Bagikan Artikel Ini:

Apakah Anda termasuk yang risau dengan kondisi anak yang kecanduan gadget? Ketahui manfaat busy books di sini. Ini merupakan sebuah solusi untuk Anda yang khawatir dengan penggunaan gawai berlebihan pada anak.

Tahukah Anda, pakar Adiksi Perilaku, dr.Kristiana Siste menyebutkan, penelitian menunjukkan angka sebanyak 19% lebih anak Indonesia kecanduan gadget. Survei tersebut mengambil sampel anak dari 34 provinsi di Indonesia pada bulan Juli 2020.

Dampak negatif penggunaan gadget tersebut akan sangat terlihat pada proses tumbuh kembang anak. Lalu sebagai orang tua bagaimana Anda mengatasinya?

Dampak Negatif Kecanduan Gadget

 

Dampak negatif kecanduan gadget - Sekolah Prestasi Global

Photo by NATHAN MULLET on Unsplash

Meriyati, M.Psi selaku psikolog menyebutkan, efek negatif penggunaan gadget pada anak yang paling jelas adalah menurunkan konsentrasi, mengurangi motivasi hidup di dunia nyata, malas melakukan aktivitas fisik atau bergerak, masalah interaksi sosial, dan tidak lagi menjadi dirinya sendiri.

Selain itu efek kesehatan juga akan mengganggu kondisi mata, sakit kepala, rasa mual, malas makan, masalah bentuk tubuh dan sebagainya.

Kondisi ini juga akan berlaku pada usia anak-anak. Interaksi sosial anak yang kurang serta imajinasi yang tidak logis sering muncul akibat terlalu sering bermain game online.

Hubungan sosial dengan keluarga dan orang tua pun bisa menjadi buruk, semangat belajar berkurang, serta tak jarang boros mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan main game.

Apa itu Busy Book?

Nah, khusus bagi anak-anak usia balita yang juga cenderung sudah ada yang terpapar gadget, kini hadir sebuah solusi alternatif alat permainan edukatif.

Permainan yang bernama busy book. Anda mungkin ada yang belum mengenal busy books. Sebuah buku permainan yang terbuat dari kain dan bahan-bahan lembut dengan berbagai aktivitas menyenangkan untuk anak.

Siapa bilang balita belum terpapar gadget? Ada banyak orang tua yang ingin anaknya diam saat mereka bekerja dan melakukan aktivitas. Selanjutnya mereka memberikan solusi instan dengan memberikan gawai dan berbagai permainannya.

Apakah selama ini Anda termasuk yang demikian?

Jika iya, lebih baik stop dan hentikan. Anda perlu tahu tentang produk inovatif yang dapat membantu anak Anda bertumbuh kembang dengan aman dari paparan gawai.

Ya, busy books tadi adalah solusinya. Busy book adalah buku yang menawarkan berbagai aktivitas untuk menyibukkan anak.

Layar bergerak seperti gawai cenderung akan membuat anak berpikir lebih instan, mengurangi konsentrasi, dan sejenisnya. Berbeda dengan buku yang justru akan membantu meningkatkan daya analisa anak, meningkatkan konsentras, dan kreativitas.

Pengertian busy books (buku sibuk) atau dalam istilah lain sering disebut buku tenang untuk anak adalah buku yang berisi berbagai aktivitas menarik untuk balita. Misalnya mengenal bentuk dan warna, berlatih mengancing baju, mengikat tali sepatu, merasakan tekstur, memasang sabuk celana, melihat jarum jam dan masih banyak lagi.

Buku kreatif ini menjadi pilihan bagi orang tua untuk mengalihkan fokus anak-anak dari gadget ke permainan edukatif yang lebih mendidik.

Manfaat Busy Book untuk Anak

Manfaat busy book untuk anak - Prestasi Global

Photo by Joel Muniz on Unsplash

Secara umum jelas bahwa kehadiran buku sibuk untuk anak ini dirancang sedemikian rupa salah satunya untuk membantu anak bisa teralihkan dari perangkat gadget.

Selain itu, secara khusus buku ini juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan motorik anak, bergerak belajar menyelesaikan aktivitas untuk kemampuan seusianya.
  • Membantu proses tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Mulai mengenal aneka warna, mengenal bentuk, tekstur dan sebagainya.
  • Meningkatkan kreativitas anak sejak usia dini. Melalui berbagai aktivitas yang bukan hanya sebagai bentuk latihan aktivitas tetapi juga menjadi semacam permainan yang menyenangkan.
  • Memicu tingkat imajinasi anak karena di dalam buku ini anak-anak bisa menemukan dan bermain dengan berbagai model, bentuk, warna, dan pilihan desain gambar. Termasuk di dalamnya benda-benda unik dalam bentuk tiga dimensi. Anak akan lebih suka dan terstimulasi.
  • Mendorong kemampuan anak lebih baik dalam memecahkan masalah melalui berbagai simulasi aktivitas kreatif dalam buku.

Bila dilihat dari berbagai aktivitasnya, maka permainan ini juga memiliki manfaat khusus antara lain:

  • Mengajarkan anak belajar menarik resleting baju.
  • Anak bisa belajar memasang tali sepatu.
  • Berlatih melihat jam dan angkanya.
  • Anak belajar memasang sabuk pada celana.
  • Mencocokkan gambar dan warna yang sesuai.
  • Mengenal tekstur kain yang beragam, dll.

Pembelajaran tergantung pada jenis dan konsep busy books yang Anda pilih. Semakin beragam dan kreatif tentunya akan semakin bagus untuk perkembangan anak.

Keunggulan Penggunaan Busy Books

Penggunaan busy books untuk anak memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan jenis pilihan buku lainnya, yakni:

  • Bahan terbuat dari kain yang lembut dan nyaman untuk balita.
  • Tema kreativitas sangat sesuai dengan usia anak dan peruntukannya.
  • Buku tersebut merujuk pada penggunaan warna dan bentuk yang dapat membantu imajinasi dan kreativitas pada anak.
  • Karena terbuat dari kain maka lebih mudah dibersihkan dan cukup awet penggunaannya.
  • Bahan kain ini aman bagi balita dan tidak rentan sobek sebagaimana buku yang terbuat dari kertas.
  • Secara harga pun lebih terjangkau dengan nilai kreativitas yang cukup bagus.

Bagaimana Busy Books Bisa Mengalihkan Gadget dari Anak?

Nah sekarang saatnya Anda berkomitmen untuk membatasi penggunaan gawai pada anak, atau bahkan menghentikan penggunaanya sama sekali untuk usia balita.

Lalu bagaimana solusinya untuk membuat anak tetap senang dan bisa tenang saat Anda beraktivitas?

1. Berani Mengatakan Tidak

Langkah pertama Anda harus tega untuk menarik gawai dari tangan anak Anda. Mungkin anak akan menangis seketika, tetapi jangan pernah berpikir tidak tega.

Bahkan pada kondisi yang sudah parah terjadi kecenderungan amarah yang tinggi. Anak akan memukul, melawan, bahkan ada yang membenci orang tuanya hingga ingin membunuh. Kondisi kecanduan seperti ini sudah parah dan Anda perlu membawanya ke psikolog.

Kenapa? Lebih baik anak Anda yang menangis pada saat ini dibandingkan Anda yang menangis di kemudian hari karena menyaksikan masalah tumbuh kembang pada anak Anda.

2. Variasikan Busy Books

Setelah tangisan sedikit reda, hibur anak dan mulailah alihkan dengan menunjukkan busy books yang Anda pilih. Bagaimana jika anak sudah merasa bosan?

Penting bagi Anda memilih berbagai tema dan warna yang unik dari buku tersebut. Ada banyak tema, warna, dan model. Anda bisa berinvestasi untuk membuat anak Anda tumbuh dengan kreativitasnya menggunakan permainan edukatif tersebut.

3. Bermain Bersama Anak

Sesibuk apapun Anda dengan aktivitas pekerjaan, berikanlah hak anak untuk bermain bersama Anda sebagai orang tua. Sehebat apa pun permainan, sebanyak apa pun permainan yang Anda berikan kepada anak, diri Anda masih lebih baik dari semua itu.

Bahkan Psikolog Elly Risman Musa mengatakan, permainan terbaik adalah permainan menggunakan anggota tubuh, dalam hal ini anggota tubuh Anda sebagai orang tua di hadapan anak-anaknya.

So, walaupun sudah ada busy books, tugas Anda untuk mendampingi anak tidak selesai. Ambil buku tersebut, ajaklah anak bermain dengan cara yang lebih seru dan kreatif. Kebersamaan dan canda tawa Anda sebagai orang tua akan menjadi hal berkesan bagi anak.

Mengapa anak sering teralihkan dengan gawai? Salah satunya karena mereka kesepian dari kehadiran Anda sebagai orang tua. Dunia maya menawarkan banyak aktivitas segar dan menarik yang akan jadi alternatif mereka saat Anda tidak bersama.

4. Padukan dengan Permainan atau Aktivitas Lain

Jika sudah bosan hanya menyelesaikan aktivitas yang ada di dalam buku, maka untuk membuat permainan tersebut tetap seru, Anda bisa memadukannya dengan aktivitas atau permainan lain.

Misalnya Anda membacakan cerita di buku cerita lain yang kemudian simulasinya menggunakan buku sibuk. Anda juga bisa membuat cerita sendiri dengan menggunakan aktivitas yang ada di dalam buku sibuk.

Mengajak kucing kesayangan untuk ikut beraktivitas dengan busy books juga cukup menarik untuk anak. Bisa juga mengajak anak lainnya untuk sama-sama melakukan tantangan bersama menuntaskan aktivitas yang ada di buku.

Secara tempat pun bisa Anda kreasikan. Misalnya memainkan buku ini tidak harus di kamar bermain anak. Anda bisa mengajak anak pergi ke halaman rumah, ke kebun, ke teras, atau bahkan saat menjelang tidur di atas kasur.

5. Memberi Anak Hadiah

Hadiah tidak selalu menjadi sesuatu yang wah dan mahal. Jika anak Anda sudah berhasil menuntaskan permainan dengan benar, Anda bisa memberikan hadiah kepadanya berupa ciuman sayang, pelukan, gendongan, dan sebagainya sambil memberikan pujian.

Ajak anak berjalan, bermain di luar, melihat binatang peliharaan, dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat kesan yang lebih pada anak.

Mereka akan merasakan permainan bersama keluarga dan orang tua lebih memberikan pengaruh pada emosi. Mereka akan bahagia dan hubungan Anda dengan anak pun akan semakin dekat dan baik.

Bukan hanya untuk interaksi antara anak dan orang tua, permainan bersama anak ini juga akan membuat interaksi seluruh anggota keluarga menjadi lebih baik, lebih positif, dan harmonis untuk jangka panjang.

 

Pendidikan Berkualitas untuk Solusi Kecanduan Gadget Anak

Pendidikan formal yang berkualitas biasanya memadukan konsep pembelajaran kreatif dan inovatif pada anak sehingga masalah-masalah kecanduan gadget bisa lebih teratasi.

Selain fasilitas permainan edukatif yang lebih lengkap, lembaga pendidikan yang berkualitas juga menerapkan kurikulum pembelajaran yang ramah dan bersahabat dengan anak.

Efeknya anak benar-benar menikmati proses belajar, bukan sekadar paksaan status karena mereka sedang sekolah. Belajar seperti bermain, tetapi secara langsung memberikan dampak positif pada proses belajar mengajar yang kreatif.

Aktivitas belajar yang mengasyikkan akan membuat anak lebih fokus dan teralihkan dari hal-hal yang sifatnya hiburan negatif seperti gadget.

Sebagai orang tua pun Anda harus memberikan jadwal akses gadget yang disiplin dan komitmen. Kapan anak membutuhkannya untuk hiburan atau proses pembelajaran, orang tua penting untuk mengawasi.

Khusus bagi Anda para orang tua yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas untuk anak, pilihan Sekolah Prestasi Global menjadi pilihan terbaik.

Pendidikan berkualitas di Sekolah Prestasi Global menawarkan kurikulum yang komprehensif dan kreatif. Menjadikan anak-anak memiliki akhlak yang baik, kecerdasan akademik yang unggul, dan kreativitas yang tertanam.

Solusi untuk Anda yang khawatir dengan kondisi anak yang kecanduan gadget, pilihlah model pendidikan yang berkualitas dan mengedepankan kreativitas moralitas.

Sekolah Prestasi Global menjawab kebutuhan dunia pendidikan kekinian. Setelah Anda tahu manfaat busy books yang sudah dibahas sebelumnya, Anda akan mampu melihat bagaimana kualitas pendidikan di Prestasi Global lebih unggul dan sesuai untuk Anda. Mari bergabung.

Apa Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget ?

1. Pengasuhan yang kurang tepat: kesibukan orang tua, kurangnya pemahaman tentang dampak negatif gadget, dan teladan yang salah dalam berteknologi 2. Faktor neurosains: efek dopamin yang menyebabkan kesenangan dan kendali diri yang masih rendah 3. Desain teknologi yang menarik: warna-warni yang cerah, fitur autoplay, notifikasi, dan faktor kejutan 4. Pengaruh lingkungan: kebiasaan yang menular dari teman sebaya dan lingkungan sekitar rumah

Apa Saja Alasan Anak Bisa Kecanduan Gadget?

1. Tak punya hubungan baik dengan orangtua 2. Menemukan kesenangan di dunia yang dijalani 3. Diberi kebebasan tanpa pengawasan 4. Orangtua tidak konsisten dalam komitmennya 5. Anak tak memiliki banyak pilihan permainan

Gimana Cara anak mencegah dari kencanduan gadget ?

1. Batasi waktu penggunaan 2. Beri jadwal 3. Jangan beri akses penuh 4. Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget 5. Ajarkan anak pentingnya menahan diri 6. Berikan contoh yang baik

Baca juga :12 Good Attitude Dasar yang Wajib Dimiliki Anak Sejak Dini

(Visited 31 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us