Bagikan Artikel Ini:

Cara mengajar yang menyenangkan bagi selalu menjadi tantangan bagi para guru dari tahun ke tahun. Perkembangan jaman juga menuntut para guru untuk selalu mengemabngkan cara pengajaran supaya murid lebih paham dan mendapatkan inti dari seluruh proses pembelajaran. Namun berbagai tantangan zaman yang kian dinamis sering kali membuat para guru dan murid harus sama-sama berubah untuk mendapatkan metode yang terbaik untuk seluruh proses pembelajaran. Tujuannya tentu sudah jelas, yaitu untuk memastikan agar seluruh murid memahami apa yang diajarkan oleh para guru. Untuk metode yang digunakan, para guru menyesuaikan dengan kebutuhan kelas yang diampu. Selebihnya para guru harus juga mempertimbangkan apa saja yang dibutuhkan oleh para murid dari setiap level pendidikan. Tentu setiap level mensyaratkan metode dan pendekatan yang berbeda supaya murid dapat memahami seluruh materi yang diberikan. Bagi guru yang mengampu murid dengan level pendidikan lebih rendah, tuntutan untuk selalu mengembangkan metode mengajar yang menyenangkan supaya para murid tidak merasa bosan selama proses pembelajaran. Sudah menjadi sebuah rahasia umum bila murid di zaman sekarang sangat berbeda dengan cara pendekatan murid beberapa tahun yang lalu. Strategi ampuh harus selalu diterapkan supaya kebutuhan akan metode pendidikan yang tepat mampu dicapai.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah menemukan cara yang paling tepat untuk mengajarkan anak agar cepat memahami seluruh materi pelajaran yang diberikan. Bukan sekedar peranan guru yang diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal, namun kerjasama dari para orang tua murid juga menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Bagi Anda yang ingin agar anak-anak paham seluruh materi yang diberikan guru, silahkan Anda membantu anak-anak untuk mengulang materi pelajaran yang telah diberikan. Hal ini juga berlaku bila anak memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Bila para orang tua dan guru bersinergi untuk membantu anak-anak dalam mengerjakan berbagai pekerjaan rumah, anak dapat memahami pelajaran yang diberikan dengan lebih mudah. Sebagai referensi bagi para guru dan orang tua, berikut ini merupakan 5 cara mengajar murid agar cepat memahami materi pelajaran dengan baik.
 

Gunakan Bahasa Sederhana

 

Gunakan Bahasa Sederhana

Photo by Aw Creative on Unsplash

 
Sesuai dengan karakteristik anak-anak yang masih suka bermain, sebaiknya hal ini juga diterapkan ketika anak harus memahami berbagai materi pelajaran baru. Para guru dan orang tua harus menggunakan bahasa yang sederhana sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut. Anak-anak kerap kali tak memahami materi yang diajarkan karena para guru menggunakan bahasa yang terlalu rumit untuk dipahami. Sedangkan level pendidikan anak memang belum bisa memahami berbagai bahasa rumit yang kerap kali digunakan. Bahasa yang sederhana akan sangat membantu anak-anak untuk memahami materi yang diajarkan. Bagi para guru, menyederhanakan bahasa untuk mengajar juga akan memudahkan para guru untuk menjelaskan berbagai materi baru untuk anak-anak.

Bahasa sederhana yang dimaksud ialah menggunakan bahasa sehari-hari dan menghindari penjelasan dengan bahasa yang terlalu formal untuk anak-anak. Karakteristik anak-anak yang masih suka bermain juga membuat Anda para guru sebaiknya mempersiapkan cara pengajaran dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana untuk anak-anak. Akan lebih baik jika para guru menggunakan berbagai contoh untuk memberikan penjelasan secara lengkap kepada anak-anak. Dengan contoh-contoh yang nyata dengan kehidupan anak-anak tersebut diharapkan anak-anak akan lebih mudah memahami apa yang dijelaskan kepada mereka.
 

Ajarkan Dengan Permainan

 

Ajarkan Dengan Permainan

Photo by Anna Samoylova on Unsplash

 
Untuk membuat anak-anak lebih mudah mengerti apa saja materi yang dijelaskan oleh guru, ada baiknya untuk mengajarkan kepada anak berbagai materi dengan menggunakan metode-metode permainan. Metode permainan sangat sesuai dengan kepribadian anak yang masih suka berbagai jenis permainan. Bahkan bagi mental anak-anak, menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain akan membuat anak berkembang dengan lebih optimal. Supaya anak-anak semakin mudah mencerna materi apa saja yang diberikan, games atau permainan dapat menjadi salah satu cara yang paling efektif. Permainan dapat dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Bila menggunakan cara permainan di dalam kelas, guru dapat menggunakan media yang sudah ada di kelas seperti meja dan kursi yang telah tersedia. Bila keadaan memungkinkan, tak ada salahnya untuk mengajak murid bermain ke area di sekitar sekolah. Dengan bermain di area sekitar sekolah, guru akan lebih mudah untuk menjelaskan apa saja yang menjadi inti dari pembelajaran di hari itu. Berbagai materi akan lebih mudah ditangkap oleh anak-anak bila guru menggunakan metode yang menyenangkan.

Aktivitas permainan di luar kelas juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan lingkungan kepada anak, terutama bila anak masih tergolong muda. Dengan bermain, anak akan lebih bersemangat untuk mempelajari hal baru di sekitarnya. Pemahaman yang mudah juga dapat diberikan kepada anak ketika mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan alam. Para guru bisa memperkenalkan mengenai tanaman ataupun hewan kepada anak-anak dengan metode pembelajaran diluar kelas. Cara yang efektif bahkan telah diterapkan dalam sebuah metode pembelajaran bernama metode montessori yang kini telah banyak diadaptasi di berbagai sekolah dan memprioritaskan aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak, terutama bagi anak di usia TK dan SD.
 

Buat Aktivitas yang Menyenangkan

 

Buat Aktivitas yang Menyenangkan

Photo by HT Chong on Unsplash

 
Agar anak-anak memahami berbagai materi yang diajarkan, sebaiknya para guru juga menggunakan berbagai cara untuk mengisi aktivitas anak dengan hal-hal yang menyenangkan. Cara yang menyenangkan bukan hanya diterapkan untuk anak yang harus bersekolah di sekolah konvensional, namun juga bisa diterapkan bila anak menjalani program pembelajaran homeschooling atau online school. Bila anak-anak sedang menjalankan program pembelajaran secara online, guru dapat memberikan tugas kepada anak dengan berbagai kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh anak di rumah. Tak ada salahnya untuk sedikit memberikan variasi pengajaran berupa aktivitas anak dan orang tua sebagai bentuk bonding antara anak dan orang tua. Meskipun dengan melakukan pembelajaran di rumah, namun bila guru menggunakan cara yang menyenangkan, dijamin akan akan sangat mengerti berbagai materi yang disampaikan.

Aktivitas tersebut bisa dibagi menjadi 2, yaitu berbagai jenis aktivitas fisik yang mengembangkan sisi motorik anak dan bisa juga menitikberatkan pada sisi kognitif yaitu untuk mengembangkan kecerdasan anak. Kedua aspek tersebut sebaiknya dibagi secara berimbang karena anak-anak memang harus mendapatkan pendidikan yang beirimbang antara sisi kognitif dan motoriknya. Bila materi yang dimaksudkan masih meungkinkan untuk diberikan berbagai kegiatan yang menunjang aktivitas fisik, tak ada salahnya untuk memberikan aktivitas fisik tersebut untuk anak-anak. Namun bila aktivitas fisik tidak dimungkinkan untuk materi tersebut, Anda dapat memilih untuk menggunakan penjelasan teori yang menyenangkan untuk mencakup seluruh aspek yang akan disampaikan pada materi tersebut. Saran guru dalam mengajar juga sangat penting untuk diperhatikan supaya seluruh objektif pada proses pendidikan anak dapat diselesaikan dengan efektif.
 

Hindari Pekerjaan Rumah yang Terlalu Banyak

 

Hindari Pekerjaan Rumah yang Terlalu Banyak

Photo by Green Chameleon on Unsplash

 
Meskipun para guru disarankan untuk memberikan tugas tambahan bagi anak, amun pekerjaan rumah sebaiknya tidak terlalu banyak untuk diberikan kepada anak. Pekerjaan rumah yang diberikan secara berlebihan dikhawatirkan akan membebani anak-anak. Agar anak tetap dapat berkembang dan sehat mental, maka proses pemberian PR harus sangat disesuaikan dengan usia anak. Pastikan tugas tersebut tak membebani anak-anak. Bila memberikan sejenis latihan soal untuk anak, latihan soal tersebut harus berkaitan langsung dengan materi yang sedang dibahas oleh anak pada materi pelajaran hari tersebut. Jangan memberikan tugas untuk materi yang belum pernah dibahas sebelumnya, karena hal itu akan membuat anak-anak merasa tertekan dan terbebani dengan materi-materi tersebut.

Bila telah memberikan beberapa poin materi di hari tersebut, latihan soal atau berbagai aktivitas tambahan dapat diberikan kepada anak untuk membuat anak mengulang poin pelajaran tersebut agar tidak lupa di kemudian hari. Melibatkan orang tua dalam setiap proses pembelajaran anak sebenarnya sangat diperlukan supaya orang tua mengetahui setiap perkembangan anak. Terutama ketika banyak sekolah yang menerapkan sistem online school seperti saat ini, orang tua kemudian menjadi guru utama yang harus berinteraksi dengan anak dalam kehidupan sehari-hari termasuk ketika bersekolah. Berikan catatan khusus kepada para orang tua supaya mereka tau sampai di mana perkembangan anak-anak mereka dalam hal mencerna materi pelajaran. Komunikasi yang terjalin baik antara orang tua dan guru sangat diperlukan terutama bila guru juga ingin memantau apa saja perkembangan anak di rumah. Perkembangan yang berimbang untuk setiap anak tentu menjadi kunci utama pendidikan yang diterapkan bagi anak-anak. Bukan hanya bagi anak sekolah dasar atau TK namun hal ini juga berlaku untuk anak-anak yang telah mulai memasuki masa remaja. Dengan pendekatan yang sedikit berbeda, pendidikan yang seimbang akan lebih efektif untuk diberikan kepada anak.
 

Buat Media Pembelajaran Bersama Anak

 

Buat Media Pembelajaran Bersama Anak

Photo by Patricia Prudente on Unsplash

 
Membuat berbagai macam media pembelajaran sebenarnya bukan hanya tugas guru atau tenaga pengajar di sekolah. Media pembelajaran yang efektif akan lebih baik bila dibuat bersama dengan anak-anak. Tujuannya adalah untuk membuat anak-anak mengerti tujuan sebenarnya dari proses pembelajaran tersebut. dengan mengetahui dasar dari pembuatan media tersebut, diharapkan anak akan lebih memahami seluruh materi pelajaran. Untuk anak yang masih berada pada usia sekolah dasar, pembuatan media pembelajaran dapat menjadi salah satu cara untuk mengisi kegiatan anak. Setelah pembuatan selesai, anak-anak bersama dengan guru dapat menggunakannya untuk proses belajar mengajar. Bukan hanya menyenangkan, namun proses ini akan sangat membantu murid untuk memahami berbagai materi yang rumit sekalipun. Mereka juga tak akan merasa bosan meskipun harus memahami berbagai materi yang sulit.

Proses pembuatan media pengajaran juga dapat diterapkan ketika anak-anak belajar di rumah. Cara ini bisa menjadi salah satu pengisi waktu kegiatan baik untuk anak-anak sendiri maupun juga untuk orang tua yang mendampingi proses belajar anak. Media pembelajaran dapat digunakan lebih lanjut untuk memahami berbagai poin dalam materi pelajaran. Prakarya dan kesenian tangan juga dapat menjadi pilihan bila Anda ingin membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Terkadang berbagai materi tersebut akan terasa sulit untuk anak bila Anda hanya menjelaskannya secara teori saja. Namun bila dijelaskan secara menarik, anak diharapkan akan lebih mudah menyerap apa saja yang menjadi materi pelajaran yang mereka terima.
 
 

Bagaimana caranya mengajarkan murid menggunakan Bahasa Sederhana?

Sesuai dengan karakteristik anak-anak yang masih suka bermain, sebaiknya hal ini juga diterapkan ketika anak harus memahami berbagai materi pelajaran baru. Para guru dan orang tua harus menggunakan bahasa yang sederhana sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut. Anak-anak kerap kali tak memahami materi yang diajarkan karena para guru menggunakan bahasa yang terlalu rumit untuk dipahami. Sedangkan level pendidikan anak memang belum bisa memahami berbagai bahasa rumit yang kerap kali digunakan. Bahasa yang sederhana akan sangat membantu anak-anak untuk memahami materi yang diajarkan. Bagi para guru, menyederhanakan bahasa untuk mengajar juga akan memudahkan para guru untuk menjelaskan berbagai materi baru untuk anak-anak. Bahasa sederhana yang dimaksud ialah menggunakan bahasa sehari-hari dan menghindari penjelasan dengan bahasa yang terlalu formal untuk anak-anak. Karakteristik anak-anak yang masih suka bermain juga membuat Anda para guru sebaiknya mempersiapkan cara pengajaran dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana untuk anak-anak. Akan lebih baik jika para guru menggunakan berbagai contoh untuk memberikan penjelasan secara lengkap kepada anak-anak. Dengan contoh-contoh yang nyata dengan kehidupan anak-anak tersebut diharapkan anak-anak akan lebih mudah memahami apa yang dijelaskan kepada mereka.

Bagaimana caranya mengajarkan murid dengan perrmainan?

Untuk membuat anak-anak lebih mudah mengerti apa saja materi yang dijelaskan oleh guru, ada baiknya untuk mengajarkan kepada anak berbagai materi dengan menggunakan metode-metode permainan. Metode permainan sangat sesuai dengan kepribadian anak yang masih suka berbagai jenis permainan. Bahkan bagi mental anak-anak, menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain akan membuat anak berkembang dengan lebih optimal. Supaya anak-anak semakin mudah mencerna materi apa saja yang diberikan, games atau permainan dapat menjadi salah satu cara yang paling efektif. Permainan dapat dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Bila menggunakan cara permainan di dalam kelas, guru dapat menggunakan media yang sudah ada di kelas seperti meja dan kursi yang telah tersedia. Bila keadaan memungkinkan, tak ada salahnya untuk mengajak murid bermain ke area di sekitar sekolah. Dengan bermain di area sekitar sekolah, guru akan lebih mudah untuk menjelaskan apa saja yang menjadi inti dari pembelajaran di hari itu. Berbagai materi akan lebih mudah ditangkap oleh anak-anak bila guru menggunakan metode yang menyenangkan. Aktivitas permainan di luar kelas juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan lingkungan kepada anak, terutama bila anak masih tergolong muda. Dengan bermain, anak akan lebih bersemangat untuk mempelajari hal baru di sekitarnya. Pemahaman yang mudah juga dapat diberikan kepada anak ketika mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan alam. Para guru bisa memperkenalkan mengenai tanaman ataupun hewan kepada anak-anak dengan metode pembelajaran diluar kelas. Cara yang efektif bahkan telah diterapkan dalam sebuah metode pembelajaran bernama metode montessori yang kini telah banyak diadaptasi di berbagai sekolah dan memprioritaskan aktivitas di luar ruangan untuk anak-anak, terutama bagi anak di usia TK dan SD.

Bagaimana membuat Aktivitas yang Menyenangkan?

Agar anak-anak memahami berbagai materi yang diajarkan, sebaiknya para guru juga menggunakan berbagai cara untuk mengisi aktivitas anak dengan hal-hal yang menyenangkan. Cara yang menyenangkan bukan hanya diterapkan untuk anak yang harus bersekolah di sekolah konvensional, namun juga bisa diterapkan bila anak menjalani program pembelajaran homeschooling atau online school. Bila anak-anak sedang menjalankan program pembelajaran secara online, guru dapat memberikan tugas kepada anak dengan berbagai kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh anak di rumah. Tak ada salahnya untuk sedikit memberikan variasi pengajaran berupa aktivitas anak dan orang tua sebagai bentuk bonding antara anak dan orang tua. Meskipun dengan melakukan pembelajaran di rumah, namun bila guru menggunakan cara yang menyenangkan, dijamin akan akan sangat mengerti berbagai materi yang disampaikan. Aktivitas tersebut bisa dibagi menjadi 2, yaitu berbagai jenis aktivitas fisik yang mengembangkan sisi motorik anak dan bisa juga menitikberatkan pada sisi kognitif yaitu untuk mengembangkan kecerdasan anak. Kedua aspek tersebut sebaiknya dibagi secara berimbang karena anak-anak memang harus mendapatkan pendidikan yang beirimbang antara sisi kognitif dan motoriknya. Bila materi yang dimaksudkan masih meungkinkan untuk diberikan berbagai kegiatan yang menunjang aktivitas fisik, tak ada salahnya untuk memberikan aktivitas fisik tersebut untuk anak-anak. Namun bila aktivitas fisik tidak dimungkinkan untuk materi tersebut, Anda dapat memilih untuk menggunakan penjelasan teori yang menyenangkan untuk mencakup seluruh aspek yang akan disampaikan pada materi tersebut. Saran guru dalam mengajar juga sangat penting untuk diperhatikan supaya seluruh objektif pada proses pendidikan anak dapat diselesaikan dengan efektif.

 

(Visited 139 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us