Doa adalah salah satu bentuk ibadah penting dalam agama Islam. Mempelajari doa sejak usia dini adalah langkah yang sangat baik dalam membentuk karakter dan keimanan anak-anak kita. Doa sebelum tidur dan doa bangun tidur adalah dua waktu yang sangat tepat untuk mengajarkan anak-anak kita untuk berkomunikasi dengan Allah, merasa bersyukur atas karunia-Nya, dan meminta perlindungan-Nya.

Pentingnya Mengajarkan Doa kepada Anak-Anak

Mengajarkan doa kepada anak-anak memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Ini adalah momen yang sempurna untuk membentuk spiritualitas dan keimanan mereka, serta membangun hubungan yang kuat antara mereka dan Allah SWT. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengajarkan doa kepada anak-anak sangat penting:

Membentuk Kebiasaan Positif

Mengajarkan doa kepada anak-anak pada usia dini membantu mereka membentuk kebiasaan positif yang akan berlanjut sepanjang hidup mereka. Ketika doa menjadi bagian dari rutinitas mereka, mereka akan cenderung melanjutkan praktik ini hingga dewasa.

Mengasah Kecerdasan Emosional

Doa juga membantu anak-anak mengasah kecerdasan emosional mereka. Mereka belajar untuk merasa bersyukur atas berkah yang mereka terima, serta mengungkapkan perasaan dan kebutuhan mereka kepada Allah dengan jujur. Ini adalah cara yang baik untuk membantu mereka mengatasi perasaan dan emosi yang mereka alami.

Menguatkan Hubungan dengan Allah

Doa adalah bentuk komunikasi langsung dengan Allah. Mengajarkan anak-anak untuk berdoa membantu mereka membangun hubungan yang kuat dengan Sang Pencipta. Mereka belajar bahwa Allah selalu siap mendengarkan doa-doa mereka, sehingga mereka merasa lebih dekat dan terhubung dengan-Nya.

Membentuk Karakter yang Baik

Doa juga mengajarkan anak-anak nilai-nilai moral dan etika yang baik. Mereka belajar untuk meminta perlindungan dari Allah, memohon ampun atas dosa-dosa mereka, dan meminta petunjuk-Nya dalam menjalani hidup. Ini membantu membentuk karakter yang baik dan kesadaran akan tindakan mereka.

Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Sebelum tidur, sebaiknya kita membaca doa sebelum tidur beserta artinya. Salah satu doa yang dianjurkan adalah:

**بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ**

*Bismillahirrahmanirrahim.

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.*

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.”

Doa ini mencerminkan kesadaran akan ketergantungan kita pada Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk saat kita tidur. Selain doa ini, terdapat juga beberapa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebelum tidur, antara lain:

Berwudhu sebelum tidur:** Berwudhu adalah tindakan suci yang membantu membersihkan diri dari kotoran fisik dan spiritual sebelum tidur.

Membaca ayat kursi:** Ayat kursi adalah salah satu ayat Al-Quran yang sangat mulia dan bermanfaat. Membacanya sebelum tidur membawa berkah dan perlindungan.

Membersihkan tempat tidur:** Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk membersihkan tempat tidur sebelum tidur agar tidur kita menjadi lebih nyaman dan bersih dari najis.

Meniup telapak tangan dan mengusapkannya ke anggota tubuh:** Ini adalah tindakan sunnah yang berfungsi sebagai perlindungan dari godaan syetan saat tidur.

Memosisikan tubuh ke bagian kanan saat tidur:** Ini adalah posisi tidur yang dianjurkan karena Rasulullah SAW tidur dengan posisi seperti ini.

Doa Bangun Tidur dan Artinya

Ketika kita bangun tidur, kita juga dianjurkan untuk berdoa sebagai tanda rasa syukur kepada Allah SWT yang telah mengembalikan ruh kita ke tubuh dan memberikan kita kesempatan untuk mengingat-Nya. Doa bangun tidur adalah sebagai berikut:

**اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ**

*Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyur.*

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Selain berdoa, Rasulullah SAW juga mengajarkan tata cara atau adab-adab yang sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur, antara lain:

Duduk dan mengusap wajah: Rasulullah SAW menyarankan untuk tidak langsung bangun dari tempat tidur dan mulai aktivitas. Sebaliknya, kita sebaiknya duduk, mengusap wajah, dan mengingat Allah SWT.

Membaca 10 ayat terakhir surah Ali Imran: Membaca ayat-ayat Al-Quran adalah tindakan yang sangat baik untuk mendapatkan berkah dan perlindungan.

Mencuci tangan: Membersihkan tangan setelah bangun tidur adalah tindakan kebersihan yang dianjurkan.

Membersihkan hidung: Menjaga kebersihan hidung adalah salah satu aspek penting dalam Islam.

Bersiwak atau menggosok gigi: Rasulullah SAW sangat menganjurkan kebersihan mulut dan gigi. Menggosok gigi atau bersiwak setelah bangun tidur adalah tindakan yang baik.

Berwudhu: Berwudhu tidak hanya dianjurkan sebelum tidur tetapi juga setelah bangun tidur untuk membersihkan diri dari najis dan mempersiapkan diri untuk shalat.

Cara Mengajarkan Doa kepada Anak-Anak

Mengajarkan doa kepada anak-anak dapat menjadi pengalaman yang bermakna dan berharga. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar proses ini berjalan lancar dan efektif:

Jadikan Doa Bagian dari Rutinitas Harian

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan doa kepada anak-anak adalah dengan menjadikannya bagian dari rutinitas harian mereka. Tentukan waktu khusus untuk berdoa sebelum tidur dan bangun tidur, serta mendorong mereka untuk berdoa sebelum makan. Dengan menjadikan doa sebagai bagian alami dari rutinitas mereka, mereka akan lebih cenderung melanjutkan praktik ini sepanjang hidup mereka.

Ajarkan dengan Contoh

Anak-anak belajar melalui contoh yang diberikan oleh orang dewasa. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua atau pengasuh untuk memberikan contoh yang baik dengan aktif berdoa di depan mereka. Tunjukkan kepada mereka bahwa doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah dan berbagi perasaan kita kepada-Nya.

Gunakan Bahasa yang Sederhana

Ketika mengajarkan doa kepada anak-anak, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman mereka. Hal ini akan membantu mereka merasa nyaman dan percaya diri dalam berdoa.

Jelaskan Arti Doa

Selain mengajarkan doa secara fisik, penting juga untuk menjelaskan arti doa kepada anak-anak. Ini akan membantu mereka memahami apa yang mereka katakan saat berdoa dan menguatkan makna doa dalam kehidupan mereka.

Dorong Pertanyaan

Dorong anak-anak untuk bertanya tentang doa dan agama. Jawablah pertanyaan mereka dengan sabar dan jujur, dan berikan pemahaman yang mendalam tentang agama Islam.

Buat Doa Menyenangkan

Untuk anak-anak yang lebih kecil, buatlah doa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan interaktif. Anda dapat menggunakan buku-buku berilustrasi tentang doa atau membuat cerita singkat yang melibatkan karakter anak-anak dan doa.

Rayakan Kesuksesan Mereka

Ketika anak-anak berhasil menghafalkan atau mengucapkan doa dengan benar, rayakan kesuksesan mereka. Ini akan memberi mereka motivasi dan penghargaan atas usaha mereka dalam belajar doa.

Kesabaran dan Konsistensi

Proses mengajarkan doa kepada anak-anak mungkin memerlukan waktu dan kesabaran. Setiap anak belajar dengan ritme yang berbeda, jadi penting untuk bersabar dan konsisten dalam mengajarkan doa kepada mereka.

Keutamaan Berdoa Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Tidur

Berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur tidak hanya merupakan tradisi atau tindakan rutin, tetapi juga memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar dalam Islam. Berikut adalah beberapa manfaat dan keutamaan dari berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur:

Keutamaan Berdoa Sebelum Tidur

Perlindungan dari Setan

Salah satu keutamaan besar dari berdoa sebelum tidur adalah mendapatkan perlindungan dari gangguan setan. Ketika seorang anak berdoa sebelum tidur dengan niat yang tulus, Allah SWT akan mengutus malaikat untuk melindunginya selama tidur. Ini membantu menjaga anak dari gangguan atau mimpi buruk yang mungkin datang dari setan.

Mengukir Kebiasaan Baik

Mengajarkan anak untuk berdoa sebelum tidur membantu mereka mengukir kebiasaan baik yang akan berlanjut sepanjang hidup mereka. Ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa anak memulai dan mengakhiri hari dengan kesadaran akan Allah dan tindakan-tindakan yang baik.

Mengungkapkan Rasa Syukur

Doa sebelum tidur adalah waktu yang baik bagi anak-anak untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas berkah-berkah yang mereka terima sepanjang hari. Mereka dapat berterima kasih atas makanan yang mereka makan, perlindungan yang mereka terima, dan berbagai hal lain yang membuat mereka merasa bersyukur.

Menghindari Dosa

Berdoa sebelum tidur juga merupakan cara untuk meminta ampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang mungkin telah dilakukan anak sepanjang hari. Anak-anak diajarkan untuk meminta ampun dan bertobat kepada Allah, sehingga mereka dapat memulai hari berikutnya dengan hati yang bersih.

Keutamaan Berdoa Sesudah Bangun Tidur

Menyambut Hari dengan Berkah

Doa sesudah bangun tidur adalah cara yang baik untuk menyambut hari yang baru dengan penuh berkah. Dengan berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah saat bangun tidur, anak-anak diajarkan untuk memulai hari mereka dengan niat yang baik dan perlindungan dari segala hal yang buruk.

Berterima Kasih atas Nikmat Tidur

Tidur adalah salah satu nikmat besar yang diberikan Allah kepada manusia. Dengan berdoa sesudah bangun tidur, anak-anak diajarkan untuk bersyukur atas nikmat tidur ini dan menyadari bahwa hanya Allah yang memberikan hidup dan kesejahteraan setiap hari.

Meminta Petunjuk

Doa sesudah bangun tidur juga adalah waktu yang baik untuk meminta petunjuk kepada Allah dalam menjalani hari. Anak-anak dapat meminta Allah untuk memberikan mereka petunjuk dalam membuat keputusan dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Menguatkan Koneksi dengan Allah

Ketika anak-anak berdoa sesudah bangun tidur, mereka memperkuat koneksi dan hubungan mereka dengan Allah. Ini membantu mereka merasa dekat dengan Sang Pencipta dan menyadari bahwa Allah selalu siap mendengarkan doa-doa mereka.

Jadi, berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur bukan hanya tindakan ritual, tetapi juga merupakan cara untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT, meminta perlindungan, dan mengungkapkan rasa syukur kita. Selain itu, berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur adalah praktik penting dalam agama Islam. Mengajarkan anak-anak untuk berdoa pada waktu-waktu tersebut adalah langkah penting dalam membentuk keimanan dan karakter mereka.

Dengan menjadikan doa sebagai rutinitas harian, menggunakan bahasa yang sederhana, dan menjelaskan makna doa, kita dapat membantu anak-anak tumbuh dalam keimanan dan koneksi mereka dengan Allah SWT. Dengan kesabaran dan cinta, kita dapat melihat mereka mengembangkan kebiasaan baik ini yang akan membimbing mereka sepanjang hidup mereka. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda mengajarkan doa kepada anak-anak dengan cara yang efektif dan bermakna.

(Visited 1 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us