Bagikan Artikel Ini:

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang sejauh ini penting untuk dipelajari. Sebagian orang memang bisa mempelajari dan menggunakannya dengan cepat. Tapi ada juga yang harus belajar lama untuk mahir berBahasa Inggris. Oleh sebab itu, mengajarkan Bahasa Inggris sejak usia anak bisa menjadi pertimbangan.

Sebenarnya Bahasa Inggris bisa dipelajari dengan berbagai cara. Anda bisa mengajarkan kepada anak dengan memulai dari diri Anda, sampai mengajarkan anak dengan tebak-tebakan. Bagaimana maksudnya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut sekaligus mengetahui berbagai tips mengajarkan Bahasa Inggris.

Tips Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan dan mengajarkan anak Bahasa Inggris sejak dini.

1. Biasakan Terlibat dalam Berbagai Hal yang BerBahasa Inggris

Membiasakan anak berBahasa Inggris merupakan langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi anak agar cepat mahir berBahasa Inggris.

Seperti yang Anda ketahui, mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak TK atau setidaknya usia anak sebelum sekolah sulit jika Anda lakukan dengan cara-cara monoton seperti di sekolah. Sebenarnya dalam hal ini juga terdapat banyak cara yang menyenangkan.

Anda hanya perlu melibatkan anak dalam situasi yang menggunakan Bahasa Inggris. Misalnya seperti, dengan mendengarkan lagu anak berBahasa Inggris dan mengajaknya untuk bernyanyi bersama.

Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan Bahasa Inggris dengan membacakan sebuah dongeng. Lho bukannya itu akan sulit untuk anak mengerti? Tenang, Anda bisa membelikan buku atau bacaan dengan bahasa Indonesia, tetapi dengan penggabungan kosa kata asing.

Nah, di sela-sela bernyanyi dan membaca buku yang terdapat kosa kata Bahasa Inggris, Anda bisa menjelaskan tentang arti katanya. Lakukan hal ini secara konsisten setiap hari. Ini akan membuat anak secara otomatis hafal dengan beberapa kosa kata Bahasa Inggris.

2. Aplikasikan Topik yang Anak Sukai dalam Versi Bahasa Inggris

Ini masih berkaitan dengan tips nomer satu. Seperti yang Anda ketahui, kita akan lebih mudah memahami dan mempelajari sesuatu jika itu ada kaitannya dengan apa yang anak sukai. Nah, ini bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk membiasakan anak berBahasa Inggris secara tidak langsung.

Tentu saja anak-anak pasti memiliki sebuah topik yang mereka sukai. Seperti bernyanyi, mendengarkan lagu, atau bisa juga bermain. Dengan memberikan sebuah topik atau minat yang mereka sukai dalam versi Bahasa Inggris, umumnya anak akan lebih semangat dalam memperhatikan dan meniru.

Ada kalanya anak akan merasa bosan karena minat yang tiba-tiba berubah. Namun, Anda juga sebaiknya cepat tanggap untuk menyesuaikannya. Sebenarnya cara ini juga susah-susah gampang untuk Anda terapkan. Tapi, lagi-lagi dengan membiasakannya, cepat atau lambat anak juga lebih jago berBahasa Inggris.

3. Biasakan Anak Berlatih Bahasa Inggris

Ini adalah tips lanjutan dari tips pertama. Setelah Anak terbiasa belajar Bahasa Inggris dari berbagai media, seperti bernyanyi dan membaca dongeng dengan campuran bahasa Indonesia dan Inggris, coba latih seberapa jauh pemahamannya. Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya berbicara.

Seperti yang Anda ketahui, rumah merupakan salah satu tempat yang paling nyaman dan menyenangkan untuk belajar. Termasuk dalam mempelajari bahasa asing. Apalagi jika anak memiliki tipe pemalu atau anak yang susah belajar dengan orang baru.

Saat berada di rumah, ajak anak untuk bercakap-cakap seperti biasa, namun juga beri sedikit demi sedikit kosa kata Bahasa Inggris yang sama dengan di lagu atau cerita yang ia pelajari sebelumnya Selain mengasah kemampuan berbahasa, ini juga membantu anak untuk terus mengingat kosa kata yang sudah ia dapatkan.

Tentu saja, cara ini bisa Anda terapkan dan akan berhasil apabila Anda lakukan dengan konsisten setiap harinya. Sama seperti saat belajar dengan lagu atau membaca, anak secara otomatis menghafal kosa kata yang ia dengar jika dilakukan secara rutin.

4. Lengkapi Fasilitas Belajar untuk Pembelajaran Lebih Maksimal

Salah satu hal yang membuat belajar bisa lebih maksimal adalah karena tersedianya fasilitas yang memadai. Ini juga berkaitan dengan tips pertama tentang belajar bahasa dari berbagai media.

Fasilitas yang dimaksud di sini tentu saja adalah hal yang dijadikan media pembelajaran. Seperti ponsel, Internet, buku, dan sebagainya yang didalamnya terdapat aplikasi belajar.

Dengan adanya banyak fasilitas yang memadai, harapannya anak juga tidak kesulitan dan tidak cepat merasa bosan. Tapi, tetap saja di sini peran orang tua sangat dibutuhkan, terutama dalam hal bimbingan.

5. Jangan Terlalu Fokus Pada Pengajaran Grammar

Grammar atau tata bahasa memanglah hal yang penting dalam pengucapan Bahasa Inggris. Seperti yang Anda ketahui, mengucapkan sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris jika tidak sesuai dengan grammar, maka susunan katanya akan rancu dan sulit untuk teridentifikasi.

Tetapi, grammar bukanlah sesuatu yang wajib Anda ajarkan terutama untuk si kecil. Meskipun ada mitos yang menyebutkan bahwa kemampuan mempelajari sesuatu pada anak lebih mumpuni daripada orang dewasa, tapi sebaiknya Anda jangan terlalu memfokuskan kepada anak untuk belajar grammar.

Kesalahan dalam penggunaan tata bahasa atau grammar dalam Bahasa Inggris adalah sebuah hal yang umum terjadi. Apalagi bagi anak yang memang baru belajar. Anda tidak perlu terburu-buru untuk menyalahkan apa yang mereka lakukan saat memang ucapan dan penataan susunan kalimatnya kurang pas.

Saat Anda terlalu sering mengoreksi kesalahan yang anak buat, lambat laun anak akan merasa kurang percaya diri dengan kemampuannya. Namun, bukan berarti Anda harus membiarkan apapun kesalahannya. Benahi pada bagian yang penting dahulu, kemudian baru benahi kesalahan grammar setelah anak tumbuh dewasa.

6. Coba Bujuk dan Kirim Anak ke Tempat Kursus Bahasa

Coba Bujuk dan Kirim Anak ke Tempat Kursus Bahasa - Sekolah Prestasi Global

Tempat kursus menjadi tips berikutnya jika ingin agar anak bisa lancar berBahasa Inggris saat dewasa nanti. Tempat kursus juga bisa jadi salah satu solusi apabila orang tua memang belum bisa mengajarkan Bahasa Inggris ke Anak. Anda tidak perlu ragu karena memang tenaga pengajarnya sudah tersertifikasi.

Apalagi, belakangan ini sudah banyak tempat yang menawarkan pelatihan Bahasa Inggris untuk anak demilihan kosakata Bahasa Inggris untuk anak yang cenderung sederhana dan mudah untuk anak pahami.

Untuk mengetahui apakah tempat kursus yang Anda pilih bisa untuk anak, umumnya bisa terlihat dari metode dan kurikulum pengajaran yang benar-benar khusus untuk anak-anak. Selain itu, pilih tempat kursus yang friendly untuk anak. Seperti metode belajar sambil bermain.

7. Pindah Ke Luar Negeri

Cara terakhir yang mungkin paling efektif untuk Anda dalam mengajarkan Bahasa Inggris adalah dengan pindah ke luar negeri. Ajak anak ke lingkungan yang berbeda, terutama dari segi bahasa. Awalnya memang terasa sangat sulit karena culture shock atau belum mengerti Bahasa Inggris sama sekali.

Meskipun mulanya belum mengerti Bahasa Inggris sama sekali, lama kelamaan, anak akan secara otomatis terbawa karena ia sudah terbiasa tinggal di luar negeri sedari kecil. Belakangan ini, pindah ke luar negeri memang cukup banyak dilakukan oleh orang tua agar anak lebih cepat dalam belajar Bahasa Inggris.

Selain dengan pindah ke luar negeri, orang tua biasanya akan menitipkan kepada keluarga yang di luar negeri, baik itu paman atau bibinya. Kedua cara ini mirip, untuk mempercepat proses belajar Bahasa Inggris.

Pentingnya Mengajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Pentingnya Mengajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini - Sekolah Prestasi Global

Tahukah Anda? Belajar Bahasa Inggris tidak hanya boleh dilakukan saat anak sudah menginjak bangku sekolah saja. Bahkan, Anda bisa mengajarinya dari kecil.

Berbicara tentang mengajarkan Bahasa Inggris ke anak di usia dini, memangnya apa, sih pentingnya belajar Bahasa Inggris sejak kecil? Berikut ini penjelasannya.

1. Belajar Bahasa Inggris Bantu Membuka Pikiran Lebih Luas

Sebagai Informasi untuk Anda, belajar Bahasa Inggris ternyata bisa membantu anak dalam membuka pikiran, termasuk menstimulasi anak tentang kemampuannya melihat segala sesuatu dari sudut pandang berbeda. Selain itu, belajar Bahasa Inggris juga dapat menjadi pendorong anak mengekspresikan diri.

Dengan belajar Bahasa Inggris dan nantinya ia mampu memahami bahasa internasional ini, anak berkesempatan untuk menyampaikan apa yang ia rasakan dengan berbagai pilihan bahasa. Sebagai Informasi untuk Anda, ternyata ada lho orang yang nyaman menggunakan lebih dari satu bahasa untuk berkomunikasi.

Menurut studi, bisa dibuktikan ketika memiliki kemampuan untuk menguasai setidaknya dua bahasa, dapat meningkatkan kemampuan problem-solving seseorang. Oleh sebab itu, mempelajari Bahasa Inggris semenjak usia dini merupakan salah satu cara pengembangan diri demi masa depan.

2. Membantu Anak Saat Bersekolah Nanti

Ini adalah salah satu manfaat penting mengapa Bahasa Inggris perlu orang tua ajarkan sedini mungkin. Misalnya, ketika anak ingin sekolah atau kuliah yang di dalamnya ada pelajaran Bahasa Inggris. Ini juga akan bermanfaat, saat anak study ke luar negeri. Setidaknya kemampuan bahasanya sudah terasah.

Tidak jarang memang ada anak yang bercita-cita sekolah di luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Karena anak sudah sedari kecil terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, tentu ini bukanlah sebuah permasalahan lagi.

Meskipun anak tetap bersekolah di dalam negeri, kemampuan Bahasa Inggris bisa membantu anak dalam memperbanyak dan memperluas jaringan Informasi. Harus Anda ketahui, sumber belajar saat ini bukan hanya buku hasil terbitan dalam negeri, tapi juga banyak sekolah menggunakan buku berBahasa Inggris.

3. Tidak Ada Salahnya Memikirkan Pekerjaan Anak untuk Masa Depan

Mungkin salah satu tujuan Anda memperkenalkan Bahasa Inggris pada anak adalah karena Anda tahu saat ini Bahasa Inggris mempengaruhi pekerjaan. Itu memang bukan pemikiran yang salah. Coba Anda bayangkan, jika saat ini saja sistem pekerjaan sudah terbuka, bagaimana dengan 30 tahun ke depan?

Bahasa Inggris terkadang menjadi salah satu persyaratan dalam penerimaan sebuah lamaran pekerjaan. Apalagi jika itu berkaitan dengan pekerjaan dengan cakupan multinasional, atau perusahaan startup.

Tentu saja ini bukan tanpa sebab, komunikasi dengan partner maupun customer harus bisa dilakukan dengan baik. Terutama jika perusahaan memilih partner dari asing, atau customer dari asing pula.

Penutup

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah seharusnya dipelajari untuk saat ini. Apalagi melihat perkembangan di berbagai sektor yang mengharuskan penggunaan Bahasa Inggris.

Mungkin karena itulah Anda sebaiknya mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak sedini mungkin? Lagi pula banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris.

Itulah tadi beberapa mudah mengenalkan dan mengajarkan Bahasa Inggris pada anak sejak dini. Cara-cara yang disebutkan ini merupakan hal yang biasa kami terapkan di Prestasi Global.

Apakah Anda juga sudah menerapkan salah satu tips di atas untuk mengajarkan Bahasa Inggris pada anak? Jangan lupa bagikan pengalaman Anda di kolom komentar, ya!

Baca Juga : Anak Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dengan 15 Aplikasi Berikut

Apa tips mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini

1. Biasakan Terlibat dalam Berbagai Hal yang BerBahasa Inggris
2. Aplikasikan Topik yang Anak Sukai dalam Versi Bahasa Inggris
3. Biasakan Anak Berlatih Bahasa Inggris
4. Lengkapi Fasilitas Belajar untuk Pembelajaran Lebih Maksimal
5. Jangan Terlalu Fokus Pada Pengajaran Grammar
6. Coba Bujuk dan Kirim Anak ke Tempat Kursus Bahasa
7. Pindah Ke Luar Negeri

Seberapa pentingnya mengajarkan bahasa inggris sejak dini?

1. Belajar Bahasa Inggris Bantu Membuka Pikiran Lebih Luas
2. Membantu Anak Saat Bersekolah Nanti
3. Tidak Ada Salahnya Memikirkan Pekerjaan Anak untuk Masa Depan

Apa saja fasilitas untuk belajar bahasa inggris?

Fasilitas yang dimaksud di sini tentu saja adalah hal yang dijadikan media pembelajaran. Seperti ponsel, Internet, buku, dan sebagainya yang didalamnya terdapat aplikasi belajar.

(Visited 107 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us