Bagikan Artikel Ini:

Usia emas atau golden period adalah momen terpenting dalam kehidupan anak karena tumbuh kembangnya tengah berlangsung pesat. Agar tahapan tersebut berlangsung optimal anak membutuhkan asupan nutrisi yang memadai, salah satunya rumput laut. Lalu pada sesungguhnya manfaat rumput laut untuk anak?

Manfaat Rumput Laut, Dari Mencerdaskan Hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Manfaat Rumput laut bagi anak-Sekolah Prestasi Global

Photo by Vell on Envato

Rumput laut adalah tanaman air yang dibudidayakan di perairan laut yang tenang dan diolah menjadi aneka jenis kuliner yang menggugah selera. Tidak hanya lezat, mengkonsumsi rumput laut ternyata juga berkontribusi cukup besar bagi kesehatan tubuh termasuk untuk anak-anak.

Ini karena rumput laut menyediakan nutrisi yang terbilang lengkap, mulai dari vitamin A, B, C, dan E, mineral, asam amino esensial, dan asam lemak omega-3. Ternyata kekayaan nutrisi rumput laut ini dipengaruhi oleh lingkungan habitatnya.

Jika dikonsumsi secara teratur buah hati Anda akan merasakan manfaat besarnya, yaitu menunjang perkembangan otak, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuhnya. Untuk meningkatkan wawasan Anda simak daftar manfaat rumput laut bagi tumbuh kembang anak di bawah ini:

1. Menyehatkan dan mencerdaskan otak

Menurut dokter Bernie Endyarnie Medise SpA(K), pada usia 5 hingga 6 tahun perkembangan otak anak telah mencapai antara 90% – 95%. Periode emas ini seharusnya dimaksimalkan karena akan mempengaruhi kehidupannya kelak sampai dewasa.

Selain stimulasi yang tepat, anak-anak perlu mengkonsumsi makanan bergizi terutama yang mengandung asam lemak omega-3. Ini karena unsur tersebut bermanfaat untuk menyehatkan dan mendukung perkembangan otak anak.

Tidak hanya itu, asupan omega-3 yang memadai akan membuat anak tidur lebih nyenyak serta memperkecil resiko mengalami ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

2. Dapat Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak

Pada periode emas tersebut anak memerlukan asupan gizi yang optimal agar kesehatannya senantiasa terjaga dan tahapan tumbuh kembangnya berlangsung sempurna.

Rumput laut jenis wakame, nori, dan kelp mempunyai kandungan protein nabati yang tinggi serta kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks, serta iodium.

Mengkonsumsinya dalam jumlah yang direkomendasikan dapat meningkatkan berat badan anak secara sehat.

3. Menyehatkan Pencernaan

Rumput laut kerap menjadi bahan dasar agar-agar dan jelly karena kandungan serat pangannya yang tinggi, bahkan hingga 64% dari berat keringnya. Agar-agar rumput laut juga mengandung prebiotik yang berkhasiat menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus besar.

Ini akan mendukung kesehatan pencernakan anak sehingga nutrisi dari makanan dapat terserap dengan baik. Mencukupi kebutuhan serat juga dapat memperlancar pencernakan serta menghindari konstipasi atau susah BAB.

4. Sebagai Penyuplai Energi

Anak yang sehat umumnya akan sangat aktif bergerak sehingga memerlukan banyak suplai energi dari makanannya. Rumput laut bisa menjadi salah satu alternatif sumber energi yang sehat bagi buah hati Anda.

Ini karena rumput laut mengandung zat besi yang membantu proses pengolahan nutrisi dari makanan menjadi energi.

Zat besi juga menunjang proses metabolisme tubuh, pembentukan sel dan produksi hormon, serta meningkatkan konsentrasi, memori, serta kemampuan belajar pada anak. Terakhir, zat besi membantu memperlancar sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

Kecukupan zat besi juga mencegah anemia pada anak yang gejalanya adalah pucat, sesak nafas, dan lesu kekurangan energi.

Kombinasi antara zat besi dan vitamin B12 dapat menunjang proses pembentukan sel-sel darah pada tubuh. Konsumsi rumput laut bisa jadi alternatif sehat untuk si Kecil yang tidak terlalu suka makan daging.

5. Meminimalkan Resiko Terserang Penyakit Jantung

Manfaat Rumput laut bagi anak-Sekolah Prestasi Global

Photo by Sommal on Envato

Terkait dengan hal itu manfaat rumput laut adalah sumber antioksidan yang membantu mempertahankan kesehatan jantung dan mencegah masalah jantung hingga dewasa kelak. Antioksidan dalam rumput laut seperti fucoxanthin, karotenoid, dan flavonoid juga merupakan pelindung sel dari efek negatif radikal bebas.

Selain itu rumput laut juga memiliki fucan, yaitu semacam karbohidrat yang dapat meminimalkan kadar kolesterol darah. Dengan begitu risiko penggumpalan darah pemicu serangan jantung atau stroke juga semakin menurun.

Terakhir adalah kandungan kaliumnya yang efektif menstabilkan tekanan darah.

6. Mencegah Kekurangan Yodium

Tahukah Anda jika kekurangan iodium atau yodium bisa memicu gangguan kesehatan yaitu hipotiroid (kekurangan hormon tiroid) dan penyakit gondok? Gejala yang timbul antara lain benjolan pada leher, gangguan irama jantung, pelupa, penurunan daya pikir, dan sebagainya.

Hal ini ternyata dapat diatasi dengan pemberian makanan tambahan berbahan dasar rumput laut kering. Berdasarkan penelitian yang digelar Universitas Negeri Semarang, ternyata kandungan yodium pada setiap gram rumput laut kering mencapai hingga 0,10% sampai 0,15%.

Makanan tambahan ini misalnya kue-kue dari tepung rumput laut, biskuit, agar-agar, dan sebagainya. Di pasaran tersedia varian makanan ringan dari rumput laut yang cukup beragam. Tinggal sesuaikan saja dengan selera buah hati Anda.

Idealnya pilihlah jenis rumput laut organik untuk memperoleh manfaat sehatnya secara utuh. Jangan lupa bahwa rumput laut dapat menyerap mineral pada lingkungan tempat tumbuhnya.

Ini juga termasuk metal berat dan arsenik yang jika mengkontaminasi tubuh manusia bisa cukup berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan. Jadi pastikan produk olahan rumput laut yang Anda beli berasal dari tempat budidaya yang menjamin kualitasnya.

7. Membangun Kekebalan Tubuh Anak

Sofa Fajriah, seorang peneliti di Pusat Penelitian Kimia, LIPI, menjelaskan bahwa rumput laut memiliki kandungan yang membawa sifat antibakteri. Kandungan protein nabatinya pun cukup tinggi dan dapat memperkuat kekebalan alami tubuh serta mencegah stunting pada anak.

Dengan mengkonsumsi rumput laut sebagai bagian dari menu hariannya, kekebalan tubuh anak jadi semakin kuat melawan infeksi virus dan bakteri. Tumbuhan laut yang sejatinya berupa gulma ini juga sumber antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari efek samping radikal bebas.

Efek buruk ini seperti yang kita ketahui salah satunya adalah kanker.

8. Meningkatkan Fungsi Pembekuan Darah

Selain vitamin A, B kompleks, C, dan E, faktanya rumput laut juga sumber vitamin K, atau mikronutrien yang terlarut dalam lemak. Fungsi vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah dengan mengirimkan perintah kepada trombosit untuk melaksanakan fungsi tersebut.

Hal ini sangat penting pada proses penyembuhan luka dan mencegah darah mengalir.

Anda juga pasti sudah maklum jika anak sesekali akan mengalami luka karena keaktifannya. Dengan vitamin K yang mencukupi pemulihan luka juga akan lebih cepat dan buah hati Anda bisa kembali aktif.

9. Mencegah Keropos Tulang dan Menjaga Kekuatan Gigi

Anak-anak perlu mendapat asupan kalsium dalam jumlah yang mencukupi agar terhindar dari masalah keropos tulang, hambatan dalam pertumbuhan, serta masalah gigi. Rumput laut termasuk salah satu makanan sumber kalsium yang cocok untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal untuk kesehatan anak imbangi juga dengan mengajak si Kecil aktif bergerak dan berolahraga.

Jenis Olahan Makanan Dari Rumput Laut

Manfaat Rumput laut bagi anak-Sekolah Prestasi Global

Photo by Nikaildonetsk on Envato

Rumput laut dapat diolah menjadi belasan produk makanan yang menggugah selera. Apakah Anda berminat menjadikan rumput laut sebagai bagian dari menu sehari-hari untuk menunjang perkembangan anak? Simak daftar produk olahannya berikut.

  • Keripik Rumput Laut

Bentuk keripik rumput laut seperti kaktus mini yang rasanya renyah. Produk ini merupakan campuran dari tepung rumput laut dan tepung ketan dengan tambahan bumbu-bumbu yang membuat cita rasanya gurih dan lezat.

Jangan lupa untuk menyimpannya dalam wadah kering yang berpenutup untuk menjaga tekstur renyah keripik rumput laut ini.

Daripada mengkonsumsi French fries atau snack miskin nutrisi namun padat kalori lainnya, keripik yang satu ini bisa jadi cemilan sehat anak.

  • Nori

Olahan rumput laut berbentuk lembaran-lembaran tipis ini sudah cukup populer di tanah air. Nori dapat disantap begitu saja atau sebagai pembungkus hidangan sushi dan onigiri alias nasi kepal. Snack rumput laut ini kerap tak perlu tambahan perasa yang bervariasi, tetapi cukup bumbu-bumbu dasar saja.

Hampir di semua supermarket atau toko bahan makanan Anda dapat menemukan produk olahan asal Jepang ini.

  • Jelly Rumput Laut

Jelly atau agar-agar rumput laut yang kaya serat efektif untuk mengatasi sembelit atau sulit BAB. Anda bisa membeli agar-agar atau jelly yang siap makan secara langsung atau membeli produk tepung agar-agarnya dan mengolahnya sendiri di rumah.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan air dan gula, atau susu cair bila suka. Selain lezat, jelly atau agar-agar juga cocok jadi snack orang dewasa yang ingin menurunkan berat badan. Ini karena rumput laut mempunyai sifat mengenyangkan.

  • Es Rumput Laut

Di musim kemarau Anda bisa menghidangkan es rumput laut untuk keluarga. Caranya tinggal campurkan rumput laut, nata de coco, satu sendok air perasan jeruk nipis, sirup, dan air es. Aduk sampai rata dan hidangkan.

  • Tumis Rumput Laut

Siapa sangka rumput laut juga lezat disantap sebagai lauk teman makan nasi. Anda dapat mengolah rumput laut dengan bumbu bawang, merica, dan sedikit garam untuk menghidangkan tumis yang lezat untuk si kecil.

  • Mie Rumput Laut

Mulai sekarang ganti produk mie instan favorit anak-anak dengan mie rumput laut yang jelas lebih sehat. Mie rumput laut dapat diolah menjadi miso, mie rebus atau mie goreng yang cocok menemani putra-putri Anda saat udara sedang dingin.

  • Salad Rumput Laut

Tambahkan rumput laut untuk membuat hidangan salad Anda jadi semakin nikmat dan sehat. Caranya tinggal tambahkan air dingin pada rumput laut kering dan tunggu beberapa saat sampai mengembang. Setelah kira-kira 10 menit tiriskan dan peras sedikit agar airnya berkurang. Selanjutnya salad siap disantap bersama salad buah atau sayur dengan siraman sedikit mayonaise. Anak-anak pasti suka.

  • Smoothie Rumput Laut

Ternyata rumput laut juga merupakan bahan tambahan smoothie yang menyehatkan. Anda dapat menambahkan sejumput rumput laut pada jus atau smoothie buah favorit buah hati, seperti jambu biji, strawberry, atau mangga.

Rumput laut akan meningkatkan kandungan serat pada minuman sehat ini dan membantu menjaga kesehatan pencernakan.

Setelah mengetahui besarnya manfaat rumput laut untuk menunjang tumbuh kembang anak, jangan ragu untuk berkreasi dengan olahan hidangan yang lebih variatif. Dengan begitu anak tidak akan bosan menyantap rumput laut dengan menu yang itu-itu saja.

Bagi Anda orangtua yang “tengah” berburu sekolah terbaik untuk putra-putrinya, Prestasi Global adalah pilihan terbaik. Modern Islamic School kami menerapkan kurikulum yang mengutamakan prinsip-prinsip keagamaan namun tetap mampu bersinergi menghadapi tuntutan zaman.

Dengan tenaga pengajar yang kompeten, di sinilah generasi muda Indonesia akan dicetak menjadi pribadi berprestasi namun teguh memegang nilai-nilai keislaman.

Baca Juga : 7 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Anak

Apa Manfaat Rumput laut Bagi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak?

Tidak hanya lezat, mengkonsumsi rumput laut ternyata juga berkontribusi cukup besar bagi kesehatan tubuh termasuk untuk anak-anak. Ini karena rumput laut menyediakan nutrisi yang terbilang lengkap, mulai dari vitamin A, B, C, dan E, mineral, asam amino esensial, dan asam lemak omega-3. Ternyata kekayaan nutrisi rumput laut ini dipengaruhi oleh lingkungan habitatnya. Jika dikonsumsi secara teratur buah hati Anda akan merasakan manfaat besarnya, yaitu menunjang perkembangan otak, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Bagaimana cara membuat hidangan salad dengan rumput laut?

Caranya tinggal tambahkan air dingin pada rumput laut kering dan tunggu beberapa saat sampai mengembang. Setelah kira-kira 10 menit tiriskan dan peras sedikit agar airnya berkurang. Selanjutnya salad siap disantap bersama salad buah atau sayur dengan siraman sedikit mayonaise. Anak-anak pasti suka.

Mengapa Rumput laut bisa menjadi salah satu alternatif sumber energi yang sehat bagi buah hati Anda?

Ini karena rumput laut mengandung zat besi yang membantu proses pengolahan nutrisi dari makanan menjadi energi. Zat besi juga menunjang proses metabolisme tubuh, pembentukan sel dan produksi hormon, serta meningkatkan konsentrasi, memori, serta kemampuan belajar pada anak.

(Visited 49 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us