Bagikan Artikel Ini:

Saat musim hujan tiba, selalu ada kesibukan dan pekerjaan baru yang harus dikerjakan sebuah keluarga. Mulai memeriksa atas rumah, saluran drainase, hingga tak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh.

Bisa dimaklumi, sebab musim hujan memang identik dengan munculnya berbagai macam penyakit. Terutama anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih belum sempurna seperti orangtua. Mereka rentan terserang penyakit akibat penyebaran virus atau bakteri.

Banyak bahaya mengancam saat musim hujan, seperti terjadi perubahan suhu secara ekstrem, pencemaran udara, hingga terjadi kontaminasi air.

Dari dalam tubuh, musim hujan juga sering menyebabkan beban kerja usus dan sistem pencernaan menjadi lebih berat. Akibatnya, sistem metabolisme tubuh mengalami penurunan karena terjadi penumpukan lemak.

Sistem imun yang lemah pada anak-anak sangat tidak baik bagi kesehatan mereka. Apalagi, di musim hujan dimana suhu udaranya lebih dingin, hal itu bisa membuat anak mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti flu, pilek, batuk, dll.

Bagaimana cara mengatasinya? Yang paling mudah adalah dengan menjaga daya tahan tubuh anak. Dengan sistem imun yang kuat, anak tidak mudah terserang penyakit.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Anda bisa membuat ramuan organik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Dipilihnya bahan-bahan alami karena tidak memberikan efek samping dan aman dikonsumsi.

Beberapa penelitian membuktikan ramuan organik yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan obat seperti kunyit atau lengkuas secara efektif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan bumbu dapur ini juga sangat baik sebagai obat antibiotik alami. Anda dapat meraciknya sendiri jika anak mengalami masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, dll.

Karena sifatnya yang antibiotik, ramuan organik juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Buat anak yang sudah punya imun kuat, datangnya musim hujan tidak perlu dikhawatirkan. Mereka lebih siap dengan suhu udara yang cenderung ekstrim sekalipun.

Dalam hal ini, peran orangtua sangat penting untuk memastikan sistem imunitas anak-anak selalu terjaga dengan baik. Ini juga menjadi bagian dari tanggung jawab orangtua yang wajib dipenuhi.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Artikel ini membahas tips sederhana bagaimana orangtua bisa menjaga daya tahan tubuh anak selalu kuat dan terhindar dari datangnya berbagai macam penyakit.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anak terhindar dari ‘kurang bersahabatnya’ musim hujan. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan.

1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Menjaga hidrasi tubuh menjadi tips pertama yang bisa Anda lakukan agar anak tetap terjaga daya tahan tubuhnya saat musim hujan tiba. Yang tidak disadari oleh kebanyakan orang tua adalah mereka sering kurang perhatian memberi minum pada anak karena anak tidak minta.

Memang, saat musim hujan sebagian besar anak merasa tidak haus sehingga Anda sering lupa memberi minum air putih yang cukup kepada mereka.

Untuk menghindari hidrasi, sebaiknya Anda memberitahu pada anak-anak untuk tetap minum air putih yang cukup, misalnya antara 6-8 gelas sehari.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan - Prestasi GlobalPhoto by Johny McClung on Unsplash

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan anak selama musim hujan adalah dengan memilih makanan yang sehat untuk anak. Agar daya tahan tubuh anak tetap baik, orangtua harus memberi makanan yang sehat dan bergizi.

Beberapa pilihan bahan makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh anak saat musim hujan, antara lain bisa berupa buah, sayuran hijau, atau makanan yang memiliki kandungan serat tinggi.

Saat musim hujan, sebaiknya anak Anda tidak mengkonsumsi makanan siap saji yang dijual di restoran-restoran cepat saji.

Orang mengenalnya sebagai junk food dan jenis makanan ini nilai gizinya sangat rendah, atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun, jika anak Anda tetap menginginkan makanan ringan, maka pilihlah makanan yang tidak terlalu banyak mengandung minyak dan mudah dicerna.

Selain junk food, minum minuman yang mengandung soda juga sebaiknya Anda hindari di musim hujan. Minuman itu sangat tidak baik untuk daya tahan tubuh anak Anda.

3. Pola Makan Teratur

Masih terkait dengan makanan, mengkonsumsi makanan sehat saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan pola makan yang teratur. Idealnya, anak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dengan pola makan yang teratur.

Pola makan yang benar bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak saat musim hujan tiba. Mengatur pola makan yang paling mudah adalah dengan memberi makan tiga kali sehari dengan porsi yang cukup.

Agar makan efektif meningkatkan sistem imun tubuh anak, makanan yang Anda berikan pun haruslah yang bergizi.

Sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dll. sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung protein dan vitamin C.

4. Rutin Minum Susu

Menjaga daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan minum susu secara rutin minimal tiga kali sehari. Susu sangat dibutuhkan anak saat dia sedang dalam masa pertumbuhan. Pilihlah susu bubuk karena kaya nutrisi serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Minum susu secara rutin membuat anak semakin memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang penyakit dari luar.

5. Mengonsumsi Vitamin

Suplemen vitamin bisa Anda berikan kepada anak untuk melengkapi makanan bergizi. Anak yang cenderung bergerak aktif perlu tambahan suplemen untuk mendukung pergerakannya.

Apalagi, jika anak Anda susah makan, memberi vitamin sangat penting dilakukan untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi tubuh.

Jika anak Anda sudah secara rutin mengkonsumsi vitamin khusus anak, hal itu akan membuat tubuh lebih kebal terhadap cuaca yang cenderung tidak menentu di musim hujan.

6. Gunakan Pakaian yang Tepat

Sebaiknya Anda tidak hanya melindungi tubuh anak Anda dari dalam, namun juga dari luar. Nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari dalam. Sedangkan dari luar, Anda perlu pakaian yang tepat digunakan saat musim hujan.

Pakaian yang tepat saat musim hujan adalah pakaian yang terbuat dari wol atau katun. Musim hujan, suhu udara cenderung lebih dingin di musim hujan. Untuk itu, anak perlu diberi pakaian yang lebih tebal.

Pakailah pakaian hangat terutama saat berada di luar rumah. Selain memakai jaket wol, Anda juga bisa membekali mereka dengan topi atau kaos kaki. Bahkan, jika anak Anda masih bayi, beri dia selimut hangat.

Untuk pakaian dalamnya, pilihlah pakaian yang mampu menyerap keringat. Pilihannya bisa pakai kemeja atau kaos untuk membuat mereka lebih nyaman.

7. Istirahat yang Cukup

Tips berikutnya adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Dengan istirahat yang cukup maka tubuh anak akan kembali segar dan bugar dan kondisi ini sangat baik di saat sedang menghadapi musim hujan yang rentan muncul berbagai penyakit.

Sesuai anjuran dokter, waktu istirahat (tidur) yang paling ideal untuk anak usia 4-6 tahun minimal 9-11 jam per hari. Kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Belum lagi, bisa memicu hormon stress pada anak.

Waktu tidur anak juga hendaknya tidak terlalu malam, karena bisa mengganggu metabolisme tubuh, yang pada gilirannya akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh anak. Jadi, usahakan jam 8 malam, anak harus sudah tidur.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan - Prestasi GlobalTips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan - Prestasi GlobalPhoto by Igordoon Primus on Unsplash

8. Berolahraga

Tips meningkatkan daya tahan tubuh pada anak juga bisa Anda lakukan dengan berolahraga secara teratur. Olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun, karena anak bergerak aktif atau ada latihan fisik disana.

Lantas, apa korelasinya aktivitas fisik dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh? Anak yang secara rutin melatih fisiknya dengan berolahraga secara langsung akan meningkatkan suhu tubuh.

Dengan suhu tubuh yang baik pastinya akan menghambat infeksi masuk ke dalam tubuh anak. Belum lagi, olahraga juga bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga anak pun akan lebih siap saat musim hujan tiba.

Intinya, Anda harus mengajak anak tetap bergerak aktif. Musim hujan bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan di rumah. Beraktivitas juga tidak harus keluar rumah. Anda bisa mengajaknya bermain di dalam rumah.

9. Membersihkan Rumah

Masih terkait dengan aktivitas fisik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengajak anak beraktivitas bersama, misalnya bergotong royong membersihkan rumah.

Saat musim hujan tiba umumnya membuat keadaan rumah cepat kotor. Ditambah lagi, musim hujan juga identik dengan munculnya penyakit demam berdarah.

Oleh karena itu, kegiatan bersih-bersih rumah wajib Anda lakukan bersama anggota keluarga yang lain. Bersihkan semua tempat yang bisa menjadi media untuk berkembang biak nyamuk ini, seperti tempat sampah, genangan air, dsb.

Kegiatan bersih-bersih rumah, selain menjaga tubuh kita tetap sehat karena aktivitas fisik, juga membuat rumah kita tetap bersih dan indah. Yang lebih penting, terhindar dari bahaya demam berdarah.

10. Selalu Sedia Payung dan Jas Hujan

Tips menjaga daya tahan tubuh anak yang terakhir adalah dengan selalu menyediakan payung dan jas hujan buat anak saat dia bepergian. Terutama untuk anak yang sudah masuk sekolah. Anda wajib membawakan payung dan jas hujan saat musim hujan.

Ada pepatah: “sedia payung sebelum hujan”. Ini agaknya tepat buat Anda untuk selalu siap sedia di tas sekolah demi kesehatan anak.

Kesimpulan

Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memastikan anak-anaknya selalu sehat wal afiat tak kurang suatu apa. Termasuk dalam hal menjaga anak agar tetap memiliki sistem imunitas yang baik.

Musim hujan memang sering membawa dampak yang kurang baik bagi anak. Suhu udara di musim hujan yang cenderung lebih dingin juga sering membuat anak mudah jatuh sakit.

Oleh karena itu, seorang anak harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. 10 tips diatas adalah cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak Anda.

Saat musim hujan, buat orangtua yang punya anak sekolah tentu harus lebih ekstra perhatian. Bekali selalu dengan payung untuk mengantisipasi hujan. Atau, bawa jaket agar suhu tubuh anak tetap hangat.

Kami, di Prestasi Global selalu menyarankan orangtua siswa untuk membawakan payung dan jaket buat anak-anaknya. Kami bantu anak Anda untuk lebih paham tentang pentingnya menjaga kesehatan di saat musim hujan.

Akhirnya, mari selalu menjaga anak-anak tetap sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Buat mereka tetap aktif bergerak dan beraktivitas meski hanya di sekitar rumah. Pastinya, musim hujan bukan alasan untuk bermalas-malasan.

Baca Juga : 15 Manfaat Penting nya Asupan Omega 3 untuk Tumbuh Kembang Anak

Bagaimana Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak?

- Menjaga Dehidrasi Tubuh - Mengkonsumsi Makanan Sehat - Pola Makan Teratur - Rutin Minum Susu - Istirahat yang Cukup

Apakah Meminum Susu dapat Menjaga daya tahan tubuh?

Minum susu secara rutin membuat anak semakin memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang penyakit dari luar.

Apa korelasinya aktivitas fisik dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh?

Anak yang secara rutin melatih fisiknya dengan berolahraga secara langsung akan meningkatkan suhu tubuh.

(Visited 123 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us