Anak Memiliki Imaginary Friend, Normal atau Perlu Perhatian Lebih? - SEKOLAH PRESTASI GLOBAL

Persahabatan masa kecil sering kali membuat khawatir orang tua, terutama yang hanya teman khayalan. Orang tua mungkin mempertanyakan mengapa anak mereka mempunyai teman bermain, dan bertanya-tanya apakah persahabatan ini akan berdampak buruk pada perkembangan sosial anak mereka.

Orang tua yang mempunyai anak tunggal tampaknya sangat khawatir terutama karena mitos bahwa anak lajang mempunyai lebih banyak teman khayalan dibandingkan teman sebayanya. Hal ini berbeda jika ia memiliki saudara kandung dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka.

Apakah Normal Jika Anak Memiliki Imaginary Friend?

Imaginary friend mulai berkembang sekitar usia dua setengah hingga tiga tahun, yang menandakan dimulainya permainan berpura-pura. Biasanya, seorang teman khayalan (atau sekelompok dari mereka) muncul selama tahun-tahun prasekolah hingga kira-kira usia enam atau tujuh tahun.

Bersikaplah menerima dan menyambut. Dengan kata lain, ikut sertalah sejauh keterlibatan itu bisa dilakukan. Berpartisipasi memberikan kesempatan untuk memahami apa yang mungkin dipikirkan atau dirasakan anak Anda—apa yang mungkin dia khawatirkan atau senangi atau coba pahami atau kuasai.

Oleh karena itu, orang tua harus membiarkan anak memutuskan seberapa besar ibu atau ayah terlibat dalam skenario teman khayalan anak-anak. Seberapa jauh Anda harus terlibat.

Hormati ruang gerak anak Anda dan biarkan dia yang memimpin—dalam hal ini, dialah yang memegang kendali, selama petualangannya dengan teman khayalannya tidak secara langsung mengganggu peraturan Anda atau keselamatannya.

Secara umum, teman khayalan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan oleh orang tua. Faktanya, anak-anak yang memiliki teman khayalan cenderung lebih imajinatif, memiliki kosakata yang lebih kaya, dan lebih mampu menghibur diri.

Meskipun anak-anak dapat mendeskripsikan teman khayalan dengan jelas dan detail, termasuk bagaimana mereka bertindak, jarang sekali anak-anak yang percaya bahwa teman khayalan itu nyata—bahkan ketika anak tersebut terlibat secara emosional dalam permainan berpura-pura.

Seringkali teman khayalan seorang anak menjadi bagian dari pengetahuan keluarga. Keluarga tersebut mengingat dan tertawa tentang kejadian dan kejadian lama setelah teman khayalannya menghilang dan anak tersebut menjadi dewasa.

Terkadang, teman khayalan juga dapat mengisi kekosongan yang tidak dimiliki oleh teman bermain lainnya. Seorang anak yang mempunyai sedikit teman bisa saja menciptakannya.

Seorang anak yang tidak pernah bisa memilih apa yang akan dimainkan – katakanlah sebagai yang termuda – selalu dapat memilih apa yang akan dimainkan dengan teman khayalannya. Di masa kanak-kanak, cara untuk menciptakan teman sempurna adalah dengan membayangkannya dalam pikiran Anda.

Namun, orang tua yang memiliki anak tunggal tidak perlu khawatir jika kedatangan teman bermain pura-pura membuat anaknya mendambakan saudara laki-laki atau perempuan. Selama ini orang-orang secara keliru percaya bahwa hanya anak-anak yang mempunyai teman fantasi sebagai kompensasi atas ketidakhadiran saudara kandung.

Ini hanyalah sebuah mitos, karena dua pertiga dari semua anak – dengan atau tanpa saudara kandung – diketahui memiliki teman khayalan. Untuk lebih tahu tentang teman fantasi ini, simak fakta imaginary friend yang patut Anda tahu sebagai orang tua.

Apakah Teman Khayalan itu Nyata?

Tentu saja, teman khayalan itu tidak benar-benar nyata, tetapi seberapa nyatakah teman khayalan itu bagi anak-anak Anda? Kebanyakan anak sadar bahwa teman pura-pura mereka tidaklah nyata.

Pada anak kecil, teman berpura-pura atau imaginary friend adalah tanda berkembangnya imajinasi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan menimbulkan kerusakan jangka panjang pada anak.

Bagaimana Membuat Batasan Terhadap Teman Khayalan?

Jika, tiba-tiba, anak Anda mulai minta makan malam, atau melanggar barang-barang saat tidak ada orang yang melihat, Anda harus memikirkan beberapa aturan dasar. Secara umum, Anda bisa membiarkan anak Anda memutuskan seberapa besar Anda bisa terlibat dalam fantasinya.

Hormati anak Anda dan biarkan dia yang memimpin. Jika imaginary friend tersebut sering mengendarai mobil keluarga, jangan tanya apakah dia akan ikut dengan Anda hari ini; tunggu sampai diberi tahu.

Setelah anak Anda diberi izin, boleh saja berbicara dengan atau tentang teman khayalannya, namun penting bagi anak untuk tetap mengendalikan fantasinya. Terlalu banyak campur tangan dapat menyebabkan perselisihan, kemarahan, atau perebutan kekuasaan.

Kapan Teman Khayalan Menjadi Masalah?

Jika tuntutan teman khayalan mulai tidak terkendali, Anda boleh mengatakan tidak. Memanjakan anak Anda bisa menjadi cara yang baik untuk menjalin ikatan dan menunjukkan rasa hormat dan cinta.

Tetapi melakukan apa pun yang membuat Anda atau anggota keluarga lainnya semakin stres tidaklah disarankan. Jangan biarkan teman khayalan anak Anda berubah menjadi cara bagi anak Anda untuk melakukan kendali besar-besaran terhadap keluarga.

Memberikan piring tambahan berisi makanan khayalan tidak masalah, tapi menyajikan makan malam utuh mengirimkan pesan yang salah. Dan, pada titik tertentu, anak-anak akan bereksperimen dengan bertindak dengan menyamar atau atas arahan imaginary friendnya.

Teman khayalan biasanya hanya menjadi masalah ketika seorang anak menyalahkan teman khayalannya atas kelakuan buruknya. Dalam hal ini, anak harus diajari bahwa mereka akan bertanggung jawab atas apapun yang dilakukannya atau teman khayalannya.

Tanda bahaya lain yang harus diwaspadai? Lebih memilih teman khayalan daripada teman sungguhan, hal ini jarang terjadi dan bisa menjadi pertanda ada hal lain yang sedang terjadi. Anak-anak yang memiliki teman khayalan biasanya cenderung lebih bersosialisasi dibandingkan anak-anak lain.

Tetapi jika orang tua memperhatikan bahwa anak tersebut menolak kesempatan untuk terlibat dengan anak-anak lain dan malah bermain dengan teman khayalannya, saya ingin memahami bagaimana anak tersebut menjalani dunia sosialnya. Apakah anak tersebut memiliki kecemasan sosial?

Sayangnya, Teman Khayalan Tidak Dikaitkan Dengan Kecerdasan

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kehadiran imaginary friend dapat dikaitkan dengan IQ di masa depan, namun penelitian menunjukkan beberapa kesamaan di antara anak-anak yang memilikinya.

Anak-anak yang memiliki teman khayalan lebih terampil dalam apa yang kita sebut pengambilan perspektif – mereka dapat melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.

Namun, kami tidak tahu apakah ini ayam atau telur. Apakah mereka mengembangkan keterampilan ini dari memiliki teman khayalan, atau apakah mereka sudah memiliki keterampilan ini, yang membuatnya lebih mudah untuk membayangkan pengalaman teman khayalan tersebut?”

Dr Newman juga menunjuk pada The House of Make-Believe , yang ditulis oleh Jerome Singer mengatakan bahwa anak-anak yang menciptakan teman khayalan cenderung lebih imajinatif, memiliki kosa kata yang lebih kaya dan lebih lengkap, dan lebih mampu menghibur diri mereka sendiri.

Para Penyanyi juga menemukan bahwa anak-anak yang memiliki teman khayalan bisa lebih akrab dengan teman sekelasnya. Jadi, mereka memiliki karakter yang lebih super dan bisa berbaur.

Tidak ada bukti bahwa mereka mempunyai masalah dengan kesehatan mental. Ini tidak sama dengan Dissociative Identity Disorder atau memiliki kepribadian ganda, yang sangat jarang terjadi.

Anak-anak yang memiliki teman khayalan tumbuh menjadi orang dewasa yang kreatif, imajinatif, dan sosial. Itulah ulasan tentang teman khayalan pada anak yang seringkali mengkhawatirkan orang tua namun ternyata memiliki sisi baik yang bisa Anda dukung dalam tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat!