Bagikan Artikel Ini:

Doa orang tua menjadi salah satu doa yang dinilai sakral karena termasuk doa mustajab. Bahkan, diriwayatkan dalam salah satu hadist yang menyatakan bahwa bobot doa kedua orang tua sama seperti doa Nabi Muhammad saw untuk umatnya. Selain itu, Anda pun dapat menemukan berbagai ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Dalam ayat-ayat tersebut, terdapat kisah para nabi dan rasul yang mendoakan anak-anaknya. Maka dari itu, doa orang tua untuk anak menjadi hal yang istimewa. Berikut ini kumpulan-kumpulan doa mustajab yang bisa Anda terapkan sendiri untuk mendoakan anak-anak.

 

Kumpulan Doa Mustajab untuk Anak Beserta Artinya

Arti doa mustajab dalam islam merujuk kepada bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, biasanya disebut dengan ad-Du’a al-Mustajab atau al-Ad’iyyah al-Mustajabah yang berarti menyeru, memanggil atau meminta. Singkatnya, kata doa mustajab memiliki arti doa yang terkabul.

Kumpulan Doa untuk Anak yang Mustajab Beserta Artinya-Presgo

Photo by Tanya Syf on Unsplash

Secara istilah, kata mustajab disebutkan pula sebagai permintaan seorang hamba kepada Rabb-nya agar mendapatkan bantuan serta pertolongan.

Namun, berbeda halnya apabila kata tersebut merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang memiliki arti dapat dengan mudah (lekas) menyembuhkan; manjur dan doa paling mustajab.

Setiap orang tua pasti menyayangi anak-anaknya. Maka dari itu, kasih sayangnya sering ditunjukkan dalam berbagai hal, salah satunya adalah doa ibu kepada anak-anaknya. Selain itu, islam pun menyebutkan bahwa doa dari orang tua menjadi doa mustajab bagi anaknya dan tidak akan tertolak.

Bagi Anda yang sudah menjadi orang tua dan ingin mendoakan anak-anaknya agar senantiasa terus berada di bawah perlindungan Allah Swt serta menjadi anak yang memiliki akhlak baik, berikut ini beberapa doa mustajab untuk anak yang bisa Anda coba panjatkan.

1. Doa Mustajab agar Anak Berakhlak Mulia dan Saleh

Memiliki anak yang saleh dan berakhlak mulia merupakan suatu berkah yang tak terukur nilainya dan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Mengajarkan anak-anak tentang ajaran-ajaran agama menjadi salah satu cara agar anak tersebut dapat menjadi anak yang taat kepada agamanya.

Sebagai orang tua, bukan hanya mengajarkan perihal agama kepada anak tetapi juga perlu untuk memanjatkan doa mustajab untuk anaknya. Berikut ini doa paling mustajab agar anak sholeh beserta artinya:

Doa 1

“Rabbi habli milladunka żurriyyatan ṭayyibah, innaka sami’ud-du’a’”

Arti atau terjemahan:

“Ya Tuhanku, berikanlah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya, Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali-Imran: 38)

Doa 2

“Rabbi lā tażarnī fardan wa anta khairul-wāriṡīn”

Arti atau terjemahan:

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.” (QS. Al-Anbiya: 89)

Doa 3

“Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn”

Arti atau terjemahan:

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (QS. As-Saffat: 100)

Doa 4

“Allahumma barik lii fi auladii walaa tadhurrohum, wahfadzhum wawafiqhum litoatika warzuqni birrohum”

Arti atau terjemahan:

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku keberkahan pada anak-anak ku, janganlah Engkau menimpakan kesulitan kepada mereka, lindungilah mereka dan berikanlah pertolongan kepada mereka untuk selalu taat kepada-Mu dan anugerahkanlah bakti mereka kepadaku.”

Doa 5

“Rabbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyyatii robbanaa wataqabbal du’aa”

Arti atau terjemahan:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan juga anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, kabulkanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

Doa 6

“Allahummaj ‘al auladana auladan sholihin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqaha fiddin mubarokan hayatuhum fid dunya wal akhirah”

Arti atau terjemahan:

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang shalih dan juga shalihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

Doa 7

“Allahumma barikli fii auladi, wa la yadhurruhum, wa waffiqhum li tho’atika, warzuqna birrohum”

Arti atau terjemahan:

“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

2. Doa Mustajab agar Anak Diberi Kemuliaan dan Keberkahan

Berikut ini merupakan doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon kepada Allah Swt agar anak-anak mulia, tauhid dan berkah:

Doa Mustajab agar Anak Diberi Kemuliaan dan Keberkahan-Presgo

Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash

Doa 1

“Wa iż qāla ibrāhīmu rabbij’al hāżal-balada āminaw wajnubnī wa baniyya an na’budu-aṣnām”

Arti atau terjemahan:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)

Doa 2

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrata a’yuni waj’alnaa lilmuttaqiina imaama”

Arti atau terjemahan:

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa 3

“Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wa dzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa bariklana fii him fid dunya wal akhiroh”

Arti atau terjemahan:

“Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat”

3. Doa Mustajab agar Rezeki Anak Selalu Lancar

Setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Contohnya, berharap agar anak-anaknya memiliki rezeki yang lancar dan hidup berkecukupan. Selain usaha anak, peranan orang tua juga penting untuk mendoakan anak-anaknya yang memiliki kekuatan doa mustajab.

Berikut ini beberapa doa paling mustajab yang bisa Anda panjatkan agar anak mendapat kemudahan rezeki:

Doa 1

“Wa iż qāla ibrāhīmu rabbij’al hāżā baladan āminaw warzuq ahlahụ minaṡ-ṡamarāti man āmana minhum billāhi wal-yaumil-ākhir, qāla wa man kafara fa umatti’uhụ qalīlan ṡumma aḍṭarruhū ilā ‘ażābin-nār, wa bi’sal-maṣīr”

Arti atau terjemahan:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: ‘Dan kepada orang yang kafir pun aku beri kesenangan sementara, kemudian aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. Al-Baqarah: 126)

Doa 2

“Allahumma aktsir maalahu wawaladahu wabarik lahum fiimaa a’thoita wa aathil hayaatahuu ‘alaa tho’atika wa ashihha jismahuu wa ahsin ‘amaalahuu waghfirlahuu”

Arti atau terjemahan:

“Ya Allah, banyakkanlah harta dan anaknya, berkahilah baginya apa yang Engkau berikan kepadanya, panjangkanlah usia dalam ketaatan kepada-Mu, sehatkanlah badannya, baguskanlah amalnya, dan ampunilah dia.”

4. Doa Mustajab agar Anak Menjadi Seorang Pemimpin

Berikut ini merupakan doa mustajab agar anak jadi pemimpin:

Doa 1

“Wa iżibtalā ibrāhīma rabbuhụ bikalimātin fa atammahunn, qāla innī jā’iluka lin-nāsi imāmā, qāla wa min żurriyyatī, qāla lā yanālu ‘ahdiẓ-ẓālimīn”

Arti atau terjemahan:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji. Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: Sesungguhnya aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia. Ibrahim berkata: (Dan saya mohon juga) dari keturunanku. Allah berfirman: Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim.” (QS. al-Baqarah: 124)

5. Doa Mustajab agar Anak Lekas Sembuh dari Penyakit

Semua orang tua pasti merasakan sedih yang luar biasa saat mendapati anaknya terbaring sakit. Berbagai cara dilakukan agar sang anak lekas pulih dan dapat menjalani kesehariannya seperti sedia kala. Nyatanya, terdapat doa agar anak cepat sembuh yang bisa Anda panjatkan saat anak sedang sakit.

Doa 1

“Asalullahal ‘adziim robbul ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka”

Arti atau terjemahan:

“Aku memohon kepada Allah, Dzat yang Maha Besar, Tuhan yang mempunyai Arasy yang Maha Besar, semoga Dia berkenan memberi kesembuhan padamu.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Doa 2

“Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi antas syafi la syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman”

Arti atau terjemahan:

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Engkau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari)

Doa 3

“Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaaihaa wa’afiyatil abdani wasyifaiha wanuuril abshaari wadhiyaaiha wala alihi washohbihii wasallim”

Arti atau terjemahan:

“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya juga kepada keluarga dan sahabat beliau dan semoga Engkau memberikan berkah dan kesejahteraan.”

Doa 4

“As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka”

Arti atau terjemahan:

“Aku memohon kepada Allah Yang Agung, Tuhan Yang Megah agar menyembuhkanmu.”

Doa 5

“Allahummasyfi fulan/fulanah.” Diucapkan 3 kali

Arti atau terjemahan:

“Tuhanku, sembuhkan dia (sambil menyebut nama orang yang sedang sakit).”

Kata fulan atau fulanah dapat diganti menjadi nama sang anak atau seseorang yang sedang sakit.

 

Waktu Doa Mustajab agar Cepat Terkabul

Allah Swt telah memberikan keistimewaan bagi setiap orang tua. Keistimewaan tersebut terletak pada doa-doa orang tua yang mujarab atau cepat terkabul. Tak hanya itu, Allah Swt pun memberikan kelebihan pada waktu yang baik untuk memanjatkan segala doa-doa. Lantas, kapan saja waktu yang memiliki kelebihan tersebut?

Terdapat sebuah hadits dari Abu Hurairah yang menyatakan bahwa pada hari Jumat, Allah akan mengabulkan segala doa-doa hamba-Nya. Rasulullah saw bersabda, “Pada hari Jumat, terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya bahwa waktu tersebut hanyalah sebentar. Terdapat pula hadits dari Abu Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari yang berkata, “Abdullah bin Umar bertanya padaku, apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?.”

Lantas, Abu Burdah pun menjawab, “Iya benar, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), beliau berkata bahwa Rasulullah bersabda: ‘Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jumat.” (HR. Muslim).

 

Hormati Orang Tua, Kunci Menuju Surga

Menjadi orang tua merupakan suatu berkah yang diberikan oleh Allah Swt. Maka dari itu, hendaklah bagi setiap orang tua maupun guru-guru untuk memberikan pelajaran yang baik terkait ilmu-ilmu agama. Ajarkan pula kepada anak-anak bagaimana caranya untuk menghormati orang tua, baik dalam bersikap maupun bertutur kata.

Tuntunlah anak-anak tersebut agar dapat menjadi anak yang shalih dan memiliki akhlak baik. Doakan pula anak-anak tersebut karena sesungguhnya doa orang tua merupakan salah satu doa paling mustajab dan tidak mungkin ditolak oleh Allah Swt.

Baca Juga : 15 Doa Pendek Harian yang Mudah Dihafalkan untuk Anak-Anak

1. Apa yang dimaksud dengan Doa Mustajab?

Arti doa mustajab dalam islam merujuk kepada bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, biasanya disebut dengan ad-Du’a al-Mustajab atau al-Ad’iyyah al-Mustajabah yang berarti menyeru, memanggil atau meminta. Singkatnya, kata doa mujarab memiliki arti doa yang terkabul.

2. Kapan waktu yang baik untuk memanjatkan doa yang Mustajab agar cepat terkabul?

Terdapat sebuah hadits dari Abu Hurairah yang menyatakan bahwa pada hari Jumat, Allah akan mengabulkan segala doa-doa hamba-Nya. Rasulullah saw bersabda, “Pada hari Jumat, terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doa siapa yang paling Mustajab bagi anak?

Sesungguhnya doa orang tua merupakan salah satu doa paling mustajab dan tidak mungkin ditolak oleh Allah Swt.

(Visited 1 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us