Bagikan Artikel Ini:

Siapa bilang, membuat makanan sehat untuk anak itu sulit. Yang diperlukan dalam hal ini adalah kreatifitas, serta ilmu pengetahuan tentang gizi dan nutrisi itu sendiri. Selebihnya, Anda dapat melihat isi dapur, atau bahkan membeli beberapa beberapa bahan tambahan lainnya, agar kreasi makanan anak yang Anda buat jadi sempurna.
 

1. Omelet Mie Sehat

 

 
Kreasi resep makanan sehat untuk anak yang pertama adalah Omelet mie sehat. Cara buatnya praktis, dan dapat dikonsumsi secara langsung atau juga jadi camilan sehat. Bahan yang diperlukan adalah :

100 gr ayam fillet, wortel secukupnya, keju secukupnya, 3 butir telur dan 1 bungkus mie goreng. Sedangkan untuk garam, lada, kaldu (baik itu jamur, atau kaldu lainnya) dapat Anda tambahkan secukupnya.

Untuk cara membuatnya adalah rebus ayam hingga empuk, kemudian tiriskan, lalu cincang halus. Kemudian parut wortel dan keju, lalu kocok telur. Campurkan telur kocok ke dalam parutan wortel dan keju. Selanjutnya masukan semua bumbu, kocok hingga rata. Tidak lupa tambahkan ayam cincang, lalu aduk rata. Masukan mie yang sebelumnya sudah dihancurkan. Terakhir goreng menggunakan api kecil hingga kecoklatan, dan makanan siap dihidangkan.
 

2. Long Potato / Kentang Panjang

 

 

Anak-anak pastinya akan menyukai camilan sehat yang satu ini. Rasanya yang gurih, dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja ini, proses pembuatannya sangat mudah selain itu bahan-bahan yang digunakan pun juga ada di dapur, yaitu :

800 gram kentang, 100 gram keju cheddar, 150 gram tepung maizena, dan 2 sdm parsley kering, untuk garam dan merica, tentunya sesuai selera. Tidak lupa siapkan juga minyak untuk menggoreng.

Untuk cara membuat masakan yang satu ini dimulai dengan mengukus kentang hingga empuk. Kemudian haluskan dalam sebuah wadah. Campurkan ke dalamnya parutan keju, lalu tepung maizena, garam, parsley, dan merica, kemudian aduk hingga tercampur rata. Kemudian siapkan papan aluminium, yang biasa digunakan untuk membuat kue kering, dengan ukuran sekitar 30×30 cm, tekan-tekan adonan hingga rata dan padat. Berikutnya potong-potong memanjang secara rata, dan makanan siap untuk digoreng, menggunakan api sedang. Goreng hingga berwarna kecoklatan.
 

3. Sop Mix Sehat untuk Anak 

 

 
Ini adalah sayur sop praktis, dengan menggunakan beberapa jenis sayuran sehat, dengan kombinasi warna yang menarik, pastinya anak Anda akan menyukainya. Adapun bahan yang digunakan adalah 1 buah wortel brastagi ukuran kecil, ½ batang jagung diserut, 1 genggam bayam, 6 btr telur puyuh, ¼ buah tomat, dan 2 siung bawang putih. Sedangkan untuk garam, gula, lada dan air minum, gunakan secukupnya.

Untuk cara membuatnya sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit, pertama-tama, rebus telur puyuh hingga matang. Kemudian cuci bersih semua sayuran, khusus untuk bayam, sebaiknya dipetik daunnya saja. Kupas kulit wortel, dan potong dadu dengan ukuran kecil. Tidak lupa iris kecil tomat dan bawang putih.

Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan air, dan rebus wortel, dan jagung hingga empuk. Berikutnya masukkan bayam, telur puyuh, tomat, garam, gula, dan juga lada. Aduk rata, dan biarkan hingga matang, dan mendidih. Menu makanan ini untuk 2 porsi. Sebaiknya disajikan selagi hangat.
 

4. Dimsum Sehat untuk Anak 

 

 
Masih tentang camilan, namun camilan yang satu ini, tidak hanya akan disukai oleh anak Anda, namun juga oleh seluruh anggota keluarga lainnya. Bahannya tidak sulit, demikian pula cara memasaknya. Untuk bahan-bahan yang akan digunakan antara lain :

100 gr daging ayam, yang telah dikukus dan cincang halus, 100 gr udang kukus dan cincang halus, 7 sdm tepung kanji, 4 bawang putih kemudian parut, 2 bh wortel kemudian parut, 1 btr telur. Tidak lupa siapkan juga daun bawang secukupnya. Lalu saus tiram, garam, dan gula putih secukupnya. Yang terakhir adalah kulit pangsit.

Adapun cara membuatnya, campur semua bahan jadi satu, kemudian aduk hingga rata. Setelah adonan jadi, bungkus menggunakan kulit pangsit secukupnya dan kukus selama 45 menit. Dimsum pun siap untuk dihidangkan.
 

5. Japanese Shrimp Toast 

 

 
Kuliner yang satu ini pas sebagai kreasi makanan anak sekolah. Rasanya yang lezat, pasti anak Anda akan menyukainya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang sebaiknya disiapkan antara lain :

1 bungkus roti tawar tanpa pinggiran, 1 butir telur ayam, 1/2 kg cumi atau sesuai selera, yang kemudian dihaluskan terlebih dahulu, 3 sdm tepung maizena, dan 1 sdt minyak wijen. Tidak lupa siapkan minyak untuk menggoreng secukupnya. Untuk bumbu yang digunakan antara lain garam dan merica, yang semuanya sesuai dengan selera.

Cara membuat makanan yang satu ini dimulai dengan mencampur semua bahan kecuali roti tawar. Setelah semua bahan tercampur rata, dan rasanya sudah pas, berikutnya susun adonan secukupnya di atas roti tawar, tutup dengan sebelah roti tawar lainnya. Lakukan hal ini hingga adonan habis, dan goreng hingga roti berwarna kecoklatan. Makanan siap untuk dihidangkan, atau dibuat bekal.
 

6. Mashed Potato Cheese Tuna

 

 
Ingin membuat kreasi makanan yang unik, dengan kandungan gizi yang baik, tidak hanya untuk anak Anda, bahkan untuk seluruh anggota keluarga lainnya. Maka mashed potato cheese tuna ini dapat Anda coba. Untuk bahan-bahan yang akan digunakan antara lain adalah :

500 g kentang, 100 g tuna cincang (bisa diganti dengan menggunakan telur, ayam atau juga daging sapi), 50 g cream cheese (keju parut), 50 g butter, 1 buah wortel, 1 buah bawang bombay, 100 g jagung manis pipil, dan 6 siung bawang putih. Untuk merica, garam, keju mozarella dan juga susu cair, gunakan secukupnya. Agar tampilannya lebih menarik, Anda dapat menggunakan parsley dan oregano secukupnya, jika tidak ada, juga tidak apa-apa.

Cara membuat makanan yang satu ini adalah dengan mengukus kentang terlebih dahulu, kemudian haluskan. Berikutnya tumis bawang putih dan juga bawang bombay sampai harum. Setelah itu masukkan tuna cincang, wortel yang telah dipotong dadu, jagung yang sudah diserut, cream cheese atau keju parut. Masukkan juga garam dan merica, selanjutnya aduk sampai semuanya lunak.

Setelah itu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, butter dan juga susu cair. Susu cair bisa diganti menggunakan air putih biasa, hingga kekentalan sesuai keinginan. Kali ini aduk terus sampai semuanya tercampur rata dan juga matang. Jika suka, bisa ditambahkan saus. Berikutnya masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas, taburi keju mozarella, parsley dan oregano, jika ada. Masukkan dalam oven dengan suhu 150 derajat, kurang lebih 10 menit. Selain di oven Anda juga dapat mengukusnya, hingga mozarella meleleh.
 

7. Cireng Nasi 

 

Cireng adalah salah satu cemilan asal Jawa Barat, yang pastinya disukai oleh semua orang, baik orang dewasa hingga anak-anak. Namun tahukah Anda, bahwa ada cireng sehat yang dapat dibuat khusus untuk anak Anda ! Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Adapun bahan-bahan yang sebaiknya digunakan adalah ;

4 centong nasi sisa, 10 sendok tapioka, 2 siung bawang putih, ½ potong wortel yang dipotong dadu kecil-kecil, dan 1 batang daun bawang. Untuk bumbu, sebaiknya siapkan ketumbar bubuk, lada bubuk, garam, dan penyedap, semuanya gunakan secukupnya. Agar lebih gurih, Anda dapat menambahkan keju sesuai selera. Siapkan juga air panas secukupnya.

Untuk cara membuatnya sendiri yaitu haluskan nasi, kemudian masukan tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan, ketumbar bubuk, lada, garam, penyedap, potongan wortel, keju, dan juga irisan daun bawang. Berikutnya masukan air panas, sedikit demi sedikit supaya tidak terlalu lembek. Setelah adonan sudah jadi satu, dan tidak harus sampai kalis, yang penting bisa dibentuk, maka adonan siap untuk digoreng. Untuk membentuk cirengnya sendiri, tentunya sesuai dengan selera. Anda dapat menggunakan tangan, yang sebelumnya sudah diberi minyak agar tidak lengket, dan taburi tepung terigu. Setelah semua adonan selesai dicetak, diamkan dalam kulkas selama 5 menit, agar lebih rekat. Sesudah itu goreng dengan api sedang hingga cireng matang.
 

8. Perkedel Crispy

 

 
Jika mengkonsumsi perkedel sudah menjadi hal yang biasa, tidak ada salahnya mencoba membuat perkedel crispy. Kuliner yang satu ini, selain bentuknya yang menarik, rasanya lezat, dan pastinya anak akan menyukainya. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat kreasi makanan anak yang satu ini. Siapkan :

2 buah kentang berukuran sedang, 1 buah wortel, 3 sdm tepung panir, dan 2 sdm tepung terigu. Untuk bumbu, sebaiknya siapkan penyedap rasa dan juga garam secukupnya. Tidak lupa siapkan juga minyak untuk menggoreng.

Adapun cara membuatnya pertama-tama kupas kentang dan juga wortel, lalu potong dadu, dan cuci bersih. Goreng potongan kentang dan juga wortel sampai matang atau setidaknya empuk, menggunakan api sedang, tiriskan. Kemudian tumbuk kentang dan juga wortel hingga halus, lalu masukkan penyedap rasa dan juga garam, kemudian aduk rata. Bentuk adonan sesuai keinginan Anda.

Dalam wadah lainnya, siapkan tepung terigu dan juga air, aduk hingga rata. Celupkan adonan kentang yang sudah dibentuk ke dalam larutan tepung. Terakhir lumuri dengan tepung panir. Setelah semua adonan selesai dilumuri, berikutnya goreng hingga matang, menggunakan api sedang, hingga kecoklatan.
 

9. Bitter Ballen 

 

 
Camilan anak sehat yang satu ini, selain mempunyai kandungan gizi yang baik, juga sangat mudah untuk membuatnya. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain :

500 gram kentang, 1 kaleng kornet, 1 buah wortel, 1 buah bawang bombay ukuran sedang, dan 1 btr telur. Untuk tepung terigu siapkan secukupnya. Bumbu yang perlu dipersiapkan antara lain bawang merah, bawang putih dan juga merica secukupnya. Sedangkan bahan pelapisnya adalah telur, tepung panir/roti dan juga minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya, campur semua bahan-bahan, dengan kombinasi tepung terigu secukupnya saja, agar adonan dapat dibentuk. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat, hingga adonan habis. Lumuri adonan tersebut dengan telur kemudian tepung panir, hingga seluruh adonan terlapisi semua. Terakhir goreng menggunakan api sedang, hingga berwarna kecoklatan.
 

10. Dadar Tahu 

 

 
Bosan dengan camilan anak yang itu-itu saja, coba saja inovasi camilan dadar tahu. Selain pas sebagai camilan, juga dapat dijadikan sebagai bekal. Adapun bahan yang harus disiapkan antara lain :

4 buah tahu putih, 1 siung bawang putih, 2 butir telur ayam ukuran besar, 2 sdm terigu, ½ sdt garam, dan minyak untuk menggoreng.

Adapun cara membuatnya adalah dengan menghaluskan tahu terlebih dahulu, lalu tambahkan bawang putih halus, dan juga garam. Aduk hingga rata, lalu tambahkan 2 butir telur ayam dan tepung terigu. Setiap memasukkan tepung terigu, selalu aduk hingga rata, sebelum memasukkannya kembali. Terakhir panaskan wajan dengan menggunakan api kecil. Kemudian Setelah minyak panas tuangkan adonan satu persatu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna coklat keemasan.

Tentunya tidak sulit untuk membuat aneka macam camilan dan bekal makanan sehat untuk anak!
 
Baca Juga : 10 Menu Sehat dan Bergizi Buat Buka Puasa di Rumah
 
 

Sebutkan 10 Resep Masakan Sehat Anak Enak dan Sederhana!

10 Resep Masakan Sehat Anak Enak dan Sederhana yaitu : 1. Omelet mie sehat 2. Long potato / Kentang panjang 3. Sop mix sehat untuk anak 4. Dimsum sehat untuk anak 5. Japanese shrimp toast 6. Mashed potato cheese tuna 7. Cireng nasi 8. Perkedel crispy 9. Bitter Ballen 10. Dadar Tahu

Bagaimana cara membuat Japanese shrimp toast ?

Kuliner yang satu ini pas sebagai kreasi makanan anak sekolah. Rasanya yang lezat, pasti anak Anda akan menyukainya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang sebaiknya disiapkan antara lain : 1 bungkus roti tawar tanpa pinggiran, 1 butir telur ayam, 1/2 kg cumi atau sesuai selera, yang kemudian dihaluskan terlebih dahulu, 3 sdm tepung maizena, dan 1 sdt minyak wijen. Tidak lupa siapkan minyak untuk menggoreng secukupnya. Untuk bumbu yang digunakan antara lain garam dan merica, yang semuanya sesuai dengan selera. Cara membuat makanan yang satu ini dimulai dengan mencampur semua bahan kecuali roti tawar. Setelah semua bahan tercampur rata, dan rasanya sudah pas, berikutnya susun adonan secukupnya di atas roti tawar, tutup dengan sebelah roti tawar lainnya. Lakukan hal ini hingga adonan habis, dan goreng hingga roti berwarna kecoklatan. Makanan siap untuk dihidangkan, atau dibuat bekal.

Bagaimana cara membuat Mashed potato cheese tuna?

Ingin membuat kreasi makanan yang unik, dengan kandungan gizi yang baik, tidak hanya untuk anak Anda, bahkan untuk seluruh anggota keluarga lainnya. Maka mashed potato cheese tuna ini dapat Anda coba. Untuk bahan-bahan yang akan digunakan antara lain adalah : 500 g kentang, 100 g tuna cincang (bisa diganti dengan menggunakan telur, ayam atau juga daging sapi), 50 g cream cheese (keju parut), 50 g butter, 1 buah wortel, 1 buah bawang bombay, 100 g jagung manis pipil, dan 6 siung bawang putih. Untuk merica, garam, keju mozarella dan juga susu cair, gunakan secukupnya. Agar tampilannya lebih menarik, Anda dapat menggunakan parsley dan oregano secukupnya, jika tidak ada, juga tidak apa-apa. Cara membuat makanan yang satu ini adalah dengan mengukus kentang terlebih dahulu, kemudian haluskan. Berikutnya tumis bawang putih dan juga bawang bombay sampai harum. Setelah itu masukkan tuna cincang, wortel yang telah dipotong dadu, jagung yang sudah diserut, cream cheese atau keju parut. Masukkan juga garam dan merica, selanjutnya aduk sampai semuanya lunak. Setelah itu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, butter dan juga susu cair. Susu cair bisa diganti menggunakan air putih biasa, hingga kekentalan sesuai keinginan. Kali ini aduk terus sampai semuanya tercampur rata dan juga matang. Jika suka, bisa ditambahkan saus. Berikutnya masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas, taburi keju mozarella, parsley dan oregano, jika ada. Masukkan dalam oven dengan suhu 150 derajat, kurang lebih 10 menit. Selain di oven Anda juga dapat mengukusnya, hingga mozarella meleleh.

(Visited 15 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us