Bagikan Artikel Ini:

Jika anak memiliki tinggi badan yang kurang, dan lebih pendek dari teman-temannya seringkali anak lantas menjadi minder dan menjadi kurang rasa percaya dirinya, apalagi jika itu anak laki-laki. Namun tidak perlu merasa cemas dan putus asa. Anak masih dalam proses tumbuh dan berkembang, jadi jangan khawatir jika anak memiliki tubuh yang pendek, dibandingkan dengan teman sebayanya, maka masih bisa tumbuh berkembang menjadi lebih tinggi lagi dengan lebih mudah. Akan ada banyak cara untuk meninggikan badan itu. Mulai dengan melakukan berbagai olahraga yang dapat meninggikan badan dengan cepat, atau dengan meminum suplemen makanan tertentu, bahkan kini juga banyak yang menawarkan alat, suatu produk, yang diklaim bisa menjadi cara cepat meninggikan badan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah tips meninggikan badan yang aman bagi anak.

Beri Anak Makanan Bergizi yang Cukup

Makanan adalah asupan alami yang mendukung tumbuh kembang anak. Pada saat masa pertumbuhannya maka anak haruslah mendapatkan asupan gizi yang lengkap dan berimbang dengan secara cukup, guna memenuhinya dan melengkapi kekurangan gizi yang ada maka bisa juga diberikan aneka vitamin dan suplemen peninggi badan kepada anak. Namun sebenarnya seluruh kebutuhan gizi anak untuk bisa tumbuh tinggi tersebut sebenarnya bisa dipenuhi secara alami dari makanan sehari-hari. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh anak dengan sebaik-baiknya, maka tinggi badan anak bisa ditingkatkan dengan secara aman dan alami. Makanan dengan komposisi gizi yang berimbang memang sangat penting serta sangat berpengaruh terhadap proses tinggi badan anak. Makanan bernutrisi penuh vitamin dan mineral itu bagaikan zat peninggi badan, peninggi badan yang alami dan menyehatkan. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, penting untuk diperhatikan mengenai pemenuhan asupan gizinya agar bisa tumbuh dengan baik. Guna meningkatkan tinggi badan anak serta mendukung tumbuh kembangnya maka anak-anak setiap harinya akan memerlukan asupan protein, dan karbohidrat, juga lemak baik serta aneka mineral dan vitamin dalam jumlah yang cukup. Berbagai zat-zat bergizi itu sebenarnya telah terdapat dalam makanan sehari-hari, yakni berupa susu, dan buah serta sayuran segar, juga bisa dari gandum, atau oatmeal, dan telur, juga ayam, dan kacang kedelai, juga keju, dan daging sapi, serta ikan, dan lain sebagainya Sediakanlah menu yang sehat dengan cakupan gizi yang berimbang untuk anak. Jika anak kurang suka atau tidak berselera makan maka usahakan agar mengolah aneka bahan makanan bergizi tersebut ke dalam aneka jenis masakan yang sesuai dan menjadi kesukaan dan favorit anak. Perhatikan juga tampilan sajian makanannya, agar anak tertarik dan mau mencicipi serta memakannya sampai habis. Berbagai hidangan makanan tersebut bisa disajikan dalam bentuk aneka bento, seperti berbentuk mobil atau wajah kartun kesayangannya, atau berbentuk gajah atau panda ataupun aneka bentuk lainnya yang bisa menarik dan menimbulkan selera makan anak. Selain itu anak juga perlu untuk dijauhkan dari berbagai macam junk food dan juga minuman dan makanan manis, atau juga minuman bersoda, lebih baik berikan anak minuman susu dengan aneka variasi rasanya, yang bisa dicampur dengan aneka jus buah atau dicampur dengan puding dan lain sebagainya. Ada banyak cara agar anak mau makan makanan bernutrisi yang disediakan.

Beberapa makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tulang anak itu antara lain adalah berikut ini

Susu

Pertama ada susu. Susu ini merupakan salah satu sumber untuk protein dan juga kalsium yang sangat baik untuk proses pertumbuhan tulang. Pada segelas susu itu terdapat kandungan hingga sekitar 30% kalsium, yang sangat diperlukan oleh tubuh supaya bisa berkembang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi di setiap harinya. Selain itu juga susu memiliki kandungan berupa hormon pertumbuhan atau yang lebih dikenal sebagai insulin like growth factor 1 atau IGF-1. Hormon tersebut diproduksi dan diproses di hati dan di otot rangka serta berbagai jaringan lainnya sebagai respon dari stimulasi hormon pertumbuhan tersebut.

Aneka Sayuran Hijau

Sayuran hijau itu mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Beberapa sayuran hijau tersebut antara lain seperti brokoli, dan daun kale, serta lettuce, juga sawi hijau, kangkung, loncang dan seledri, juga bayam dan lain sebagainya. Selain mengandung kalsium, maka sayuran berdaun dengan warna hijau tersebut juga mengandung vitamin K yang memiliki peran yang sangat penting dalam pemrosesan kalsium dalam proses pembentukan tulang.

Ikan

Selanjutnya ada ikan. Beberapa jenis ikan yang disarankan karena baik dan mendukung pertumbuhan tulang anak itu antara lain adalah jenis ikan berlemak, yakni seperti salmon, patin, ikan kembung dan juga sarden, yakni ikan yang mengandung vitamin D serta asam lemak omega 3 yang memiliki peran yang penting dalam pembentukan struktur dan juga perkembangan tulang tubuh. Selain itu asam lemak juga adalah komponen yang penting sebagai salah satu unsur membran serta tulang.

Kuning Telur

Telur merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka jenis hidangan makanan yang akan disukai anak-anak. Bagi anak yang tidak suka dengan ikan, maka bisa mendapatkan asupan vitamin D berasal dari telur ini. Adapun bagian telur yang kaya akan vitamin D itu adalah pada bagian kuning telurnya. Telur tersebut dapat direbus ataupun digoreng, sesuai keinginan anak, dan masih cukup aman terlindungi kandungan gizinya.

Daging Merah

Berikutnya ada daging merah yang kaya akan fosfor dan juga magnesium yang sangat diperlukan untuk pembentukan tulang tubuh. Jika terjadi kekurangan fosfor maka akan dapat mengganggu proses mineralisasi tulang. Sedangkan zat mineral magnesium nya diperlukan untuk meningkatkan kekuatan tulangnya. Selain daging, maka makanan lain yang bisa menjadi penggantinya karena juga memiliki kandungan fosfor serta mineral adalah aneka jenis seafood, dan tofu atau tahu, juga gandum serta berbagai kacang-kacangan.

Ajak Anak Beraktivitas di Luar Rumah di Pagi Hari agar Mendapatkan Sinar Matahari Pagi

Selain dengan mencukupi akan asupan kebutuhan gizi dari makanannya maka untuk menunjang proses pertumbuhan tulang badannya ajak anak untuk selalu bangun pagi dan secara rutin diajak untuk melalukan berbagai kegiatan di luar rumah, terutama di saat pagi hari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 8 pagi hari. Dengan demikian maka anak akan bisa mendapatkan vitamin D alami dari cahaya sinar matahari pagi sehingga pertumbuhan tulangnya menjadi untuk lebih optimal.

Tidur yang Cukup

Usahakan juga agar anak-anak memiliki tidur berkualitas yang cukup di setiap malamnya. Sehingga bisa mencapai tinggi badan yang ideal dengan secara cepat dan aman. Kebutuhan anak untuk tidur berkualitas itu adalah selama delapan jam per harinya. Tujuannya agar anak bids tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat, karena pada saat tidur itulah maka hormon pertumbuhan anak akan dilepas dan mulai berproses untuk meninggikan badan.

Rutin Berolah Raga

Cara meninggikan badan yang lainnya yang masih cukup aman dan menyehatkan juga adalah dengan mendorong anak agar secara rutin untuk melakukan berbagai jenis kegiatan fisik gerak tubuh berolah raga sebagai berikut.

Latihan Peregangan

Sebelum melakukan berbagai jenis olah raga, maka sebaiknya selalu diawali dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu yakni bisa dengan melalukan latihan peregangan. Gerakan latihan peregangan juga dapat memberi pengaruh yang besar untuk proses tinggi badan anak. Dengan melakukan latihan peregangan tersebut maka bisa memanjangkan tulang belakang serta meningkatkan postur tubuh anak. Salah satu contoh gerakan latihan peregangan tersebut ialah dengan cara berdiri di atas jari-jari kaki dan dengan punggung yang menempel pada dinding dan lalu lakukan gerakan meregangkan otot-otot di kaki ke arah atas yakni seperti mau meraih sesuatu di atas atau bisa juga dengan melakukan gerakan latihan peregangan yang lebih sederhana, dengan cara duduk di lantai dan dengan posisi kaki yang terbuka lebar dan lalu tangan menjulur berusaha meraih kedua jari-jari kaki.

Berenang

Gaya Punggung

Olah raga berenang juga merupakan salah satu cara untuk meninggikan badan anak yang bisa dilakukan dengan secara menyenangkan bagi anak. Aktivitas berenang tersebut akan melatih banyak bagian otot tubuh anak dan juga akan tetap membantu anak Anda agar bisa bugar dan tetap aktif. Latihan otot yang ada pada olahraga renang tersebut sangat efektif untuk menambah tinggi badan anak, yakni ada gerakan ayunan tangan peregangan ke depan dan juga jejakan kaki ke belakang, dan lain sebagainya, sehingga akan bisa memperkuat tulang belakang serta juga merangsang tulang untuk bertumbuh. Olahraga berenang itu sangat disukai oleh anak-anak dan juga menyehatkan dan memiliki banyak manfaat.

Melalukan Gerakan Skipping

Sebagaimana juga olahraga berenang, maka melalukan gerakan skipping juga termasuk menjadi salah satu cara untuk meninggikan badan anak dengan cepat yang aman. Skipping merupakan aktivitas fisik yang dapat membuat seluruh tubuh anak bekerja. Skipping ini bermanfaat bagi jantung, dan juga bisa untuk meningkatkan pertumbuhan tulang bagi anak.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dengan melak

Gerakan Bergelantungan

ukan gerakan bergelantungan maka bisa juga memberi manfaat yang besar untuk meninggikan badan anak dengan secara cepat serta aman. Para ahli juga telah merekomendasikan gerakan bergelantungan ini sebagai cara untuk meninggikan badan secara aman dan cepat, selama beberapa dekade terakhir belakangan ini. Dengan melakukan gerakan bergelantungan tersebut maka akan bisa untuk memanjang tulang belakang pada anak, yang adalah menjadi bagian yang penting untuk tumbuh menjadi lebih tinggi.

Gerakan Olahraga Lainnya

Selain melakukan gerakan menggantung tersebut dengan secara rutin dan teratur dalam jangka waktu tertentu, dan juga melakukan berbagai hal tersebut di atas, maka anak juga bisa didorong untuk melakukan gerakan pull up dan juga chin up sebagai cara lain berikutnya untuk meninggikan badan. Kedua gerakan tersebut akan bisa membuat otot-otot pada bagian lengan dan juga pada bagian punggung untuk menjadi lebih kuat, selain menjadi kegiatan latihan yang bagus guna menjaga kebugaran.

Jogging juga bagus untuk dilakukan di pagi hari, bisa memperkuat otot dan tulang kaki, selain juga bisa mempererat hubungan keluarga jika dilakukan bersama-sama.

Itulah beberapa cara meninggikan badan anak yang aman dan sehat yang bisa dicoba untuk dilakukan, dan disarankan kepada anak yang memiliki tubuh dengan tinggi badan yang pendek, yang kurang tinggi, jika dibandingkan dengan teman sebayanya, agar anak bisa segera mencapai tinggi badan idealnya.

Kesimpulan

Bagaimana cara meninggikan badan?

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti susu, aneka sayur, ikan, dan lain sebagainya

Mengapa susu bisa meninggikan badan?

Karena susu memiliki kandungan kalsium sekitar 30% yang sangat diperlukan oleh tubuh supaya bisa berkembang tinggi

Apa saja aktivitas yang dapat meninggikan badan?

1. Tidur yang cukup

2. Rutin berolahraga

3. Berenang

(Visited 179 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us