Bagikan Artikel Ini:

Selain untuk digunakan orang dewasa dalam berekspresi, pantun juga sering digunakan oleh anak-anak dalam mengekspresikan kebahagiaan mereka. Pantun anak sendiri merupakan pantun yang dibedakan berdasarkan umur. Tentunya pantun anak sendiri diperuntukkan untuk anak-anak ada banyak contoh pantun anak-anak yang bisa anda temukan di internet.

Apa itu pantun?

Sebelum membahas apa saja contoh dari pantun tersebut, apakah anda sudah tahu apa pengertian dari pantun? Nah pantun sendiri merupakan salah satu jenis puisi lama yang sudah terkenal sejak jaman dulu dalam bahasa nusantara. Secara harfiah, kata pantun sendiri berasal dari bahasa minangkabau yang mempunyai arti penuntun.

Di kawasan lain di nusantara, penyebutan pantun ini pun berbeda-beda. Sebagai contohnya di daerah jawa dikenal dengan sebutan parikan. Sementara di jawa barat dikenal dengan paparikan. Sedangkan di umpasa dikenal dengan sebutan batak.

Pantun sendiri umumnya juga mempunyai beberapa ciri-ciri dasar dimana setiap pantun terdiri dari empat larik yang terdiri dari 8 hingga 11 suku kata. Sajak akhirnya juga harus mempunyai pola. Seperti pola ab-ab atau pola aaa dan lainnya. Pada awal perkembangannya, pantun ini sendiri hadir dalam sastra tertulis, tetapi seiring dengan adanya perkembangan jaman, terdapat juga pantun tertulis.

Bukan hanya itu saja, pantun sendiri, pantun ternyata juga mempunyai ciri khusus dimana tidak ada nama penggubahnya. Hal ini bukan tanpa alasan karena penyebaran dari pantun yang dilakukan dengan cara lisan. Isinya sendiri terdiri dari sampiran serta isi. Sampiran merupakan dua baris pertama. Sedangkan dua baris terakhir merupakan tujuan yang terkandung dalam pantun tersebut.

Fungsi dan peran pantun 

Seiring dengan adanya perkembangan zaman, pantun pun juga sudah hadir dalam bentuk lain seperti adanya karmina dan talibun. Karmina sendiri merupakan pantun versi paling pendek yakni terdiri dari 2 baris saja. Sedangkan untuk talibun sendiri merupakan pantun yang terdiri dari enam baris atau lebih. Juga dikenal dengan pantun versi panjangnya.

Pantun sendiri juga mempunyai peran yang cukup penting dalam kehidupan. Terutama untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam menjaga alur pikiran yang ada di dalam kepalanya. Selain itu, pantun juga bisa membantu seseorang untuk berfikir asosiatif dimana membuat satu kata saling mempunyai keterkaitan dengan kata-kata yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, pantun sendiri ternyata juga mempunyai fungsi social yang sangat penting. Hal ini bukan tanpa alasan sebab seseorang yang mempunyai kemampuan untuk berpantun maka jauh lebih dihargai. Di samping itu, pantun juga bisa menunjukkan bagaimana kecepatan seseorang dalam berfikir memainkan kata.

Terakhir, fungsi pantun yang lainnya adalah untuk memperkuat adanya penyampaian pesan. Kedekatan antara nilai sosial yang terdapat pada pantun sendiri bermula dari filosofi yang dihadirkan yakni ada berpantun, pantang melantun. Hal ini tidak lain karena pantus juga berhubungan dengan nilai sosial bukan hanya semata sebagai bentuk imajinasi seseorang saja.

Jenis-jenis pantun anak

Sebenarnya terdapat beberapa jenis pantun yang ada saat ini. Salah satunya adalah seperti yang sudah kita bahas sebelumnya yakni pantun anak. Pantun anak ini menjadi salah satu pantun yang sangat populer terutama digunakan untuk anak-anak dalam berekspresi. Adapun pantun anak ini dibagi menjadi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pantun adat 

Jenis pantun anak-anak yang pertama adalah pantun adat. Pantun ini sendiri merupakan jenis pantun yang berisi mengenai hal yang mempunyai keterkaitan dengan adat maupun budaya.

2. Pantun agama

Sedangkan untuk pantun agama sendiri biasanya terdiri dari nasihat-nasihat kehidupan yang berhubungan dengan pemahaman mengenai agama

3. Pantun budi 

Berikutnya ada jenis pantun budi. Di sekolah-sekolah dasar pantun budi ini menjadi pantun anak-anak SD yang kerap diajarkan oleh para guru. Yang mana pantun ini sendiri berisi mengenai nasihat agar bisa melakukan hal yang baik.

4. Pantun jenaka

Pantun jenaka ini merupakan salah satu pantun yang paling banyak digemari oleh anak-anak karena isi dari pantun jenaka ini pun berfungsi untuk menghibur para pembaca ataupun pendengarnya. Pantun 9ini sendiri ternyata juga kerap digunakan oleh masyarakat untuk membuat sindirian ataupun untuk membuat keakraban makin intens.

5. Pantun teka-teki 

Masih ada jenis pantun lainnya yang terdapat didalam pantun anak yakni pantun teka-teki. Sesuai dengan namanya, tentu anda sudah bisa menebak bagaimana isi dari pantun ini bukan? Ya pantun ini sendiri berisi tentang teka-teki yang harus dipecahkan oleh para pendengar

Manfaat pantun untuk anak-anak 

ada banyak contoh pantun anak-anayang bisa anda ketahui memang. Tetapi dibalik itu semua, pantun ternyata juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk anak-anak loh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak=anak dengan mengajarkan mereka bermain pantun.

1. Mengajarkan keterampilan pendengaran 

Manfaat pertama yang akan didapatkan oleh anak-anak dari pantun adalah bisa mengajarkan keterampilan pendengaran yang mereka miliki. Serta akan membantu anak-anak untuk lebih mengapresiasi irama serta saja. Dengan cara inilah maka perkembangan memori dan keterampilan kognitif anak akan terasah dengan baik.

2. Membantu anak untuk mudah belajar membaca

Banyak penelitian yang dilakukan apabila keberadaan pantun ini sendiri ternyata juga akan membantu anak-anak dalam belajar membaca. Sedang mengenalkan kata kata yang berirama, maka seorang anak akan lebih mudah dalam mengenal dan membaca huruf-huruf yang dilihatnya tersebut.

3. Bisa mengembangkan keterampilan memori auditori 

Secara tidak langsung kegiatan membuat sajak pantun ini pun juga akan membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan memori auditori karena anak akan bekerja keras untuk bisa mengingat sajak dalam pantun. Dengan mengajarkan anak berpantun maka akan meningkatkan kemampuan anak-anak dalam berbicara.

4. Bisa membantu untuk menghafal lebih cepat 

Apakah anda ingin anak anda bisa menghafal dengan cepat? jika demikian maka anda bisa mengajari anak anda dalam berpantun. Hal ini bukan tanpa alasan sebab dengan berpantun maka akan membantu anak anda untuk bisa menghafal kata-kata lebih cepat. untuk itulah, jika waktu senggang, anda bisa mencoba untuk mengajari anak anda berpantun

5. Bisa meningkatkan kemampuan acting 

Karena berpantun menggunakan irama maka secara tidak langsung dengan berpantun akan mengajarkan anak untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berakting. Cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan akting anak-anak adalah dengan cara mengambil beberapa contoh pantun kemudian gunakan sebagai game yang seru.

6. Meningkatkan imajinasi anak 

Terakhir, pantun juga bisa meningkatkan kemampuan imajinasi anak. Hal ini bukan tanpa alasan karena untuk membuat pantun, anda bisa menggunakan berbagai macam hal seperti sepatu, pohon dan lainnya. Selain itu, dengan menggunakan pantun inilah akan membantu anak anda untuk mempunyai selera humor yang tinggi. Hal ini tidak lain karena banyak contoh pantun anak-anak lucu

Contoh pantun anak-anak 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya memang ada banyak contoh pantun anak-anak yang bisa anda temukan. Berikut ini beberapa contoh pantun anak yang wajib untuk anda baca terutama untuk mengajarkan anak anda dalam berpantun.

Pantun anak lucu 

Contoh pantun untuk anak-anak yang pertama adalah pantun anak-anak lucu. Pantun ini sendiri sangat cocok bagi anak-anak yang mempunyai selera humor yang tinggi. Dengan pantun lucu inilah maka pesan yang terkandung didalam pantun ini bisa diterima oleh anak-anak dengan mudah. Adapun ciri-ciri dari pantun jenaka ini adalah dibumbui dengan kata-kata lucu yang dijamin akan selalu diingat oleh anak-anak.

Langsung saja berikut ini beberapa contoh pantun anak-anak lucu yang wajib anda baca

  1. Biar sehat ayo kita sena
    Jika tidur mendengarkan dongeng
    Lihat anak kelas enam
    Sudah besar tapi cengeng
  1. Baju batik ada di kolong
    Kamu cantik tetapi ompong
  1. Buah kelapa dan buah lontar
    Jatuh terlindas oleh roda motor
    Walau otaknya pintar
    Tapi ada di tempat yang kotor
  1. Harimau mengaum dengan sombong
    Menghina hewan yang jelek
    Masih kecil giginya ompong
    Mirip dengan nenek-nenek
  1. Beli kecap namanya Bango
    Disusun dengan berjalar-jalar
    Clingak clinging polongan plongo
    Akibat anak malas belajar
  1. Kancil melompat katak heran
    Katak lompat pelan-pelan
    Sebentar lagi kita liburan
    Ingin aku jalan-jalan
  1. Hujan turun rintik-rintik
    Membasahi badan hewan rusa
    Percuma kamu berwajah cantik
    Tapi menjadi anak manja
  1. Selalu menang tidak kalah
    Kancil selalu jadi juara
    Pantun jenaka anak sekolah
    Untuk anak Indonesia
  1. Jika petang suasana sepi
    Hanya angin yang menderu
    Ada juga karapan sapi
    Sapi balapan tambah seru
  1. Kancil lompat lewat kawat
    Hendak lari membeli jajan
    Sapi siapa yang paling kuat
    Itulah sapi mbah marijan
  1. Menanam pinang rapat-rapat
    Jangan dicabut dengan tangan
    Larinya sapi amat cepat
    Penunggang jatuh di kubangan
  1. Pohon pinang besar di pangkal
    Tempat memanjat hewan kukang
    Penontonnya terpingkal-pingkal
    Celananya penunggang melorot ke belakang
  1. Dulang bukan sembarang dulang
    Dulang besar sebesar rantang
    Bolang bukan sembarang bolang
    Bolang pemberani menyerang pantang.
  1. Harus sekali manga kueni
    Petik langsung dari lahan
    Teman-teman semua berani
    Loncat ke danau basah-basahan
  1. Sudah tinggi pohon enau
    sudah terbang burung pelikan
    berpetualang ke sisi danau
    berenang gembira depan ikan
  1. Lumba-lumba ikan pintar
    Pandai bermain lingkaran api
    Jika sudah tumbuh besar
    Harus taat mami papi
  1. Si kancil mencuri timun
    Timun hijau warna kulitnya
    Jangan sering kamu melamun
    Nanti bisa menjadi pelupa
  1. Ke pasar lama menanti
    Tunggu ibu beli terasi
    Jadilah anak yang baik hati
    Agar nanti bisa berprestasi
  1. Kalau ada lalat di dahi
    Jangan kau ia campaki
    Buat apa engkau berkelahi
    Lebih baik saling berbagai
  1. Di pasar ada pepesan
    Sudah besar malah ingusan
  1. Baju batik ada di kolong
    Kamu cantik tetapi ompong
  1. Beli penggaris dari mika
    Cicak menatap hati merenung
    Kemana yang kamu suka
    Liburan ke pantai atau gunung?
  1. Kancil lompat lewat kawat
    Hendak lari membeli jajan
    Sapi siapa yang paling kuat
    Itulah sapi mbah marijan
  1. Memang kancil kakinya luka
    Ia bercerita pada si rangkok
    Delman banyak yang suka
    Kuda berjalan lenggak-lenggok
  1. Mangga gedong mangga cengkir
    Kayu jati bagusnya diukir
    Jika kamu suka kikir
    Orang-orang akan menyingkir.
Contoh pantun agama 

Selain contoh pantun anak-anak lucuada juga pantun agama untuk anak-anak. Pantun ini sendiri berisi mengenai nilai-nilai dalam pemahaman agama khususnya dalam agama islam. Hal ini bukan tanpa alasan karena pantun sendiri memang mempunyai keterkaitan yang erat dengan agama islam. Nah, jika anda ingin mengajarkan anak anda agama melalui pantun, maka anda bisa mencoba untuk memperdengarkan anak-anak dengan pantun dibawah ini.

  1. Rumah kampung ada tangga
    Dari kayu dinding tiangnya
    Ayah bekerja sekuat tenaga
    Agar keluarga hidup bahagia
  1. Suara ramai hingar bingar
    Berkumpul karena suatu acara
    Bila adzan telah terdengar
    Siapkan diri dengan segera
  1. Hujan lebat baru reda
    Teak terdengar suara petir
    Sholat adalah ibadah pembeda
    Pembeda mukmin dari yang kafir
  1. Akan kering sungai eufrat
    Itulah tanda akan kiamat
    Jika tidak tunaikan sholat
    Di neraka Saqor akan bertempat
  1. Kalau sore main layangan
    Pagi hari pergi berenang
    Bangun pagi jangan kesiangan
    Tunaikan subuh hatipun tenang
  1. Pohon beringin sangat rimbun
    Tertiup angin dahannya goyang
    Dari usia tujuh tahun
    Ajaklah anak untuk sembahyang
  1. Hari panas makan manga
    Makan bersama dengan tetangga
    Adab mulia amat berharga
    Akan ditempatkan ke dalam surge
  1. Warna hijau bola kasti
    Hijau layaknya daun ubi
    Rendah hati sudahlah pasti
    Itulah akhlak dari para nabi
  1. Air banyak di tangki
    Kain sobek pakai peniti
    Jangan simpan iri dan dengki
    Jadi penyesalan di hari nanti
  1. Bila dingin mari berdiang
    Minum hangat jangan kurang
    Mari tunaikan sembahyang
    Lima waktu jangan kurang
  1. Panas bara usah ditanya
    Kue talam matang karenanya
    Sopan bicara akhlak mulia
    Agama islam mendidik jiwa
  1. Batang kurus kayu jati
    Tumbuh mawar dan setanggi
    Ilmu harus mengisi hati
    Dengan ilmu derajat tinggi
  1. Baju kumal tersangkut jarring
    Beli ketupat pergi ke pasar
    Ilmu dan amal jalan beriring
    Agar mendapat untung besar
  1. Air cuka campur pasta
    Terkena mata jadi luka
    Jangan suka berkata dusta
    Dusta mendekatkan pada neraka
  1. Ikan pari di selokan
    Akan mati kurang makan
    Didik diri jadi dermawan
    Sedekah jariyah sebagai bekalan
  1. Tanam kacang di pagi hari
    Tubuh enam layu sebatang
    Keburukan orang jangan dicari
    Bila kalian sedang puasa
  1. Beli komputer itu biasa
    Agar belajar lebih semangat
    Mari kita belajar puasa
    Agar kita jadi kuat
  1. Pergi ke pasar membeli sapu
    Tidak sengaja menginjak duri
    Jangan lupa sholat lima waktu
    Di sela kegiatan sehari-hari
  1. Para petani memanen padi
    Saat di sawah melihat batu
    Ingatlah allah setiap hari
    Dengan sholat lima waktu
  1. Jalan-jalan beli buah tomat
    Sebelum dimakan harus dikupas
    Hai teman mari kita sholat
    Agar kita jadi orang yang cerdas
  1. Jangan terbang tinggi-tinggi
    Nanti dapat terjatuh ke bawah
    Ayo sholat guna meluruskan hati
    Didalam ibadah untuk turuti sunnah
  1. Buah nanas dibelah-belah
    Dimakan sebagai pelepas dahaga
    Ikuti firman Allah
    Agar bisa masuk ke surge
  1. Berlibur ke kota mekah
    Menginap semalam di kuala Muda
    Solat itu perintah
    Jika ditinggal masuk neraka
  1. Depan rumah pohon mangga
    Sebelahnya ada pohon suji
    Jika ingin masuk surga
    Jangan lupa untuk mengaji
  1. Sandal sepatu di kaki
    Belinya jauh di Jakarta
    Jangan lah kau iri dan dengki
    Agar tidak masuk neraka
  1. Membeli anting juga kalung
    Jika dipakai terlihat mengkilap
    Kepada allah tempat bergantung
    Kepada nabi tempat mengucap.

Contoh pantun anak-anak SD

Adapun contoh pantun lainnya untuk pantun anak-anak sd yang bisa anda ajarkan kepada anak-anak anda. Selain jenis-jenis pantun diatas, anda juga bisa mengajarkan pantun yang berisi tentang nasihat-nasehat kepada anak anda. Melalui pantun inilah nasehat yang akan anda sampaikan bisa dipahami oleh anak anda dengan mudah.

Berikut ini beberapa contoh pantun anak-anak yang bisa anda pelajari bersama dengan anak anda

  1. Cantik sekali wajah pengantin
    Banyak hati yang tertambat
    Pergi sekolah harus rajin
    Penuh semangat agar hebat
  1. Bukit tinggi bertingkat
    Sebagai anugerah dan rahmat
    Meski jauh tetap berangkat
    Kami doakan agar kau selamat
  1. Tidur siang diatas dipan
    Mata terpejam karena lelah
    Peganglah tiket masa depan
    Tiketmu berada di sekolah
  1. Tidur bayi di ayunan
    Ayunan yang kecil dari papan
    Sekolah adalah perjuangan
    Untuk meraih masa depan
  1. Pahit manis terasa di lidah
    Banyak pikiran di kepala
    Belajar adalah ibadah
    Di sisi allah ada pahala
  1. Lari cepat si gundala
    Tuk mengejar laju kereta
    Memang akan banyak kendala
    Dalam menggapai cita-cita
  1. Bangau turun ke rawa
    Terbang menuju kebun salah
    Ibu bapak berdoa
    Semoga dirimu sukses kelak
  1. Sungguh indah pulau pinang
    Banyak kola jug ataman
    Bangun pagi hati senang
    Pergi sekolah bertemu teman
  1. Gemuruh suara air arungan
    Berkelok sungai ke ujung desa
    Jika guru sedang menerangkan
    Dengarkanlah olehmu seksama
  1. Buah duku talang betutu
    Beli sekolo untuk arisan
    Sama teman saling bantu
    Itulah tanda kamu murid budiman
  1. Ayahku seorang petani
    Punya sawah punya lading
    Mari belajar hari ini
    Agar masa depan lebih gemilang
  1. Pergi memancing saat fajar
    Pulang siang membawa ikan
    Siapa yang rajin belajar Jadi orang sukses kemudian
  1. Ada anak kecil main batu
    Batu dilempar masuk ke sumur
    Belajar itu tak kenal waktu
    Juga tidak kenal umur
  1. Ikut lomba tapi kalah
    Pulang dengan hati yang kesal
    Saat muda rajin sekolah
    Agar tua tidak menyesal
  1. Liburan seru ke kota Blitar
    Tak ingin pulang terburu-buru
    Jika diri jadi pintar
    Maka terimakasih kepada guru
  1. Benih padi sedang di tebar
    Burung mematuk sedang dikejar
    Ayahku memang sangat penyabar
    Jadilah akau suka belajar
  1. Pergi ke sawah menanam padi
    Sawah dibajak dengan sapi
    Jadi anak yang baik hati
    Tentu tahu balas budi
  1. Si kancil mencuri timun
    Tunggu ibu beli terasi
    Jadilah anak yang baik hati
    Agar nanti bisa berprestasi
  1. Pakai payung saat hujan
    Kena baju pasti basah
    Kalau ingin lulus ujian
    Rajin belajar pantang menyerah
  1. Kencing manis berbulu legam
    Lebih hitam dari jelaga
    Budaya kita sungguh beragam
    Mari kita bersama jaga
  1. Makan sapi perah
    Hasil peras sangat susah
    Pagi hari ke sekolah
    Sore hari ke madrasah
  1. Mentari yang bersinar
    Mengkilau pancarkan sinar
    Jadi murid harus rajin belajar
    Agar jadi murid pintar
  1. Jika ingin makan kelapa
    Kupas kulit sampai tak tersisa
    Kalau ingin dapat juara
    Belajarlah dan jangan menyerah
  1. Pergi ke pasar beli tahu
    Jangan lupa beli kuaci
    Jika kalian mampu
    Jangan lupa pergi berhaji
  1. Berenang bertemu ubur-ubur
    Jangan engkau melempar tomat
    Jika anda ingin jadi haji mabrur
    Rajinlah ngaji dan sholat

Contoh pantun anak-anak dan maknanya

Jika sebelumnya sudah ada contoh pantun anak-anak SD yang lucu hingga agama, berikut ini juga ada contoh pantun anak-anak dan maknanya. Dengan mengetahui bagaimana makna dari pantun anak-anak tersebutlah maka anda bisa memberikan pemahaman terhadap anak-anak anda

  1. Keluar kota menjual tabung
    Tabung dijual lalu dibeli lagi
    Jangan lupa rajin menabung
    Agar kau kelak tidak merugi

Arti dari pantun diatas adalah berisi tentang nasehat yang menganjurkan anda untuk menabung dan mendapatkan deretan keuntungan dari menabung tersebut. Dibandingkan menggunakan uang untuk hal yang tidak penting maka akan lebih baik apabila anda menggunakan uang anda tersebut untuk simpanan agar tidak merasa kesusahan saat esok hari

  1. buah kenari dan buah mangga
    di dalam karung ada sepuluh
    agar orang tua bangga
    jadilah kamu anak penurut

maksud dari pantun diatas adalah diperuntukkan untuk anak-anak. Isi pantun tersebut adalah mengajak anak-ana untuk selalu patuh terhadap orangtua. Sebagai contohnya jika orangtua meminta kita untuk belajar maka sebaiknya anda juga harus segera belajar agar bisa membanggakan kedua orang tua anda.


  1. Mainan baru membuncah hati
    Mainan rusak adik tangisi
    Berilmu itu harus rendah hati
    Semakin merunduk tanda kau berisi

Maksud dari pantun ini adalah mengingatkan anda mengenai adab-adab dalam berilmu. Maksudnya jika seorang yang mempunyai ilmu maka akan memiliki kerendahan hati dimana tidak akan menyombongkan diri. Hal ini pun bisa diibaratkan layaknya tanaman padi dimana makin berisi maka semakin merunduk.

  1. Makan soto ditambah kecap
    Sambil melamun dan menerka-nerka
    Selalu hati-hati dalam berucap
    Agar hati orang tidak terluka

Maksud dari pantun ini berisi nasehat untuk selalu menjaga perkataan anda terhadap orang lain. Hal ini tidak lain karena anda tidak akan pernah tahu apakah setiap kata-kata yang anda ucapkan tersebut akan membuat orang lain bersedih ataukah bahagia. Untuk itulah sebelum berucap anda harus menyaring kata-kata anda terlebih dahulu.

  1. Nelayan laut enjual tuna
    Terjual banyak tidak terkira
    Jika hati teman gundah gulana
    Dihibur saja agar riang gembira

Maksud dari pantun yang satu ini adalah ajakan untuk menghibur sahabat anda yang tengah tertimpa musibah atau bersedih hati yakni bisa dilakukan dengan cara menghibur mereka agar bisa tersenyum kembali. Pantun ini pun juga mengajak kepedulian terhadap sesama.

  1. Tukang kayu mencari pau
    Tukang bicara mencari kata
    Hendaklah kita punya malu
    Agar selalu ingat jangan berdusta

Maksud dari pantun ini adalah mengajak seseorang untuk mempunyai rasa malu ketika akan melakukan suatu hal. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan mempunyai rasa malu itulah maka akan menghindarkan diri anda agar tidak berdusta. Secara tidak langsung pantun ini juga mengajak seseorang untuk senantiasa melakukan hal dengan jujur

Demikian beberapa contoh pantun anak-anak yang bisa anda ajarkan kepada anak anda. Ada berbagai macam jenis pantun anak-anak yang bisa anda pilih. Mulai dari pantun anak-anak lucu, pantun nasehat hingga pantun agama. Tentunya dengan mengajarkan anak-anak bermain pantun, ada banyak keuntungan yang didapatkan. Seperti mengajarkan anak untuk meningkatkan kemampuan bicara mereka, meningkatkan kreativitas mereka dan meningkatkan daya imajinasi ketika merangkai setiap kata.

Kesimpulan :

Apa saja Jenis-jenis pantun anak-anak ?

- Pantun Adat

- Pantun Agama

- Pantun Budi

- Pantun jenaka

- Pantun teka-teki

Apa Manfaat Pantun untuk anak-anak ?

1. Mengajarkan keterampilan pendengaran

2. Membantu anak untuk mudah belajar membaca

3. Bisa mengembangkan keterampilan memori auditori

4. Bisa membantu untuk menghafal lebih cepat

5. Bisa meningkatkan kemampuan acting

6. Meningkatkan imajinasi anak

Apa saja ciri ciri dasar pantun?

Pantun sendiri umumnya juga mempunyai beberapa ciri-ciri dasar dimana setiap pantun terdiri dari empat larik yang terdiri dari 8 hingga 11 suku kata. Sajak akhirnya juga harus mempunyai pola. Seperti pola ab-ab atau pola aaa dan lainnya. Pada awal perkembangannya, pantun ini sendiri hadir dalam sastra tertulis, tetapi seiring dengan adanya perkembangan jaman, terdapat juga pantun tertulis.

(Visited 543 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us