Bagikan Artikel Ini:

Musim Pandemi corona ini, para orang tua memang juga harus bersiap-siap untuk menjadi seorang guru untuk buah hati tercinta. Hal ini agar anak-anak bisa belajar di rumah secara efektif walaupun tidak berada di sekolah. Pastinya, ini membuat orang tua harus mengetahui bagaimana strategi parenting yang tepat saat musim Corona ini.

Di samping mengerjakan tugas anda yang menumpuk di rumah, anda juga harus mendampingi anak anda untuk belajar. Pasalnya, musim Corona, banyak sekali tugas yang diberikan oleh sekolah agar anda masih tetap bisa mengikuti pelajaran di rumah. Ya, Pandemi Corona ini memang menjadi salah satu pandemic yang tengah terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Ini merupakan salah satu wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona dimana keberadaannya tidak boleh anda remehkan begitu saja. Karena penyebarannya yang cepat, pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk melakukan aktivitas pekerjaan maupun sekolah di rumah. Tidak heran apabila semua orang harus menyiapkan segala hal sebagai upaya untuk siaga Corona
 

Tips Mendampingi Anak Ketika Pekerjaan Menumpuk 

 
Meningkatkan Budaya Literasi di Rumah
 
Kegiatan belajar dan bekerja di rumah ini sendiri ternyata sudah berlangsung di lebih dari satu bulan hingga Virus Corona ini benar-benar hilang. Hal ini pun berguna untuk memutus penyebaran virus corona. Buat para orang tua yang bingung bagaimanakah menjaga anak di tengah musim Corona ini, kami mempunyai beberapa tips terbaik yang bisa anda gunakan untuk mendampingi anak anda ketika pekerjaan tengah menumpuk.
 

1. Cobalah untuk Membuat Suasana Lebih Nyaman dan Aman 

 
Buat para orang tua siaga coronatips pertama yang bisa anda gunakan untuk mendampingi anak anda baik itu belajar maupun bermain adalah dengan membuat suasana lebih nyaman dan aman. Dengan begini, maka akan membuat anak anda semakin betah untuk belajar maupun bermain di dalam rumah.

Tips agar anak anda bisa betah dalam belajar adalah sebaiknya anda mematikan televisi, music bahkan menghindari pembicaraan dengan nada yang lantang. Dengan cara ini lah maka akan membuat anak anda semakin nyaman dalam belajar. Selain itu, anda juga bisa merubah kamar buah hati anda menjadi taman bermain agar anak anda tidak minta untuk keluar rumah.

Anda bisa menambahkan beberapa mainan kesukaan anak anda. Jika perlu, anda menyiapkan desain kamar yang membuat anak anda nyaman ketika berada di dalamnya.
 

2. Cobalah Menciptakan Energy yang Positif 

 
Buat para orangtua, pendidikan anak memang menjadi salah satu hal yang wajib untuk didapatkan oleh anak-anak. Adapun tips lainnya yang akan membantu anda agar tetap bisa mendampingi anak anda walaupun tengah sibuk adalah dengan menciptakan energy yang lebih positif kepada anak.

Dengan adanya energy yang positif inilah maka anak tidak akan malas dalam belajar. Selain itu, sebaiknya para orang tua juga mendampingi anak ketika tengah mengerjakan tugas dari sekolah secara online. Dengan kehadiran anda di sisinya, maka akan membuat mereka merasa nyaman untuk belajar.
 

3. Jangan Lupa untuk Menerapkan Aturan 

 
Aturan kedisiplinan juga sangat penting untuk anda terapkan ketika mendampingi anak anda tersebut belajar di rumah. Ada baiknya anda mengatur jadwal kegiatan mereka selama berada di rumah. Seperti mengatur jadwal kapankah akan belajar, istirahat, melanjutkan untuk belajar, makan, beribadah serta bermain.

Ada baiknya, anda juga melakukan diskusi dengan buah hati anda ketika melakukan aturan tersebut. Selain itu, anda juga harus menerapkan adanya konsekuensi apabila anak tidak mampu menerapkan semua aturan tersebut. Dengan cara inilah maka kegiatan belajar akan terjadwal dengan baik.

Selain itu, sebaiknya anda juga tidak memberikan aturan waktu sama seperti dengan di sekolah. Cobalah untuk lebih fleksibel.
 

4. Sebaiknya Orang Tua Tidak Boleh Stress

 
Masih ada lagi tips dalam siaga corona yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk pendidikan buah hati yakni sebaiknya kondisi anda juga tidak stress. Hal ini bukan tanpa alasan karena apabila anda mengalami stress maka ini akan berdampak buruk terhadap anak anda dimana tidak bisa belajar secara maksimal.

Untuk para orang tua yang ingin terhindar dari stress, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu di tengah pekerjaan anda yang juga padat. Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan adalah dengan meditasi ataupun dengan mengistirahatkan tubuh anda dengan tidur. Ini adalah cara alami agar stress anda bisa hilang.
 

5. Jangan Lupa Siapkan Bahan Bacaan Lain untuk Anak 

 
Tidak bisa dipungkiri apabila terkadang materi yang diajarkan secara online memang kurang lengkap dibandingkan dengan diajarkan secara langsung. Untuk itulah, sebaiknya para orang tua juga harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan belajar anak agar pengetahuan mereka tetap bertambah dan terasah.

Seperti dengan menyiapkan bahan bacaan lainnya di luar materi yang diajarkan. Buku-buku dengan tema yang disukai anak bisa anda jadikan sebagai pilihan. Ada banyak buku untuk bacaan anak yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak anda.
 

6. Cobalah untuk Melakukan Permainan Edukatif yang Melibatkan Fisik 

 
Agar semakin betah berada di rumah, tips untuk ibu dan anak berikutnya selama masa corona adalah dengan mencoba untuk melakukan permainan yang edukatif. Ini dijamin akan membuat anak betah di rumah dimana tidak melulu soal belajar.

Adapun permainan yang bisa anda pilih adalah permainan yang melibatkan aktivitas fisik seperti lompat tali, main catur, bulu tangkis, sit up ataupun permainan lainnya. Cobalah untuk membuat kompetisi kecil dengan keluarga anda. Berikan hadiah ketika anak anda berhasil menjadi pemenang.
 

7. Melibatkan Anak Anda dalam Semua Aktivitas di Rumah 

 
Tips parenting selama pandemic corona yang berikutnya adalah sebaiknya anda bisa langsung melibatkan anak anda ke dalam semua aktivitas yang ada di rumah. Jangan biarkan anak anda bermalas-malasan selama belajar di rumah. Cobalah ajak mereka untuk mengerjakan pekerjaan rumah secara bersama-sama.

Seperti memasak, membuat kue kesukaan mereka, membersihkan rumah, hingga kegiatan berkebun di kebun kecil anda. Dengan cara inilah, maka anak tidak akan merasa bosan ketika berada di rumah. Anda juga bisa membuat kegiatan kreatif lainnya yang melibatkan anak anda tersebut.
 

8. Cobalah Membacakan Buku Cerita 

 
Tidak hanya tips diatas saja yang bisa anda gunakan untuk mendampingi anak anda di tengah pandemic corona seperti ini. orang tua juga bisa membacakan cerita kepada anak ataupun melakukan diskusi tentang buku yang sudah dibaca tadi. Untuk buku ceritanya sendiri, sebaiknya anda bisa memilih buku kesukaan anak anda tersebut.

Selain itu, mintalah mereka untuk berdiskusi apa saja yang terjadi di dalam cerita tersebut. Dengan cara inilah secara tidak langsung akan mengajarkan anak anda bagaimana menganalisis suatu cerita.
 

9. Ajak Anda untuk Membuat Suatu Projek 

 
Selain mendampingi anak belajar sebagai orangtua siaga coronaanda juga bisa mengajak anak anda tersebut untuk membuat suatu proyek. Salah satunya adalah membuat masker bersama ataupun dengan membuat hand sanitizer yang sangat berguna saat musim pandemic corona ini.

Atau anda juga bisa menggunakan kreativitas anda lainnya untuk membuat anak anda betah berada di dalam rumah hingga pandemic corona ini berakhir.
 

10. Mengajarkan Anak untuk Tetap Menjaga Kebersihan Diri 

 
Terakhir jangan sampai lupa untuk mengajarkan buah hati tercinta anda untuk tetap menjaga kebersihan diri. Ini merupakan salah satu cara yang akan meminimalisir penyebaran virus corona. Dengan kondisi badan maupun lingkungan yang bersih maka virus tidak akan menyerang anda.
 

Tips Menjaga Kebersihan Diri Selama Musim Corona 

 

Jangan Lupa Sering Mencuci Tangan 

Photo by CDC on Unsplash

Buat para ibu yang kesulitan untuk mengajarkan anak anda untuk menjaga kebersihan diri mereka, anda tidak perlu khawatir karena kami mempunyai beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan diri anda selama musim corona. Langsung saja simak tips menjaga kebersihan diri untuk ibu dan anak dibawah ini.
 

1. Jangan Lupa Sering Mencuci Tangan 

 
Cuci tangan menjadi tips yang sangat disarankan oleh ahli medis untuk mencegah virus corona ini. hal ini bukan tanpa alasan karena tangan sendiri menjadi salah satu media yang digunakan untuk penularan virus corona ini. untuk itulah, sebaiknya para orang tua mengajarkan anak untuk bisa lebih rajin dalam mencuci tangan.

Untuk cuci tangan sendiri bisa menggunakan sabun dan air yang mengalir agar tangan benar-benar bersih dan bisa terhindar dari berbagai macam virus.
 

2. Jangan Lupa untuk Menjaga Jarak 

 
Perlu anda ketahui apabila percikan air liur penderita virus corona bisa terbang sejauh 2 meter. Untuk itulah sangat disarankan untuk tetap menjaga jarak dengan orang-orang yang memiliki Covid-19 ini. Dengan demikian, maka virus pu tidak mudah untuk menempel pada anda.

Perlu anda ketahui, jika social distancing ini sendiri tidak anda praktikan dengan baik maka penularan virus corona ini sendiri akan jauh lebih besar.
 

3. Tidak Keluar Rumah Jika Tidak Ada Hal yang Penting 

 
Sebaiknya, anda tidak keluar rumah apabila tidak ada hal yang penting. Anda juga harus memberikan penjelasan ini kepada anak anda tersebut. berikan penjelasan apabila jika kelaur rumah maka akan meningkatkan penyebaran virus corona ini dengan mudah. Termasuk anda, sebaiknya tidak keluar rumah jika tidak penting.
 

4. Jangan Sering Menyentuh Wajah Anda 

 
Tips menjaga kebersihan diri yang berikutnya adalah sebaiknya anda tidak sering untuk menyentuh wajah anda tersebut. cara ini sendiri memang terdengar sederhana tetapi ternyata akan sangat berpengaruh terhadap tingkat penyebaran corona. Jika anda atau anak ingin menyentuh wajah, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.
 

5. Praktikkan Etika Bersih dan Batuk yang Benar 

 
Terakhir jangan sampai lupa untuk mempraktikkan etika batuk dan bersih yang benar kepada anak anda tersebut. saat batuk atau bersih sebaiknya bisa menutup mulut dengan menggunakan tisu. Sedangkan jika tidak ada tisu, maka bisa menutup mulut dengan sikut bagian bawah. Dengan demikian, maka penyebaran virus Corona bisa diminimalisir.

Demikian beberapa tips yang bisa digunakan oleh para Orang tua siaga corona dalam mendampingi anak di rumah. Dengan kehadiran anda di samping buah hati maka akan membuat mereka merasa betah untuk belajar di rumah.
 
 

Bagaimana Tips agar anak anda bisa betah dalam belajar?

sebaiknya anda mematikan televisi, music bahkan menghindari pembicaraan dengan nada yang lantang. Dengan cara ini lah maka akan membuat anak anda semakin nyaman dalam belajar. Selain itu, anda juga bisa merubah kamar buah hati anda menjadi taman bermain agar anak anda tidak minta untuk keluar rumah. Anda bisa menambahkan beberapa mainan kesukaan anak anda. Jika perlu, anda menyiapkan desain kamar yang membuat anak anda nyaman ketika berada di dalamnya.

Sebutkan 3 Tips mendampingi anak ketika pekerjaan menumpuk!

1. Cobalah untuk membuat suasana lebih nyaman dan aman 2. Cobalah menciptakan energy yang positif 3. Jangan lupa untuk menerapkan aturan

Sebutkan tips menjaga kebersihan diri untuk ibu dan anak!

1. Jangan lupa sering mencuci tangan Cuci tangan menjadi tips yang sangat disarankan oleh ahli medis untuk mencegah virus corona ini. hal ini bukan tanpa alasan karena tangan sendiri menjadi salah satu media yang digunakan untuk penularan virus corona ini. untuk itulah, sebaiknya para orang tua mengajarkan anak untuk bisa lebih rajin dalam mencuci tangan. Untuk cuci tangan sendiri bisa menggunakan sabun dan air yang mengalir agar tangan benar-benar bersih dan bisa terhindar dari berbagai macam virus. 2. Jangan lupa untuk menjaga jarak Perlu anda ketahui apabila percikan air liur penderita virus corona bisa terbang sejauh 2 meter. Untuk itulah sangat disarankan untuk tetap menjaga jarak dengan orang-orang yang memiliki Covid-19 ini. Dengan demikian, maka virus pu tidak mudah untuk menempel pada anda. Perlu anda ketahui, jika social distancing ini sendiri tidak anda praktikan dengan baik maka penularan virus corona ini sendiri akan jauh lebih besar. 3. Tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting Sebaiknya, anda tidak keluar rumah apabila tidak ada hal yang penting. Anda juga harus memberikan penjelasan ini kepada anak anda tersebut. berikan penjelasan apabila jika kelaur rumah maka akan meningkatkan penyebaran virus corona ini dengan mudah. Termasuk anda, sebaiknya tidak keluar rumah jika tidak penting. 4. Jangan sering menyentuh wajah anda Tips menjaga kebersihan diri yang berikutnya adalah sebaiknya anda tidak sering untuk menyentuh wajah anda tersebut. cara ini sendiri memang terdengar sederhana tetapi ternyata akan sangat berpengaruh terhadap tingkat penyebaran corona. Jika anda atau anak ingin menyentuh wajah, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu. 5. Praktikkan etika bersih dan batuk yang benar Terakhir jangan sampai lupa untuk mempraktikkan etika batuk dan bersih yang benar kepada anak anda tersebut. saat batuk atau bersih sebaiknya bisa menutup mulut dengan menggunakan tisu. Sedangkan jika tidak ada tisu, maka bisa menutup mulut dengan sikut bagian bawah. Dengan demikian, maka penyebaran virus Corona bisa diminimalisir.

 

(Visited 52 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us