Bagikan Artikel Ini:

Sebagai seorang muslim, tentunya wajib mengetahui tentang Hukum Beriman Kepada MalaikatHal ini penting karena rukun iman bisa menjadi pedoman dalam meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.

Mengenal Tentang Apa Itu Rukun Iman Kepada Malaikat

ilmu tentang hadits

Setiap umat muslim penting rasanya untuk mengetahui rukun iman. Setiap point dalam rukun iman tersebut memiliki makna yang terkandung di dalamnya yang mana setiap makna bisa menjadi pedoman hidup bagi kehidupan manusia. Salah satu rukun iman yang wajib diimani oleh semua umat Islam adalah Iman Kepada Malaikat.

Mendengar kata malaikat sendiri mungkin memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Namun jika diminta untuk mendeskripsikannya, mungkin tidak semua orang bisa menjabarkan apa itu malaikat. Pada dasarnya malaikat dan manusia memiliki satu kesamaan dimana keduanya sama – sama makhluk ciptaan Allah. Hanya saja terdapat perbedaan dimana malaikat diciptakan Allah SWT dari cahaya, sedangkan manusia hanya diciptakan dari tanah.

Mengenai Pengertian Iman Kepada Malaikat sebenarnya berarti manusia, khususnya umat muslim harus mempercayai bahwa malaikat itu memang ada. Memang benar bahwa manusia tidak memiliki kemampuan untuk melihat malaikat dengan mata telanjang, namun tetap saja bahwa setiap umat muslim diwajibkan untuk mengimani hal tersebut.

Allah SWT adalah Maha Berkehendak, segala hal yang menurut manusia tidak mungkin bisa saja menjadi mungkin. Termasuk juga dengan malaikat yang tidak bisa dilihat oleh manusia, namun ketika Allah SWT menghendaki seseorang mampu melihat malaikat, maka tidak ada yang mustahil. Beberapa manusia yang diberikan kepercayaan oleh Allah SWT untuk mampu melihat malaikat adalah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS.

Hadits Tentang Iman Kepada Malaikat

Mencerdaskan

Umat muslim memang harus selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya terhadap Allah SWT. Salah satu caranya yaitu dengan cara menjalankan salah satu rukun iman yaitu Iman Kepada MalaikatTidak perlu meragukan keberadaan malaikat karena ada dan tidaknya malaikat ini sudah ada dalil maupun haditsnya.

Beberapa contoh surat yang menyatakan perintah untuk iman kepada malaikat adalah :

  1. QS Al – Anbiya 19 : 20

Inti dari ayat ini adalah segala yang ada di langit dan bumi ini adalah milik Allah SWT semata. Di sisi Allah SWT terdapat malaikat – malaikat yang tak pernah berhenti menyembah dan bertasbih kepadaNya.

  1. QS An – Nisa ayat 136

QS yang satu ini juga mejelaskaskan tentang malaikat di mana Allah SWT memerintahkan kepada setiap hambaNya yang beriman untuk selalu menjalankan dan mematuhi segala perintahnya. Jika manusia ingkar terhadap apa yang sudah di perintahkan oleh Allah SWT, maka orang tersebut tergolong manusia yang sesat.

Dari beberapa Hadits Tentang Iman Kepada Malaikat yang sudah dicontohkan diatas, maka sebagai umat muslim sudah bisa melihat bahwa mengimani adanya malaikat menjadi salah satu perintah Allah SWT yang memang wajib untuk dilaksanakan. Sesuatu yang diwajibkan oleh Allah SWT, maka akan berbuah pahala dan surga jika dilaksanakan. Sebaliknya, jika tidak dilaksanakan apalagi sampai ditentang, jelas akan termasuk manusia sesat yang akan membuat Allah SWT murka.

Kenali Sifat – sifat yang Dimiliki Oleh Malaikat

Mungkin sebagai sifat manusia kadangkala masih ada yang mempertanyakan alasan mengapa kita umat muslim harus melaksanakan iman kepada malaikat ini. Seberapa istimewakah malaikat di mata Allah SWT? Perlu diketahui bahwa kedudukan manusia yang memiliki sifat paling istimewa sekalipun tidak akan ada yang bisa menyamai apalagi melebihi keistimewaan malaikat.

Manusia memang diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun satu hal yang pasti, sehebat dan sebaik apapun sifat seorang manusia tetap saja manusia tersebut memiliki sifat dan sikap yang buruk dimata Allah SWT misalnya saja seperti hawa nafsu, amarah, lapar, lupa dan lain sebagainya. Namun hal ini tidak berlaku bagi malaikat.

Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya dan dengan segala sifat dan keistimewaannya, misalnya saja :

  • Selalu bertasbih kepada Allah SWT
  • Selalu melaksanakan segala perintah Allah SWT
  • Tidak pernah melakukan dosa
  • Tidak pernah memiliki sifat – sifat yang dimiliki oleh manusia, jin dan syetan seperti marah, lapar, haus, tidur dan maksiat
  • Selalu taat dan patuh kepada Allah SWT
  • Memiliki rasa takut yang sangat besar kepada Allah SWT
  • Dibekali kemampuan untuk berubah wujud dan memiliki kekuatan dan kecepatan layaknya kilat cahaya
  • Memiliki rasa malu

Dari beberapa contoh diatas rasanya sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa kedudukan malaikat yang lebih tinggi dari makhluk ciptaan Allah SWT lainnya memang wajar. Hal ini karena malaikat diciptakan untuk selalu taat dan patuh dan tidak memiliki sedikitpun niat, sifat dan sikap untuk membantah perintah Allah SWT.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Dan Contoh Perilaku Beriman Kepada Malaikat

Mendapatkan Keselamatan di Dunia dan di Akhirat

Jika dibandingkan dengan malaikat, manusia memang bukan apa – apanya. Untuk menyamai saja mungkin akan sangat sulit, apalagi melebihi kedudukan malaikat rasanya merupakan hal yang tidak mungkin. Namun satu hal yang bisa dipetik dari iman kepada malaikat adalah dimana manusia harus belajar dari sifat – sifat yang dimiliki oleh malaikat tersebut.

Ada banyak hikmah mengapa umat muslim wajib beriman kepada malaikat. Dengan sifat – sifat yang luar biasa patuh dan ketaannya kepada Allah SWT, rasanya memang tidak mengherankan jika di mata Allah SWT malaikat memang istimewa. Setidaknya manusia harus bisa mencontoh keimanan, ketaqwaan dan kepatuhan malaikat kepada Allah SWT. Selalu memiliki rasa malu dan takut jika tidak melaksanakan perintah Allah SWT.

Menghindari dan menjauhi segala perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Selalu bertasbih dan beribadah kepada Allah SWT demi mendapatkan pahala dan ridhoNya. Manusia harus bisa belajar dari malaikat, bagaimana malaikat selalu berusaha untuk tidak mengecewakan Allah SWT. Selalu melaksanakan apa yang di perintahkan dan menjauhi apa yang tidak diperbolehkan.

Dengan melaksanakan iman kepada malaikat ini sama halnya kita sebagai umat muslim sudah berusaha melaksanakan perbuatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Yang terpenting kita selalu berusaha memperbaiki dan meningkatkan iman dan islam agar selalu berada di jalan Allah SWT.

Penerapan keimanan kita terhadap malaikat bisa dicerminkan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya saja :

  • Meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan terhadap Allah SWT dengan semua perintahNya.
  • Menghindari perbuatan dosa, maksiat dan selalu rajin beribadah karena merasa Allah SWT selalu melihat dan mengawasi dimanapun kita berada.
  • Memperbaiki kualitas diri baik hubungan antar sesama manusia maupun hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Selalu menanamkan pikiran positif, baik terhadap sesama maupun terhadap takdir dan juga ketetapan Allah SWT.
  • Berusaha untuk selalu bersikap dan berbuat baik terhadap sesama.
  • Selalu menerapkan ilmu – ilmu positif kemudian mencontohkannya kepada orang lain dan lingkungan sekitar.

Dengan menerapkan beberapa perilaku di atas, maka secara tidak langsung kita sudah berupaya untuk menerapkan Iman Kepada Malaikat Rukun Iman Ke dua ini dalam kehidupan sehari – hari.

Menyepelekan Rukun Iman

Menentramkan Hati

Memang benar bahwa manusia tidak bisa sesempurna malaikat di mana malaikat hanya memiliki satu keinginan yaitu menuruti segala perintah Allah SWT. Malaikat tak pernah memiliki rasa lelah untuk terus beribadah dan menyembah Allah SWT, selalu memiliki rasa takut jika sampai tidak bertasbih kepada Allah SWT. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan kedudukan malaikat di mata Allah begitu istimewa.

Berbeda dengan manusia. Meskipun manusia diciptakan memiliki akal pikiran yang mana bisa dipergunakan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, namun Allah SWT memberikan manusia hawa nafsu dimana nafsu inilah yang kadangkala membuat manusia lalai. Lalai terhadap Allah SWT yang merupakan Sang Pencipta, Allah SWT yang memiliki kuasa atas segala yang ada dilangit dan bumi ini.

Ketika keimanan dan ketaqwaan manusia sedang meningkat, seorang manusia umumnya akan merasa takut dan menangis karena selama hidupnya ia sudah berlaku banyak melakukan kesalahan. Sudah terlalu banyak dosa yang diperbuat dan terlalu sering pula melalaikan kewajibannya beribadah. Namun ketika keimanannya sedang melemah akibat godaan syetan dan juga duniawi, biasanya manusia akan lupa dengan banyak hal.

Ketika keimanan memburuk, manusia hanya akan mengejar duniawi. Mengejar segala kesenangan dunia tanpa memperdulikan akhirat. Manusia akan lupa bahwa segala yang dirasakan dan dimilikinya saat ini adalah pemberian Allah SWT. Allah SWT memberikan segala yang dibutuhkan oleh manusia dengan cuma-cuma namun kadang kala manusia tidak bisa menyadari hal tersebut.

Manusia seringkali merasa lupa bahwa sebenarnya kehidupan di dunia ini hanyalah bersifat sementara saja. Sebenarnya Allah SWT menginginkan manusia untuk belajar banyak hal selama hidup di dunia serta tidak melupakan apa yang menjadi kewajibannya yaitu selalu beribadah dan menyembah Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang memang menciptakan segala yang ada di dunia ini.

Sebenarnya terlalu banyak nikmat dan kelebihan yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Nikmat tersebut bisa meliputi banyak hal misalnya :

  • Diberikan Nafas

Salah satu bentuk nikmat luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT dan seringkali diabaikan serta tidak disadari oleh manusia adalah nikmat berupa nafas. Selama nafas masih dikandung badan maka kita sebagai manusia masih bisa merasakan segala keindahan yang ada di dalam kehidupan ini. Kita masih bisa bertemu dan berkumpul bersama orang-orang tercinta. Masih bisa melakukan berbagai hal yang kita inginkan.

Ketika nafas sudah diambil oleh Yang Maha Berkuasa maka tentunya tubuh dan raga yang kita miliki saat ini tidak akan ada artinya lagi.

  • Diberikan Kemampuan Untuk Berpikir

Bentuk nikmat yang perlu kita syukuri selanjutnya yaitu dimana manusia diberikan akal untuk berpikir dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga sebagai manusia yang beriman kita harus selalu berupaya untuk bersyukur dan mempergunakan akal kita atau perbuatan yang terpuji.

  • Memiliki Indera yang Lengkap

Manusia menjadi salah satu ciptaan Allah SWT yang paling sempurna karena selain diberikan akal pikiran juga diberikan Indra yang lengkap. Panca indera yang lengkap inilah yang akhirnya membuat manusia terlihat begitu sempurna karena tak hanya bisa melihat keindahan ciptaan Allah SWT saja, namun juga bisa merasakan dan mendengar segala hal yang ada di bumi ini.

  • Diberikan Kesempatan Untuk Menikmati Indahnya Dunia

Terakhir nikmat yang harus selalu disyukuri adalah dimana manusia diberikan kesempatan untuk Menikmati keindahan alam ciptaan Allah. Dengan melihat segala yang ada di di alam ini Tentunya manusia harus sadar bahwa kita sebagai manusia hanyalah sebagian dari ciptaan Allah sehingga sudah sepatutnya kita selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepadaNya.

Kesimpulan

Apa Itu Rukun Iman Kepada Malaikat?

Mempercayai bahwa adanya malaikat yang diciptakan Allah SWT. dari cahaya, tunduk dan patuh yang diberi tugas untuk melaksanakan perintah-Nya yakni mengurus alam semesta ini

Sebutkan surat surat yang menjelaskan tentang perintah untuk beriman kepada malaikat?

QS Al – Anbiya dan QS An – Nisa

Bagaimana cara menerapkan keimanan kita terhadap malaikat bisa dicerminkan dalam kehidupan sehari – hari?

1. Meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan terhadap Allah SWT dengan semua perintahNya.
2. Menghindari perbuatan dosa, maksiat dan selalu rajin beribadah karena merasa Allah SWT selalu melihat dan mengawasi dimanapun kita berada.
3. Memperbaiki kualitas diri baik hubungan antar sesama manusia maupun hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

(Visited 2.214 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us