Bagikan Artikel Ini:

Berdzikir merupakan kegiatan yang sebaiknya Anda lakukan setiap hari, bahkan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Hal ini karena terdapat berbagai manfaat dzikir untuk kehidupan setiap umat muslim.

Pengertian Dzikir dan Perintahnya

Sebagai manusia, tentunya kita memiliki banyak kesalahan baik yang disadari maupun tidak. Hendaknya, kita memohon ampunan kepada Allah, salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan berdzikir.

Adapun dzikir berasal dari kata Arab yang artinya mengingat. Melakukan dzikir juga ada dalam ayat Al-Qur’an yakni pada surat Al-Baqarah ayat 152 yang memiliki arti:

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. Atas semua kenikmatan itu, Allah menyuruh kaum muslim untuk selalu mengingat-Nya”

Sebagai keluarga muslim, alangkah baiknya kebiasaan dzikir ini dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Dengan mengajarkan anak-anak untuk terbiasa melakukan dzikir, maka mereka akan terus melakukan dzikir pada berbagai kesempatan.

Kebiasaan baik ini tentunya sangat baik untuk setiap umat muslim.

Manfaat Melakukan Dzikir dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mengapa Anda harus melakukan dzikir setiap hari? Hal ini karena terdapat keutamaan pada setiap dzikir yang Anda lakukan.

Berikut ini ialah beberapa kebaikan dan manfaat dari melakukan dzikir untuk kehidupan sehari-hari.

1. Mendapat Keridhaan Allah

Jika seorang umat mengingat Allah, maka Allah juga akan mengingat umatnya. Apabila Anda melakukan dzikir, maka Anda akan mendapatkan keridhoan dari Allah SWT.

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan ridha Allah untuk menunjukkan jalan yang lurus dan baik. Dengan melakukan dzikir, maka akan mendatangkan keridhaan Allah untuk hidup setiap umatnya.

Lakukan dzikir secara sungguh-sungguh, dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ridha dari Allah.

Dengan terus mengingat Allah, maka Anda akan terhindar dari tipu daya duniawi. Bacaan dzikir yang bisa Anda baca sehari-hari mulai dari istighfar, tasbih, takbir, tahlil, dan berbagai dzikir lainnya.

2. Diampuni Dosanya

Berdzikir merupakan salah satu cara untuk meminta ampunan dari segala dosa-dosa yang telah terjadi selama hidup.

Allah akan mengampuni orang-orang yang berdzikir, sebagaimana Allah juga mengampuni dosa Nabi Yunus dan mengeluarkan beliau dari perut ikan.

Dalam surat As-Shaffat ayat 143 – 144, Allah berfirman,

“Maka kiranya dia bukan termasuk orang yang melakukan dzikir (bertasbih) kepada Allah, maka dia akan tetap berada dalam perut (ikan itu) sampai hari kebangkitan”.

Umat muslim yang senantiasa berdzikir kepada Allah Swt., maka Allah akan mengampuni dosanya.

3. Mendapatkan Pahala

Manfaat dzikir selanjutnya ialah mendapatkan pahala. Bahkan, dalam suatu hadits dikatakan bahwa berdzikir lebih baik daripada sedekah dan jihad dalam aspek mengingat Allah.

Abu Ad Darda meriwayatkan Rasulullah saw. bersabda

“Tidakkah aku akan memberitahumu tentang apa tindakan terbaikmu yang paling murni di hadapan Tuhanmu. Yang akan menaikan peringkatmu ke posisi tertinggi, yang lebih baik daripada menghabiskan emas dan perak, lebih baik daripada bertemu musuhmu sehingga kau menyerang mereka di leher dan mereka menyerangmu? “Mereka menjawab “Ya, memang”, lalu Nabi bersabda, itu adalah mengingat Allah “ (HR At Tirmidzi).

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah Swt.

Apakah Anda merasa terlalu jauh dari Allah Swt. dan sering melupakannya? Hal tersebut tidak baik dialami oleh seorang muslim.

Sebaiknya, dalam setiap langkah kita harus selalu mengingat Allah Swt.

Apabila Anda sadar bahwa sudah terlalu jauh, maka Anda bisa memulai mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan melakukan dzikir.

Dengan melakukan dzikir, maka hati akan terus mengingat Allah Swt. Anda juga bisa merasa lebih dekat dengan Allah Swt.

Terlebih, apabila Anda melakukan dzikir di malam hari, maka doa-doa yang Anda panjatkan akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Ketika Anda mendekatkan diri kepada Allah Swt, maka keberkahan akan mengikutinya.

5. Menghilangkan Keresahan Hati

Sebagai manusia, tentunya Anda memiliki masalah baik masalah besar maupun masalah kecil.

Tidak jarang, berbagai masalah tersebut membuat hati menjadi gundah dan resah. Hal ini akan membuat Anda tidak merasa nyaman ketika beraktivitas sehari-hari.

Untuk bisa menghilangkan rasa gundah dan resah, Anda bisa melakukan dzikir dan melakukan doa ketika perasaan tak lagi tenang. Ketika sedang emosi dan merasa tidak damai, cobalah untuk berdzikir dan mengingat Allah.

Hal ini akan membantu Anda untuk lebih tenang dan sabar. Perlahan-lahan, hati Anda akan tenang dan damai bahkan bisa memaafkan kesalahan yang terjadi.

6. Menghilangkan Kesedihan

13 Manfaat Dzikir dalam Kehidupan - Sekolah Prestasi global Sehari-hari

Photo by Reiner Knudsen on Unsplash

Berbagai hal bisa menyebabkan kesedihan terjadi dalam diri mulai dari kegagalan hingga kenyataan yang tak sesuai ekspektasi.

Agar kesedihan tidak berlangsung terlalu lama, Anda bisa bercerita kepada Allah dan melakukan dzikir. Dengan melakukan dzikir saat hati sedih, maka Allah akan membantu memberikan kelapangan hati dan dada.

Anda bisa kembali mengingat Allah dan menyadari bahwa kesedihan ini hanyalah sementara. Setelah Anda melakukan dzikir dengan hati yang ikhlas, rasa sedih perlahan-lahan akan menghilang.

7. Menghindari Godaan Jin

13 Manfaat Dzikir dalam Kehidupan - Sekolah Prestasi global Sehari-hari

Photo by Adam Flockemann on Unsplash

Sebagai manusia, kita akan selalu digoda oleh jin dan iblis yang setia mengganggu manusia dalam setiap sisi kehidupan. Hal ini sesuai dengan janji mereka kepada Allah Swt. yang tidak akan pernah menyukai manusia yang beriman.

Untuk menghindari godaan jin dan iblis, Anda harus bisa selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Dengan melakukan dzikir yang intens setiap hari, akan membantu Anda terhindar dari godaan jin. Semakin Anda sering berdzikir, maka akan semakin kuat keimanan Anda dan rasa sayang Anda kepada Allah Swt.

Apabila hal ini terjadi, maka jin dan iblis enggan untuk mendekati dan menggoda Anda.

8. Menambah Rasa Percaya Diri

Jika Anda merasa kurang percaya diri terlebih untuk mengerjakan sesuatu yang penting dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya, maka berdzikirlah.

Sebelum melakukan aktivitas termasuk ujian sekolah, banyak orang yang berdoa terlebih dahulu.

Dengan berdoa dan berdzikir, dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri. Setelah melakukan dzikir, akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan berani untuk melakukan berbagai hal.

Ketika Anda percaya diri, maka melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas akan lebih nyaman. Oleh karenanya, jika Anda merasa gugup untuk melakukan sesuatu, cobalah untuk memulainya dengan berdzikir.

9. Mampu Mengontrol Emosi

Apakah Anda sering marah-marah dan tidak bisa mengontrol emosi? Pengendalian emosi yang lemah akan merugikan diri Anda sendiri dan orang di sekitar.

Ketika Anda merasa emosi, coba untuk tarik nafas dan tenang serta melakukan dzikir. Dengan melakukan dzikir, Anda mampu mengelola emosi dan diri dengan lebih baik.

Dalam Islam, umatnya diajarkan untuk terus berdoa dan berdzikir untuk bisa menjaga kestabilan emosi. Apabila Anda rutin berdzikir, maka energi dan emosi negatif akan berkurang dan tidak sering lagi muncul.

10. Mengurangi Stres

Kesibukan dan masalah hidup yang seakan tidak ada henti-hentinya menghadang akan membuat manusia menjadi stres.

Untuk menghindari diri Anda mengalami stress yang terlalu dalam, lakukanlah dzikir pada setiap kesempatan. Terus mengingat Allah dan lakukan dzikir ketika masalah terus menimpa Anda.

Pada surat Ar-Rad Ayat 2 berbunyi,

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka akan menjadi tentram hanya dengan mengingat Allah”

Pentingnya berdzikir adalah untuk mengenal lebih dalam jati diri dan Tuhannya.

Dengan melakukan dzikir, maka Anda akan memusatkan perhatian dan pikiran kepada Allah SWT. Semakin sering menyebut namanya, maka hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang dan stress akan menghilang.

11. Dijanjikan Surga

Dzikir termasuk amalan yang disukai Allah Swt. keutamaan dzikir salah satunya ialah dijanjikan surga oleh Allah Swt.

Karena merupakan amalan yang sangat disukai, maka barang siapa pun yang berdzikir akan mendapatkan tempat terbaik.

Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah berkata,

“Barangsiapa yang mengucapkan dzikir pada siang hari dalam keyakinan yang penuh, kemudian ia mati pada sore harinya, maka ia adalah penghuni surga

Dan barangsiapa yang berdzikir pada malam hari dengan penuh keyakinan dan ia mati sebelum subuh, maka ia adalah penghuni surga”. (HR. Bukhari)

12. Menyingkirkan Rasa Takut

Jika manusia terus dihantui rasa takut, maka manusia tersebut akan kesulitan untuk menjalani aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, manusia harus mencari cara untuk menghilangkan rasa takut tersebut. Dalam Islam, apabila Anda merasa takut maka sebaiknya melakukan dzikir dan membaca doa.

Melakukan dzikir yang rutin setiap hari akan membantu menghilangkan rasa takut pada diri Anda. Dengan melakukan dzikir, Anda akan percaya bahwa Allah selalu memberi perlindungan kepada umatnya.

Lakukan dzikir dan jangan biarkan hati Anda diselimuti rasa takut yang berlebihan.

13. Menambah Rezeki

Manfaat selanjutnya dari berdzikir ialah memberikan kelapangan rezeki dan menambah rezeki.

Sebagai umat muslim, tentunya Anda harus bersyukur atas segala rezeki yang diberikan oleh Allah Swt. Dengan melakukan doa, bersyukur, dan berdzikir maka kelapangan rezeki Anda akan semakin bertambah.

Jika saat ini kondisi Anda membutuhkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari dan keperluan lainnya, jangan sungkan untuk meminta kepada Allah. Hanya kepada Allah, Anda meminta pertolongan dan memohon kepadanya. Lakukanlah doa dan berdzikir secara ikhlas dan memohon kepada Allah.

Dengan melakukan dzikir dan doa dengan ikhlas, maka Allah akan membantu berbagai keperluan Anda.

Tentu saja, dzikir juga harus Anda lakukan dengan bekerja keras dan berusaha agar Allah memberikan hasil yang terbaik.

Kesimpulan

Berdzikir merupakan amalan yang disukai oleh Allah Swt. Dengan melakukan dzikir maka Anda akan terus mengingat Allah Swt.

Semakin dekat dengan Allah, semakin tinggi pula tingkat keimanan pada diri Anda. Hal ini harus diaplikasikan sejak dini untuk menciptakan umat muslim yang dekat dengan Allah.

Tidak hanya dari lingkungan rumah, lingkungan sekolah juga memiliki peranan yang besar demi mendidik insan yang memiliki akhlak yang baik.

Prestasi Global merupakan sekolah islam modern yang menyiapkan generasi yang kreatif, kompetitif, dan religius. Kami mengusung ciri khas sekolah modern islami yang mementingkan pengetahuan tanpa melupakan ajaran agama.

Kami mengedepankan penerapan keilmuan keagamaan islam sehari-hari sehingga murid mampu lebih dekat dengan Tuhannya sejak dini.

Termasuk mengajak berdzikir dan mengajarkan pentingnya untuk selalu mengingat Allah SWT. Kami juga mengajarkan tentang manfaat dzikir untuk kehidupan sehari-hari sehingga para murid tetap melakukannya dalam keseharian mereka.

Baca Juga : 8 Adab ke Kamar Mandi Menurut Islam Beserta Doa Saat Masuk dan Keluar

Apa itu Dzikir ?

dzikir berasal dari kata Arab yang artinya mengingat. Sebagai keluarga muslim, alangkah baiknya kebiasaan dzikir ini dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Dengan mengajarkan anak-anak untuk terbiasa melakukan dzikir, maka mereka akan terus melakukan dzikir pada berbagai kesempatan.

Apa Manfaat Melakukan Dzikir dalam Kehidupan Sehari-Hari ?

1. Mendapat Keridhaan Allah 2. Diampuni Dosanya 3. Mendapatkan Pahala 4. Mendekatkan Diri Kepada Allah Swt. 5. Menghilangkan Keresahan Hati

Bagaimana Dzikir itu dalam Al-Qur'an ?

yakni pada surat Al-Baqarah ayat 152 yang memiliki arti: “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. Atas semua kenikmatan itu, Allah menyuruh kaum muslim untuk selalu mengingat-Nya”

 

(Visited 11 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us