Bagikan Artikel Ini:

Anak Anda sudah menginjak usia taman kanak-kanak? Kini saatnya Anda mulai mengajari anak berhitung secara sederhana.

Kemampuan anak dalam berhitung termasuk salah satu perkembangan dalam aspek tumbuh kembang anak pada sisi kognitifnya. Maka dari itu, berhitung angka dasar perlu mulai Anda ajarkan, seperti pengurangan dan penjumlahan.

Cara mengajarkan berhitung anak TK tidaklah sama dengan jenjang lebih tinggi seperti SD dan SMP. Alasannya pada usia TK belum mengenal yang namanya konsep abstrak dalam operasi berhitung. Lalu, bagaimana cara mengenalkan konsep berhitung pada anak TK?

 

13 Cara Mengenalkan Konsep Berhitung Sederhana pada Anak TK

Cara Belajar Berhitung Sederhana untuk Anak Usia TK

Photo by Tina Floersch on Unsplash

Untuk lebih memudahkan belajar berhitung untuk anak, Anda bisa memanfaatkan media. agar lebih mudah dan efektif. Media yang bisa Anda gunakan misalnya seperti gambar berhitung, mainan bentuk angka, dan lainnya.

Cara mengenalkan belajar berhitung anak TK yang efektif, bisa coba dari ulasan di bawah ini!

1. Belajar Berhitung dengan Memanfaatkan Anggota Tubuh

Salah satu cara yang cukup mudah dalam mengajarkan berhitung sederhana untuk anak adalah dengan berhitung menggunakan anggota tubuh anak. Anggota tubuh yang bisa Anda manfaatkan salah satunya adalah jari tangan.

Memanfaatkan jari tangan anak sebagai alat bantu untuk berlatih berhitung cukup efektif. Anda bisa melatih anak berhitung hitungan 1 sampai 10 dengan jari tangan anak. Untuk menambah angka hitungan bisa memanfaatkan jari kaki.

Sudah banyak yang menggunakan cara sederhana ini karena memang mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan cepat.

Bagi Anak Anda yang saat ini sudah mulai memasuki TK, bisa Anda coba melatihnya sendiri di rumah. Luangkan waktu setengah hingga satu jam supaya anak menjadi terbiasa dalam berhitung angka-angka.

Anda bisa juga memanfaatkan anggota tubuh lain dengan memberikan pertanyaan misal berapa jumlah mata, jumlah telinga, jumlah hidung dan lainnya.

 

2. Belajar Berhitung dari Kegiatan Sehari-hari

Metode apa pun yang sudah diajarkan di sekolah atau menjelang memasuki TK itu semuanya baik. Namun, terlepas dari itu semua apakah anak tertarik dengan metode yang diajarkan? Jika tidak bagaimana solusinya?

Ketertarikan anak dalam belajar berhitung tidak sama satu dengan lainnya. Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Solusinya, Anda bisa mengajarkan anak Anda belajar berhitung dari kegiatan sehari-hari anak.

Ajarkanlah dengan kesungguhan hati dan rasa senang. Belajar itu tidak harus menuntut untuk sekadar mengejar nilai semata. Ada yang jauh penting dari hal itu yaitu pemahaman si anak yang utama.

Cara mengajarkan anak berhitung dari kegiatan sehari-hari misalnya dengan meminta anak untuk membantu menghitung buku, tomat, piring di meja makan, tanaman di depan rumah, kucing yang ada di sekitar rumah, baju di lemari dan lainnya.

3. Belajar dengan Kertas Warna

Anak kecil yang belum sekolah masih suka dengan permainan. Anda bisa mengajarkan anak Anda berhitung dengan memberikan kertas potong berwarna. Kertas warna bisa Anda potong kecil-kecil dan Anda berikan ke anak potongan krayon tersebut sambil berhitung.

Kemudian, kertas warna yang sudah Anda berikan ke anak tersebut, Anda minta kembali sambil meminta anak untuk menirukan hal yang sama dengan apa yang Anda lakukan sebelumnya.

Tentunya uji coba untuk yang pertama kali terkadang anak belum bisa langsung mengingatnya. Tetapi, jika Anda lakukan secara terus-menerus, anak akan bisa berhitung dan menirukan Anda dengan baik dan benar.

Metode ini cukup ampuh sebagai latihan dasar di rumah mengajarkan anak berhitung. Jadi, Ketika nanti sudah memasuki TK bisa langsung bisa berhitung sambil bermain dengan kertas warna dan media lainnya.

4. Menghitung Benda saat Bersantai di Ruang Keluarga

Cara Belajar Berhitung Sederhana untuk Anak Usia TK

Photo by Sigmund on Unsplash

Belajar berhitung untuk anak usia TK bisa kapan saja dan di mana saja. Contohnya Anda bisa mulai mengajarkan berhitung dengan memperhatikan benda di ruang keluarga Anda.

Pada saat Anda berada di ruang keluarga bisa, Anda bisa mencoba memberikan pertanyaan misalnya ada berapa jumlah kursi yang ada di ruang keluarga? Kemudian Anda bantu untuk menjawabnya jika anak masih kesulitan.

Jika di ruang keluarga ada beberapa vas bunga, bisa coba untuk menghitung jumlah vas bunga di ruang keluarga tersebut.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengajari anak Anda mulai berhitung. Cara ini kelihatannya sepele, namun berarti besar bagi peningkatan kemampuan berhitung anak Anda.

5. Belajar Berhitung saat Mengenakan Pakaian Atau Memakai Sepatu

Cara melatih anak supaya bisa belajar berhitung dengan cara yang sederhana bisa Anda lakukan saat mengenakan pakaian atau memakai sepatu. Anda bisa meminta anak menghitung jumlah pakaian yang ada di lemari sewaktu mengambilnya.

Selain itu, Anda bisa juga meminta anak perhitungan perkalian anak saat memakai sepatu. Misalkan sepatu yang Anda miliki ada 4 bisa coba melatih menghitung perkalian dengan media sepatu.

Lakukan hal tersebut setiap hari. Anak Anda akan cepat bisa berhitung. Selain itu, anak akan lebih fokus dan meningkatkan kecepatan anak dalam berhitung.

Jangan bosan mengajarkan anak, karena sifat anak memang sering lupa. Namun, jika Anda lakukan setiap hari anak akan semakin lancar dalam berhitung dan tidak akan lupa lagi. Sebenarnya bukan karena pelupa, tapi belum bisa fokus saja.

6. Belajar Berhitung Melalui Aplikasi

Di era digital banyak sekali media yang bisa Anda manfaatkan untuk melatih anak terbiasa dan senang belajar berhitung. Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store.

Contoh aplikasi yang bisa Anda coba seperti Photomath, Match Trick, Match Game, Match Kids dan lainnya.

Namun, Anda tetap harus memberikan pengawasan dan pembatasan belajar menghitung dengan ponsel. Efek radiasi pada ponsel kurang bagus untuk mata anak Anda, terutama jika terpapar terlalu lama.

7. Gunakan Contoh yang Nyata

Mengenalkan angka kepada anak bisa dimulai sejak usia masih dini. Ketika menginjak usia TK, anak sudah tidak asing dengan hitungan dan angka-angka. Anda bisa mengajarkan konsep berhitung secara nyata.

Untuk mengajarkan konsep ini sangat mudah. Ajak anak Anda pergi ke warung atau pasar untuk membeli buah-buahan atau makanan yang digemari anak.

Biarkan anak mengambil makanan yang ingin dia beli dan mint anak untuk menghitungnya. Jika belum pernah diajarkan sebelumnya, Anda bisa mengajarkan terlebih dahulu.

Ulangi aktivitas menghitung tersebut di setiap kesempatan ke anak Anda. Dengan begitu, anak seolah tidak merasa sedang digurui atau sedang belajar, Karena anak melakukannya dengan gembira dan tanpa paksaan.

8. Belajar Menghitung pada Momen Ulang Tahun

Manfaatkan momen sekecil apa pun untuk mengajak anak belajar berhitung. Salah satu momen yang bisa Anda manfaatkan adalah ketika tiba masa ulang tahunnya.

Anda bisa coba berikan pertanyaan ke anak, sekarang ulang tahun ke berapa, ya? Lalu, tahun depan ke berapa, ya? Serta bisa Anda modifikasikan ke jenis pertanyaan lainnya.

Masa persiapan bisa juga dengan menghitung balon yang akan digunakan, menghitung lilin, kado yang diperoleh, dan lainnya.

9. Ajak Menghitung Isi dalam Kulkas

Setelah selesai berbelanja kebutuhan bulanan, jangan lupa ajak anak untuk ikut membantu memasukkan barang ke dalam kulkas. Manfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak Anda menghitung apa yang ingin dimasukkan ke dalam kulkas.

Misalkan Anda membeli sejumlah tomat, minta anak untuk memasukkannya sambil Anda menghitungnya dengan keras. Pada buah lain, minta anak untuk mengulangi hal yang sama seperti waktu memasukkan tomat.

10. Belajar Berhitung Melalui Lagu

Melatih anak menghitung bisa juga Anda lakukan dengan menyanyikan sebuah lagu. Lagu yang terkenal sampai sekarang misalnya satu satu aku sayang ibu.

Secara tidak langsung anak Anda sedang mengenal angka. Kemudian kenalkan lagu lainnya seperti lagu satu tambah satu sama dengan dua, dua tambah dua sama dengan empat dan lainnya.

11. Belajar Berhitung Melalui Mainan

Manfaatkan mainan anak sebagai media untuk berhitung. Misalnya anak memiliki mainan kereta, bisa diajarkan berhitung dengan menghitung jumlah gerbong pada kereta mainan.

Jika anak Anda gemar dengan bola, Anda bisa memanfaatkan bola untuk bermain sambil berhitung. Misalkan Anda melempar bola sambil berucap satu dan sampai lima kali misalnya. Setelah itu, minta anak melakukan hal yang sama dengan Anda.

12. Coba Latih dengan Menonton Film atau Video Pembelajaran

Cara pertama untuk mengajarkan belajar berhitung anak TK B atau yang sedang memasuki TK bisa dengan menonton video pembelajaran. Banyak yang menyukai metode ini, karena orang tua akan jauh lebih mudah dalam melatih anak menghitung. Anda tinggal menemani anak dan mendampingi saat memutar video pembelajaran.

Setelah Anda selesai mengajarkan untuk berhitung melalui video pembelajaran tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengetes anak. Ini penting Anda lakukan supaya bisa mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman anak dalam memahami angka dan hitungan.

Menonton video pembelajaran yang bisa Anda ajarkan ke anak sejak usia mereka menginjak 2-3 tahun. Jadi, tidak hanya untuk anak yang sudah ingin memasuki TK, tapi saat anak mau masuk PAUD sudah bisa Anda ajarkan melalui video pembelajaran ini.

Mengajari anak TK cara berhitung dengan menonton video tidak akan membuat anak bosan. Untuk melatih kebiasaan anak TK belajar berhitung cukup 30 menit dalam sehari. Menonton video terlalu lama juga kurang bagus untuk anak Anda.

Hal ini supaya anak tidak cepat jenuh dan mudah memahami apa yang Anda ajarkan ke anak. Anda bisa memberikan tugas dari sedikit.

Biarkan anak untuk mengerjakan secara mandiri dengan bimbingan khusus. Dengan begitu, anak akan terbiasa berlatih mengerjakan soal yang nantinya akan menjadi kebiasaan saat belajar di sekolah.

13. Buat Progress Berkala

Jangan lupa untuk selalu melihat perkembangan kemampuan menghitung anak Anda. Anda bisa melakukan tes kecil mulai dari pengurangan, penjumlahan, perkalian atau pembagian.

Setelah melakukan tes, hasil akan muncul pada bagian perhitungan mana yang belum anak kuasai. Ajarkan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan supaya anak tidak tertekan untuk mengulangi belajarnya.

Dukung anak apa pun hasilnya. Berikan anak semangat dan jangan kecilkan hatinya. Anda bisa coba berikan hadiah kepada anak yang kemampuan berhitungnya meningkat. Dengan begitu, anak akan termotivasi.

Kesimpulan

Ternyata melatih berhitung anak TK cukup mudah, bukan? Anda hanya membutuhkan kreativitas dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dan bisa melakukan biaya sendiri. Namun, jika Anda cukup sibuk bisa mengeluarkan sedikit biaya untuk mengundang guru pendamping.

Baca juga: Mengenal Brain Gym yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak Bayi

1. Bagaimana cara mengajarkan anak berhitung menggunakan kertas warna?

Anda bisa mengajarkan anak Anda berhitung dengan memberikan kertas potong berwarna. Kertas warna bisa Anda potong kecil-kecil dan Anda berikan ke anak potongan krayon tersebut sambil berhitung. Kemudian, kertas warna yang sudah Anda berikan ke anak tersebut, Anda minta kembali sambil meminta anak untuk menirukan hal yang sama dengan apa yang Anda lakukan sebelumnya.

2. Bagaimana cara mengajarkan anak belajar berhitung melalui aplikasi?

Anda bisa dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store. Contoh aplikasi yang bisa Anda coba seperti Photomath, Match Trick, Match Game, Match Kids dan lainnya.

3. Bagaimana cara mengajarkan anak melalui lagu?

Anda bisa lakukan dengan menyanyikan sebuah lagu. Lagu yang terkenal sampai sekarang misalnya satu satu aku sayang ibu. Secara tidak langsung anak Anda sedang mengenal angka. Kemudian kenalkan lagu lainnya seperti lagu satu tambah satu sama dengan dua, dua tambah dua sama dengan empat dan lainnya.

(Visited 83 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us