Bagikan Artikel Ini:
Setiap anak memiliki perkembangan otak yang berbeda-beda. Ada yang memiliki perkembangan yang cepat, namun ada juga yang lambat. Untuk dapat memaksimalkan perkembangan otak anak, orang tua harus memberikan pendidikan yang tepat kepada anak-anak. Biasanya kecerdasan seorang anak sudah dapat mulai diketahui saat anak mulai memasuki jenjang sekolah. Namun sebelum usia tersebut juga sebenarnya para orang tua sudah dapat mengenali tanda-tanda kecerdasan pada seorang anak. Beberapa orang bahkan dapat mengetahui ciri ciri orang pintar dari wajah nya saja, beberapa lainnya mengetahui dari tingkah lakunya. Untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya ciri seorang anak yang cerdas, berikut kami rangkum 10 ciri anak cerdas yang perlu orang tua ketahui.
 
  1. Suka Berbicara

Kemampuan anak berbicara lancar berbicara biasanya terjadi pada usia yang berbeda-beda. Jika anak anda memiliki kemampuan bicara lebih baik dibandingkan dengan anak seusianya dapat diasumsikan bahwa anak anda memiliki kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan anak lainnya. Selain itu ciri seorang anak yang cerdas juga dapat dilihat dari tingkahnya yang sangat suka berbicara apa saja. Jika anak anda sangat aktif berbicara bahkan terkadang kesannya terlihat begitu bawel dan cerewet, anda tak perlu khawatir soal itu.

Seorang anak yang sangat aktif berbicara menandakan bahwa anak tersebut memiliki kemampuan verbal yang sangat baik. Hal yang membuat anak anda bicara adalah karena otak mereka bekerja dengan sangat aktif sehingga dia memiliki banyak hal dalam otaknya yang ingin segera diutarakannya. Hal tersebut merupakan pertanda baik untuk perkembangan otak anak. Cara paling baik untuk terus meningkatkan perkembangan otak seorang anak adalah dengan menanggapi apa yang dibicarakannya. Jika perlu ajukan beberapa pertanyaan kepada anak tersebut. Hal ini akan melatih anak untuk berargumen dalam pikirannya, sehingga kemampuan argumentasi anak anda akan berkembang dengan sangat baik.

  1. Suka Merenung atau Melamun 

Jika anda melihat anak anda sering merenung atau melamun, dan dia terlihat tidak peduli dengan hal sekitarnya, anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Biarkan saja mereka merenung karena pada saat itu otak mereka sedang bekerja memikirkan suatu hal. Mungkin saja anak anda memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar daripada anak lainnya sehingga setiap apapun hal yang menarik baginya diproses oleh otaknya untuk mendapatkan pengetahuan dari hal tersebut.

Jika hal tersebut terlihat pada anak anda, cobalah untuk mengajak mereka untuk mengutarakan apa yang sedang mereka pikirkan. Hal ini akan sangat membantu perkembangan otak anak untuk merumuskan apa yang sedang mereka pikirkan. Sering merenung atau berpikir sekaligus mengutarakan apa yang mereka pikirkan, akan membuat pemikiran anak anda semakin matang. Hal tersebut sangat membantu perkembangan otak anak anda.

  1. Sangat Aktif Bergerak

Salah satu ciri ciri anak pintar adalah sangat aktif bergerak. Seorang anak yang sangat sulit diam dan ingin selalu berlarian ke sana ke mari, menandakan bahwa otak anak tersebut sangat aktif. Oleh karena itu, seorang anak ingin mengekspresikan apa saja yang diperintahkan oleh otaknya. Perbedaanya dengan anak yang hiperaktif adalah anak hiperaktif berkeliaran kesana kemari tanpa tujuan yang jelas. Sedangkan anak yang aktif bergerak karena tujuan mereka jelas dan ada mereka ingin melakukan hal-hal yang merangsang otak mereka.

Kesalahan banyak orang tua adalah kecenderungan mereka memarahi anak yang aktif bergerak. Orang tua menganggap keaktifan seorang anak merupakan gangguan bagi orang tua sehingga mereka melakukan berbagai cara agar anak tetap duduk diam tanpa mengganggu kenyamanan orang tua. hal tersebut sangat tidak baik diterapkan pada anak anak karena menghambat perkembangan otak mereka. Biarkan saja anak anda aktif bergerak, karena saat itu lah perkembangan otak mereka terbentuk.

  1. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Ciri lain dari seorang anak yang cerdas adalah kemampuan mengingat mereka lebih kuat dari anak-anak seusianya. Anak anak yang memiliki daya ingat yang kuat menunjukkan bahwa mereka memiliki fokus yang sangat tinggi, sehingga hal-hal yang sangat menarik bagi mereka sangat mudah terekam dalam otak mereka dalam waktu yang sangat lama. Hal ini tentunya sangat baik untuk perkembangan otak anak anda.

Anda dapat meningkatkan daya ingat anak anda agar lebih kuat lagi misalnya dengan cara menanyakan kepada mereka apa saja yang berkaitan dengan hal-hal yang lampau, atau yang telah lama berlalu. Misalnya seperti nama seseorang kemarin ditemui, nama tempat, atau hal-hal menarik lainnya. Hal tersebut akan merangsang otak anak anda untuk bekerja lebih maksimal mengingat suatu hal.

  1. Memiliki Konsentrasi Tinggi

Biasanya anak anak sangat mudah bosan terhadap hal apa pun. Mereka sangat mudah tertarik pada hal baru, sekejap itu juga mereka akan bosan pada hal baru tersebut. Salah satu ciri ciri anak cerdas istimewa adalah mereka memiliki konsentrasi yang tinggi terhadap suatu hal. Jika mereka memiliki ketertarikan pada suatu hal, misalnya mainan atau hal lain, mereka betah berlama-lama mengamati hal yang membuat mereka tertarik. Mereka biasanya tak mudah terpengaruh dengan hal apapun, karena mereka tetap berkonsentrasi pada satu hal yang membuat mereka tertarik.

Jika anda melihat ciri tersebut ada pada anak anda, anda dapat meningkatkan konsentrasi otak mereka dengan cara memberikan suatu tantangan yang harus mereka selesaikan. Banyak mainan anak-anak yang memiliki konsep seperti hal tersebut, seperti puzzle, teka-teki, dan mainan lainnya. Mainan tersebut akan sangat membantu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak anda.

  1. Suka Berimajinasi

Ciri-ciri otak anak yang sedang bekerja adalah mereka suka mengimajinasikan banyak hal. Imajinasi adalah salah satu cara otak memberikan penjelasan terhadap suatu hal. Anak-anak yang suka berimajinasi adalah anak anak yang cerdas. Mereka membuat hal apapun menjadi menarik dalam imajinasi mereka. Salah satu ciri anak yang suka berimajinasi adalah mereka sering bicara seorang diri. Anda tak perlu khawatir jika anda melihat anak anda bicara seorang diri. Hal itu bukan suatu keanehan.

Anak yang suka berimajinasi biasanya mengkomunikasikan apa yang ada di dalam imajinasi mereka dengan diri mereka sendiri. Anda dapat mengembangkan imajinasi anak anda ke dalam hal yang lebih bermanfaat seperti mengajak mereka menggambar apa yang mereka imajinasikan, atau mengajak mereka bercerita tentang imajinasi mereka. Hal tersebut akan sangat membantu untuk perkembangan otak mereka.

  1. Suka Bermain dengan Orang yang Lebih Tua

Biasanya anak anak lebih suka bermain dengan sesama mereka atau seusia mereka, namun beberapa anak kurang tertarik bermain dengan seusia mereka. Mereka lebih suka bermain dengan orang yang lebih tua dari mereka. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa anak tersebut memiliki kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Alasan mereka lebih suka bermain dengan orang yang lebih tua adalah karena mereka menganggap orang yang lebih tua lebih banyak memberikan pengetahuan baru atau hal-hal baru dibandingkan dengan teman seusia mereka.

Jadi anda tak perlu khawatir jika anak anda selalu bermain dengan orang yang usianya lebih tua dari mereka. Mungkin saja pola pikir anak anda tidak sebanding lagi dengan anak seusia mereka, jadi untuk mengimbanginya seringlah ajak mereka bermain, atau bawa mereka ke tempat tempat yang akan memberikan pengetahuan baru bagi mereka.

  1. Pintar Berdalih

Salah satu ciri ciri anak pintar di masa depan adalah, mereka pintar berdalih atau mencari cari alasan. Saat membuat kesalahan, mereka akan menutupi kesalahan yang mereka buat dengan berbagai alasan, sehingga mereka dapat terhindar dari hukuman. Hal ini menunjukkan bahwa otak anak tersebut bekerja dengan sangat baik, sehingga dia berusaha menyelamatkan dirinya sendiri dari masalah yang mereka buat. Memang jika terus dibiarkan anak tersebut akan cenderung menjadi seorang yang pandai berbohong. Namun jika anda menyadari adanya potensi tersebut pada anak anda, anda dapat mengembangkannya jadi suatu kemampuan yang baik.

Latih anak anda agar kemampuannya berdalih tidak menjadi hal buruk di masa depan, melainkan menjadi hal yang bermanfaat. Misalnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti sebab akibat. Otak anak anda akan bekerja secara kreatif dan ia akan dengan mudah mengungkapkan alasan alasan yang menarik.

  1. Sulit Tidur

Anak anak memang membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Karena tidur sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun bukan berarti anak yang banyak tidur adalah anak yang sehat. Beberapa anak yang cerdas seringkali memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibandingkan dengan anak seusianya. Anak yang sulit tidur menunjukkan bahwa otak mereka sedang aktif bekerja. Saat tidur otak beristirahat. Oleh karena itu, jika anda melihat anak anda sulit tidur, jangan paksa mereka untuk tidur, karena saat itu otak mereka sedang bekerja dengan giat giatnya. Akan sangat disayangkan jika saat otak anak anda aktif bekerja, anda paksa untuk beristirahat.

Jika nanti sudah lelah, otak akan dengan sendirinya meminta anak anda beristirahat. Biarkan saja anak anda beraktifitas semuanya. Aktivitas menunjang perkembangan otak mereka. Siapa tahu kelak anak anda akan menjadi orang paling pintar di Indonesia, kan sangat sayang jika anda menghambatnya dengan menyuruh mereka sering tidur.

  1. Memiliki Minat Tinggi Terhadap Seni

Otak terbagi menjadi dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Secara sederhana otak kiri dapat kita kaitkan dengan hal-hal yang menyangkut hitung-hitungan seperti matematika, sedangkan otak kanan berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut dengan ekspresi seperti kesenian. Memiliki kecenderungan pada salah satu otak menunjukkan kecerdasan otak anak tersebut. Salah satu ciri seorang anak yang pintar adalah mereka memiliki minat yang tinggi terhadap seni, atau bahkan sudah memiliki bakat dalam bidang seni tersebut.

Seorang anak yang suka bernyanyi, menari, menggambar, atau hal lainnya, menunjukkan kecerdasan pada otak kanan anak tersebut. Hal tersebut menunjukkan otak kanan mereka bekerja merespon hal hal yang menarik bagi mereka, sehingga mereka mengungkapkan hal tersebut melalui ekspresi seni mereka. Jika anda melihat anak anda memiliki minat mereka terhadap seni, cara terbaik mengembangkannya adalah dengan memfasilitasi kebutuhan mereka. Siapa tahu kan kelak anak anda menjadi seorang penari, penyanyi, atau pelukis terkenal. Hal apa pun yang menarik minat seorang anak, perlu didukung oleh orang tua, agar anak semakin berkembang.

Kesimpulan :

Ciri seorang anak yang cerdas juga dapat dilihat dari tingkahnya yang sangat suka ?

Berbicara

Seorang anak yang sangat aktif berbicara menandakan bahwa anak tersebut memiliki kemampuan ?

Verbal yang sangat baik

Salah satu ciri ciri anak pintar adalah ?

Sangat aktif bergerak.

(Visited 413 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us