Bagikan Artikel Ini:

Masuk sekolah di tengah wabah pandemi seperti saat ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Terlebih saat ini kasus ini semakin mengalami peningkatan. Namun wabah Covid 19 ini tetap harus Kita hadapi. Sebagai orang tua sudah seharusnya Kita memberikan informasi sedini mungkin kepada buah hati Kita dalam menghadapi wabah ini. Tujuannya tentu saja agar tetap bersekolah untuk mengejar masa depannya. Akan tetapi tetap dalam koridor yang aman. Untuk itu Anda perlu melakukan berbagai persiapan yang sudah seharusnya dilakukan seperti beberapa informasi sebagai berikut ini.

Adapun Beberapa Persiapan yang Harus Dilakukan agar Orang Tua Tidak Khawatir Yaitu 

1. Tips untuk Orangtua yang Anaknya Baru Masuk Sekolah 

Pada masa menghadapi adanya wabah Covid 19 seperti saat ini tentu saja tidaklah mudah. Anak-anak yang sebagian masih kecil tentu saja kurang memahami mengenai hal ini. Meskipun saat ini telah diberlakukan adanya new normal. Namun tahukah Anda sebagai orang tua harus memberikan tips yang benar. Sehingga anak akan lebih mudah memahami dan mau diarahkan. Adapun tips untuk orangtua yang anaknya baru masuk sekolah yaitu

  • Memakaikan Masker Kain

Sebagai orang tua Anda harus memberikan penjelasan kepada anak-anak terlebih yang masih kecil mengenai wabah ini. Bahaya adanya wabah apabila tertular dan bagaimana cara penularannya. Sehingga Anda memberikan informasi kepada anak untuk senantiasa menggunakan masker kain. Penggunaan masker kain pun apabila anak ingin melepaskan, memegang dan memakai masker . Maka beritahukan bahwa harus senantiasa mencuci tangan terlebih dahulu.

  • Memberikan Hand Sanitizer di Saku

Anda bisa mengecek terlebih dahulu perlengkapan yang dibawa anak sebelum berangkat ke sekolah. Usahakan untuk senantiasa membawakan anak hand sanitizier selalu di sakunya. Dengan demikian anak akan mudah menjangkau untuk senantiasa cuci tangan. Apabila habis ada baiknya untuk senantiasa membawakan yang baru.

  • Mencuci Tangan dengan Sabun

Apabila di sekolah memberikan fasilitas mencuci tangan. Ada baiknya apabila Anda mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengaan sabun. Hand sanitizer ini sebagai pilihan saja jika tidak ada air mengalir.

  • Membawa Bekal Sendiri

Jika jenis sekolah anak tidak memberikan fasilitas makan siang. Ada baiknya apabila Anda sebagai orang tua memberikan anak bekal dari rumah. Dengan bekal makanan anak akan terhindar dari kemungkinan jajan. Tentu saja bekal makanan akan menjadi lebih aman dan higienis.

  • Menghindari Bersalaman

Beritahukan kepada anak Anda bahwa ada baiknya untuk tidak perlu bersalaman dengan orang lain. Dengan demikian anak akan mengurangi kemungkinan tertular bahaya Covid 19.

  • Menghindari Kontak dengan Orang Sakit

Beritahukan kepada anak Anda untuk tidak mendekat jika ada teman yang sakit. Usahakan untuk tidak mendekatinya dan jaga jarak dengan orang lain. Dengan demikian anak tersebut akan mengerti upaya pencegahannya dan selalu ingatkan. Tujuannya agar anak tidak lupa dalam menjaga dirinya sendiri.

  • Menghindari Berbagi Makanan dan Minuman

Sering kali anak-anak berbagi makanan namun khusus untuk pandemi seperti saat ini. Ada baiknya untuk memberikan pengertian bahwa sebaiknya menghindari berbagi makanan terlebih dahulu.

  • Latih Agar Anak Lebih Disiplin

Ajarkan kepada anak agar lebih disiplin dalam bersikap. Misalnya saja dengan mendengarkan aturan yang diberikan sekolah dan mentaatinya. Dengan demikian akan lebih mudah dalam menjaga kesehatan dan terhindar dari bahaya Covid 19.

2. Mendampingi Anak Baru Masuk Sekolah

Dalam menghadapi tahun ajaran baru dan sudah terlalu lama libur sekolah. Tentu saja anak akan mengalami perubahan secara emosi. Dengan demikian tugas sebagai orang tua adalah mendampingi anak baru masuk sekolah. Anda harus mensosialisasi anak agar dapat mengelola emosinya. Misalnya saja dengan bertanya kepadanya apa hal yang belum bisa atau pun anak kesulitan pada bagian mana. Sehingga Anda dapat membantunya untuk keluar dari kesulitan yang mungkin saja dihadapi di hari pertamanya sekolah.

3. Persiapan Orang Tua Pada Saat New Normal

Sebagai orang tua tentu saja Anda memiliki peranan penting. Hal ini karena sekolah tidak mungkin bisa memperhatikan anak secara satu persatu. Hal ini karena keterbatasan tenaga pengajar dalam mengawasi anak didiknya. Sehingga ada beberapa persiapan orang tua pada saat new normal yang harus dilakukan antara lain yaitu

  • Memberikan Gambaran Apa itu New Normal

Dengan memberikan gambaran secara umum bahwa new normal seperti apa. Misalnya saja bahwa new normal menjadi salah satu tatanan hidup baru dalam menghadapi wabah. Akan tetapi tentu saja Anda harus memberikan informasi ini sesuai dengan bahasa anak-anak. Meskipun tetap bisa berkumpul dengan banyak orang. Akan tetapi harus sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang diberlakukan di sekolah. Dengan demikian anak tidak akan melanggar aturan tersebut.

  • Mengingatkan Bahaya Virus Corona

Ada baiknya apabila orang tua mengingatkan selalu bahaya virus corona. Namun pemahaman yang diberikan kepada anak jangan sampai membuatnya malah semakin panik. Sehingga cara yang sebaiknya dilakukan adalah memberikan pemahaman yang benar mengenai bahaya dan cara penularannya. Dengan demikian anak akan lebih waspada dan juga berhati-hati. Terhadap anak kecil tentu saja menggunakan bahasa yang mudah dicerna akan semakin baik dilakukan.

  • Membiasakan Anak Protocol Kesehatan

Dimana pun berada hendaknya anak harus dibiasakan untuk menggunakan protocol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menjadikan anak tidak kaku dan terbiasa. Sehingga di lingkungan sekolah sekalipun anak-anak tidak merasa tertekan. Perasaan inilah yang harus senantiasa dibangun demi keamanan anak tersebut.

  • Melatih Kedisiplinan

Usahakan untuk senantiasa mengingatkan mengenai kedisiplinan khususnya untuk cuci tangan. Dengan cara ini anak akan mencuci tangannya jika sebelum dan setelah melakukan aktifitas apapun. Ingatkan juga bahwa bersikap disiplin untuk tidak memegang muka pada saat sebelum mencuci tangannya dengan menggunakan sabun. Sehingga bahaya virus ini bisa ditangkal dengan baik.

  • Hindari Kecemasan Berlebihan

Sebagai orang tua apabila seluruh upaya telah dilakukan. Ada baiknya apabila Anda menghindari kecemasan berlebihan. Dengan demikian tumbuh kembang anak akan menjadi lebih baik. Tentu saja Anda tidak ingin bukan anak tumbuh dalam suasana ketakutan sepanjang waktu. Maka Anda juga harus mengetahui bahwa anak tidak boleh mengikuti kecemasan Kita sebagai orang tua. Sehingga mengontrol emosi dan perasaan Kita adalah sesuatu yang bijaksana dilakukan dalam menghadapi new normal ini.

4. Mempersiapkan Si Kecil Masuk Sekolah

Masuk sekolah tentu saja menjadi hal yang akan sangat menyenangkan bagi anak Anda. Namun tahukah Anda bahwa mempersiapkan si kecil masuk sekolah ditengah wabah juga harus dilakukan dengan baik. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh orang tua agar mental anak dalam menghadapi wabah juga tetap dalam kondisi stabil. Apabila dari awal Kita membahas persiapan anak. Kali ini Kita akan membahas persiapan orang tua dalam menyiapkan mental anak antara lain yaitu

  • Senantiasa Bersemangat

Usahakan agar tidak mematahkan semangat si kecil dalam bersekolah. Jangan sampai karena wabah ini orang tua akan cenderung melarang anak bahkan menurunkan semangat belajar anak dalam meraih cita-citanya. Dengan demikian ada baiknya apabila Anda sebagai orang tua tetap menyemangati dan tidak panik berlebihan.

  • Membantu Anak Belajar di Rumah

Disekolah tentu saja ada banyak sekali keterbatasan yang mungkin saja dirasakan akibat pemberlakuan new normal seperti saat ini. Dengan demikian tentu saja anak akan banyak ketinggalan pelajarannya. Sehingga ada baiknya sebagai orang tua memberikan fasilitas dalam belajar. Apabila Anda termasuk yang memiliki kemampuan dalam segi finansial. Maka bisa memberikan metode belajar yang mengurangi kesulitan anak. Sedangkan apabila finansial Anda kurang bisa belajar bersama anak di rumah.

  • Menghindari Keluhan

Mengajarkan anak untuk mengeluh tentu saja kurang baik dirasakan terhadap mentalnya. Namun terkadang orang tua tidak sadar melakukan hal itu dengan banyak mengeluh. Sedangkan perilaku ini menjadi contoh nyata yang mudah sekali ditiru oleh anak. Untuk itu usahakan agar menghindari keluhan dengan melakukan tindakan nyata. Misalnya saja memiliki sudut pandang yang berbeda disaat orang lain mengeluh. Hindari keluhan terlebih di depan anak agar anak tidak melakukan hal yang sama.

  • Jangan Malas

Usahakan untuk jangan malas dalam mengingatkan selalu untuk kesehatan dan kebaikan si kecil. Misalnya saja apabila berangkat ke sekolah dengan membawa bekal, hand sanitizer, tidak berjabat tangan dengan orang lain, tidak memegang muka sebelum cuci tangan dan masih banyak lainya. Dengan kebiasaan disiplin dan tidak malas akan mendatangkan banyak sekali hal positif yang akan dirasakan.

Selain Anda harus mengetahui mengenai persiapan orang tua saat anaknya akan masuk sekolah. Tujuannya agar tidak khawatir dan dapat menjalani protocol kesehatan. Tentu saja informasi lainnya yang harus diketahui seperti bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh anak. Apabila sistem kekebalan atau imunitas tubuh anak bagus virus tidak akan mudah datang menyerang. Ada beberapa cara agar sistem kekebalan tubuh anak meningkat antara lain yaitu

  • Memberikan makanan dengan nutrisi yang baik dan seimbang. Akan lebih baik apabila banyak diberikan buah dan sayuran segar. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh anak akan mudah terbentuk dengan baik. Apabila anak tidak suka jenis buah dan sayuran bisa dijus atau pun dijadikan makanan lain misalnya saja nugget. Namun ada baiknya makanan olahan seperti ini Anda membuatnya sendiri dengan mencampurkan banyak sayuran di dalamnya.
  • Protein yang diberikan kepada anak juga harus diperhatikan. Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi protein seperti telur, ayam, ikan, tempe, tahu dan masih banyak lainnya. Tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa protein ini memberikan manfaat berupa kemudahan untuk mengganti sel-sel yang rusak dan juga untuk menghindari serangan virus dari dalam.
  • Perbanyak air putih untuk memberikan air putih kepada anak. Dengan demikian anak tidak akan mudah terserang dehidrasi. Hal ini karena anak akan merasa terbatas terlebih di sekolah apabila makan dan minum. Umumnya ini terjadi akibat dari rasa takut yang dirasakan.
  • Istirahat menjadi hal terakhir yang harus diperhatikan untuk anak Anda. Dengan istirahat yang cukup akan membantu anak untuk dapat mengembalikan stamina. Sehingga akan membantu untuk menjadikan tubuh agar lebih bugar dan juga memiliki sistem imun yang terbentuk dari dalam tubuh dengan kondisi yang bagus.

Baca Juga : 5 Cara Mengajar Murid Agar Cepat Memahami

(Visited 13 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us