan seluruh racun dari tubuh. Dengan keluarnya racun dan kotoran dari tubuh, maka tubuh akan jauh lebih sehat dan terbebas dari segala jenis penyakit. Saat bermain basket juga memberikan sensasi bahagia bagi tubuh dan pikiran. Perasaan yang bahagia tersebut akan membuat sistem imun tubuh menjadi semakin kuat, dan efektif melawan seluruh bakteri jahat pada tubuh.

4. Mengembangkan Kekuatan Otot Anak

Permainan basket juga menuntut banyak penggunaan otot pada tubuh, khususnya pada otot kaki dan lengan. Saat bermain basket maka anak akan dituntut berlari dan beradu fisik dengan lawan. Hal ini tentu sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot anak. Saat berlari atau melompat, seluruh otot yang terdapat pada kaki akan ikut bekerja. Otot yang kuat akan membuat anak tidak mudah cedera serta memiliki kekuatan fisik yang tangguh. Otot betis, otot paha belakang, otot paha depan, dan juga otot gluteus maximus akan bekerja dengan maksimal saat bermain basket. Dengan menguatnya otot tersebut maka pertumbuhan anak juga akan semakin baik.

Selain otot kaki, olahraga basket juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot tangan. Saat anda mendribel bola atau melakukan shooting, seluruh otot yang berada di tangan juga bekerja secara maksimal. Jadi bisa dibilang bahwa permainan basket tersebut sangat bagus digunakan untuk meningkatkan massa otot pada anak. Selain otot kaki dan otot tangan, otot perut juga berkembang dengan baik jika rutin bermain basket.

5.  Meningkatkan Kecerdasan Anak

Selain memberikan kesehatan pada tubuh dan mempercepat proses pertumbuhan, olahraga basket juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena olahraga basket bukan hanya mengandalkan kekuatan fisik saja tetapi juga menuntut kecerdasan pikiran. Saat bermain basket strategi permainan diperlukan untuk memenangkan permainan. Anak tidak boleh hanya asal melempar bola saja, tetapi harus bisa mengelabui lawan agar bisa memenangkan permainan dengan mudah. Dengan rutin bermain basket maka anak akan dilatih untuk menerapkan strategi dengan cermat dan berpikir cerdik selama permainan berlangsung.

Selain mencerdaskan pikiran permainan basket ini juga sangat cocok untuk menumbuhkan sikap sportif pada diri anak dan juga meningkatkan kerja sama tim. Setiap permainan basket pasti ada pemenang dan ada yang kalah, namun tentu saja setiap kemenangan harus diraih dengan cara yang sportif. Dengan melatih anak bermain basket sejak kecil, maka sikap sportif pada diri anak akan tumbuh dengan baik dan juga kemampuan kerja sama tim-nya juga akan bertumbuh dengan baik. Kemampuan kerja sama tim yang baik tersebut akan sangat bermanfaat saat anak tersebut sudah dewasa kelak.

Cara Melatih Anak Jago Main Basket

 

Anak anak biasanya memiliki minat yang sangat banyak, dan belum tentu kemauannya untuk menekuni satu bidang olahraga begitu baik. Jika anak anda tidak suka bermain basket maka jangan pernah paksakan kemauan terhadap anak, karena hal ini bisa memberikan dampak negatif bagi anak. olahraga lain juga memiliki manfaat yang sama seperti basket. Jika anak anda memang menyukai permainan basket, maka sejak dini anda bisa melatih anak agar pandai bermain basket. Bisa saja kelak anda anda bisa bertumbuh menjadi seorang pemain basket profesional. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan anak bermain basket.

1. Ajari Anak Pelajaran Dasar Terlebih Dahulu

Salah satu hal yang sangat penting diajarkan untuk anak agar bisa menguasai basket dengan cepat adalah dengan mengajarkan ilmu dasar terlebih dahulu. Dasar yang kuat akan memudahkan anak anda menguasai permainan basket. Contoh contoh materi dasar yang sangat penting dipelajari seperti sikap tubuh yang benar saat bermain basket, cara dribble bola, cara menggiring bola, cara shooting, cara berlari sambil membawa bola, dan hal lainnya. Jika anak anda sudah menguasai materi dasarnya dengan baik maka langkah selanjutnya yang perlu diterapkan adalah mengasah skill dan keterampilan.

2. Jadikan Basket Sebagai Kesenangan dan Hiburan

Sangat penting untuk mengajarkan kepada anak untuk bermain basket dengan penuh suka cita. Sebaiknya hal utama yang perlu dicari dalam permainan basket adalah hiburan. Jika anda bahagia saat bermain basket maka bisa dipastikan bahwa permainan tersebut akan cepat dikuasai. Tetapi jika anak bermain basket karena paksaan maka bisa saja anak benci bermain basket dan tidak mau menguasainya dengan takut. Oleh karena itu pastikan anak bahagia dengan olahraga yang dimainkannya, dan ajari dia dengan baik .

3. Tingkatkan Intensitas Latihan

Cara paling efektif untuk mengasah kemampuan anak anda dalam bermain basket adalah dengan rajin berlatih. Semakin sering anak berlatih maka tentu kemampuannya juga semakin meningkat. Tetapkan jadwal latihan yang intens agar skill dan kemampuan anak terasah dengan baik. Dengan rajin bermain basket bukan hanya bagus untuk meningkatkan kemampuan anak, tetapi juga membuat tubuh anak jadi lebih sehat dan lebih kuat. Olahraga basket merupakan salah satu permainan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anak.

4. Ajak Anak Mengikuti Kompetisi Basket

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengasah kemampuan anak anda dalam bermain basket adalah dengan mengikutsertakannya dalam kompetisi atau kejuaraan basket. Melalui kompetisi tersebut, maka anak akan semakin semangat berlatih basket. Motivasi dari dalam diri merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kemampuan. Itu lah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat anak jadi jago bermain basket serta manfaat olahraga basket untuk anak.

Sebutkan 5 Manfaat Berolahraga Basket Untuk Anak!

5 Manfaat Berolahraga Basket Untuk Anak, yaitu : 1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular Anak 2. Mempercepat Pertumbuhan Tulang Anak 3. Meningkatkan Stamina dan Membangun Kekebalan Tubuh Anak 4. Mengembangkan Kekuatan Otot Anak 5. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Bagaimana Cara Melatih Anak Jago Main Basket?

Cara Melatih Anak Jago Main Basket : • Ajari Anak Pelajaran Dasar Terlebih Dahulu • Jadikan Basket Sebagai Kesenangan dan Hiburan • Tingkatkan Intensitas Latihan • Ajak Anak Mengikuti Kompetisi Basket

Apakah benar ketika anak mengikuti olahraga basket bisa Mempercepat Pertumbuhan Tulang Anak?

Masa anak anak merupakan masa pertumbuhan, oleh karena itu sangat penting mempercepat pertumbuhan tersebut dengan berolahraga. Semakin banyak pergerakan yang dilakukan oleh anak maka semakin cepat juga pertumbuhan tulang anak. Para ahli menyarankan bahwa olahraga basket merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang. Basket merupakan olahraga yang menuntut banyak gerakan dan juga lompatan. Ring basket untuk anak – anak memang tidak terlalu tinggi. Namun untuk ukuran anak – anak tetap saja untuk memasukkan bola ke ring basket tersebut seorang anak harus melompat. Semakin sering anak melompat maka peregangan tubuh mereka juga akan semakin baik. Pertumbuhan tulang anak akan berlangsung dengan cepat, dan hal ini akan membuat mereka memiliki tubuh yang atletis. Jika anda ingin memiliki anak yang memiliki tubuh tinggi dan atletis, maka basket merupakan olahraga yang cocok untuk mewujudkannya. Tentu saja olahraga saja tidak cukup. Anda juga harus membekali anak dengan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Berikan anak konsumsi makanan yang memiliki protein tinggi serta kaya vitamin agar pertumbuhannya bisa berlangsung baik dan cepat. Gizi yang seimbang dipadukan dengan olahraga yang baik seperti basket akan membuat anak anda memiliki pertumbuhan tulang yang cepat.

 

(Visited 134 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us