Bagikan Artikel Ini:

Dunia pendidikan sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan manusia. Di dalam dunia pendidikan maupun di luar dunia pendidikan membaca merupakan salah satu unsur yang penting sekali. Akan tetapi banyak anak usia dini yang sudah mulai enggan untuk bisa membaca lagi. Maka dari itu diperlukan banyak sekali upaya yang bisa dilakukan agar mengembalikan minat baca anak usia dini tersebut. salah satu cara dan juga gebrakan baru yang bisa digunakan guna meningkatkan minat baca anak adalah dengan menggunakan metode membaca komik pendidikan lucu.

Hal yang Mempengaruhi Berkurangnya Minat Baca

Untuk saat ini kegiatan membaca untuk kalangan anak sekolah. Baik untuk anak usia dini maupun orang dewasa sudah mulai tergerus. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan minat  baca anak menjadi lebih berkurang.

1. Lingkungan Keluarga

Faktor yang seharusnya bisa menjadi anak memiliki minat baca lebih adalah adanya sebuah dukungan dari lingkungan keluarga. Akan tetapi tidak semua keluarga mampu menjadi faktor tersebut. ada beberapa keluarga yang tidak membiasakan seorang anak untuk lebih sering membaca buku daripada kegiatan lainnya. Maka Dari itu minat baca yang dimiliki oleh anak menjadi lebih menurun.

2. Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Tak jarang banyak orang di masyarakat umum masih saja memandang rendah kegiatan membaca ini. banyak yang mengeluarkan opini negatif bila ada orang lain sedang membaca buku. Sehingga hal ini bisa menghambat minat seseorang ketika mau membaca buku. Padahal di Negara lain kegiatan membaca yang dilakukan ditempat umum sudah menjadi hal yang biasa atau salah satu hal umum yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

3. Teknologi yang Semakin Maju

Perkembangan teknologi jika dimanfaatkan dengan benar bisa memberikan dampak yang positif. Akan tetapi tak jarang orang jadi terlena dengan kemajuan teknologi. Memang benar untuk saat ini kita semua bisa membaca buku dapat dengan mudah hanya menggunakan smartphone yang kita miliki. akan tetapi tak jarang pula orang akan lebih memilih fasilitas lain selain untuk membaca. Misalnya digunakan untuk bermain game. Hal inilah yang menjadikan faktor perkembangan teknologi menjadi salah satu penghambat minat baca seseorang.

4. Kurangnya Ransangan Membaca dalam Lingkungan Sekolah

Saat ini proses belajar yang dilakukan di sekolah adalah seorang siswa lebih sering mendapatkan informasi dari seorang guru. Nah hal inilah yang membuat siswa tidak memiliki keinginan atau adanya rangsangan yang bisa untuk membuat dirinya lebih mencari informasi dari membaca buku. Maka dari itu faktor dari sekolah yang kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari informasi sendiri menjadi salah satu hal yang mengurangi rangsangan minat baca siswa.

5. Adanya Faktor Minimnya Motivasi

Di dunia ini ada beberapa orang yang menganggap bahwa membaca merupakan salah satu kegiatan yang tak terlalu penting. Sehingga hal inilah yang membuat seseorang tak memiliki motivasi untuk melakukan kegiatan membaca. Maka dari itu penting sekali untuk menanamkan pemikiran bahwa melakukan kegiatan membaca bisa memberikan seseorang wawasan yang bertambah dan juga meningkatkan kualitas diri dari seseorang yang membaca tersebut.

6. Sarana yang Minim

Buku merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan seseorang untuk melakukan kegiatan membaca guna menggali informasi yang harus didapatkannya. Tak jarang dari beberapa orang masih terlalu kurang menyediakan buku yang ada di dalam rumahnya. Sehingga hal ini yang memberikan seseorang tidak memiliki minat baca dikarenakan sarana yang dimilikinya di rumah notabene masih saja kurang.

Komik Persahabatan

Banyak hal yang bisa digunakan guna untuk membuat minat baca dari seseorang lebih meningkat. Salah satunya adalah dengan adanya sebuah komik yang bisa berguna untuk meningkatkan rangsangan membaca. Komik merupakan sebuah buku yang didalamnya banyak gambar yang berguna sebagai gambaran alur cerita yang diangkat di dalam buku tersebut. komik memang menjadi salah satu buku yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan alur cerita yang menarik dan juga visualisasi gambar yang notabene sangat bagus. Selain itu banyak tema yang diangkat lebih ke kehidupan sehari hari. Seperti contoh komik persahabatan. Di Negara Indonesia sudah banyak para komikus yang membuat sebuah komik dengan tema tersebut. hal ini bisa menjadi salah satu kontribusi besar guna meningkatkan atau menjadi salah satu rangsangan untuk anak dan juga kalangan lainnya untuk bisa lebih berminat untuk membaca komik.

Komik Online

Berkembanganya suatu teknologi bisa dengan mudah digunakan untuk bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Bahkan komik yang dulunya dibuat dalam buku sudah bisa dibaca melalui media online yang tersedia. Saat ini sudah banyak sekali penyedia website komik online di internet. Sehingga hal ini memudahkan anda untuk bisa membaca komik sesuai dengan genre yang anda sukai.

Komik Anak Islami

Jika anda suka membaca buku bertemakan agama islam dan ingin menggunakan sebuah metode buku yang berbeda. Maka anda bisa membaca sebuah komik anak islami. Karena saat ini sudah banyak ditemukan berbagai komik dengan genre tersebut baik dalam media online seperti website atau pada media offline seperti tersedianya komik di toko buku terdekat di daerah anda. jika anda membaca dengan sistem online maka anda bisa dengan mudah membaca dimanapun anda berada asalkan platform yang anda punya seperti smartphone sudah terkoneksi dengan internet. selain itu untuk mendapatkan atau membeli komik dalam bentuk buku. Maka anda bisa dengan mudah membelinya secara online. Sehingga anda tidak perlu repot untuk datang ke toko buku.

Ciri-Ciri Komik

Sama halnya dengan sebuah buku lainnya. Komik juga memiliki sebuah ciri-ciri didalamnya. bila anda belum begitu mengerti akan ciri dari sebuah komik maka berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang ada di dalam sebuah komik.

1. Adanya Visualisasi Gambar

Penyampaian suatu cerita dalam komik selalu dengan sebuah gambar dan memiliki sebuah alur cerita.  Gambar yang menarik dan cerita yang unik bisa memberikan seseorang untuk bisa meningkatkan minat baca yang dimilikinya.

2. Bersifat Proporsional

Maksud dari komik memiliki sebuah sifat proporsional disini adalah seperti apa yang ada di dalam komik tersebut bisa dengan mudah membuat pembacanya memiliki emosi yang sama dengan apa yang diceritakan di dalam komik tersebut. tentu saja hal ini juga bisa membuat pembaca ikut menjadi tokoh utama di dalamnya.

3. Bahasa Percakapan yang Ada Didalamnya

Perlu diingat bahwa komik tidak memiliki Bahasa yang susah untuk didalamnya. komik lebih sering menggunakan Bahasa percakapan yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang menjadikan komik bisa dengan mudah dipahami oleh pembacanya.

4. Adanya Unsur Sifat Kepahlawanan

Pada dasarnya komik yang bagus bisa membuat sang pembaca lebih memiliki keterlibatan didalamnya. seperti adanya sebuah sifat kepahlawanan yang digambarkan di dalamnya.

5. Penggambaran Sifat yang Sederhana

Selanjutnya adalah adanya penggambaran sifat yang sederhana. Hal ini membuat komik mampu memiliki membuat pembacanya dengan mudah mengerti berbagai karakteristik tokoh yang ada di dalam komik tersebut.

6. Adanya Unsur Humor

Hal yang tak kalah sering ditemui adalah adanya unsur humor dalam sebuah komik. Humor yang ada di dalam komik biasanya diangkat dari kehidupan masyarakat.

Jenis-Jenis Dari Komik

Perlu diketahui bahwa komik juga memiliki berbagai jenis didalamnya. berikut ini adalah beberapa jenis yang dimiliki oleh komik jika dilihat dari kemasannya.

1. Komik Buku

Komik dalam bentuk buku ini merupakan jenis komik yang biasanya menampilkan sebuah cerita yang lengkap atau utuh yang tersedia dalam buku. Biasanya komik jenis buku ini mengemas dalam satu seri. Selain itu komik jenis buku ini juga bisa mengemas cerita dalam berbagai macam seri keberlanjutan dari satu buku komik ke buku komik lainnya.

2. Komik Humor dan Juga Petualangan

Komik humor dan juga petualangan disini memang paling banyak peminatnya adalah anak-anak. Komik humor merupakan sebuah komik yang penggambarannya banyak menceritakan sebuah humor. Hal ini bisa membuat pembaca lebih mudah untuk bisa tertawa ketika membaca komik dengan genre humor tersebut. sedangkan untuk komik jenis petualangan ini biasanya banyak menceritakan sebuah pencarian, petualangan, pembelaan, dan adanya unsur perkelahian guna membela sesuatu yang ada didalamnya. dalam komik petualangan ini biasanya adanya dua kelompok di dalamnya. kelompok tersebut adalah seperti kelompok antagonis dan juga kelompok protagonis.

3. Komik Biografi dan Ilmiah

Komik dengan jenis biografi adalah sebuah komik yang menceritakan biografi seseorang. Lalu untuk komik dengan jenis ilmiah ini adalah sebuah komik yang memiliki unsur campuran seperti komik dan juga adanya unsur narasi di dalamnya.

4. Komik Strip

Komik strip merupakan sebuah komik yang memiliki penggambaran panelnya saja. Gambar yang ada didalam komik jenis ini biasanya hanya berjumlah sedikit. Hal ini membuat gagasan yang disampaikan oleh pembuat komik hanya bersifat sedikit atau kecil.

Selain jenis komik yang dilihat dari kemasannya. Komik juga bisa dilihat dari sebuah jalan atau alur ceritanya. Berikut ini merupakan beberapa komik yang bisa dilihat dari jenis atau alur ceritanya.

1. Komik Silat

Komik dengan jenis silat atau perkelahian ini biasanya sangat populer. Hal ini dikarenakan adanya sebuah unsur laga atau pertarungan yang diangkat di dalam komik jenis ini.

2. Komik Wayang

Jika anda menyukai cerita wayang maka anda bisa membaca cerita wayang tersebut dalam bentuk komik. Cerita yang diangkat biasanya seperti cerita pewayangan mahabarata, cerita pewayangan Ramayana dan berbagai jenis wayang lainnya.

3. Komik Promosi

Komik yang ketiga adalah komik promosi. Sama dengan jenisnya komik ini memiliki kegunaan untuk promosi sebuah produk didalamnya.

4. Komik Edukasi

Komik dengan jenis edukasi ini biasanya lebih berguna untuk kegiatan hiburan dan juga sebagai media yang bersifat edukatif.

Penjelasan terkait dengan komik dan beberapa faktor yang mempengaruhi terkait dengan menurunnya minat baca dari anak usia dini dan berbagai kalangan lainnya sudah dijelaskan pada isi artikel ini. dengan membaca artikel ini anda jadi lebih mudah untuk mendapatkan sebuah wawasan seputar dengan komik. Ayo budayakan untuk lebih giat membaca lagi baik menggunakan media online atau offline agar kualitas dan wawasan yang kita miliki lebih bertambah lagi.

Baca Juga : 10 Kumpulan Contoh Cerita Pendek Untuk Anak Sekolah Dasar

(Visited 13 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us